[Review C-Drama] Perfect Couple a.k.a Jin Yu Liang Yuan



Gara-gara tetiba dapet wangsit untuk nonton Drama Cina Shan Shan Comes to Eat a.k.a Boss and Me, aku jadi tergiling-giling sama salah satu pemerannya. Anehnya bukan si pemeran utama, tapi malah suka banget sama yang jadi Zheng Qi, sahabat dekat si LM yang juga jadi idolanya si LF. Karakter Zheng Qi ini sebenarnya tipikal Second Lead di drama-drama, tapi pemerannya itu lho yang menghidupkan karakter Zheng Qi menjadi lebih menarik. Berhubung aku tidak hapal aktor-aktor mainland, akhirnya hanya bisa mengandalakan dramawiki untuk mencari Info, ternyata namanya Huang Min, dan dramanya juga belum banyak, diantara deretan list dramanya ada satu yang menarik perhatian ku. Perfect Couple.

Sebenernya aku sempat tertarik untuk menonton drama ini sejak beberapa bulan lalu pas mulai bisa streaming di Viki, tapi sayang pas nonton engsub nya malah gak keluar akhirnnya gak jadi nonton, dan sekarang drama ini sudah tamat, setelah tahu Huang Min adalah salah satu pemainnya aku jadi Kepo deh hehehe^^


Details
Title: 金玉良 / Jin Yu Liang Yuan
English Title: Perfect Couple
Genre: Period drama, romance, comedy
Episodes: 45
Broadcast network: JSTV
Broadcast period: 2014-Apr-21

Cast
Tiffany Tang as Yu Qi Ling
Wallace Huo as Jin Yuan Bao
Gong Mi Shi as Jiang Xiao Xuan
Huang Ming as Gu Chang Feng
Wayne Wang as Liu Wen Zhao
Vivian Wu as Lady Jin
Wang Jing Luan as Liu Qian Qian




Jin Yuan Bao adalah putra dari Jenderal besar dinasti Ming yang dekat dengan keluarga kerajaan karena ibunya adalah sepupu dari Ibu Suri. Yuan Bao dijodohkan oleh ibu suri dengan putri Perdana Mentri Jiang, Xiao Xian. Pernikahan itu adalah penikahan politik untuk memperkuat pondasi politik yang mendukung Putra Mahkota segera menempati Tahtanya sebagai Raja ditengah ancaman Pangeran Kedua yang sangat ambisius.

Yuan Bao berbeda dengan putra bangsawan kebanyakan, dia hidup dengan caranya sendiri dan memilih menjadi detektif dengan kecerdasannya. Sebenarnya Yuan Bao menolak perjodohan ini karena dia ingin menikah dengan wanita yang dicintainya, bukan dengan orang asing yang tiba-tiba di bawa ke rumahnya sebagai hadiah dari Ibu Suri. Namun ibunya, Lady Jin memohon padanya agar tidak menghindar dari pernikahan tersebut karena pernikahan itu akan menyelamatkan keluarganya juga memperkuat posisi Putra Mahkota di istana. Melihat betapa loyalnya sang ibu terhadap kerajaan, Yuan Bao pun tidak punya pilihan lain selain menerima pernikahan itu.

Namun ternyata bukan Yuan Bao saja yang enggan untuk menikah, Jiang Xiao Xuan pun merasa sangat terpaksa melakukan pernikahan tersebut karena dia sudah memiliki pria yang di cintai. Namun apa daya semua telah di atur dan Xiao Xuan tidak punya kesempatan untuk melarikan diri dari kediaman keluarga Jin hingga seorang wanita tak dikenal datang ke kamarnya secara diam-diam.

Wanita itu bernama Yu Qi Ling, seorang gadis yang di besarkan ibu angkatnya menjadi wanita tangguh dengan kemampuan bela diri yang luar biasa. Qi Ling datang ke ibu kota dengan maksud untuk mencari putra kandung ibu angkatnya yang dia tahu bernama  Jin Yuan Bao, putra tunggal keluarga Jin.

Sebelum masuk ke kamar tempat Xiao Xuang menginap di ibu kota, Qi Ling sempat beberapa kali bertemu dengan Yuan Bao yang sedang menyelidiki sebuah kasus penjualan para wanita, tapi setiap kali mereka bertemu Qi Ling selalu sedang menyamar sebagai pria yang berusaha mencari cara untuk  melihat sebuah tanda lahir di tubuh Yuan Bao untuk membuktikan bahwa Yuan Bao adalah putra kandung ibu angkatnya.

Saat Qi Ling masuk ke kamar Xiao Xuan terjadi sebuah kekacauan dengan datangnya orang misterius yang datang untuk membunuh Xiao Xuan, kekacauan itu di manfaatkan Xiao Xuan untuk kabur  dari tempatnya menginap dan meninggalkan Qi Ling yang harus berhadapan dengan si pembunuh. Namun karena kemampuan bela dirinya Qi Ling berhasil mengalahkan si pembunuh namun  dia terjebak di dalam kamar itu dan dia mendaparkan ide untuk berpura-pura menjadi Xiao Xuan agar dia bisa membuka pakaian Yuan Bao di malam pengantin mereka dan dia bisa memastikan tentang tanda lahir Yuan Bao. Xi Er, pelayan Xiao Xuan tadinya tak setuju dengan ide gila itu, namun dia juga tidak punya pilihan karena Nona nya kabur.

Akhirnya Qi Ling menikah dengan Yuan Bao dengan identitas Xiao Xuan, tujuannya hanya satu memastikan bahwa Yuan Bao adalah anak kandung ibu angkatnya yang memiliki tanda lahir bentuk bulan sabit di bagian belakang bagian tubuh bawahnya.

Berbagai cara sudah Qi Ling lakukan untuk melihat tanda lahir itu, bahkan dia sampai menanyai para pelayan siapa yang pernah melihat tanda lahir di tubuh Yuan Bao, sampai-sampai para pelayan berpikir bahwa Nyonya Muda nya itu seorang yang pencemburu dan mereka sempat tidak mau dekat-dekat dengan Yuan Bao.

Sebelum pernikahan, Yuan Bao sudah menetapkan aturan-aturan dalam pernikahan mereka. Xiao Xuan dilarang jatuh cinta padanya. Mereka akan tidur seranjang tapi Yuan Bao tidak akan menyentuhnya seujung jaripun, dan setelah Putra Mahkota naik tahta, Yuan Bao akan menceraikan Xiao Xuan dengan damai. Karena itulah melihat tingkah istrinya yang sangat atraktif begitu ingin melihat tubuhnya Yuan Bao jadi sebal dan malah sering mengerjai Qi Ling yang dia kira Xiao Xuan.

Yuan Bao memiliki dua orang sepupu, Liu Wen Zhao yang diberi kepercayaan menjadi Kepala Rumah tangga Kediaman Keluarga Jin, dan Qian Qian yang sejak kecil sangat mencintai Yuan Bao.

Wen Zhao sebenarnya adalah pria ambisius yang sangat iri pada kedudukan Yuan Bao sebagai Putra Jenderal Jin yang akan mewaris salah satu divisi pertahanan Dinasti Ming, namun dia memendam ambisinya itu tapi tanpa sepengetahuan orang lain dia bekerja pada Pangeran Kedua untuk membantuna menggalkan Putra Mahkota naik tahta menjadi raja. Dan Wen Zhao lah yang berusaha membunuh Xiao Xuan sehari sebelum pernikahannya dengan Yuan Bao. Beruntung Xiao Xuan kabur malam itu dan Qi Ling menggantikan posisinya.

Sementara itu Qian Qian sangat membenci Qi Ling yang dianggapnya sebagai Jiang Xiao Xuan, putri Perdana Mentri Jiang yang tiba-tiba datang dan mengambil Yuan Bao darinya, padahal menjadi istri Yuan Bao adalah impian Qian Qian sejak kecil. Dia sering mengerjai Qi Ling, namun dengan akal cerdiknya malah Qian Qian yang selalu terlibat dalam masalah karena ulahnya sendiri.

Yuan Bao memiliki seorang teman dekat, Gu Chang Feng  anak salah satu pelayan Keluarga Jin yang belajar tentang pengobatan. Dia dipercaya menjadi tabib istimewa di keluarga Jin, namun sayangnya tak pernah ada yang mau meminum obat yang dia racik karena rasanya yang aneh.

Suatu hari, saat Chang Feng mencari tanaman obat di hutan dia mendengar teriakan seorang wanita, Chang Feng mencari sumber suara itu dan menemukan seorang wanita yang hampir di lecehkan seorang preman dengan alat penggalinya, Chang Feng berhasil melumpuhkan si Preman dan membawa wanita itu pulang ke rumahnya.

Wanita itu adalah Jiang Xiao Xuan yang asli, karena insiden di hutan, Xiao Xuan  tak sadarkan diri selama beberapa hari dan saat sadar dan tahu bahwa Chang Feng adalah seorang tabib, Xiao Xuan memperkenalkan diri sebagai Xue Er, seorang wanita dari Nan Jiang (kampung halaman keluarga Jiang) yang datang untuk mencari pria yang dicintainya. Chang Feng yang sangat bersimpati pada Xue Er berbaik hati untuk mencarikan pria itu, tapi ternyara pria itu sudah beristri. Xu Er sangat terpukul dan nyaris bunuh diri, namun Chang Feng berusaha menyelamatkannya dan malah dia yang terjatuh ke sumur, hahaha.

Ketulusan Chang Feng, akhirnya memberikan semangat hidup yang baru pada Xiao Xuan, dia ingin merawat Chang Feng hingga dia sembuh, mengetahui Xu Er nya akan pergi jika dia sembuh, Chang Feng pun terus berpura-pura sakit agar Xue Er tidak pergi, karena jauh di dalam lubuk hatinya Cheng Feng sudah jatuh cinta pada wanita yang dia kenal sebagai Xue Er itu.

Qi Ling  akhirnya berhasil melihat tanda lahir Yuan Bao dan dia yakin 100% jika Yuan Bao adalah putra ibu angkatnya. Dia pun berniah untuk membawa Yuan Bao ke kampung halamannya agar Yuan Bao bisa bertemu dengan ibu kandungnya. Tapi bagaimana caranya? Qi Ling yakin Yuan Bao tidak akan percaya begitu saja jika dia mengatakan bahwa Yuan Bao bukan anak kandung Lady Jin.

Namun sebuah jalan keluar muncul saat Lady Jin memerintahkan Yuan Bao membawa istrinya ke Nan Jiang agar bisa bertemu dengan keluarganya dan sekalian Yuan Bao memberi hormat pada mertuanya. Qi Ling pun mengatur rencana dalam perjalanan itu dia akan menyesatkan Yuan Bao hingga dia bisa membawa Yuan Bao untuk menemui ibunya.

Perjalanan Yuan Bao ke Nan Jiang di manfaatkan oleh Pangeran Kedua agar dia bisa melenyapkan Yuan Bao. Jadi dia memerintahkan Wan Zheng untuk membunuh keduanya. Namun usaha Wen Zhao tidak ada yang berhasil, dengan kecerdasan Yuan Bao dan kelicahan Qi Ling dalam bela diri mereka berhasil melarikan diri  dan tetap meneruskan perjananan mereka untuk menemui ibu Qi Ling. Namun Yuan Bao curiga pada Qi Ling karena tujuan mereka bukan Nian Jiang melainkan ke tempat lain, Yuan Bao dan Qi Ling sempat bertengkar beberapa kali karena masalah ini selama di perjalanan, namun perdebatan dan pertentangan itu membuat mereka semakin dekat dan Qi Ling akhirnya berhasil membawa Yuan Bao menemui Ibu angkatnya, Nyonya Yu.

Nyonya Yu sangat senang karena bisa bertemu dengan anak kandungnya meskipun Yuan Bao tidak mengenalinya, dia memang dipisahkan dari Yuan Bao semenjak bayi jadi dia melarang Qi Ling untuk mengatakan kenyataan bahwa dirinya adalah Ibu kandung Yuan Bao. Namun melihat tingkah menyebalkan Yuan Bao karena berpikir Nyonya Yu juga termasuk komplotan yang ingin membunuhnya, Qi Ling hampir saja kelepasan, namun akhirnya dia membuat kebohongan yang lain dengan mengatakan Nyonya Yu adalah Ibu Asuhnya, itulah mengapa Qi Ling menuntun Yuan Bao untuk datang ke tempat itu karena Qi Ling ingin Yuan Bao menemui Ibu Asuh istrinya. Yuan Bao percaya saja pada Qi Ling dan mereka pun menghabiskan momen bahagia bersama di tempat Nyonya Yu.

Tentu saja itu tidak bertahan lama karena Wen Zhao dan komplotannya masih mengincar nyawa mereka dan akhirnya menemukan keberadaan Yuan Bao dan Qi Ling di tempat Nyonya Yu. Tapi saat para pembunuh datang menyerang Yuan Bao dan Qi Ling, Wen Zhao tiba-tiba datang sebagai pahlawan dan menyelamatkanya nyawa Qi Ling dan Yuan Bao. Wen Zhao pun membawa Qi Ling dan Yuan Bao kembali ke Kediaman keluarga Jin dengan selamat.

Misi Qi Ling seharusnya sudah berhasil setelah dia mempertemukan Yuan Bao dan ibunya, namun dia menjadi tidak puas karena dia ingin Yuan Bao tahu kenyataan sebenarnya bahwa Nyonya Yu adalah ibu kandungnya, karena itulah Qi Ling tetap menyamar sebagai Jiang Xiao Xuan, namun apa yang terjadi saat akhirnya Jiang Xiao Xuan tiba-tiba muncul di kediaman keluarga Jin  sebagai wanita yang diselamatkan Chang Feng. Masalah menjadi semakin rumit, apalagi Xi Er menuduh Qi Ling memang sengaja ingin mengambil posisi Nona-nya sebagai istri Yuan Bao.

Akhirnya Qi Ling jujur pada Xiao Xuan tentang tujuannya berada di dekat Yuan Bao, dan untungnya Xiao Xuan mengerti dan sepakat menyembunyikan identitas Qi Ling, karena jika semuanya terbongkar nyawa mereka dalam bahaya. Qi Ling berjanji setelah dia mengatakan kebenaran tentang ibu kandungnya pada Yuan Bao, dia akan pergi dari Kediaman Keluarga Jin dan mengembalikan posisinya sebagai istri Yuan Bao pada Xiao Xuan.

Tapi hati tidak bisa berbohong, semakin lama bersama Qi Ling dan Yuan Bao akhirnya saling jatuh cinta, sementara itu Xiao Xuan pun malah jatuh cinta pada Chang Feng yang sejak awal memang menyukainya. Masih dengan menyembunyikan identitas, Qi Ling dan Xiao Xuan tetap memadu kasih dengan pria pujaan hati mereka masing-masing. 

Xi Er terus protes karena dia takut jika kebohongan ini terbongkar, nyawanya dan juga Xiao Xuan akan terancam. Apalagi Qi Ling beberapa kali membuat kekacauan yang membuatnya tidak terlihat sebagai putri Perdana Menteri Jiang. Xi Er yang menggalau kadang di tenangkan Wen Zhao yang memang punya motif untuk mengetahui hubungan Qi Ling dan Xiao Xuan yang sebenarnya. Wen Zhao curiga karena Qi Ling tiba-tiba mengatakan Xiao Xuan yang di kenal sebagai Xu Er adalah teman masa kecilnya. Dia ingin mengorek keterangan sebenarnya dari Xi Er tentang siapa Xu Er sebenarnya. Naas nya nasib Xi Er begitu malang karena dia sempat mendengarkan percakapan Wen Zhao dan Pangeran kedua, hingga akhirnya Wen Zhao membunuh Xi Er tanpa diketahui siapapun.

Qi Ling dan Xiao Xuan tidak menyadari tentang hilangnya Xi Er karena mereka sibuk mempersiapkan pesta ulang tahun Lady Jin dan identitas mereka terancam terbongkar saat Ibu Xiao Xuan datang mengunjungi Kediaman Keluarga Jin. Dia tentu kaget saat mengetahui yang menjadi Istri Yuan Bao ternyata bukan putrinya dan Xiao Xuan malah jatuh cinta pada seorang tabib yang hanya anak dari seorang pelayan. Namun dia juga tidak ingin nyawa anaknya terancam dan memilih tidak mengatakan hal ini pada keluarga Jin setelah Qi Ling dan Xiao Xuan berjanji akan segera mencari solusi mengenai masalah ini.

Setelah acara Ulang Tahun Lady Jin berakhir, Qi Ling dan Xiao Xuan akhirnya menyadari hilangnya Xi Er, setelah mencari cukup lama, akhirnya mayat Xi Er di danau. Qi Ling menjadi tersangka utama pembunuhan Xi Er karena Qian Qian pernah melihat mereka bertengkar, Qi Ling pun akhirnya di tahan, namun Yuan Bao tidak tinggal diam. Dia menyelidiki kasus ini dengan hati-hati dan akhirnya berhasil membuktikan bahwa Qi Ling tidak bersalah.

Kematian Xi Er membuat Qi Ling dan Xiao Xuan merasa sangat bersalah, karena mereka selalu menunda-nunda untuk pergi dari kediaman keluarga Jin hingga akhirnya Xi Er terbunuh, saat mereka mengatakan penyesalannya pada Xi Er, tanpa mereka ketahui Yuan Bao mendengarkan apa yang mereka katakan di depan danau tempat mayat Xi Er ditemukan. Akhirnya Yuan Bao tahu jika wanita yang dinikahinya dan telah berhasil membuatnya jatuh cinta itu bukanlah Jiang Xiao Xuan.

Yuan Bao berharap Qi Ling akan jujur padanya tentang siapa dia sebenarnya, namun setelah menunggu cukup lama, Qi Ling tidak juga jujur pada Yuan Bao, dan ini membuat Yuan Bao kecewa. Setelah memikirkannya baik-baik dia juga sadar jika nyawa Qi Ling dan Xiao Xuan akan terancam jika identitas mereka terbongkar. Yuan Bao pun akhirnya mengambil keputusan berat dengan mengatakan pada ibunya bahwa dia ingin menceraikan istrinya. Masalah ini menjadi konflik besar antara Yuan Bao dan Lady Jin karena perceraian itu akan berdampak besar pada keluarga Jin dan Jiang di mata kerajaan dan itu akan menggoyahkan posisi Putra Mahkota. Lady Jin sampai membuat surat dengan darahnya, jika Yuan Bao berani menceraikan Jiang Xiao Xuan dia tidak akan lagi mengakui Yuan Bao sebagai putra nya.

Qi Ling merasa bersalah melihat konflik Ibu dan Anak ini, meskipun tidak tahu alasan Yuan Bao ingin bercerai dengannya, Qi Ling akhirnya dengan sukarela meninggalkan rumah keluarga Jin dan memenuhi keinginan Yuan Bao yang ingin bercerai dengannya dengan hati pilu.

Tanpa sepengatahuan Qi Ling, Yuan Bao sebenarnya ingin menceraikannya karena dia tidak ingin terikat lagi pernikahan dengan Jiang Xiao Xuan. Dimata hukum wanita yang dinikahi Yuan Bao adalah Jiang Xiao Xuan, bukan Yu Qi Ling, jadilah Yuan Bao ingin melepaskan Qi Ling dari masalah pernikahan palsu itu sehingga nyawa Qi Ling dan Xiao Xuan dapat diselamatnya.

Chang Feng yang mengantar kepergian Qi Ling dan Xiao Xuan menuju Nan Jiang tidak tega melihat betapa sedihnya Qi Ling yang harus meninggalkan Yuan Bao, akhirnya dia pun mengatakan pada Qi Ling tentang kebenarannya, bahwa Yuan Bao sudah tahu identitas Qi Ling yang sebenarnya dan Yuan Bao melakukan semua itu untuk menyelamatkan nyawa Qi Ling. 

Mendengar apa yang dikatakan Yuan Bao, Qi Ling langsung kembali ke rumah keluarga Jin tanpa pikir panjang. Tak peduli Yuan Bao menolaknya, Qi Ling berjanji tidak akan meninggalkan Yuan Bao lagi, karena dia sudah tahu bahwa Yuan Bao hanya berpura-pura.

Saat mengetahui Yuan Bao dan istrinya sudah berbaikan, Lady Jin merasa heran bagaimana anaknya cepat sekali berubah, namun dia bersyukur karena Yuan Bao tidak lagi mengungkit tentang perceraian. Namun kebahagiaan mereka tidak bertahan lama. Wen Zhao akhirnya mengetahui tentang Qi Ling yang menggantikan posisi Xiao Xuan untuk menikah dengan Yuan Bao. Dia mengatakan hal tersebut pada Lady Jin yang sangat marah karena hal ini. Lady Jin pun memerintahkan Qi Ling untuk mengembalikan posisi Xiao Xuan, namun Xiao Xuan menolak menikah dengan Yuan Bao karena telah mencintai Chang Feng walhasil mereka berempat memutuskan kabur dari rumah keluarga Jin.

Setelah memikirkan baik-baik, dan mendengar jika ada orang yang ingin membunuh Yuan Bao ditengah pelariannya, Lady Jin pun memutuskan untuk menjemput Yuan Bao dan bersedia menerima Qi Ling sebagai istri dari putranya namun masih dengan identitas Jiang Xiao Xuan, karena jika masalah pernikahan palsu ini terdengar oleh Ibu Suri maka keluarga Jin dan Jiang akan mendapatkan hukuman dari istana, lagi pula Lady Jin tidak ingin kehilangan Yuan Bao sebagai putranya.

Tapi ternyata Lady Jin tidak menerima Qi Ling setulus hati, saat ada kesempatan untuk membuat Yuan Bao tidak percaya pada istrinya, Lady Jin memanfaatkan hal itu dengan baik. Qi Ling mendengar tentang ibunya yang menghilang dan di bawa ke ibu kota, dia mencurigai Lady Jin adalah dalang di balik semua ini, apalagi sebelumnya Qi Ling melihat Lady Jin ada di kamar pelayan tua keluarga Jin yang mengetahui rahasia kelahiran Yuan Bao saat si pelayan itu meninggal. Menyadari kecurigaan Qi Ling yang begitu besar, Lady Jin akhirnya tahu jika Qi Ling adalah putri angkat dari Ibu kandung Yuan Bao. 

Lady Jin semakin ingin menjauhkan Qi Ling dari Yuan Bao, jadi dia sengan sengaja memprovokasi Qi Ling untuk terus melawannya dan Yuan Bao melihat hal ini, di depan Yuan Bao, Lady Jin berpura-pura tidak mengerti mengapa Qi Ling terus menuduhnya menyembunyikan ibunya, padahal dia mengaku pada Qi Ling jika memang dia yang menyekap ibunya. Qi Ling menjadi kesal apalagi Yuan Bao lebih percaya pada Lady Jin dibanding dirinya.

Keadaan menjadi semakin gawat saat Yuan Bao menemukan Nyonya Yu, yang ternyata selama ini disembunyikan oleh Ah Gui, pelayan setia Wen Zhao. Yuan Bao membaea Nyonya Yu ke rumah keluarga Jin dan membuat Lady Jin panik dan cemas, padalah Nyonya Yu sudah memastikan dia tidak ingin mengatakan rahasia kelahiran Yuan Bao, jadi selamanya Yuan Bao akan tetap menjadi putra Lady Jin. Nyonya Yu dulunya adalah selir Jenderal Jin yang sangat dicintai oleh sang jenderal. Namun karena Jenderal Jin meninggal di usia muda dan Lady Jin sebagai istri sahnya Jenderal harus mengambil tanggung jawab sebagai kepala keluarga Jin, dia memutuskan mengakui Yuan Bao sebagai putranya agar kelangsungan keluarga Jin tetap terjaga.

Nyonya Yu mengatakan dengan jelas pada Qi Ling bahwa dia tidak ingin mengatakan tentang siapa dirinya sebenarnya pada Yuan Bao, dia sudah cukup puas karena Yuan Bao memperlakukannya dengan baik sebagai Ibu mertuanya. Namun Nyonya Yu tiba-tiba pingsan dan ternyata dia di racun. Qi Ling langsung curiga pada Lady Jin dan akhirnya mengatakan semua kebenaran tentang rahasia kelahiran Yuan Bao. Tentu saja Lady Jin mengelak dan Yuan Bao lebih percaya pada ibu yang membesarkannya selama ini. Qi Ling sangat kecewa dan memutuskan untuk meninggalkan Yuan Bao.

Wen Zhao mengambil kesempatan ini untuk membuat Yuan Bao dan Qi Ling semakin membenci dengan mengirimkan sebuah surat pada Lady Jin yang membuatnya memutuskan untuk bunuh diri atas nama Qi Ling, beruntung Lady Jin bisa diselamatkan dari kematian, namun Yuan Bao menjadi sangat murka pada Qi Ling dan Nyonya Yu kemudian ingin menghukum mereka. Qi Ling bersikeras untuk pergi dari rumah keluarga Jin, akhirnya harus menerima tusukan pedang Yuan Bao yang terbakar amarah. Qi Ling berkata pada Yuan Bao bahwa tusukan pedang itu telah memutuskan semua hubungan diantara mereka. Entah itu hubungan cinta ataupun hubungan sebagai suami istri.

Wen Zhao datang sebagai penyelamat, membawa Qi Ling dan Ibunya keluar dari rumah keluarga Jin dan dia bersikap sangat baik pada Qi Ling, seperti yang selama ini dilakukannya selama Qi Ling menjadi Nyonya Muda di rumah keluarga Jin. Selama ini Wen Zhao memang jatuh cinta pada Qi Ling, namun cintanya itu terhalang oleh status Qi Ling yang sudah menjadi istri Yuan Bao. Sekarang Qi Ling sudah meninggalkan Yuan Bao, dia merasa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hati Qi Ling.

Namun cinta tak mudah berubah begitu saja, saat melihat Yuan Bao menjadi pengemis setelah mendengar kenyataan tentang rahasia kelahirannya Qi Ling tidak bisa tidak peduli pada Yuan Bao meskipun Yuan Bao terus menolaknya dan berkata kini dia tidak lagi mencintai Qi Ling, dia hanya ingin hidup sesuai dengan keinginannya tanpa harus disetir oleh orang lain. Bahkan Qi Ling menolak lamaran Wen Zhao yang ingin menikahinya karena dia masih sangat mencintai Yuan Bao dan menganggap Yuan Bao adalah satu-satunya suami baginya.

Setelah selama ini memupuk kebencian pada Yuan Bao, penolakan Qi Ling atas lamarannya membuat Wen Zhao semakin ingin membunuh Yuan Bao, dia pun mendatangi Yuan Bao yang saat itu tinggal di bekas kuil dan berniat membunuhnya. Qian Qian yang mengetahui rencana kakaknya akhirnya mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan Yuan Bao dan itu semakin membuat Wen Zhao membenci Yuan Bao apalagi Qi Ling datang dan menuduhnya sebagai pembunuh Qian Qian. Wen Zhao menjadi kalap dan memerintahkan anak buahnya untuk menangkap Qi Ling dan Yuan Bao.

Wen Zhao akhirnya menguasai rumah keluarga Jin, dia bahkan mengurung Lady Jin di tempat berdoa. Wen Zhao memaksa Qi Ling menikah dengannya namun Qi Ling terus menolak, walhasil Wen Zhao semakin murka dan menunjukkan bahwa Yuan Bao tidak pantas lagi dicintai, dia menjadikan Yuan Bao budaknya dan trus memukulinya jika Yuan Bao tidak melakukan perintahnya. Lama-lama Qi Ling menjadi tidak tega, dan akhirnya Qi Ling setuju menikah dengan Wen Zhao.

 Namun tentu saja Yuan Bao tidak bisa membiarkan istrinya menikah dengan pria lain. Dengan kekuatan terakhir yang dimilikinya, Yuan Bao menggagalkan pernikahan itu dan membuat Wen Zhao semakin murka apalagi saat dia mendengar jika di kehidupan selanjutnya pun Qi Ling hanya akan menikahi Yuan Bao seorang. 

Merasa tidak bisa mendapatkan hari Qi Ling, Wen Zhao mencari lain untuk menyengsarakan Yuan Bao. Dia menyiksa Lady Jin dan Nyonya Yu di depan Yuan Bao dan membuat Nyonya Yu terluka saat dia ingin menyelamatkan Yuan Bao dari tusukan pedang Wen Zhao. 

Beruntung, Ah Fu –pelayan setian Yuan Bao datang dan menawan Wen Zhao sehingga anak buahnya tidak berkutik dan memberikan kesempatan untuk Yuan Bao membawa Qi Ling dan kedua ibunya kabur dari rumah kediaman Jin. Sayangnya Ah Fu lengah dan memberi kesempatan Wen Zhao untuk melukainya. Untungnya Yuan Bao berhasil membawa Qi Ling beserta Lady Jin dan Nyonya Yu kabur.

Nyonya Yu tidak bisa bertahan lagi, akhirnya dia menghembuskan nafas terakhirnya setelah dia tahu alasan Lady Jin memisahkan Yuan Bao dari dirinya. Sebelum meninggal Nyonya Yu menitipkan Yuan Bao dan Qi Ling pada Lady Jin dan Lady Jin pun berjanji selama dia hidup dia akan selalu melindungi keduanya.

Satu-satunya cara menghentikan tindakan semena-mena Wen Zhao di keluraga Jin adalah dengan melaporkannya pada Ibu Suri, namun itu berarti mereka pun harus mengatakan yang sebenarnya tentang rahasia kelahiran Yuan Bao dan Qi Ling yang menggantukan Jiang Xiao Xuan menikah dengan Yuan Bao. Lady Jin sudah pasrah dengan nasibnya, dia tidak bisa membiarkan Wen Zhao terus bertindak semena-mena di rumah keluarga Jin dan siap menerima segala konsekuensi yang akan diputuskan ibu suri untuknya.

***

Bagaimanakan nasib Yuan Bao dan Qi Ling setelah segalanya terbongkar? Tenang saja… endingnya Happy kok, walo pas menuju ending itu Qi Ling sempet-sempatnya kabur setelah mereka resmi nikah hahaha.

Aku cukup puas menonton drama ini, 10 episode pertama adalah favoritku karena banyak sekali adengan yang membuat ku tertawa ngakak, Yuan Bao dan Qi Ling lucu banget pas saling negrjain, kocak bener deh mereka berdua. Kelakuan Yuan Bao tidak ada duanya, dia memang cerdas, tapi kok bisa yah detektif gak bisa bela diri, malah beberapa kali dia diselamatkan oleh Qi Ling ckckckck.

Sebenarnya aku menonton Perfect Couple ini demi melihat aktingnya Huang Min, tapi malah doki-doki melihat Yuan Bao dan Qi Ling. Ternyata Wallace Hoo dan Tiffany Tang sudah beberepa kali dipasangkan dalam drama yah? Pantesan Chemistry nya dapet banget. Suka banget deh liat kostum-kostumnya Yuan Bao, pas banget di badannya Wallace Hoo, di liat-liat Wallace Hoo ini kalo pake baju kek gitu mirip Joo Jin Moo di Empress Ki dan Joo Sang Wook di Queen Seon Duk yah hehehe.

Secara karakter, Yuan Bao sebenarnya gak banget,  lagaknya yang Sok karena merasa tuan muda ibu annoying banget, pantes lah Wen Zhao memupuk rasa benci dan iri sama Yuan Bao selama bertahun-tahun dan perlakuan dia ke Qi Ling juga bikin sebel tuh apalagi pas dia mendesak Qi Ling meninggalkannya setelah dia tahu identitas Qi Ling yang sebenarnya. Tapi yah… anehnya Qi Ling tuh tetep cinta gitu deh sama Yuan Bao, padahal nyawanya berkali-kali terancam demi menyelamatkan Yuan Bao.

Karakter Huang Min sebagai Gu Chang Feng dodol banget sih, dia bermimpi menjadi seorang tabib besar tapi tak ada seorang pun yang percaya pada kemampuannya. Xue Er adalah pasien pertama yang mempercayakan kesembuhan dirinya pada Chang Feng karena itu dia dengan mudah jatuh cinta pada Xue Er dan sangat berempati pada nasibnya.  Tapi yah… Chang Feng emang aneh sih, sampe Yuan Bao manggil dia ‘dork’ hahaha. Paling ngakak pas dia bikin ramuan bisa menciptakan halusinasi pas Yuan Bao galau dengan perasaannya pada istrinya. Setelah minum ramuan itu Yuan Bao jadi melihat semua orang seperti Qi Ling, mulai dari Ah Fu sampai ibu Chang Feng haha… sampe pas Qi Ling yang asli muncul dia pikir itu adalah halusinasinya wkwkwkwk

Tapi tetep sih.. Huang Min selalu menggemaskan, chems nya sama pemeran Xiao Xuan juga OK kok, beruntungnya Huang Min ini, kalo maen drama gak pernah dianggurin selalu dapet pasangan walau dia hanya sekedar pemeran pendukung^^

Aku jarang sekali menonton drama mainland, jadi aku tidak bisa menilai apakah drama ini keren atau tidak, tapi yang jelas drama ini sangat menghiburku terutama di 20 episode pertama, ke belakang konfliknya makin ribet eneg banget sama tingkah Wen Zhao yang udah kek orang psycho gitu, jahatnya gak kira-kira, tega bener dia bunuh adik sendiri demi memenuhi hasratnya membunuh Yuan Bao. Yuan Bao memang terlihat jahat dan arogan di luar tapi dia memiliki hati yang lembut dan hangat bahkan cenderung rapuh, karena itulah setelah tahu bahwa dua orang paling berharga dalam hidupnya membohonginya Yuan Bao jadi depresi dan berakhir menjadi pengemis mengenaskan.

Kata-katanya Yuan Bao jleb banget tuh pas Lady Jin mengatakan kebenaran tentang rahasia kelahiran Yuan Bao, “Aku pikir aku adalah orang yang cerdas, tapi aku salah karena aku begitu bodoh bisa dibohongi oleh dua wanita yang amat berharga dalam hidupku.. Ibu… dan juga Yu Qi Ling”

Karena jarang menonton drama history china aku nggak paham masalah sejarahnya, apalagi tentang kata-kata Lady Jin yang mengatakan bahwa keluarga Jin itu lebih berharga di banding keluarga kerajaan. Apakah mungkin Keluarganya Yuan Bao ini yang kelak akan memberontak pada Ming dan mendirikan dinasti baru yang disebut Later Jin dan kebelakang di kenal sebagai dinasti Qing yah?

Melihat kostum Yuan Bao dan keluarga kerajaan, baju-bajunya mirip sama Royal Costume nya Joseon yah? Itu beberapa bajunya Yuan Bao mirip bajunya Seja di Samchongsa, tapi lebih keren style nya baju Yuan Bao denk hehehe… seragam detektifnya Yuan Bao juga mirip seragam Pejabat jaman Joseon, trus kostum Putra Mahkota juga mirip sama Kostum Kerajaan Joseon, tapi disini warnanya lebih menyala, kuning terang begitu...

Setelah aku ingat-ingat, hubungan Joseon dengan dinasti Ming ini memang terbilang cukup baik dan kerjasamanya lumayan lama terjalin, jadi tidak heran jika kostum-kostum di Joseon mirip dengan kostumnya dinasti Ming. Kalo Jaman Putri Huanzu sepertinya sudah dinasti Qing yah? Soalnya kostumnya Er Kang dan Pangeran ke-5 mirip sama kostumnya Yong Gol Dae di Samchongsa.

Btw yang jadi Putra Mahkotanya cakep ikh… tapi mirip boneka kalo kata aku hahaha… agak mirip Paundra^^ trus pangeran keduanya mirip sama yang jadi Im Hae-gun di King’s Face… Wajah Orang Korea sama China mirip-mirip yah? Oh iya… satu lagi… yang jadi Lady Jin mirip sama Yoon Sun yang jadi Pramugari mantan pacarnya Ji Jin Hee di Yes Captain hihihi.

 Fate is Fate, How Matter Its Late
~Jin Yuan Bao~

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*


6 Komentar untuk "[Review C-Drama] Perfect Couple a.k.a Jin Yu Liang Yuan"

Dah lma bngt g lihat wajahnya Wallace Huo, ternyata msh ganteng, Wallace Huo dlu pernah maen drama Twins sma At The Dolphin Bay, sktr thun 2003 an, lma binggo...

Iya... Wallace masih tetep kece aja nih,,, dan rasa jadi 1000x lebih cakep pas pake kostum dinasti Ming kek gitu >.<

Wallace ni sbnrnya orng Taiwan apa Cina? klo dri nama ny kan nama2 orng Taiwan, drama ny yg dlu2 jga drama Taiwan, tpi ni skrng dya maen drama Cina,

Udah pernah baca sinop inggrisnya beberapa waktu yg lalu tp lupa dimana.. Trus gak dilanjutin, jdnya gak tw endingnya...
Wallace huo koq mukanya gak berubah ya.... Makasich reviewnya Irfa....

hahaha ak dulu tak bela2 in pas airing nonton tanpa subnya jadi nggak mudeng
pas ad subnya ternyata anggapanku salah :lol:
ini treadnya http://idws.in/467814 #promo wkwkkw

Huwaaa... baru finish... nonton DVD Walau gresk n sub nya yg ga komplit... tapi selesai juga nontonya... tapi pas baca review... jadi lebih jelas jalan ceritanya :D

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top