[Review] 9 Drama Korea Terbaik di 2011


Dari 30 drama yang telah aku tonton di tahun 2011 ini hanya beberapa saja yang menarik hatiku dan menjadi drama favorit-ku, diantaranya adalah:

1. Secret Garden
Siapa tak suka dengan sebret garden, drama yang menyabet begitu banyak penghargaan ini, memang ditayangkan sejak tagun 2010 dan berakhir di tahun 2011 sehingga sudah masuk list dalam nominasi beberapa Award. Ceritanya yang berbeda dengan drama korea lain membawa angin segar dalam variasi tema dalam Korea, belum lagi Akting yang memukau dari para pemainnya. Ada Hyun Bin yang sukses besar memerankan karekter Kim Jo Woon seorang Chae Bol egosis yang memiliki prestise tinggi dan masa lalu kelam. Ha Ji Won yang berperan sebagai Gil Ra Im pun berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai seorang stuntman yang tangguh namun bisa bersikap seperti wanita pada umumnya jika berada dihadapan idolanya. Selain itu ada juga Yoon Sang Hoon yang memerankan karekter Oska, idola Ra Im sekaligus sepupu Joo Woon yang terbelit cinta masa lalu dan sindrome popularitasnya yang mulai menurun.

Drama ini sebenarnya dinobatkan sebagai drama terbaik di tahun 2010, tapi berhubung aku menontonnya di tahun 2011 maka aku memasukannya ke dalam list drama terbaik menurutku di tahun 2011.

Gara-gara menonton drama aku sempat kena sindrome Binnie, setelah sebelumnya pun aku memang menyukai namja satu ini ketika dia bermain dalam drama My Name Is Kim Sam Soon, The Snow Queen, maupun World Within...


2. Queen of Reversals
Jujur saja, aku menonton drama ini hanya demi melihat Park Shi Hoo, dan bertahan menontonnya hingga 31 episode pun juga demi melihat Shi Hoo Oppa yang telah membiusku sejak melihatnya di Prosecutor Princess sebagai Seo-Byon.

Berawal dari Park Shi Hoo inilah aku mulai menikmati drama ini, karena jalan ceritanya yang cukup menarik. Apalagi karakter Park Shi Hoo disini pun cukup menkajubkan, sebagai Goo Yong Shik seorang pewaris Chaebol yang jatuh cinta pada bawahannya yang telah menikah. Awalnya aku sama sekali tak mengenal Kim Nam Joo, tapi menurutku dia aktris yang hebat, mungkin karena dia aktris senior ya.. jadi aktingnya pun bener-bener memukau.

3. Sign
 Ini adalah drama pertama yang membuatku tak habis pikir setelah melihat Endingnya. Aku menonton drama ini karena kangen dengan aktingnya Park Shin Yang, dan aku puas banget liat akting Ahjussi satu ini di drama ini. Sign bercerita tentang perjuangan seorang dokter Forensik dalam mengungkap penyebab kematian sebenarnya dari sebuah mayat. Kata-kata yang paling aku ingat dari drama ini adalah: "Korban telah meninggalkan bukti terakhir dalam tubuhnya, dan kitalah yang wajib menemukannya." Aku rasa kata-kata ini sangat melekat pada kareakter yang diperankan Park Shin Yang, hingga akhirnya dia mengorbankan dirinya untuk menjadi bukti terkuat dari perbuatan jahat yang dilakukan oleh putri dari orang yang cukup berkuasa di dunia politik.

Setiap Episode drama ini membuatku deg-degan bertanya-tanya apakah akhirnya Pembunuhnya akan tertangkap, dan itu membuatku sulit meninggalkan drama ini dan dengan setia mengikuti setiap adegan dalam drama ini. Meskipun pada awalnya aku kecewa pada endingnya yang membuat karakter Park Shin Yang terbunuh demi menangkap sang pembunuh Psikopat yang sama sekali tak punya rasa bersalah setelah membunuh.

Meskipun ada beberapa kasus yang disajikan dalam drama ini, namun kasus utamanya lah yang benar-benar menarik perhatianku. Yaitu kasus tentang terbunuhnya Vokalis Boyband yang sedang naik daun yang diduga bunuh diri karena tidak tahan dengan beban hidupnya, namun sebenarnya dia dibunuh oleh kekasihnya yang merupakan seorang putri salah satu anggota Dewan yang akan sedang mengikuti pemilihan Presiden.


4. Best Love
 Cha Seung Won Ahjussi sarange,, Itulah alasanku sangat menantikan Best Love. Setelah Ahjussi berhasil membuat hatiku melting saat menjadi Joo Guk di City Hall, akhirnya Ahjussi pun kembali mebuat hatiku melting lagi saat berperan jadi Dokko Jin, Aktor papan atas yang jatuh cinta pada Aktris kalangan Bawah seperti Goo Ae Jung yang diperankan Gong Hyo Jin. Cha Seung Won berhasil meninggalkan kesan mendalam lewat karakternya di Best Love hingga drama ini mendapat rating cukup tinggi di Koreanya sana.

Dan Bagiku, drama ini adalah drama komedi terbaik yang pernah aku tonton. Terutama melihat kelakuab Dokko Jin yang lebay dan narsis abis, namun cukup bingung menhadapi perasaannya sendiri saat dirinya menyadari bahwa dia mungkin jatuh cinta pada Ae Jung.

Ah,, aku lupa ada satu lagi alasanku menonton drama ini, karena adanya Yoo Kye Sang. Aku terpesona akting Ahjussi satu ini saat melihatnya di drama Who Are You? Sebagai pengusaha dingin yang dirasuki arwah dengan karakter yang berbanding terbalik dengan karakternya. Meskipun dia hanya Second Lead di drama Best Love ini, tapi aku sangat puas melihat aktingnya yang semakin menakjubkan.


5. Thorn Birds
Thorn Bird adalah salah satu drama yang membuatku ketagihan untuk menontonnya. Aku tak tahu kenapa. Awalnya aku menonton drama ini karena aku kangen dengan aktingnya Han Hye Jin setelah terakhir kali aku melihatnya di Jejongwon. Pertama kali menonton drama ini aku menilainya terlalu drmatis, namun aku tak bisa berhenti menonton drama ini. Setelah melihat Endingnya pun aku masih saja penasaran dengan drama ini dan berkali-kali mererunnya. Saat mererunnya kembali kau bahkan tidak bisa berhenti lagi dan terus ingin menontonnya hingga tamat.

Banyak orang yang tidak suka dengan tema drama ini, tapi sepertinya aku memang tertarik dengan alur ceritanya. Banyak juga yang bilang karakter tokoh di drama ini kurang kuat, tapi aku merasa sebaliknya, semua karakter di drama ini sangat kuat bahkan tatapan mata mereka pun bisa mengatakan banyak hal.

Gara-gara Thorn Bird aku terpukau dengan akting Joo Sang Wook hingga aku bela-belain nonton Giant drama yang dibintanginya bersama Lee Bom Soo dan semakin terpukau dengan aktingnya setelah melihat aktingnya di drama dengan jumlah episode yang cukup panjang itu.


6. Manny
Awalnya aku iseng aja sih nonton drama ini. Aku bahkan tidak kenal siapa pemainnya. Eh,, ternyata aku baru ngeh yang jadi Lead actreesnya itu yang jadi kakak perempuannya Lee Min Jung di Smile You. Aku terkesan dengan drama yang menceritakan cara seorang pengasuh Laki-laki dalam mengurusi anak-anak yang diasuhnya itu. Alur ceritanya sederhana tapi cukup membuat penasaran dan membuatku berdecak kagum pada kecerdasaan Yi Han sang Manny yang awalnya dibenci anak asuhnya dan berakhir membuat semua orang jatuh hati padanya, hingga membuat Ibu dan Bibi dari anak-anak asuhnya JAtuh Cinta padanya. Namun Yi Han sangat profesional mengatasi masalah percintannya itu, hingga dia merelakan perasaannya sendiri saat anak-anak asuhnya berharap orang tua mereka kembali rujuk sementara dia sedang menjalin hubungan dengan ibu mereka.

7. 49 Days
Drama ini sekarang sedang tayang di Indosiar. Mengapa Indosiar sampai tertarik menayangkannya? Tentu saja karena drama ini sangat menarik. Selain alur cerita dan tema yang berbeda dari drama korea biasanya, yang menarik dari drama ini juga adalah kemampuan Akting Lee Yo Won yang menakjubkan. Dia berperan sebagai Yi Kyung, gadis suram yang hidup tanpa tujuan setelah kematian kekasihnya. Karena satu dan lain hal, nantinya Yi Kyung akan dirasuki oleh Shin Ji Hyun, gadis ceria yang harus mengumpulkan 3 tetes air mata dari orang yang tulus mencintainya agar dia bisa tetap hidup dan terbangun dari kondisi koma nya.

Selain penampilan akting yang menakjubkan dari Lee Yo Won ada juga Jung Il Woo yang berperan jadi Schelduller (yang diterjemahkan sebagai malaikat maut di Indosiar - kurang keren yah istilahnya) stylish yang ternyata menjadi shelduller karena suatu alasan yang berhubungan dengan hidup Yi Kyung.

8. Protect the Boss
Kisah Cinta seorang Boss dan sekertaris miskinnya mungkin tema yang biasa dalam dunia k-drama. Tapi Jika Bossnya itu tidak kompeten sebagai seorang direktur dan selalu disepelekan orang-orang dan sekertarisnya adalah mantan preman dan pembela kebenaran yang ingin mempertahankan pekerjaan tetap pertama yang diperolehnya. Itulah yang menarik dari drama ini. Jujur saja aku menonton drama ini karena penasaran dengan akting Choi Kang Hee yang biasanya aku lihat di K-Movie. Aku selalu terkesan dengan setiap aktingnya di Movie yang dibintanginya, dan penasaran dengan aktingnya di drama. Ternyata dia memang Aktris hebat, aktingnya bener-bener keren.

Gara-gara liat drama ini, aku terkesan denga aktingnya Ji Sung, aktingnya dia keren juga ternyata. Dulu aku hanya tahu Ji Sung ini kekasihnya Lee Bo Young aja, dan tidak pernah terkesan dengan aktingnya. Tapi gara-gara melihat aktingnya di Protec the Boss aku jadi penasaran dengan drama lain yan dibintanginya. Ternyata aktingnya keren juga, baik itu di drama Royal Family, New Heart maupun Swallow Into The Sun. Pantes aja ya hubungannya sama Lee Bo Young masih awet sampe sekarang, semoga mereka cepat menikah.

9. The Princess' Man
Pas tahu Park Shi Hoo bintangi drama baru, tentu saja aku sangat menantikannya. Tak sia-sia memang menantikan drama ini. It's a adorable, aku pikir Park Shi Hoo bener-bener bertranformasi menjadi aktor yang sangat hebat dalam drama ini. Selain alur ceritanya yang menarik untuk ukuran drama Saeguk, Princess' Man dibintangi oleh aktor dan aktris yang berbakat. Hampir para pemain utamanya kini masuk dalam jajaran nominasi penerima Award di KBS Award 2011.

Meskipun banyak kontroversi yang mengikuti kesuksesan drama ini, bahkan ada gugatan hukum dari salah satu keturunan tokoh masyarakat yang ditampilkan drama ini, Princess' Man tetap salah satu drama terbaik dalam hatiku, selain karena Shi Hoo Oppa juga karena alur cerita yang selalu membuatku penasaran. Kabarnya Indosiar akan menayangkan drama ini, semoga benar terjadi yah,, dan para pemirsa Indosiar akan kembali dilanda Park Shi Hoo Sindrome.


Note:
Urutan dalam list ini, tidak menunjukkan mana yang paling baik. Aku mengurutkannya sesuai dengan urutan waktu aku menontonnya. Sebenarnya aku cukup kerepotan memilih drama-drama di atas, karena sebenarnya lebih banyak drama lama yang membuatku terkesan tapi baru aku tonton baru-baru ini. Oh iya, kenapa Flowers Boy Ramyun Shop tidak masuk list, bukan karena drama itu tidak membuatku terkesan, tapi karena aku baru menontonnya 2 episode sehingga aku belum bisa membuat Review drama tersebut.

3 Komentar untuk "[Review] 9 Drama Korea Terbaik di 2011"

sy jg suka secret garden, protect the boss, 49 days, queen of reversal & princess man (krn ada park si hoo nya jg :))
selain itu ga bgitu suka, at list, selera orang kan beda2

slain itu drama yg bisa membiusku di tahun ini adalah cant you hear my heart yg dimainkan kim jae won,terpikat sm kulit mulusnya jae won oppa :p tp ceritanya jg menarik kok

Princess man is the best korean drama that I've ever watched.
Diantara puluhan drama korea yg aku nonton, cuma princess man yang bisa buat aku nonton berulang kali.
Nggak pernah bosan..

queen of reversals sukaaa bgets

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top