[Spoiler] Nine Episode 20: New Timeline?


Say goodbye for the Real Park Sun Woo who got the many pain in his life. Jangan pernah berharap Park Sun Woo yang terjebak di tahun 1993 akan kembali ke tahun 2013. His story is the end in episode 19. Episode 20 menceritakan Timeline baru, hasil dari perubahan yang dilakukan Sun Woo setelah pengorbanannya dengan terjebak di masa lalu dan pada akhirnya tewas setelah tak dapat bertahan hidup.

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*


Di Timeline baru ini diceritakan bagaimana dia menerima kenyataan bahwa kakaknya ternyata secara tak sengaja membunuh Ayahnya juga keingianannya untuk menjadi seorang reporter setelah bertemu dengan calon direktur CBM. Kemudian pertemuan pertamanya dengan Min Young di tahun 2007, kembali ke awal, mereka bertemu di UGD setelah Sun Woo membuatnya tak sadarkan diri *yay,, my favorite scene*

Tapi karena pesan Sun Woo kepada Shi Ah di tahun 1993, Min Young malah jadi menghindari Sun Woo, dan ini membuat Sun Woo kesal karena cara Min Young menghindarinya keterlaluan dan sepertinya Min Young bertanya macam-macam pada rekan kerja Sun Woo. Namun pada akhirnya, Min Young tak bisa melepaskan diri juga pada pesona Park Sun Woo, wkwkwkwk,, pengen ketawa pas Min Young dimarahin Sun Woo dia malah kembali terpesona dan bilang Sun Woo terlalu seksi.

Tentang kakaknya,,, pada akhirnya Sun Woo memaafkan Jung Woo, mereka bisa makan siang dengan tenang ketikan Jung Woo bilang pada Sun Woo bahwa dia akan pergi ke Nepal. Why?? bukankah Jung Woo sudah membayar kesalahannya, mengapa Jung Woo masih ingin pergi ke Nepal, mungkinkah dalam hatinya dia masih ingin mencegah dirinya di masa lalu untuk menemui Ayahnya di malam kematiannya?

Sun Woo pada akhirnya mengetahui, masa depannya yang selalu dia tunggu untuk kembali selama ini telah meninggal tanggal 24 April di tahun 1993. Catatan yang dia tinggalkan tidak pernah dibaca oleh masa depannya. Dan akhirnya Sun Woo memutuskan pergi ke Nepal untuk memenuhi takdirnya tanpa tahu apakah yang diingatnya fakta atau fantasi.

Just It~~~

Apakah ini happy end??? Menurutku sih iya^^ hehehe,,, Petualangan time travel Sun Woo yang selama ini kita saksikan telah usai ketika dia menghembuskan nafas terakhirnya di episode 19. Jangan pernah berpikir ada dua Sun Woo. Bagaimanapun Sun Woo remaja dan Sun Woo dewasa awalnya adalah satu, dan tetap satu hingga akhir. Setelah perjalanan waktu yang dilakukan Sun Woo dari tahun 2013 ke tahun 1993 dan berhasil membuat Jung Woo mengakui kesalahannya, Sun Woo remaja telah tumbuh menjadi Park Sun Woo yang tidak menyimpan dendam pada Choi Jin Chul ataupun kakaknya. Dia tumbuh menjadi pribadi yang cemerlang dan menikmati tingkahnya saat menggoda Min Young,,, Aishhh,, I love they scene in the last episode^^

Tak ada pernikahan Mewah ataupun Sweet Kiss di ending scene drama ini (*but the hot kiss exist hihihi, meski bukan di ending scene*), karena sejak awal fokus utama Nine bukanlah kisah cinta antara Park Sun Woo dan Joo Min Young, tapi tentang keseluruhan hidup Sun Woo. Pemeran Utama sebenarnya di drama ini hanyalah Park Sun Woo, karakter lain adalah pelengkap dalam kehidupannya saja, termasuk juga Min Young, wanita yang meski sudah diperingatkan sejak kecil tetap saja tertarik pada Sun Woo, itu adalah takdir yang tak bisa di ubah.

Setelah Ending Scene ada Scene Sun Woo yang menemui Jung Woo saat Jung Woo kedinginan di Himalaya sambil memegang Dupa nya. Dilihat dari wajahnya itu sepertinya Sun Woo yang telah berusia 58 tahun, hmmm,,, Apakah Sun Woo kembali mendapatkan 9 batang dupanya dan menyimpannya hingga 20 tahun kemudian untuk menyelamatkan Jung Woo yang mati kedinginan di Himalaya?

Apakah ini Open Ending? Menurutku tidak, semuanya sudah jelas, takdir kembali ke tempatnya semula. Tewasnya Sun Woo di tahun 1993 adalah yang terbaik, kebayang gak sih seandainya Sun Woo tidak tewas, dia akan terjebak di tahun 1993 tanpa identitas karena dia tidak akan pernah bisa kembali. 

Hmm,,, bagiku ini Ending terbaik dari Nine, Thanks to PDnim, SWnim, para Aktor dan Aktris, especially Urri jinwook-ssi juga pada semua crew drama Nine untuk drama yang sangat menakjubkan dan menghibur, Tak terhitung berapa kali aku dibuat tertawa dan menangis saat menonton drama ini. Kamsha,, kamsha-heyo^^ Aku juga berterimakasih pada pembaca dan para Niners yang ikut di buat menganga oleh storyline drama ini, kedepannya mungkin aku akan fokus pada menyelesaikan Recaps Nine dulu dan merencanakan Giveaways nya. Thanks for everything.

BTW,, tetiba kepikiran, Sun Woo pergi ke Himalaya dengan alasan ini: Sun Woo mencoba menyelamatkan kakaknya dari kematian, tapi sepertinya gagal dan dia mendapatkan dupa peninggalan kakaknya, kini dia sudah tahu apa kegunaannya. Sehingga Sun Woo kembali mencari 9 dupa lainnya, entah itu dia gunakan atau tidak, tapi dengan dia kembali mendapatkan 9 dupa itu, Sun Woo pada akhirnya bisa mengembalikan Park Sun Woo yang terjebak di masa lalu, dan membuatnya berhasil menghadiri pernikahannya dengan Joo Min Young di tanggal 24 April 2013^^ *drama ini sangat potensial dibuat fanfictionnya,, hahaha, mari berlomba untuk berimaginasi*

NB: Ommo,,, Lee Jin Wook dengan make up 58 tahunnya tetep aja kece^^ Apakah saat usia 58 tahun kelak dia akan tetap sekeren itu dan tetap dalam karir beraktingnya. Setelah diberi nick name Lee Jin Sam oleh Lee Dong Wook, mungkin haparan nya untuk tetap berakting di usia tua akan tercapai^^ Jin Sam-ah, Dongchun-i~~ tetiba pengen rerun Strong Heart episode 125-126 nih #abaikan

 *written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*
15 Komentar untuk "[Spoiler] Nine Episode 20: New Timeline?"

hehe....aku jga suka ma endingnya ( meski pas awal liat kmrn agk bingung)...19 eps yg berat serta 1 eps yg ringan dan menyenangkan.ni drama benar2 membuat jatuh cinta..critanya,alurx,pemainx...semua DAEBAK!!
trima ksih,gumawo,khamsahamida buat mb irfa yg menulariku dgn NINEx..:))

Finally its over,,,

Seneng sih dgn endingnya.
Beneran nie sgt bpotensi buat bikin fanfictionnya :D
Mari bersiap menyerbu lapak cari DVD nya hehehehe,,,,,

Ewie

finally kelar jua ... terimakasih banyak mbak irfa yg udah repot2 update spoiler nya,hehehehe.. -Ayu-

wah2 dh lamaa bgt jadi pembaca gelap *tunjukdirisendirii*hehe^^
finally THE END~ thanx for your beautiful recaps... this drama makes me penasaraan banget!!! #loh?!
fighting for the next project!! :D

Keren ulasannya :-)

Ckup puas dgn ending nya,,meski brharap nya ada romantic scene kyk di episode2 sblm nya,,tp yaaahh sudah lh,,ckup bkin fanfiction2 sndiri aj kyknya..
Tengkiu recapan nya..

mian..tp mnurut sy endingnya sangat tidak dimengerti..mnurut saya bgini..jadi sun woo yang terjebak d tahun 1993 selamat entah itu karena karena ditolong atau apapun itu..sehingga d tahun 2012 sunwoo menjadi tua dan menyelamatkan kakaknya d himalaya..mnurut saya itu sih endingnya..haha..sy baru selesai nonton ini drama sangat membuat penasaran d tiap epsodenya,,padahal sy iseng2 aj bli dvdnya,pmainnya jg ga prnh liyat di drama sy nonton selama inii,,yah aku ksi top rated pada drama ini (>_<)

setiap orang bebas berintrepertasi,,, tapi buatku nggak mungkin Sun Woo yang terjebak di tahun 1993 selamat dan hidup di tahun 1993 dan menjadi tua di tahun 2012. Jadi menurutku, yang menolong Jung Woo adalah Sun Woo yang kembali melakukan time travel dari tahun 2032 ke 2012. Karena Sun Woo tidak melakukan time travelnya dari tahun 2012 ke tahun 1992 untuk menyelamatkan Ayahnya, otomatis,, pada tahun 2013, Sun Woo tidak akan tewas karena terjebak di tahun 1993, dia pun hidup bahagia bersama Min Young hingga tahun 2032.

time travel emang bikin bingung........ pertama kali tau ttg time travel "faith the great doctor" sampe skr masi blm nggeh, padahal time travelnya sederhana :)
apalagi nine yang time travelnya 9 kali....... hehehhe

"NINE - You Have to watch !"
kata2nya mba irfa itu lho .... bkin sy penasaran bgt sama drama ini XD

dan baru saja sy selesei nonton drama ini,
hhihii
*telat yaak? skrg udh 2014, film nya udh setaunan yg lalu .... XD


mau berkomentar panjang dsni gpp ya mbaa ...... :D

Drama yg KEREN. 9 kali bulak balik ke masa lalu, tapi alurnya sangat rapi ......
akting para pemerannya, dan backsongnya (suara yg seruling itu lho mba ), sudah jgn ditanya, perfecto pokonya.
tiap episode bnr2 bkin penasaran.

tp .....

buat saya nine bagus sampai episode 19 aja. sampai sun woo meninggal d 1993.
episode 20 ga jelek, sangat menghibur malah.
tapi malah membuat sy bingung.

1. bagaimana kehidupan tahun 2013 yg ditingggalkn sun woo setelah sun woo terjebak dan mati di tahun 1993 ...?
min young yg ditinggal di acara pernikahan, yong hoon yg mencari2 sun woo, jung woo yg kembali ke korea saat tau adiknya meghilang, <<< bagaimana kehidupan ini ? apa ini semua tdk pernah terjadi akibat dari campur tangan sun woo yg kembali ke 1993 ....?

mengubah masa lalu, berarti mengubah masa depan ya .....?
akibat sun woo yg menggunakan dupa untuk mengubah masa lalu, jadi masa 1993-2013 yg dilalui sun woo remaja juga berubah ....?

atau

tidak ada yg berubah pada masa 1993-2013, hanya saja sun woo, min yong, yong hoon, dan jung woo, tetap menjalani hidup seperti sebelum masa lalu diubah, hanya saja pada masa 1993-2013 mereka mengingat sesuatu, ; bahwa seseorang yaitu sun woo dewasa telah hadir dan memberikan semacam warning untuk masa depan yg akan di lalui sun woo....?

aah,
mba irfa pasti pusing, saya aja pusing baca tulisan sy ini ,
hahaha

dan yg membuat sy bingung lainnya, adegan di salju itu,
kenapa jung woo masih ke nepal, msh memegang dupa ?
bukannya masa lalu sudah sun woo perbaiki, ?

dua itu aja sih yg mengganjal di pikiran sy,
selebihnya,
DAEBAK

eh aslinya lee jin wook itu usia berapa ya ?
kadang terlihat muda, tp kdg terlihat udah akhir 30an ....?

Ga apa-apa telat Ta,, dari pada gak sempet nonton, hehe..

aku akan selalu bersemangat untuk membahas Nine kok,,, karena sampe sekarang msh blm ada yang mengalahkan Nine di hatiku, hehehe...

Aku setuju sama Tita, salah satu kekuatan Nine adalah alur yang rapi, sebenarnya ada beberapa kesalahan di Nine, tapi karena saking terkesima sama alurnya aku jadi nggak sempet protes, hahaha...

Sebenernya, cerita Sun Woo yang bertime travel 9 kali itu memang sudah berakhir di episode 19 kok, jadi anggaplah episode 20 itu episode spesial dari Nine,,, hadiah dari Song Jung Jae SWnim untuk para shippernya Sun Woo dan Min Young, hahaha.. karena menurut aku, episode 20 itu fans servis banget, tapi aku sukaaa banget, hahahah...

Oke,, aku coba jawab kebingungan Tita sesuai pemahama aku yah^^

Tentang kehidupan tahun 2013 yang ditinggalkan Sun Woo... saat Sun Woo meninggal di tahun 1993 pada saat jam 8.05 (kalo gak salah) maka timeline tahun 2013 yang Sun Woo tinggalkan pun terhapus alias tidak pernah terjadi memang karena campur tangan Sun Woo.

sejak awal SWnim sudah dengan jelas menunjukkan jika terjadi perubahan di masa lalu, maka masa depan akan berubah. Sejak Sun Woo menemui dirinya di masa lalu, sebenarnya Timeline nya Sun Woo 2013 sudah dianggap Timeline yang entah ada entah tidak, karena dia sebenarnya sudah mengalami time paradox itulah sebabnya dia tidak bisa mengingat apapun pikiran masa lalunya, seolah dia dan Sun Woo di tahun 93 adalah orang yang berbeda. Timeline itu masih berjalan karena Sun Woo masih memiliki tugas untuk mengembalikan takdir ke tempat seharusnya. Tidak ada pernikahan Jung Woo dan Kim Yoo Jung, dan Jung Woo harus tetap meninggal di tahun 2012.

Entah apa yang terjadi jika Sun Woo yang terjebak di tahun 1993 tetap hidup, dia tidak bisa kembali ke timeline aslinya, itulah mengapa SWnim mentakdirkan Sun Woo meninggal di tahun 1993, ini juga sebagai warning untuk Sun Woo 93 yang tumbuh dewasa agar dia tidak menggunakan dupanya. Setelah dia selamat dr kanker otak, dia juga pasti tidak ingin begitu saja meninggal karena terjebak di masa lalu, jadi jika pada akhirnya Sun Woo masih menemukan dupa yang ditinggalkan Jung Woo, dia akan berpikir ribuan kali untuk memakai dupa itu. Bahwa dirinya bisa saja meninggal juga seperti masa depannya yang terjebak di masa lalu.

karena Sun woo menggunaka dupa jelas apa yang dilalui Sun Woo remaja yang tumbuh hingga tahun 2012 berubah juga. Dia lebih cepat bertemu dengan Direktur Oh, sebelumnya mereka slaing kenal selama 10 tahun, tapi karena campur tangan Sun Woo 2013, mereka sudah saling kenal selama 20 tahun.

Sun Woo tahu Jung Woo lah yang membunuh Ayahnya, namun seperti kata masa depannya, lambat laun dia akhirnya bisa memaafkan Jung Woo yang sudah menerima hukumannya di penjara, dan berhubungan baik dengan Jung Woo, dan yang paling penting, Sun Woo tumbuh tanpa diliputi dendam pada Choi Jin Chul.

Sun Woo sudah berhasil melupakan tentang kedatangan masa lalunya, tapi karena Min Young dia ingat kembali setelah membaca buku harian masa lalunya. Dia pun sadar, masa lalunya tidak kembali hanya untuk menyelamatkan Ayahnya dan membuatnya terhindar dari kanker otak, tapi juga ada hubungannya dengan Min Young, hingga dia memberikan wasiat pada Min Young kecil untuk menghindari dirinya. Berhubung Min Young sudah terlanjut terjerumus pada pesona Sun Woo, akhirnya Sun Woo memilih untuk membahagiakan Min Young^^

Tentang Jung Woo yang ada di Nepal. Meskipun dia sudah menerima hukuman dan tidak lagi ada penyesalan dalam hidupnya, tapi saat dia mendapat kesempatan kembali ke masa lalu karena sebuah dupa, dia masih menginginkan untuk mengambil kesempatan itu, mengapa? Pertama, Jung Woo tidak pernah tahu konsekuensi apa yang akan diterimanya jika dia kembali ke masa lalu. Kedua, Apa yang sebenarnya disesali Jung Woo adalah telah melawan sang Ayah dan membuatnya murka,hingga tragedi kematian Ayah Sun Woo yang mati di tangan Jung Woo terjadi. Jika dia diberi kesempatan ke masa lalu, JW mungkin ingin mencegah masa lalunya untuk menjadi kematian sang Ayah bagaimanapun caranya. Mungkin dia ingin memberi peringatan pada masa lalu nya untuk tidak membantah Ayahnya agar keluarga mereka tetap bisa hidup bahagia sebelum rahasia kelahiran Jung Woo terbongkar.

Jadilah saat mendapat sebuah dupa dan mendapat kesempatan untuk mendapatkan 9 dupa lainnya, dia tetap pergi. Tapi hari kematian Jung Woo pun berbeda dengan timeline yang terdahulu. Jung Woo pergi ke Nepal bersamaan dengan Min Young pergi ke nepal yaitu di bulan desember, tapi di timeline lama, Jung woo pergi ke nepal awal tahun 2012 dan ditemukan meninggal beberapa bulan setelahnya, akhir tahun barulah Sun Woo di beritahu tentang kemungkinan mayat yang ditemukan di Nepal itu adalah Jung Woo.

Hmm,, gitu aja dulu, kalo masih bingung mungkin bisa baca pendapatku mengenai ending Nine di postingan sinospis Nine episode 20 part 2^^

Umur Lee Jin Woo aslinya, 32 tahun menjelang 33 tahun^^ mukanya emang agak boros, tapi klo abis nyalon dia keliatan lebih muda kok, hahahaha... cuman kalo lagi lusuh suka keliatan tuanya, wkwkwk

owh .... i see... i see....
hhehe

tengkyu mba atas rekomendasi nonton nine,
sinopsis dan komentarnya jg sangat membantu kebingungan,
hhihii

sebenernya udah pngen baca sinpsis nya dari lama,
tp 'sekuat tenaga DITAHAN untuk ga baca, krn pngen nonton dlu,
hahaaha

oia,
titip salam sm sun woo ya mba,
ada fans baru satu dsni :p
wkwkwkkk

mba, kpn sun woo terlihat paling mempesona mnrut mba irfa ?

sy terpesona wkt adegan dia tidur d sofa ruang tunggu siaran, pke kemeja biru, digangguin min young,
episode 20 klo g salah ,

aaaaiiiigooooooo..............
*meleleh XD

hehe,, NINE sebenernya emang lebih enak di tonton kalo kata aku^^
aku juga nulis recap dan komentar panjang lebar hanya untuk membantu saja...

kata Sun Woo salam balik buat fans barunya itu, heheh,, sebenernya klo mau rebutan Sun Woo, lawannya Min Young noh,, kalo mo rebutan Lee Jin Wook baru aku yang pasang badan, hahaha...

Kapan Sun Woo terlihat mempesona?? huaaaahhh,,, itu pertanyaan yang sangat sulit, buat aku semua ekspresinya Sun Woo mempesona, wkwkwkwk,,, aku juga suka pas scene dia yang tidur di Sofa itu, tapi pertama kali jatuh cinta sama Sun Woo sih pas dia bacain berita. berasa keren banget gitu, hihihi

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top