Sabtu, 26 April 2014

[Review] God’s Gift 14 Days



Sebenernya gak pede sih, kalo aku menyebut ini review, karena sepertinya aku akan curhat saja disini, hehehe^^

Sejak awal ada News tentang drama ini, aku sudah cukup Excited, Lee Bo Young dan Time Travel story adalah penarik yang cukup kuat untuk aku mengikuti drama ini. Tapi karena jam tayangnya mepet dengan 3 days, akhirnya aku memilih lebih dulu mengikuti 3 days.

Setelah tayang beberapa episode, aku sengaja tidak mengikuti spoiler apapun tentang drama ini, hanya melihat beberapa komentar penonton tentang drama ini, dan semuanya positif, bahkan di dramabeans ada yang menyebutkan, bahwa mereka salah menonton 3 days setelah menoton drama semenakjubkan God’s Gift, jadi penasaran… emang drama ini sebagus apa sih? Apakah akhirnya akan membuatku move on dari Nine??


Kemudian beberapa orang teman ku terpesona pada pemeran Ki Dong Chan, Jo Seung Woo, pemenang Daesang dari MBC Drama Award tahun 2012 yang sepertinya tidak diragukan lagi kualitas aktingnya. Jadi ikutan penasaran juga nih sama Jo Seung Wo, dan ternyata cek list filmnya, aku udah banyak nonton film-film dia, tapi aku nggak ngeh sama sekali sama aktor satu ini.

Hingga tayang 10 episode pun aku masih belum mendapatkan wangsit untuk menonton drama ini, selain karena belum mood tapi juga memang sedang sibuk, dan…. Aku malah mendapat wangsit menonton drama jadul yang mengantarkan ku menonton film Jo Seung Woo yang berjudul The Peach Tree. So.. aku akui, aktingnya Jo Seung Woo memang jempolan, jadilah aku ikut-ikutan ngepoin film-filmya Jo Seung Woo sebelum aku menonton God’s Gift, siap-siap gitu deh untuk tergiling-giling sama dia.

Saat punya waktu luang, akhirnya aku pun mulai menonton God’s Gift. Kesan pertamaku, hmmm,,, bagus sih,,, tapi menurutku, drama ini tidak sekeren seperti yang dikatakan orang-orang. Membuat penasaran di setiap episode? Sama sekali tidak, aku menontonnya dengan hati yang cukup tenang dan tidak terpacu adrenalin, dan malasah utamanya adalah… menonton drama ini berasa menonton salah satu episode drama God’s Quiz season 1. Gak persis banget sih, dan tentu saja dengan konflik yang lebih pelik karena harus di jabarkan dalam 16 episode, juga penjahat yang tidak habis-habisnya itu lho,  bikin gregetan aja.

Tentang time travel storynya, hmm,, jauh banget sih jika aku bandingkan dengan Nine. Perubahan takdir yang terjadi tidak terlalu kentara, jadi jika ada yang bilang menonton drama ini seperti menonton Nine, aku tidak setuju. Time Travel yang dialami Dong Chan dan Soo Hyun malah lebih seperti Déjà vu, seolah mereka memimpikan apa yang terjadi selama 14 hari kedepan, tapi anehnya mimpinya bareng-bareng, hahaha 

Aku tidak akan membahas aturan Time Travel di drama ini, karena itu semua hanyalah fantasi belaka. Di drama ini Ki Dong Chan dan Kim Soo Hyun kembali ke 14 hari sebelum kematian putri Kim Soo Hyun, Han Saet Byul yang sebelumnya di culik orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan berantai di Gang Nam.

Seperti Butterfly Effect, mereka kembali ke masa itu dengan mengingat  bahwa mereka sebelumnya pernah melewati hari-hari itu dan berpikir bahwa mereka berada di 14 hari setelah mereka siuman setelah tenggelam. Mereka bekerja sama untuk menyelamatkan Saet Byul, dan Dong Chan pun akhirnya menemukan alasan mengapa dia juga ikut kembali ke masa 14 hari sebelumnya, karena kematian Saet Byul membuat Kakaknya yang mendapatkan hukuman mati pun akan dieksekusi padahal sebenarnya sang kakak tidak bersalah.

Siapa dalang penculikan Saetbyul, itulah pertanyaan terbesar di drama ini?

Soo Hyun di bantu Dong Chan berusaha keras  melakukan berbagai cara untuk mencegah Saet Byul di culik. Dia mencari pelaku pembunuhan berantai di Gangnam, dan ternyata bukan dia penculik Saet Byul, lalu mereka dipertemukan dengan orang-orang yang patut di curigai sebagai pelaku penculikannya, namun semua kecurigaan satu persatu terbantah, hingga mereka menemukan kenyataan bahwa diculiknya Saetbyul ada hubungannya dengan pelaku kasus pembunuhan di MuJin 10 tahun lalu dimana Kakak Dong Chan menjadi tersangka utama kasus itu dan telah dijatuhi hukuman mati,

10 tahun lalu, di Daerah Mujin seorang gadis bernama Lee So Jung tewas di bunuh. Kasus itu dianggap berkaitan dengan kasus pembunuhan berantai di Mujin, mengapa kakak Dong Chan menjadi tersangka utamanya, karena Dong Chan sendiri yang memberi kesaksia bahwa dia melihat kakaknya menceburkan Lee Soo Jung ke danau, dan mengapa dia tidak berusaha melindungi kakaknya, karena Lee Soo Jung ternyata adalah kekasih Dong Chan, dia membenci sang kakak yang telah tega membunuh kekasihnya itu, hingga dia memilih untuk memberikan kesaksian yang ternyata memberatkan kakaknya.

Tentu saja, Kakak Dong Chan bukan lah pelaku sebenarnya, namun si Pelaku ketakutan suatu saat kejahatannya akan terbongkar jika pelaku terduduh dari kasus pembunuhan Mujin tidak segera di hukum mati.

 Maka pertanyaan selanjutnya adalah, siapakah orang yang membunuh Lee Soo Jung 10 tahun lalu?

Banyak misteri di drama ini, tapi juga banyak petunjuk yang diberikan penulis dengan jelas, jadinya drama ini jadi kurang menantang untuk ku, apa yah,,, beberapa hal yang aku tebak dengan iseng-iseng berhadiah memang beneran terjadi. Istilahnya tidak banyak hal yang membuatku tercengang, alurnya sesuai dengan prediksi ku, walau pun tidak selalu 100% tepat.

God’s Gift drama yang bagus dan keren, hanya saja ceritanya tidak terlalu menohok hatiku. Ada beberapa alasan juga sih kenapa aku jadi biasa aja sama drama ini.

Pertama, mungkin karena aku terlalu sering menonton drama dengan genre dan tema seperti ini, jadinya tidak terlalu terpukau lagi.

Kedua, kasus penculikan Saetbyul mengingatkan aku pada kasus penculikan anak di God’s Quiz season 1 episode 5, jadinya pas nontonnya aku merasa nonton 1 episode God’s Quiz yang di jadikan 16 Episode.

Ketiga, saat memandang drama ini sebagai drama time travel, maka otomatis aku akan membandingkannya dengan Nine, dan jelas saja, bagiku… Nine masih jadi drama time travel Korea terbaik dengan segala kelebihan dan kekurangannya^^ dan lagi ada Byun Tae dan Lee Yoon Jae yang maen di Nine juga, jadinya pas liat mereka otomatis aku inget Nine mulu *abaikan alasan yang ini*

Keempat, terlalu banyak adegan berantem yang bikin aku capek nontonnya. Bukannya aku nggak suka action, tapi kalo kebanyakan aku capek juga liatnya, jadinya beberapa scene adu jotos itu ada yang aku skip sebagian. 

Kelima, Jo Seung Woo? Hmm… dia aktor keren, aktingnya bagus banget, tapi dia tidak memberikan Impact berlebihan padaku, alasannya? Karena dr. Han Ji Woo nih~~~ heeeuuu… jadi pas sebelum nonton God’s Gift, aku kan dapet wangsit nonton God’s Quiz yang akhirnya aku babad habis dari season 1 sampai 3 dan bikin aku termehek-mehek sama dr. Han. Lalu aku nonton film The Peach Tree yang dibintangi Jo Seung Woo dan Ryu Duk Hwan (pemeran dr. Han di God’s Quiz) mereka jadi kembar siam di film itu, dan aku rasa meraka itu kelewat mirip, hehehe… ada beberapa angle yang bikin mereka mirip dan akhirnya tiap liat Jo Seun Woo, aku malah merasa melihat Ryu Duk Hwan, heuuu…

Keenam, kasus pembunuhan So Jung oleh anak Presiden, jiaaaahhh… ini kasus kok mirip sama kasus pembunuhan yang ada di KBS Drama Spesial Monster sih, gak mirip 100 % sih, tapi cara penyelesaiannya itu lho, melibatkan Monster gila. Sekre Presiden memiliki karakter yang sama dengan si Pengacara Kim yang jahat banget untuk menutup kejadian yang sebenarnya. *salah aku juga sih, nonton Monster duluan dibanding nonton Ending God’s Gift*

Endingnya??? Keren sih menurutku, banyak yang tidak puas dengan ending drama ini, bahkan temanku ada yang mengomel panjang lebar karena ending drama ini yang membuat nasib Dong Chan tidak jelas, apakah hidup ataukah tidak~~~ Tapi aku pribadi sih puas banget dengan endingnya.

Aku rasa sih Dong Chan masih hidup, saat terdengar bunyi kecipak di danau itu mungkin Dong Chan yang masih dalam pengaruh alkohol terpeleset bersama saet byul, tapi kan disana ada Soo Hyun dan juga akan segera datang polisi yang dikirim Presiden untuk menyelamatkan, jadi aku sih yakin jika Dong Chan tetap hidup.

Soo Hyun dan suaminya mungkin bercerai, dan ini yang mengganjalku, di masa lalu, Ji Hoon sepertinya orang yang sangat baik, dia benar-benar pengacara yang peduli pada orang kecil namun, kenapa dia bisa selingkuh sama Mina? Lalu… dia yang berambisi untuk mengubah dunia dan malah mengancam si Sekre Presiden yang udah pscyo dari dulunya. Jadilah Saetbyul jadi korban.

Ada yang aneh juga disini, Sekre Presiden merasa terancam karena Ji Hoon memiliki benda milik korban di kasus pembunuhan Mujin yang akan membuat kasus itu ditinjau ulang. Di timeline setelah Soo Hyun dan Dong Chan bertime travel, Ji Hoon mendapatkan barang bukti itu dari Soo Hyun yang menemukannya di rumah si Pembunuh berantai, nah… kalo di timeline sebelumnya, dia mendapatkan itu dari mana? Sampai-sampai dia diancam sama si Sekre untuk memberikan barang itu? Ini sama sekali tidak di jelaskan sama penulisnya~~

Apakah Dong Chan dan Soo Hyun akhirnya bersatu? Eeeerr,,, aku nggak nyipperin mereka berdua kok~~ Dong Chan mungkin ada rasa lah sama Soo Hyun dengan petualangan yang mereka lalukan bersama untuk menyelamatkan saetbyul, tapi… aku tidak melihat yang sebaliknya dari Soo Hyun. Dia percaya sama Dong Chan dan juga berempati pada nasibnya, namun sampai detik terakhir pun aku tidak menemukan rasa yang lebih dari sekedar empati dari Soo Hyun untuk Dong Chan.

OTP ku di drama ini sebenarnya adalah Dong Chan dan Saetbyul, hahaha… seneng aja liat mereka berdua, gemes liat Saetbyul yang segitu terpesonanya sama Dong Chan, dan adegan pas Dong Chan menyanyi untuk Saetbyul itu so sweet banget >.< Mungkin Dong Channya sih bisa aja nganggep Saetbyul seperti anaknya, tapi seandainya Dong Chan dan Soo Hyun menikah, kasian banget Saetbyulnya… masa Cinta Pertamaku berubah jadi Ayah Tiriku, betapa ngenesnya hati Saet Byul setiap melihat ibunya bersama Dong Chan donk… #pikiran ngaco.

Sekre Presiden jahat banget ikh… dan jawaban dia saat Ibu Negara bertanya mengapa dia menolongnya menutupi kasus pembunuhan yang dilakukan Putranya, masa alasannya Cuma dia ingin menjadikan Kim Nam Joon Presiden, ngaco banget gak sih… iya sih… tau demi menjaga reputasinya, tapi dengan melibatkan 3 temannya yang tidak bersalah disuruh menusuk So Jung dan dijadikan kaki tangan yang harus tutup mulut itu kejam banget tau… kasian banget tuh teman-teman si anak Presiden dan ternyata salah satunya ada yang jadi tunangan Min Young di Nine, hahaha (rada kaget pas liatnya).

Yang paling nyebelin adalah rencana Sekre Presiden adalah membuat Dong Chan menjadi pembunuh Saet Byul, OMG~~~ dia memanfaatkan kelemahan Dong Chan yang tidak bisa mengingat apapun saat mabuk. Itulah mengapa di Timeline sebelum Time travel terjadi, Dong Chan lah yang menenggelamkan Saetbyul ke danau. Dan alasan Dong Chan di tenggelamkan oleh preman ke danau saat Soo Hyun mencoba bunuh diri, itu atas suruhan Ji Hoon yang berpikir bahwa Dong Chan lah yang telah membunuh Saet Byul. Demi menyelamatkan si anak Presiden, perlu sampe segitunya ya? Hidup Dong Chan sudah menderita, di seting jadi pembunuh anak kecil pula~~~ poor Dong Chan.

Chemistry antara Lee Bo Young dan Kim Yoo Bin sebagai ibu dan anak, bikin gemes juga ni^^ Soo Hyun ingin menjadi ibu yang sempurna untuk Saet Byul karena dia tidak mendapatkan kasus sayang seutuhnya dari sang ibu, namun kadang dia terlalu memaksa Saet Byul yang memang agak sedikit cengeng setiap kali di marahi Soo Hyun. Tapi mereka adorable banget sih, Keliatan banget kok, Soo Hyun sayang banget sama Saet Byul nya, begitu juga sebaliknya^^

Sampe lupa mau komentar tentang Woo Jin yang diperankan Jung Gyu Won, hahahaha… padahal kan aku nonton drama ini salah satu alasannya karena ada Jung Gyu Won nya juga^^ Woo Jin karakter yang kompleks, dia baik banget sama Soo Hyun karena hubungan mereka di masa lalu, dia ternyata tanpa sadar dia juga ikut membantu proses penculikan Saet Byul karena dia hidup di bawah ancaman insiden penembakan Young Gyu yang menyebabkan Dong Chan dikeluarkan di kepolisian.

Bukan pertama kalinya sih aku melihat karakter dark nya Jung Gyu Won, dan seperti biasa dia tetep kece, tapi… gitu deh,,, aku masih lebih suka pas dia jadi Hwang Woo di Salaryman denk, hehehe. Woo Jin akhirnya mengakui kesalahannya juga pada Dong Chan dan mengorbankan dirinya demi melindungi Soo Hyun dan Dong Chan. Udah cemas apakah dia akan mati, tapi yah… lumayanlah dia masih di perlihatkan sedang koma di RS, meski belum sadar, masih ada harapan dia bisa tetap hidup untuk menebus kesalahannya pada Young Gyu

Akhir kata, God’s Gift drama yang menyenangkan, secara cinematografi dan alur cerita dan akting para pemain OKE banget deh, hanya saja menurutku storyline nya kurang kuat dan karena merasa mirip drama ini dan itu, jadinya tidak terlalu berkesan juga di hatiku^^ tapi recommended kok… kalo ada yang tidak setuju yah nggak masalah sih, heheh… disini aku hanya ingin mengeluarkan unek-unek setelah menontonnya saja.

*review by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*

7 komentar:

  1. Ikut nimbrung Mbak Irfa...
    Kalau aku sih awalnya suka banget sama drama ini, awal-awalnya bikin greget dan setelah mrngikuti jad penasaran...
    Tapi ujung-ujungnya pas lihat 2 episode terakhir, masa begitu...
    Itukah penjahatnya, aku fikir presiden juga ikut terlihat ternyata tidak...
    Setuju dengan pendapat Mbak Irfa, alasan sebenarnya dia membantu putra presiden sebenarnya apa? Kenapa tidak dijelaskan sampai akhir?
    Jujur, aku kecewa dengan Endingnya, mengapa Dong Chan harus mati? Mengapa? Dan dilihat dari Endingnya, kemungkinan Ji Hoo juga mati. Tapi tetep, aku masih tidak sreg dengan Akhir cerita ini...

    Mian Oenni, terlalu banyak ya... hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nimbrung dikit, hihi...
      qlo yg soal kenapa putra presiden dibantu itu ada dijelasin kok,secara tersirat tapinya,,, si sekrenya gak mau reputasi Presiden yg pada saat itu masih seorang calon turun pamornya, dia ngelihat si Presiden yg skrg ini punya kemampuan untuk memimpin, tapi tetep aja sih caranya salah.
      soal dongchan,, menurutku dia blom mati, soalnya gak ada bukti fisik seperti mayat yang ditemukan. ceritanya seakan jadi terpaksa gitu, qlo dongchannya harus mati karena mendengar kata2 wanita peramal itu. hehe

      Hapus
  2. kak irfa, kalo kk bertanya2 tentang banyak hal yang nggak dijelasi SW-nim nya, mungkin alasannya episode yang dikurangi dari rencana 20 epsd ke 16 epsd

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk akal! hehe
      saya cuma bisa ketawa waktu nemu postingan ini wkwkwkwk
      belakangan ini mbak irfa udah punya santapan (anggap aja nyinggung lets eat :P) drama yang bikin gemes daripada drama ini (sampe saya nunggu review endingnya oww ternyata belum ada LOL)
      hem, saya belum baca review dari yang suka drama ini
      udah dua review yang saya baca yang membuat saya memiliki keputusan untuk menonton atau tidak drama ini
      so, so much THANK YOU untuk mbak irfa
      akhirnya ada review lagi terkait drama yang saya tunggu kedatangannya dulu :P

      Hapus
  3. aku capek nonton drama ini. terus terang, malah gak tau kalo ini drama model time travel. klo tau, pasti lebih gak konsen, karna pasti selalu dan akan selalu membandingkan dengan NINE.

    Abisnya liat case penculikan, udah ketemu saet byul dimana... dikejar kesana, gak ketemu. dst dst dsl.. #lelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, kirain aku aja yang capek nonton drama ini, habisnya org-orang kok kyknya suka banget sama drama ini, aku biasa aja,, soalnya capek sih nontonnya, wkwkwk..

      bersyukurlah dirimu gak tahu ini drama time travel, aku sejak awal udah berekspetasi drama ini bakal sekeren Nine konsep time travelnya, ternyata... yah.. gitu deh~~ hehehe

      Hapus
  4. Judul lagu yg di nyanyiin dong channya tau ga min ??
    Familiar bgt lagunya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^