Review Nine Times Travel Time by Rinda



NINE: JOURNEY TO THE PAST

Kisah dimulai saat Park Sun Woo pergi ke Himalaya untuk menemui teman wanitanya Joo Min Young, gadis periang yang telah lama memendam rasa kepada Sun Woo. Begitu bertemu, Sun Woo langsung mengajak Min Young menikah, namun hanya dalam jangka waktu 6 bulan saja. Tentu saja lamaran aneh Sun Woo itu langsung ditolak Min Young, meskipun sebenarnya Min Young senang dilamar oleh Sun Woo. Alasan Sun Woo melamar dengan cara seperti itu adalah karena dia memiliki tumor otak dan dia didiagnosis hanya bisa hidup seperti orang normal selama 6 bulan saja. Maka ia ingin menghabisanya sisa waktunya dengan gadis yang sudah dia cintai 5 tahun lamanya. Min Young yang akhirnya tahu mengenai penyakit Sun Woo memutuskan untuk menerima lamaran Sun Woo. Maka akhirnya mereka memulai hubungan menyedihkan tersebut.

Sebenarnya selain melamar Min Young, Sun Woo memiliki alasan lain pergi ke Himalaya yaitu mengambil abu kakaknya. Sebelumnya Sun Woo mendapat kabar bahawa kakaknya yaitu Park Jung Woo ditemukan tewas di lereng Gunung Himalaya. Anehnya sang kakak tewas dalam keadaan sedang menggenggam dupa. Dan polisi mengindikasi bahwa sebelum tewas sang kakak berusaha menyalakan dupa tersebut, walau tidak jelas apa alasanya.

Sun Woo mengingat kembali pertemuan terakhirnya dengan sang kakak. Saat itu kakaknya terlihat sangat gelisah. Sang Kakak juga mengatakan hal yang aneh, seperti ingin mengembalikan kebahagiaan keluarga mereka. Namun saat itu Sun Woo tidak terlalu memikirkan kata-kata kakaknya tersebut. Sun Woo merasa sangat bersalah karena kurang perhatian pada kakaknya saat itu. Setelah kremasi akhirnya barang-barang Jung Woo diserahkan kepada Sun Woo, termasuk dupa dan buku catatan Jung Woo. Sun Woo yang sangat penasaran dengan dupa tersebut mencoba menyalakannya, kemudian Sun Woo pergi ke masa yang berbeda.

Meski awalnya tidak sadar telah pergi ke masa lalu, namun setelah beberapa kali menyalakan dupa tersebut dan selalu mengalami fantasy aneh akhirnya Sun Woo mulai curiga. Apalagi setelah membaca buku catatan sang kakak Sun Woo tahu bahwa dupa tersebut dapat membawanya pergi ke masa 20 tahun silam. Di buku catatan itu juga disebutkan dupa itu masih ada 9 lagi di pegunungan Himalaya. Kemudian Sun Woo sadar bahwa kakaknya tewas karena sedang dalam perjalanan mengambil 9 dupa tersebut. Sun Woo curiga bahwa tujuan Jung Woo mencari dupa itu karena ingin merubah masa lalu keluarganya, dan menyelamatkan sang Ayah.

Sebenarnya kehidupan keluarga mereka saat ini memang berantakan. Semenjak ayah mereka meninggal dalam insiden kebakaran, akhirnya ibu mereka mengalami stres berat. Sedangkan rumah sakit yang tadinya dikelola sang ayah, akhirnya diberikan pada rekan kerja ayahnya yaitu Choi Jin Chul. Sun Woo yakin kematian ayahnya bukanlah kecelakaan. Dan dia percaya bahwa Choi Jin Chul yang melakukan semua itu.

Selama bertahun-tahun Sun Woo yang berprofesi sebagai pembawa berita sudah menyelidiki Choi Jin Chul. Dia menemukan fakta bahwa Choi Jin Chul telah melakukan pelanggaran kode etik kedokteran, dan menyebabkan kerugian beberapa orang. Namun kerana kini Choi Jin Chul telah menjadi orang penting dan sangat dihormati di Korea, tidaklah mudah bagi Sun Woo untuk membongkar kedok Choi Jin Chul tersebut. Tetapi Sun Woo yang kini merasa waktunya tidaklah lama lagi, ingin segera membalaskan dendam keluarganya pada Choi Jin Chul. Diapun membeberkan masalah pelanggaran kode etik kedokteran yang dilakukan Choi Jin Chul secara terang-terangan dalam acara berita yang dibawakannya. Akibatnya Sun Woo mendapat banyak kritik.

Setelah kemunculan dupa ajaib tersebut, Sun Woo merasa dia memiliki kesempatan untuk menyelamatkan takdir keluarganya dan menghukum Choi Jin Chul. Mungkin juga dengan mengubah masa lalu, dia bisa saja menyelamatkan dirinya dari penyakit tumor otak ini. Setidaknya dia ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dari sekarang. Maka dimulailah perjalanan Sun Woo menjelajahi masa lalu.

Meski sudah banyak drama korea yang mengangkat kisah mengenai Time Travels, namun Nine memiliki keistimewaan sendiri. Nine membawakan kisah mengenai Time Travels dengan atmosfer berbeda dari drama-drama lainnya. Jika drama lain mengisahkan perjalanan waktu yang dialami sang tokoh utama sebagai sebuah anugerah, lain halnya dengan Nine. 

Nine mengambil sudut pandang berbeda, dan mengisahkan bahwa perjalanan waktu yang dialami Sun Woo sebagai sebuah kutukan dan musibah. Karena setiap Sun Woo kembali ke masa lalu demi memperbaiki kehidupannya, yang terjadi justru kebalikannya. Kehidupan Sun Woo justru semakin menyedihkan. Sun Woo pun semakin terpuruk ketika mengetahui penyebab kematian ayahnya, dan fakta mengenai keluarganya. Bahkan penyakit Sun Woo berkembang lebih cepat karena perjalanan waktunya. Dan yang terburuk adalah takdir Sun Woo dan Min Young telah berubah, yang menyebabkan mereka tidak bisa bersatu.

“Sepertinya aku mendapat hukuman karena bermain-main dengan Tuhan, selama sisa hidupku.” – Park Sun Woo

Berbeda dengan drama garapan penulis sebelumnya nuansa romance drama Nine memang tidak sekental Queen In Hyun’s Man. Nine lebih menitikberatkan kesedihan yang dialami Sun Woo karena merubah masa lalu dan adegan percintaannya pun tidak sebanyak Queen In Hyun’s Man. Tapi tetap saja nuansa percintaan Nine tidak kalah membuat penonton geregetan. Apalagi setiap melihat kisah cinta Sun Woo dan Min Young yang selalu terombang-ambing karena perubahan takdir.

Jalan cerita Nine yang tidak terduga-duga membuat penonton berdebar-debar dan memberi banyak kejutan di setiap episodenya. Perubahan takdir yang terjadi selalu tidak terduga-duga dan membuat geregetan setiap penontonnya. Kita juga dibuat penasaran mengenai akhir kisah cinta Sun Woo dan Min Young nantinya. Ditambah dengan ending nya yang unpredictable dan mengundang banyak tanya. Sehingga banyak perdebatan karena perbedaan pendapat mengenai ending Nine. Dan aku rasa itu salah satu tujuan sang penulis untuk membuat penonton mengembangkan fantasy mereka sendiri untuk membuat ending yang mereka inginkan.

Meskipun berakhir dengan ending yang sedikit menggantung, namun justru ending yang seperti itu sangat cocok untuk genre fantasy yang dibawakan Nine. Apalagi ending yang disajikan memang sudah direncanakan sejak awal. Hal itu membuat Nine menjadi drama cerdas yang selalu memberi banyak kejutan.

Mungkin Nine bukan drama yang sempurna, namun Nine tetap menjadi drama yang wajib ditonton. Apalagi karena kecerdasannya dalam pembawaan kisah Time Travels dan alur cerita yang sangat mendebarkan. Memang saat pertama kali mengetahui Drama Nine mungkin kita kurang tertarik, karena tidak dibintangi artis yang kita kenal. Tapi tetap saja seluruh pemainnya bisa membawakan karakter mereka dengan baik, sehingga kita bisa masuk dalam kisah Nine dengan mudahnya. Coba tonton Nine satu episode saja, pasti kalian akan langsung tergelitik untuk mengetahui kisah Sun Woo selanjutnya. Dan bisa dipastikan kalian akan langsung jatuh cinta pada Drama ini.
  
“Aku ingin membuat semuanya mudah. Aku hanya akan mempercayai apa yang ingin aku percayai. Dan aku hanya akan mencintai gadis yang ingin aku cintai.” 
– Park Sun Woo


written by Rinda/ Twitter

Jangan Lupa, Vote Nine di Seoul International Drama Award 2013
0 Komentar untuk "Review Nine Times Travel Time by Rinda"

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top