[Review] K-drama What's Up (2012)



Saat aku kena demam Park Kyu di Tamra The Island, aku sangat menantikan drama ini, aku bahkan sempat memasukan drama ini ke dalam list drama yang ingin aku tonton. Tapi setelah drama ini selesai tamat di Koreanya sana setelah ditayang di TV kabel MBN, aku malah melupakan drama ini untuk sekian lama.

What’s Up adalah drama terakhir Im Joo Hwan sebelum dia pergi wamil (sekarang sudah kembali sih). Namun nasib drama ini sepertinya kurang beruntung, karena tidak kunjung mendapatkan Stasiun TV yang mau menayangkan drama ini setelah Syutingnya berakhir. Namun akhirnya TV Kabel MBN mulai menayangkan drama ini di akhir tahun 2011 dan berakhir di tahun 2012. Setelah episode terakhir What’s Up ditayangkan di Korea, tidak lama kemudian aku pun membeli DVDnya tapi tak langsung menontonnya, karena saat itu aku sedang sibuk dengan synopsis drama lain di Blog, belum punya waktu untuk menontonnya.

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*


Lama sudah aku mengabaikan drama ini dan hampir melupakan bahwa aku dulu sangat ingin menontonnya karena Kangen pada Akting Im Joo Hwan. Aku baru ingat jika aku sudah membeli DVDnya setelah mention2an dengan teman twitterku, dia bilang dia ingin menonton What’s Up karena ada Jo Jung Suk nya pemeran Eun Shi Kyung di drama The King 2 Heart. Aigoo,,, merasa diingatkan,, aku segera menonton What’s Up dan membuat Review nya.

Awal Episode pertama, aku langsung mengenali wajah Eun Shi Kyung (kalau aku belum nonton King 2 Heart, mungkin aku nggak akan kenal sama wajah aktor satu ini). Lalu wajah beberapa pemain lainpun bermunculan dengan pakaian hitam-hitam, seolah mereka sedang menghadiri pemakaman, tapi pemakaman siapa?

What’s Up bercerita tentang para mahasiswa tahun pertama di Jurusan Teater Musikal. Mereka berkumpul di Universitas itu dengan latar belakang dan karakter yang berbeda. Impian dan tujuan mereka masuk di jurusan teater pun berbeda-beda, begitu pula bakat dan kemampuan terpendam mereka. Fokus drama ini ada pada beberapa Tokoh, dimana Jang Jae Hun dan Park Tae Hee menjadi central utama untuk kehidupan kisah percintaan.

Jang Jae Hun (Im Joo Hwan) adalah seorang anak jalanan, dia memiliki Geng yang beranggotakan dirinya dan dua orang temannya. Mereka berteman sejak SMA, sehingga rasa persaudaraan mereka sebagai teman sangatlah kental. Saat Salah satu temannya hampir ditangkap Polisi karena aksi mencopetnya, Jae Hun berusaha meyelamatkannya dengan berpura-pura menjadi detektif, namun aksinya terbongkar dan dia berusaha melarikan diri dari kejaran Polisi. 

Dalam aksi pelariannya inilah, Jae Hun melakukan sebuah kesalahan yang membuatnya memutuskan untuk memperbaiki hidupnya. Jae Hun menabrak seorang bapak tua dan membuat Bapak itu tertabrak truk hingga meninggal. Rasa bersalah yang mendalam membuat Jae Hun pergi melarikan diri, menjauh dari teman-temannya hingga dia sampai disebuah gedung Opera dan melihat seorang wanita yang sedang menyanyi. Jae Hun menangis melihat penampilan wanita itu, entah merasa terharu atau lagunya memang sangat pas dengan suasana hatinya (lagunya adalah Theme Song Phantom at The Opera, salah satu lagu yang sering diputar di Drama GHOST).

Esok harinya Jae Hun berkata pada ibunya bahwa dia ingin kuliah di jurusan Teater, dia ingin menjadi seorang Aktor. Jae Hun berkata pada Ibunya, dia merasa menemukan pintu darurat yang selama ini dicarinya untuk keluar dari kehidupan semerawutnya di jalanan. Ibunya pun langsung memberikan tabungannya untuk membiayai kuliah Jae Hun karena melihat semangat Jae Hun yang sangat ingin kuliah.

Jae Hun meminta teman wanitanya untuk mendaftarkan dirinya di sebuah Universitas Seni di jurusan Teater. Tapi karena temannya tak berharap Jae Hun lolos seleksi, dia mendaftarkan Jae Hun di jurusan Teater Musikal, karena tahu Jae Hun tidak bisa menari dan menyanyi.

Karena kebulatan tekadnya untuk melanjutkan pendidikan, Jae Hun tak peduli meski dirinya tak mengerti apa itu musik, dia tetap mengikuti seleksi masuk dan melakukan kemampuan akting terbaiknya yang membuat juri hampir percaya bahwa dirinya tak berakting.

Setelah dinyatanyakan lolos masuk ke Universitas tersebut, Jae Hun yang terbiasa hidup keras dijalanan tak peduli pada acara penindasan yang dilakukan kakak kelasnya, dia lebih senang membangkang dan tidak mengikuti apa perintah sang senior. Ini mempersulit rekan-rekan seangkatannya yang membuat mereka dihukum lebih banyak oleh kakak kelasnya. Namun setelah tahu bahwa tahun lalu, acara penyiksaan ini memakan korban, Jae Hun menyerah dan datang menyelamatkan teman-temannya. Apalagi saat dia melihat Park Tae Hee (Kim Ji Woon) pingsan setelah lari beberapa keliling naik-turun tangga. Jae Hun menyanggupi, bahwa dia akan menggantikan kewajiban teman-temannya untuk melakukan lari naik turun tangga itu sebanyak yang diperintahkan Seniornya.

Jae Hun yang tak peduli apa artinya menjadi bintang, dipilih untuk menjadi Direktur Tim B untuk sebuah keompetisi pertunjukan Theme Song yang diadakan oleh Profesor Sun Woo Young (Oh Man Suk), tanpa tahu arti music, tanpa tahu artinya mengarahkan, tanpa tahu nama-nama pemusik handal, Jae Hun menyanggupi tugas itu berusaha keras untuk mencari music, lirik dan koreografinya, namun nihil dan memilih menyerahkan semua itu pada anggotanya. Apalagi tiba-tiba dia berurusan dengan polisi karena kasus yang diperbuat salah satu teman Geng-nya.

Untungnya kasus itu tidak berkepanjangan, saat Jae Hun di datangi polisi dan ditangkap, Park Tae Hee datang membacakan buku harian Elektroniknya dan membuktikan bahwa di malam kejadian terjadinya kasus, Jae Hun sedang bersama dirinya, menyanyi dan menari bersama. Ha Do Sung (Kang Dae Sung-Big Bang), teman sekamarnya pun membuktikan hal itu juga Kim Byung Gun (Jo Jung Suk) dan Oh Doo Ri (Im Jo Eun), bahkan satpam Universitas mereka membantu Jae Hun untuk lepas dari tuduhan tersebut.

Jae Hun merasa dirinya telah menemukan tempat hidupnya kini, bersama teman-temannya yang begitu peduli padanya di Universitas berasrama tersebut. Hingga dia merasakan perasaan lain pada gadis aneh bernama Park Tae Hee. Awalnya Jae Hun menyebut Tae Hee sebagai pacar Ha Do Sung karena Do Sung terlihat sangat menyukai Tae Hee yang dikenalnya saat Audisi, namun lambat laun seiring kebersamaan Jae Hun dan Tae Hee dia menyadari bahwa dirinya menyukai Tae Hee dan merasa kehilangan Tae Hee data Tae Hee memutuskan terjun ke dunia entertainment atas ajakan Eun Chae Young (Jang Hee Jin).

Jae Hun awalnya tak ingin mengakui hal tersebut dan mengatakan dia membantu meringankan beban di pundak Tae Hee saat tekanan sebagai seorang Artis dirasakannya atas dasar persahabatan. Namun dia tak bisa menyangkal dan semakin merasa nyaman dengan gadis itu.

Namun apa yang terjadi saat dia tahu bahwa Tae Hee adalah putri dari bapak tua yang ditabraknya di malam insiden dia berpura-pura menjadi polisi untuk menyelamatkan teman geng-nya. Jae Hun terpukul, setelah selama ini dia hampir melupakan rasa bersalahnya atas kejadian itu, Jae Hun kembali megingatnya, namun dia tak bisa mengatakannya pada Tae Hee. Dia menelpon Tae Hee dan mengatakan bahwa sepertinya dirinya menyukai Tae Hee, tapi sekarang dia akan menghentikan perasaan itu karena dia telah melakukan sebauh kesalahan yang tak bisa dimaafkan sambil menangis.

Jae Hun memutuskan menjauhi Tae Hee, bahkan saat gadis itu bermasalah dengan suaranya, Jae Hun berusaha tak peduli.Namun sulit bagi Jae Hun tetap melihat Tae Hee. Jae Hun memutuskan menyerahkan diri  ke polisi atas apa yang diperbuatnya malam itu. Jae Hun keluar dari sekolah dan mengikuti prosedur penyelidikan tanpa sepengerahuan Tae Hee.

Bagaimanakah akhir hubungan Hae Jun dan Tae Hee?

Secara keseluruhan aku suka konsep penyajian Whats Up, lagu-lagunya, pertunjukannya,  konflik ceritanya dan hubungan diantara para tokohnya, satu saja yang membuat tidak nyaman, endingnya agak draging jadi seolah dipaksakan untuk segera tamat atau semacamnya. Dan sangat disayangkan juga pertunjukkan akhir mereka tidak diperlihatkan, padahal aku menunggu-nunggu hehehe^^

Betewe,, ternyata pemain di drama ini banyak yang aku kenal ya? Selain Im Joo Hwan yang menawan serta Jo Jung Suk yang cool ada juga Im Joo Eun dan Oh Man Suk yang sebelumnya aku lihat di drama Wild Romance. Lalu Jang Hee Bin,, hahaha,, nih cewek ternyata eksis juga ya, pertama ngeh pas liat dia di Big lalu dia juga maen di My Daugther Seo Young dan belum lama aku baru sadar ternyata dia juga beradu akting dengan Urri Jinwook-ssi di Myung Wol Spy >.<

Note:
Review ini sebenarnya sudah aku tulis sejak lama (sekitar satu tahun yang lalu), tapi aku lupa untuk mempostingkannya.

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com
Image by google, hancinema
3 Komentar untuk "[Review] K-drama What's Up (2012)"

kayaknya seruu ya fa,, pdhl sering bgt liat dvdnya haha

Aku udah lama bgt pgn nonton drama ini sampe abis. Hanya aja srg trgoda sma drama lain. Hehehe. Jadi gak selesai selesai deh :)

manis dengan artis yang manis juga :)
makasih mbak >_<
dira

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top