Minggu, 28 September 2014

[Curhat] Gagal Paham Nonton Drama Secret Door

Mungkin ini postingan gak penting, tapi rasanya aku pengen ngeluarin unek-unek aja setelah aku menonton Secret Door semalam.Tidak tahu apa yang salah, entah sub nya yang tidak aku mengerti atau memang akunya yang lemot, tapi akhirnya aku memutuskan gagal paham pada drama Secret Door, jadi boro-boro ngerecap, ngerti dramanya aja juga enggak hahaha.


Apa yang tidak aku mengerti, konflik Politik di drama ini dan Timeline yang loncat-loncat. Rasanya jadi nggak mudeng aja sih mau di bawa kemana drama ini nantinya. Karakter King Yeongjo sangat berbeda dari gambaran-gambaran King Yeongjo sebelumnya, di Secret Door dia ambekan banget, keliatan Unsecure karena ternyata dia di jadikan Raja sama salah satu Partai di Joseon (Aku nggak mudeng itu Noron apa Soron)

Sado Seja? Alasan aku menonton drama ini adalah karena ingin tahu cerita Sado Seja, tapi Lee Jee Hoon membuatku tidak penasaran pada Sado Seja. Aku baca-baca review mereka memuji aktingnya dia yang memerankan Sado Seja dengan sangat apik, tapi kok aku sama sekali gak dikasih impact yah? Terutama saat dia sedih, kaget dan ketakutan, aku tak merasakan apapun soalnya ekspresinya berasa sama semua.

Cuma suka pas dia rusuh sama Heong Buk, tapi ngenes banget itu, Heung Buk nya harus meninggal di episode 1.

Hubungan Seja dan Seja-bin nya juga tidak membuatku penasaran, hmm... Seja-bin nya galak banget sih ini, dia Kepo banget sama kegiatan suaminya. 

Tapi judesnya Park Eun Bi dapet banget, Ugh... Pantes aja sih ya, Sado Seja ngambil beberapa selir selama dia jadi putra mahkota, yah.. istrinya galak gitu, Ups... 

Sado Seja nya juga keliatan gak suka sama istrinya, dia tahu istrinya itu ambius, sampe pas si istri kepo tentang dirinya, dia malah nanya, "Kau tertarik pada ku atau pada Tahtaku" Jawabannya pasti tahta lah, hahaha... *tapi di drama gak di jawab kok sama Seja-bin nya*

Yang paling aku nggak ngerti adalah alasan Heong Buk menyimpan surat rahasia yang ingin dilenyapkan Raja. Kenapa Heong Buk tetap menyimpannya? Padahal Raja sudah sengaja membakar semacam perpustakaan untuk melenyapkan, dan btw... aku nggak ngerti juga apa isi surat rahasia itu, wkwkwk...

Apakah nantinya akan di bahas mengapa Heong Buk menyimpan surat rahasia itu? Ataukan di 2 episode itu sebenernya udah di bahas, tapi aku nya nggak mudeng yah? *lemot*

Trus masalah tentang penulisan buku ilegal, itu juga aku nggak ngerti. Ya ampun banyak banget yah yang aku nggak ngerti. Sado Seja itu ingin melegalkan penulisan buku oleh warga sipil yah? Kan pas di jaman Joseon buku itu harus di tulis di istana yah? Sehingga rakyat biasa yang punya bakat menulis dimatikan kreatifitasnya, maka di mulailah kegiatan penulisan dan pendistribusian pinjaman buku ilegal.

Nah ceritanya Sado Seja itu ingin membela para penulis dari rakyat biasa gitu yah? Makanya dia mencetuskan ide untuk melegalkan penulisan buku di luar istana, gitu bukan sih? Atau aku salah paham lagi? Masalahnya pas nonton episode 1 itu pikiran ku berasa blank, gak ngerti apa yang mereka bicarakan dan apa yang sebenarnya terjadi.

Yang paling menjengkelkan pas liat para pejabat nyap nyap di depan Raja atau Seja, beeeuuhh... itu wajah-wajah pejabatnya pada di kenali semua deh kayaknya, itu semua villain di drama lain ngumpul di drama ini. Badasss... Demek aja liat mereka, mana banyak banget lagi Scene para pejabat-pejabat ini ngomongin manuver-manuver politik yang tidak aku mengertinya, sampe pening kepalaku liat mereka ngobrol dan aku nggak ngerti apa yang mereka obrolin.

Harapanku pada drama ini hanya Jidam dan Na Chul Joo. Ughh... Kim Min Jong keren sekali disini >.< Scene dia baru dikit tapi langsung bikin aku terkesima gitu. Dia itu Boss nya Jidam yah? Seneng pas liat mereka ngobrol langsung klik gitu. Aku suka Chemistry nya Kim Min Jong dan Kim Yoo Jung itu, walau aku tidak yakin akan ada loveline diantara mereka apalagi mengingat Na Chul Joo sebenarnya seorang pembunuh bayaran dan Jidam adalah anak yang menjunjung tinggi keadilan.

Jidam adalah satu-satunya saksi pembunuhan Heong Buk, dia sudah melaporkannya pada pihak berwajib, tapi mayat Heung Buk menghilang dan ironisnya dia jadi incaran orang-orang yang menginginkan kasus kematian Heong Buk ini dianggap sebagai bunuh diri. Jidam tidak menyerah, dia membuat sebuah surat pernyataan saksi yang berisi tentang kronologis pembunuhan yang dia saksikan.

Tapi masalahnya, polisi yang menyelidiki hal ini sudah ditekan oleh pihak atas untuk menyatakan bahwa kematian Heung Bok adalah bunuh diri. Apakah Jidam akan diam saja jika akhirnya kematian Heung Bok dinyatakan bunuh diri? Ini salah satu yang membuatku penasaran.

Kim Yoo Jung lincah banget disini, dia jadi penulis buku ilegal yang juga mengatur pendistribusiannya, lucu sih pas dia ketemu sama Sado Seja dan Heong Bok, dia manggil mereka 'idiot' haha, katanya sih Sado Seja kagum gitu sama Jidam yang memiliki nama pena Bingae karena dia suka baca buku yang di tulis Bingae, apa mungkin bakal ada loveline antara Sado Seja dan Jidam? Ugh.. semoga gak ada yah, gak rela Jidam kudu masuk ke istana, dia itu orang yang bebas dan cerdas, kalau masuk ke istana dan jadi Selir Sado Seja, duh... kasian banget ~.~

Nonton drama ini bikin aku keinget Nine sama Iljimae juga Three Days nih, haha gegara pemainnya sih. 

Itu yang jadi Kim Taek (pemimpin salah satu partai yang keknya neken banget sama Raja) yang jadi Raja Injo Psyco di Iljimae.Sebel banget sama dia pas dia kek nya seneng akhirnya Sohyun Seja meninggal, disini juga dia sama Psyco nya kek nya. Trus yang jadi gurunya Sado Seja, dia bapaknya Eun Chae di Iljimae, jiaaah Kim Yoo Jung reunian sama bapaknya nih, tapi keknya mereka nggak bakal scene bareng yang di drama ini.

Dari Nine, ada bapaknya Park Sun Woo, yang jadi pemimpin partai satu lagi (aku beneran bingung bedain mana Noron mana Soron) sama yang jadi Direktur soulmate nya Sun Woo  juga (padahal aku ngarep nih bapak jadi cameo di Samchongsa, ternyata malah jadi pejabat di Secret Door, hehe)

Dari Three Days, ada si ganteng Kim Do Jin (aku lupa nama aslinya) Dia jadi pengikut setianya Sado Seja. Hmm... aksinya dia belum keliatan sih. Tapi dia selalu berdiri di dekat Sado Seja pas lagi rapat. Pengen liat dia selicik Kim Do Jin juga nih, hahaha. Dan satu lagi, ada yang jadi Chief Ham juga di Three Days, dia jadi kepala polisi yang di suruh sama Sado Seja menyelidiki kasus kematian Heung Bok, awalnya sih kek yang iya pengen serius nyelidikinnya, tapi setelah ada tekanan dari yang di atas, yah... siapa yang tahu gimana ntar hasilnya.

Ugh.. bener-bener deh nonton nih drama harus nabah-nabahin hati hehehe, pengen tetep lanjut sih nontonnya walo gagal paham sama intrik politiknya. Soalnya pengen liat Jidam dan Na Chul Joo lebih banyak lagi >.<

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*

25 komentar:

  1. u know what mbak, intrik politiknya emang ga nguatin (apalagi dengan subtitle yang beraneka ragam saking beratnya bahasa politik nan jadul) tapi saya juga ngebiarin ga mudeng karena mengira intinya juga njatuhin Raja atau ngangkat putra mahkota ckckck jangan ditiru...
    btw saya cuma bisa geleng-geleng kepala baca ini karena mbak irfa keliatan beda banget dengan saat merangkum cerita the three musketeers :P
    tapi ini juga dimaklumi kok, saya juga ga jarang mampir ke sini baca curcolannya mbak irfa^^"
    btw soal lee je hoon, emang ekspresinya bisa dibilang sama semua ga ada yang spesial tapi ada beberapa orang yang suka dengan ekspresi itu termasuk saya hahahaha
    jarang-jarang ngeliat orang wamil yang masih cute kayak jun ki :D
    kedua soal pasangan crown couple di sini, gatau kenapa saya malah suka chemistry mereka berdua meski cuek-cueknya ga kayak crown couple yang satunya :P
    ketiga soal bing ae-nama penanya ji dam yang sempat disebutkan memoirs of lady sebagai wanita satu-satunya yang menarik Sado-seja dan berakhir dengan dibunuh Seja sendiri, saya termasuk yang curious dengan hal ini
    tetapi seperti mbak irfa yang suka dengan chems ji dam dan chul joo, saya juga berharap hadirnya tokoh chul joo bisa membelokkan cerita ini agar tidak sama dengan pernyataan Lady Hong
    dan terakhir mengenai masalah buku ilegal itu, menurut saya seja hanya ingin rakyatnya bisa membaca buku dengan bebas itu saja
    karena penjualan buku itu menjadi hal yang ilegal dan dianggap kriminal
    makanya seja sempet tanya, apa dengan membaca buku kau menjadi kriminal? karena terlalu pintar sehingga bisa merencanakan apapun yang orang-orang uta di istana bahkan sulit memikirkannya??? hahaha entahlah,
    komen saya yang ngelantur ini juga efek dari menonton secret door, drama saeguk berbau detektif untuk menangkap pelaku di istana...
    sebenernya menurut saya ceritanya ga jauh beda sama intrik klan dayang jang di dong yi dalam menyembunyikan kebenaran, cuma gatau kenapa di sini jadi lebih rumit kelihatannya
    semoga drama ini memang secret door bukan labirin LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha klo TTM aku bikin recaps dira, bukan curhat, yg ini pure curhat wkwkw pasti bahasanya beda lah, hahaha

      Impact setiap org pasti beda juga sih itu, ya kan emang banyak yg suka liat Lee Je Hoon jadi Sado Seja, pas dia marah sebenernya dapet tuh, kek menuju ke psyco-an nya, plg sedih liat nasib Heong Bok aku mah, padahal suka liat scene dia sama Sado Seja, tapi masih ada mas Kasim sih, hahaha *lupa gak sempet curhat tentang mas Kasim*

      WHAT?? Bingae di bunuh sendiri sama Sado Seja, Owwwh So Ironic, berdoa aja deh moga Jidam gak pernah masuk istana, dia kabur aja sana sama Chul Joo, duh.. jd cemas gini sama nasib Jidam...

      Chul Joo sama Jidam itu klik nya langsung dapet gitu di di aku, suka aja liatnya, walo mungkin keknya mustahil ada loveline diantara mereka, Chul Joo kek nganggep adik sama JIdam.

      Oooo gitu yah tentang masalah buku, habisnya aku nggak mudeng, br pertama kali kek nya nonton drama saeguk yang bukan fussion saeguk secara detail gini, jadinya kepala nyut2an liatin bahasa2 nya yang kelewat jadul itu wkwkwk...

      dan setelah nonton Secret Door aku baru sadar, aku lebih cinta Fussion Saeguk kek IIjiame, Tamra The Island dan Hong Gil Dong dibanding nonton Dong Yi, Jang Geum dan Yisan, yang bener-bener saeguk hehe. Cerita Fussion Saeguk itu lebih enak aja dicerna intrik politiknya, mungkin karena pas nontonnya juga santai karena banyak humornya^^

      Hapus
    2. hahahaha iya iya,
      btw dira malah kebalikan kayak mbak irfa ya! lebih suka cerita yang menegangkan kayak dong yi dan jang geum (karena belum liat yi san)
      tapi secret door ini kan 24 episode jadi harapannya masalah terselesaikan dengan lebih cepat dan ga terlalu rumit benangnya :P
      fusion saeguk mungkin lebih ringan intriknya karena tujuan mereka bukan nyeritain istana hehe
      kalo ji dam kemungkinan mati masih lebih besar toh dia satu-satunya saksi
      dan masih belum bisa komen masalah chems ji dam-shul joo nih karena belum nonton LOL
      thanks a lot mbak irfa mau berbagi masalah ini, tapi mian dira ga bisa ngasih obat pusing ya!^^
      FIGHTING!!!

      Hapus
    3. btw ceritain kasim itu mbak wkwkwkwk

      Hapus
    4. aku liat dong yi, jang geum ma yisan cumann fokus sama romance nya #plak, mungkin juga sih yah,, klo fussion saeguk itu lebih ke cerita di luar istana, tapi yang bikin tertarik emang humornya sih, klo di SD kering banget humornya, pejabatnya kebanyakan ngobrol sih, wkwkwk

      gak apa-apa dira, nanti kalo ada yang pgn di curhatin lagi, aku curhat lg ttg secret door gak apa-apa yah?

      tentang mas kasim, kapan-kapan aja deh aku ceritanya hehe^^

      Hapus
  2. Noron (Doktrin Lama) dan Soron (Doktrin Baru) itu pecahan dr partai Seoin (Partai Barat). Ntar Noron terpecah lg.

    Di Dong Yi ada ini deh kayaknya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngerti tentang itu nya, yg gak aku ngerti mana pihak Noron dan mana pihak Soron di drama ini karena keterangannya cepet banget ilangnya, blm sempet aku baca udah gak ada lagi hehehe, jadi pusing deh^^

      BTW aku nonton Dong Yi di skip2 sih, cuman liat Scene Sukjong dan Dong Yi nya doank #plak

      Hapus
    2. ada di kutudrama mbak pihak pihak itu, hahahaha

      Hapus
    3. YHANK YOU SO MUCH INFONYA XD
      aya baru tau kalau seoin itu ibunya noron dan soron wkwk makanya kok ada banyak banget partai keliatannya :P

      Hapus
    4. oh ada yah pihak2 itu di kutudrama, maap jarang blogwalking lagi, aku sibuk sama real life dan kepoin dua putra mahkota ganteng (Sohyun Seja dan Myungnong Teja >.<)

      ttg seoin yang ibunya noron dan soron udah baca sebelumnya di blognya mba Tirza^^

      Hapus
    5. haha, semoga bentar lagi bisa kelar deh recapnya kutudrama karena katanya mbak dee juga mau bikin
      cuma karena sama kayak mbak irfa yang udah disibukkan dengan real life, jadi agak lama sepertinya...
      dengan senang hati mbak irfa, ditungguin kok meski bakal agak lama bacanya kalo lagi sibuk juga #ikutan sibuk :P

      Hapus
  3. ini drama bakal minim lovey dovey deh. :)) soalnya drama ini menceritakan ttg hubungan raja dan seja. liat aja urutan castnya. si raja diurutan pertama, keduanya seja, ketiga jidam. kkkk

    surat yg dijadiin masalah itu semacem surat koalisi kudeta raja lama & pengangkatan raja baru. surat itu jadi bukti konspirasi antara noron dan raja sekarang. raja ingin surat itu lenyap agar dia gak bisa ditekan oleh pihak noron. sedangkan pihak noron nyembunyiin surat itu agar sewaktu2 bisa ngancem raja kalo raja gak mau ngikutin mereka. itu yang aku tangkep.
    tapi aku gak tau maksudnya heungbok nyimpen surat itu buat apaan.

    padahal di drama itu yang paling aku suka si heungbok. kenapa dia dimatiin duluan. :((
    menurut aku dia yang paling cocok pake baju seja. :)))))

    mau bedain mana soron&noron? soron itu duduknya di sebelah kiri seja. yang noron disebelah kanan seja. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia... masalahnya aku punya penyakit sulit membedakan kiri dan kanan, dan aku udah sering kena masalah krn itu, lolanya suka lama klo suruh nentuin mana kiri mana kanan, hehe mungkin krn itu juga aku gagal paham hahaha.

      Oh jadi pihak Kim Taek itu partai Noron yah? trus pihak satunya yang dipimpin bapaknya park sun woo partai soron yah, makasih, juga penjelasannya tentang surat rahasia itu^^

      samaaaa... aku juga suka heong bok^^ sedih nya liat dia harus cepat mati, padahal suka pas dia lagi sama putra mahkota >.< tapi tenang sih.. soalnya bakal liat lagi Heung Bok di drama barunya King's Face, bareng Seo In Guk dan Jo Yoon Hee, sayangnya peran untuk Seja nya udah diisi In Guk, jadi Heong Bok nya kebagian jadi fortune teller nya^^

      gak apa-apa sih minim lovey dovey, tp boleh request banyakin scene nya Jidam dan Chul Joo gak, Owh... suka banget kalo mereka lagi ngobrol >.<

      Hapus
    2. woah, rasanya kok baru ngeliat dizchu ya? atau saya yang ga baca sinop yang samaan ma dizchu? hehe
      ngingetin infonya mbak tirza dulu zaman apa ya? wkwkwk

      waktu awal casting, heung bok juga sering disebut
      reuninya bareng si lee je hoon dan bromance mereka di film sebelumnya membuat banyak orang menantikan comeback bromance mereka
      eeeeeeee waktu heung bok malah stop cuma sampe episode 2, saya cuma bisa speechless, ternyata tim casting lagi mengelabui penonton yang udah kadung histeris menanti keduanya, dasar! kena jebakan...
      tapi puaslah ngeliat heung bok yang jadi sahabat lee je hoon
      karena kalo heung bok yang jadi PM, mungkin saya yang kecewa karena melihat PM yang gitu-gitu lagi kalemnya-ga cocok sama sado yang gak disukain istrinya hahahaha
      btw, spoiler tentang chul joo yang suka novel romantis itu belum reveal ya? LOL pingin tau gimana ji dam bisa mergokin chul joo
      soalnya kedatangan chul joo pertama kali di scene kan dengan wajah garangnya yang ngangenin buat mbak irfa :P

      Hapus
    3. Bak irfa...aku liat prince sado maah cuma di worrior baek dong soo...jd ttg riwayat kematiannya yg lumayan bisa diterima akal sehat yah...juga cuma di drama itu...jadi liat secret door ini..mungkin Cara pandang penceritaanya beda yah?atau yg di WBD itu fiksi???meski inti ceritanya rata2 sama ,dimana raja menghukum mati sado seja...tapi membiarkan yi San akhirnya jd pewaris..meski alasannya beda beda...meski di beberapa drama ada matanya memoar yg ditulis oleh ibunya yi san(ratu) ttg kematian suaminya...tapi semuanya juga asih bias...entah di drama ini giman..??jadi ya ttp ditunggu lah recap Dr para bloger...semangat bak irfa.

      Hapus
    4. Aku blm nonton WBDS belum ada waktu, padahal dah lama bgt punya file nya hehe, sejarah itu kan memang simpang siur, jadi wajar klo ada versi cerita yang beda-beda klo di drama hehe. Kalo liat komentar Anis sih di WBDS katanya Sado Seja ini ingin meneruskan cita-cita Sohyun Seja membangun dunia baru bagi Joseon, tapi tentu saja ini bertolak belakang dengan keinginan para pejabat dan akhirnya dia di plot berencana melakukan konspirasi, apalagi ada isu kelainan kepribadian Sado Seja dari kecil juga

      Hapus
    5. @irfa: kalo aku lebih susah nentuin belok kanan sama belok kiri. hahahahaha. maksud hati belok kanan, tp yang diucap malah belok kiri. padahal jelas2 tangannya udah nunjuk ke arah kanan :)))))

      the king face's bukannya masih kena masalah? pembuat naskah film the face reader mengklaim kalo king face itu mirip naskah filmnya dia. tapi aku blm tau kelanjutan kasusnya gmn.

      padahal ini pertama kalinya seo jun young main bareng kim youjung lagi setelah drama the tale of the fox's child. pengen liat mereka deket.. iish. walopun jarak umurnya jauh banget. hahahaha.. eeh tapi lebih jauh umurnya lee je hoon sama kim youjung deng. seo jun young baru 27th. lee je hoon udah 30. wkwkwkwkwk

      @anonim: dulu lebih sering komenin posting mbak dee sama mbak fann. kalo di postingan irfa mah jarang. hehehe. cuma baca doang palingan. nambahin traffic visitor. hahaha XDDD

      Hapus
    6. Kalo kata temenku masalah King's Face hanya karena uang, Perusahaan yg bikin FR pengen mereka juga yang mo bikin King's Face, tapi KBS gak mau. KBS udah deal juga sama SWnimnya yang memang juga SWnim FR *kalo gak salah* makanya KBS tetep lanjutin project ini, dan para leadnya sudah konfirm *yeay bisa liat liat Jo Yoon Hee in Hanbok*

      Hapus
    7. ooh gitu.. mulai tayangnya kapan sih?

      eh aku baru sadar loh kalo ayahnya sado itu lee geum anaknya dongyi (choi sukbin). di drama dongyi diceritainnya karakter lee geum gak penakut gitu kan. jadi asa aneh. hahahaha
      btw seharusnya sado itu punya kakak laki2 juga kan? *kmrn abis liat di wiki* kok gak diceritain di sini ya? apa kakaknya itu udah mati?

      Hapus
    8. katanya sih King's Face mulai tayang november, klo gak salah gantinya Blade Man

      Jiaah, dizchuu baru sadar ternyata, iya... emang Yeong Joo disini beda dibanding karakter dia di drama lain, apalagi kalo dibandingkan sama Yisan, Ugh...

      Tentang Kakak laki-lakinya Sado, kata temenku sih Yeong Jo ini susah punya anak cowok, dan pas dapet sering meninggal, makanya dia overprotective sama Sado dari kecil karena takut gak bisa punya pewaris kali yah? Pernah baca di sebuah artikel Sejarah, katanya Sado Seja dan Seja-bin nya dinikah kan pas mereka masih umur di bawah 10 tahun gitu, Ommo....

      Hapus
    9. iya mbak, terlalu deh
      mungkin itu juga yang nyebabin mereka susah akur
      toh waktu kecil sado lebih nempel sama heung bok sih wkwkwkwk

      Hapus
  4. Betul itu mba irfa...ngenes aku liat nasib prince sado di WBDS...meski di sana diceritakan bahwa akhirnya yisan jg mencoba memulihkan nama baik ayahnya di kemudian hari..btw rasanya mmg benar..konspirasi udah dr dulu bakalan ngancurin seseorang mudah saja...bahkan sejarahpun direkayasa...fuih...kejamnya...sohyun-sado seja...mmng crown princes yg ngenes...trims bak irfa...

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kesini gegara.... Lee jo hoon yg sekarang lg exist bgt dgn drama Taxi driver nya 😁😁perasaan pernah nonton oppa ini di drama saeguk, terus kek nya peran nya yg nangis2 gitu... dan bener aja he he he ternyata pernah nonton drama secreet door ini tp cuma bagian2 awal nya saja he he he, oh ya salam kenal ya oeniii .. ☺☺

    BalasHapus
  7. kesini krn baru mau nonton secret door. drama lee je hoon yg blm kutonton cuma ini aja, lainnya sudah..aku penasaran bgt

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^