30 Days of Sherlock - Day 12: Random

Haaa…. Random lagi, kembali bingung mau membahas apa? Meski random tapi harus tetap berkaitan dengan Sherlock kan yah? Boleh yah jika aku membicarakan tentang cerita-cerita yang di adaptasi dari kisah Sherlock Holmes yang pernah aku tonton atau aku baca.

Nama Sherlock Holmes menjadi legenda dan seolah menjadi acuan banyak penulis cerita misteri dalam karya-karya mereka. Mereka bukan menjiplak, tapi menjadikan karakter dan kasus-kasus di cerita karangan Sir Arthur Conan Doyle itu sebagai inspirasi mereka. Boleh lah jika itu disebut sebagai adaptasi.

1. Detektif Conan


Komik Detektif Conan mungkin komik yang pertama kali memperkenalkan aku pada tokoh Sherlock Holmes, sampul jilid 1 nya saja sudah Sherlock Holmes sekali, dimana Conan yang merupaka wujud kecil dari Shinichi Kudo, sang detektif SMA yang sangat menganggumi sosok Sherlock Holmes digambarkan memakai kostum Sherlock Holmes nya Doyle, lengkap dengan topi deerstalker nya. Ceritanya Detektif Conan jelas sekali jauh berbeda dengan Sherlock Holmes, namun nama Sherlock beberapa kali sempat disebutkan dalam Komik itu. Dan mau tak mau aku harus mengakui, sedikit banyak daya analisis Shinichi mirip dengan deduksi yang selalu dilakukan Sherlock saat dia menilai seseorang dan menyelesaikan kasus. Sherlock dan Shinichi sama-sama pengamat yang baik, dan mampu membuat kesimpulan dari hal-hal yang sepele.


Selain Sherlock Holmes, karakter terkenal lainnya dari Cerita karangan Conan Doyle itu adalah sahabat baik Sherlock yang juga menjadi asisten terbaik Sherlock dalam menyelesaikan kasus-kasusnya John Watson. Sayangnya aku tidak menemukan sosok Watson dalam Detektif Conan, yang paling mendekati sosok Watson mungkin Heiji Hatori, detektif dari Kanton yang menjadi salah satu teman Shinichi, tapi sih dia kan tidak selalu bersama Conan, beda feel nya dengan Holmes dan Watson.

2. Kirika and Kanbayashi The Series

Cerita Detektif lainnya yang mengadaptasi karakter Sherlock Holmes adalah Kirika dan Kanbayashi the Series. Dalam Komik ini, karakter Kirika lah yang mengadaptasi karakter Sherlock Holmes. Seorang aktris cantik yang menyembunyikan kepribadian aslinya dari banyak orang demi menjaga image nya sebagai publik figur. Sementara Kanbayashi, sang penulis cerita misteri yang Novel nya akan di film kan, di adaptasi dari karakter John Watson yang selalu membantu Kirika dalam menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi di dunia entertainment, terumata di lokasi syuting pembuatan film yang ceritanya diambil dari Kanbayashi dan Kirika terpilih menjadi pemeran utamanya.

Kirika memang bukan konsultan detektif seperti Sherlock, namun rasa penasarannya yang terlalu besar saat dihadapkan pada kasus pembunuhan atau pun kasus lain yang terasa ganjil membuat jiwa detektifnya selalu bangkit. Daya analisis Kirika juga sangat baik karena dia memiliki kecerdasan yang luar biasa, Kanbayashi bahkan mengakui kejeniusan Kirika. Namun Kirika adalah pribadi yang rapuh, dan hanya Kanbayashi lah orang yang bisa memahami Kirika yang selama ini selalu menyembunyikan kepribadian aslinya dan bersikap defensive pada orang-orang di sekitarnya.

3. Love Me If You Dare

Jangan tertipu dengan judulnya yang tampaknya sangat jauh dari cerita bertema detektif. Drama cina yang dibintangi Wallace Huo dan Sandara Ma ini salah satu drama Cina dengan cerita terkelam yang pernah aku tonton, karena yah biasanya drama-drama Cina yang aku tonton tema nya yang manis dan lucu gitu sih. Judulnya boleh jadi menggambarkan kisah cinta yang romantis tapi serius deh kasus-kasus pembunuhan di tiap episodenya ‘dark’ dan sangat mencekam.

Bercerita tentang seorang Profiler Profesional, Bo Jin Yan (Wallace Huo) yang memiliki daya analisis yang luar biasa dengan kepribadian aneh yang membantu kepoisian menyelesaikan kasus-kasus pembunuhan yang menemui jalan buntu karena pelaku yang tidak pernah meninggalkan jejak. Karakter Bo Jin Yan sepertinya memang di adaptasi dari karakter Sherlock Holmes, bahkan drama yang tayang di tahun 2015 itu (dan jadi drama terfavorite ku tahun lalu) menggunakan salah satu BGM nya Sherlock BBC yang sangat khas untuk menampilkan kesan yang Sherlock banget ;p

Lalu siapa yang menjadi sosok Watson bagi Bo Jin Yan? Dia adalah Jian Yao (Sandara Ma) fresh graduate dari sebuah universitas yang tadinya hanya dipekerjakan sebagai penterjemah dari penelitian-penelitian yang dilakukan Bo Jin Yan. Merasa cocok dengan cara kerja Jian Yao, Bo Jin Yan pun memminta Jian Yao menjadi asistennya dalam menyelesaikan kasus-kasus unik yang membutuhkan keahliannya sebagai Profiler Profesional.

4.  Private Eye


Film Korea bergenre Suspense Thiller ini bercerita tentang seorang mahasiswa kedokteran Kwang Su (Ryu Duk Hwan) yang menemukan mayat di hutan yang ternyata adalah putra pejabat yang menjadi korban pembunuhan. Karena dia telah mengambil beberapa organ dari mayat tersebut dan jika melaporkan penemuannya ke polisi dia akan menjadi tersangka, dia mencari cara lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kwang Su menemukan iklan tentang detektif swasta bernama Hong Jin Ho (Hwang Jung Min) dan dia pun segera menghubungi sang detektif untuk menyelediki kasus pembunuhan mayat yang dia temukan. Dalam proses penyelidikannya, Kwang Su menjadi asisten Hong Jin Ho menguak misteri demi misteri yang menghantarkan mereka pada kasus pembunuhan yang lebih banyak.

Saat pertama kali menontonnya aku langsung kepikiran jika aku sedang menonton Sherlock Holmes versi Korea karena cara berpikir Hong Jin Ho yang unik dalam menyelesaikan kasus-kasus yang dihadapinya. Tentu saja Kwang Su yang menjadi asistennya sangat cocok jika dikatakan sebagai Watson nya Hong Jin Ho, apalagi latar belakangnya sebagai mahasiswa kedokteranpun mirip dengan latar belakang John Watson.

Sherlock, John dan Molly versi Korea >.<
2 Komentar untuk "30 Days of Sherlock - Day 12: Random"

Hai Irfa, apa kabarmu?
Lama baru muncul,. Ngomongin soal sherlock itu jadwal season 4 nya kapan sih??
Nunggunya ampe jamuran,. Kan penasaran.
Berhubung kamu nyebutin love me if you dare. Sekarang aku lg ngikutin drama yg diadaptasi dari penulis love me if you dare. Yg judulnya when snail in love...
Pernah denger gak???
Genre mirip koq... Dan udah mau tamat aja. Tinggal nunggu subnya. Biasanya sich jum at udah ada....
Lebih suka yg when snail in love, gak terlalu dark...
Maaf slama ini jd silent reader...

Hai juga, kabar baik^^
Akhir2 ini sibuk jd gak sempet nge blog, katanya sih Sherlock season 4 tayang tanggal 1 Januari 2017
Aku udah DL juga tuh When Snail In Love, tapi belum sempet nonton, sebenernya sih aku suka Love Me If You Dare karena ceritanya dark, yah semoga aja suka juga deh sama When Snail In Love

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top