[Curhat] K-drama Nine Part 9 [End]



Akhirnya sampai juga di postingan terkahir edisi Spesial Curhat Nine ku. Nine It’s a wonderfull drama. Dari semua drama yang sudah aku tonton Storyline Nine adalah yang terbaik. Why?? Maaf aku memang pecinta flashback, karena aku percaya apa yang kita lakukan di masa lalu pastilah berdampak juga pada masa sekarang kita. Karena itulah selalu pikirkanlah setiap keputusan yang akan kita ambil jangan sampai kita menyesalinya di masa depan, karena waktu tak akan pernah bisa kembali. *kecuali di drama Nine* hahahha. Dan di Nine banyak sekali adegan flashback nya,,, huah~~~ It’s a great story^^

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*


Bisa dibilang episode 19 dan 20 adalah Ending dari drama ini. Episode 19 adalah ending untuk kehidupan Park Sun Woo 2013 yang selama ini melakukan petualangan time travelnya selama 19 episode dan Episode 20 adalah Ending yang teramat membahagiakan bagi Park Sun Woo 1993 yang tumbuh menjadi pribadi yang lebih cerah dari Park Sun Woo sebelumnya yang hidup dengan menyimpan dendamnya terhadap Choi Jin Chul selama 20 tahun.

 [WARNING It's A BIG SPOILER]

Sun Woo akhirnya tidak bisa menyelamatkan dirinya dari keadaan, karena hujan yang disertai badai, tidak ada orang yang datang membantunya saat dia terjebak di reruntuhan box telepon yang ditabrak Choi Jin Chul. Di tahun 2013 semua orang mencari Sun Woo, namun hasilnya nihil. Young Hoon dan Jung Woo malah mendapatkan kenyataan bahwa Sun Woo ternyata telah meninggal di tahun 1993 tanpa identitas karena tanda pengenalnya sebagai reporter CBM bernama Park Sun Woo adalah palsu (tidak ada reporter bernama Park Sun Woo di tahun 1993). Young Hoon menerima pesan yang direkam Sun Woo dan mengabarkan dirinya yang terjebak di masalalu hingga akhirnya Sun Woo di tabrak Choi Jin Chul dan dia menyerah dengan hidupnya, Sun Woo sadar waktunya sudah tak lama lagi,, mewek,, dah,, mewek aku nontonnya…

Apalagi saat Min Young mengingat pertemuannya dengan Sun Woo 2013 saat dia masih kecil, makjleb banget itu rasanya. Poor Min Young… dia kecewa pernikahannya batal, tapi dia 1000 kali lebih sedih dan terluka menerima kenyataan bahwa kekasihnya itu mati di tahun 1993 demi memperbaiki kehidupan mereka, namun pada akhirnya dia tak bisa kembali dan malah harus mengorbankan nyawanya.

Original timeline dengan ingatan orang-orang pada perjalanan waktu yang dilakukan Sun Woo pun berakhir. Tepat saat Sun Woo menghembuskan nafas terakhirnya setelah meminta Shi Ah berjanji padanya untuk tidak mendekati ataupun tertarik pada orang yang wajahnya mirip dengannya, karena orang itu akan menghancurkan hidupnya.

Tak ada lagi kelanjutan cerita dari Timeline 2013, mengapa? karena timeline tersebut terhapus eksistensinya dari dunia setelah Sun Woo yang membuatnya menjadi seperti itu menghembuskan nafasnya. Seperti yang Sun Woo katakan pada Young Hoon dalam pesannya, Dupa itu sebenarnya adalah dirinya, setelah Sun Woo terjebak di masa lalu, dia pun akhirnya harus tewas dan tubuhnya akhirnya di kremasi, maka semuanya berakhir.  Tak ada lagi kelanjutan dari cerita Min Young, Jung Woo, dan Young Hoon yang meratapi kematian Sun Woo.

Episode 20 adalah ending yang sama sekali Unpredictable. Meski pas awal nontonnya aku hanya bisa mengo karena sama sekali tak ada hubungannya dengan episode 19. Tapi setelah menontonnya secara utuh, aku sadar ini adalah Ending drama time travel terindah yang pernah ada. Awww,, Endingnya huapppy banget deh~~~

Sun Woo 1993 akhirnya tumbuh menjadi pribadi yang tetap cool dan menakjubkan tapi minus beberapa hal, tak ada dendam pada Choi Jin Chul dan tak ada lagi tumor otaknya. Dia tetap menjadi jurnalis seperti sebelumnya setelah pertemuannya dengan Tuan Oh peduli padanya sejak dia remaja. Pertemuan pertamanya dengan Min Young tetap terjadi di tahun 2007, dan Min Young tetap jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Namun bedanya, kini Min Young malah ketakutan saat melihat wajahnya baik-baik, dia mengingat bahwa Sun Woo sangat mirip dengan orang yang ditemuinya 20 tahu lalu.

Sikap Min Young yang menghindarinya membuat Sun Woo bingung dan selalu meminta penjelasan pada Min Young. Ujungnya sih,, Min Young mengakui jika dia menyukai Sun Woo, tapi,, Sun Woo adalah orang yang tak bisa dicintainya karena akan merusak hidupnya. hahahahah,,, suka banget liat wajah ‘Bong’ nya Sun Woo pas ngadepin Min Young. Dengan adanya trauma dari Min Young ini, hubungan mereka menjadi sesuatu yang istimewa, kisah cinta mereka lain dari pada yang lain. Sun Woo jadi senang mengerjai Min Young setelah Min Young secara terang-terangan berkata dia tak lagi percaya pada traumanya tentang Sun Woo yang mungkin menghancurkan hidupnya, tapi tetap saja, Sun Woo selalu mengungkit hal itu di depan Min Yong,,

Aduh,, ngakak dah,, liat waja Sun Woo yang minta maaf kalo dia merasa sudah terlalu banyak bicara pada Min Young dan merasa melewati batas berinteraksi dengan Min Young,  tapi setelah meminta maaf dia akan tersenyum diam-diam. Akh~~~ playfull Park Sun Woo. But I Like it, kalo diliat-liat perbedaan Sun Woo 1993 yang tumbuh hingga dewasa dan Sun Woo tahun 2013 yang kita kenal sebelumnya sangatlah jelas, terutama dalam hal memperlakukan Min Young selama 5 tahun sejak pertemuan pertama mereka.

Sun Woo yang dulu, memang sejak awal tak tertarik pada Min Young yang mengejar-ngejar dia. Dia baru sadar jika keberadaan Joo Min Young sangat berarti untuknya setelah dia divonis Tumor Otak dan hanya akan bertahan hidup selama 1-2 tahun, itu pun jika dia melakukan pengobatan yang diributkan Young Hoon. Tapi Sun Woo yang baru, pura-pura tak peduli pada perasaan Min Young, padahal sebenarnya dia memang sedang menggoda Min Young yang tak pernah berhenti mengejarnya.

Dari sikapnya terlihat jelas, Sun Woo sangat tertarik pada Min Young, namun dia tidak ingin Min Young histeris jika dia benar-benar mengajaknya berkencan, karena dia tahu Min Young pasti akan berlebihan dalam menanggapinya. Tapi dia mengakui di depan Jung Woo, jika dia harus menikah, ada satu wanita yang ingin dia nikahi, wanita yang tidak pernah membuatnya stress karena dia selalu melakukan hal bodoh di depan Sun Woo dan wanita itu tentu saja Joo Min Young^^. Saat itu Jung Woo pun dengan optimis berkata bahwa dia sangat ingin betemu dengan Min Young mungkin tahun depan saat dia kembali ke Korea, karena hingga akhir tahun dia harus berada di Nepal.

Karena itulah sebelum Min Young pergi ke Nepal dia sekali lagi menggoda Min Young,, aw aw aw,, tapi tetap saja tak memberikan harapan pasti, sampe bilang kalo Min Young bosan menunggu Sun Woo menikah saja dengan orang lain,, kacaaauuu,,, akhirnya Min Young membuat kesimpulan, ternyata Sun Woo memang pria yang akan menghancurkan hidupnya dengan membuatnya menjadi perawan tua karena terlalu mencintai Sun Woo. Min Young menyesal karena dia tidak menuruti peringatan dari orang yang mirip Sun Woo dimasa lalu untuk menghindari Sun Woo.

Lha Sun Woo yang bingung, namun akhirnya dia menyadari sesuatu, siapa yang mengatakan itu pada Min Young, dirinya yang datang dari masa depan 20 tahun yang lalu. Sun Woo membaca lagi diary nya dan menyadari Sun Woo dari masa depan pun sangat mencintai Joo Min Young hingga dia memberikan wasiat pada Min Young kecil untuk tidak mendekatinya. Dia sadar takdir hidup yang harus di rubah masa depannya bukan hanya pencegahan tumor otak tapi juga menyangkut kisah cintanya dengan Min Young. Sun Woo akhirnya membuat sebuah keputusan.

Setelah peringatan yang diberikan masa depannya tak berhasil mencegah Min Young untuk mencintainya, setelah dia tahu dari Min Young bahwa masa depannya tewas di masa tahun 1993. Sun Woo membuat semuanya menjadi lebih simple. Dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Seperti pesan yang pernah ditinggalkan oleh masa depannya padanya, bahwa Sun Woo harus membuat keputusan-keputusan yang tepat untuk bisa hidup dengan baik. Sun Woo pun memilih untuk pergi ke Nepal, bukan untuk menyusul kakaknya tapi dia pergi untuk menyusul Min Young dan mungkin langsung melamarnya lagi,, seperti yang terjadi di episode 1^^ Huaaaahhhh It’s a beautiful Ending,,, Kolerasi Timeline baru ini sangat erat dengan cerita awal drama ini.

Seberapa banyak takdir berubah, Min Young tetap mencintai Park Sun Woo dan beruntunglah Sun Woo kini menyadarinya lebih awal, bahwa dia pun mencintai Joo Min Young dan ingin hidup bahagia bersamanya. Dia ingin memenuhi wasiat masa depannya pada Min Young, dia tidak ingin menghancurkan hidup Min Young dengan membuatnya gadis itu menderita karena kesal menanti balasan cintanya… It’s a great Ending,,,,

Banyak yang berspekulasi tentang ending Scene drama ini dimana seseorang yang ternyata Sun Woo datang menemui Jung Woo yang hampir sekarat di Himalaya. Scene ini adalah sebagai jawaban dari Scene yang muncul di episode 1. Wajah Sun Woo tampak lebih tua dari Sun Woo 38 tahun yang pergi ke Nepal untuk menemui Min Young, jadi tidak mungkin itu adalah Sun Woo 38 tahun, maka aku bisa memastikan itu adalah Sun Woo baru yang telah berusis 58 tahun yang kembali menggunakan dupanya untuk menyelamatkan Jung Woo yang tewas di Himalaya, dan memberitahunya agar dia tidak terobsesi ke untuk kembali ke masa lalu.

Mengapa aku berpikir seperti itu? Pertama, Sun Woo pergi ke Nepal tanpa tahu bahwa Jung Woo ke Himalaya untuk mencari Dupa dan akan tewas disana dalam pencarian 9 Dupa lainnya. Kedua, Tujuan Sun Woo pergi ke Nepal sudah sangat dijelaskan lewat perbincangan dia dengan Young Hoon di telepon juga narasinya yang hanya membicarakan Min Young, dia percaya Min Young adalah kunci dari takdirnya, dia tak akan berusaha mengetahui apa yang sebenarnya ingin diubah masa depannya yang dulu kembali. Hanya satu yang Sun Woo inginkan, bahagia bersama Joo Min Young.

Mungkin setelahnya Sun Woo akan mendapat kabar tentang kematian Jung Woo di Himalaya, dan mendapatkan Dupa juga jurnal Jung Woo. Tapi Sun Woo tak merasa ada yang harus di ubah di masa lalu. Kematian Ayahnya adalah takdir, penyebabnya clear dan jelas. Jung Woo pun sudah membayar kesalahannya dan Sun Woo sudah memaafkannya. Apalagi dia tahu dari Min Young bahwa jika dirinya kembali ke rentang tahun 1992-1993 dia akan menemui ajalnya di masa lalu.

Jadi Sun Woo memilih menyimpan dupa milik Jung Woo dan tidak juga mengambil 9 dupa lainnya. Sun Woo. Namun Sun Woo ingin menyelamatkan kakaknya di tahun 2012, dan memberiathu Jung Woo agar dia tidak menyia-nyiakan hidupnya dengan mencari dupa itu. Karena itulah Sun Woo menunggu selama 20 tahun untuk kembali ke tahun 2012 dan pergi ke Himalaya untuk menyelamatkan kakaknya. dan itu membuatku 1000 kali lebih bahagia, karena ternyata Park Sun Woo hidup sehat hingga usia 58 tahun dengan pikiran untuk membahagiakan Min Young,,, So pastinya mereka berdua hidup bahagia selama 20 tahun kan??

Banyak pendapat yang berbeda tentang ending Nine karena penulisnya seperti sengaja ingin penonton membuat ending yang ingin dipercayainya. Aku sih gak masalah dengan hal itu, pendapat berbeda adalah hal yang wajar. Aku hanya mencari pemikiran yang simple saja dan menjadikan endingnya jadi sangat memuaskan dan masuk akal.

Nine mengajarkan penontonnya bahwa yang terpenting dalam hidup adalah sesuatu yang memuat keputusan yang tepat. Masalah bagaimana nantinya kita hidup di masa depan akan ditentukan oleh keputusan kita hari ini. So,, hati-hatilah dalam membuat keputusan. Kebahagiaan kadang tidak harus di tunda. Jika kita bisa bahagia hari ini, mengapa harus menundanya? kebahagiaan itu kita yang membuatnya dan kita juga yang merasakan. Hiduplah dengan baik, jangan sekali-kali membuat keputusan yang salah yang akan membuat hidup menderita di kemudian hari, karena penyesalan tidak akan pernah mengembalikan waktu.

“Aku akan membuatnya menjadi mudah. Aku akan mempercayai apa yang ingin aku percayai dan mencintai wanita yang aku ingin cintai.”

Apa yang terjadi dengan Choi Jin Chul? Akh,,, hampir lupa. Di original timeline saat dia tahu tentang perjalanan waktu yang dilakukan Sun Woo. Dia mengingat bahwa dirinya telah membunuh Park Sun Woo yang datang dari masa depan di tahun 1993 dan dia merasa bangga dengan hal itu. Tapi kemudian Jung Woo datang dan memberitahunya sebuah rahasia besar. Choi Jin Chul awalnya tak percaya tapi dia menggali ingatannya ke 45 tahun yang lalu dan rasanya semuanya masuk akal.

Choi Jin Chul menyesali perbuatannya, namun penulis dengan kejamnya membuat dia tewas dalam kecelakaan sebelum dia sempat bertobat. Satu lagi pelajaran yang bisa diambil, jika ingin bertobat segera lah,, siapa tahu besok ajal menjemput dan kita tak sempat untuk bertobat.

Di Newtime line kehidupan Choi Jin Chul tidak dibahas lagi sih,, karena hidup Park Sun Woo yang baru sudah lepas dari dendamnya terhadap Choi Jin Chul, jadi sangat masuk akal jika dia tidak lagi diceritakan. Karena fokus utama Nine adalah kehidupan seorang Park Sun Woo yang berubah menjadi lebih baik ataupun lebih buruk karena Dupa yang bisa membawanya ke masa lalu.

3 Bulan berkelana dengan Park Sun Woo dkk di drama Nine benar-benar menjadi petualangan yang menakjubkan, tak terhitung berapa banyak tawa dan air mata yang keluarkan selama menonton Nine. Aku tidak tahu kapan bisa bertemu dengan drama secerdas ini lagi. Persiapan selama 3 tahun rasanya tidak sia-sia. Nine mungkin akan jadi drama pertama yang aku pertimbangkan untuk membeli DVD director Cut nya *seandainya ada yang jual dalam engsub* hahaha (kayak punya uang aja buat belinya). 

Sampe sekarang Ending Nine masih dibahas aja tuh sama anak-anak soompi. Teori mereka keren-keren bo,, salut deh sama mereka yang bahas drama sampe segitunya, mengaitkan satu dan yang lainnya, tetiba keinget sama cermin,, apakah,, apakah,,, itu tujuan SWnim nya memperlihatkan wajah para tokohnya di cermin untuk menuntun kita agar memahami, bahwa saat kita bercermin maka kita akan bertemu dengan masa lalu dan masa depan kita seperti yang terjadi pada Sun Woo. Entah mengapa rasanya itu membuktikan, bahwa tidak mungkin ada dua Sun Woo di ending, karena bagaimanapun Sun Woo 2013 adalah masa depan dari Sun Woo 1993. Jadi aku sama sekali tidak setuju jika ada yang berpikir ada kemungkinan Sun Woo 2013 yang terperangkap di masa lalu masih hidup,, hehehehe.

Nine Times Travel Time
~Great Travel Time, Adorable Journey, Awesome Storyline, Cute Love Story~

 *written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*

7 Komentar untuk "[Curhat] K-drama Nine Part 9 [End]"

daebak,, jadi pengen nonton,,, teteh,, kirimin hdenya secepatnya ya..... :)

NINE udah selesai aj.. Huaaaaa~
belakangan jadi bingung ngapain. Klo minggu2 kemaren tiap selasa rabu pagi rajin mantengin note buat ngliat update-an episode baru, sekarang malah males-malesan dikasur hahaha
lebih tepatnya NINE jadi vitamin pagi aku, tapi sekarang selesai sudah... Dan ga tau pengen ganti tontonan apa lagi.. Masih belum bisa ilang effect NINE nya :D

Daebak. Bgd dehh drama NINE nya !! Saluutt dgn jln cerita yg dibuat sedmikiaann rupa smpai buat qttt galau tiap mnggu nya nggu in mba irfa updte hheeee ..
Mba irfaaa buat sinopsiss ap nihh ?? Klo bleh req .. Drama shark ya mbak ^^, ..
Thx mb irfa buat recap NINE nya (˘⌣˘)ε˘`)

Bener2 DAEBAK.bgt nih drama,ak bnr2 tergila2 bgt,aplg am lee jin wooknya ak bnr2 tergila2 bgt,suka bgt,nine awal am akhir ljw ad dipesawat tp kynya kerennan wkt awal deh soalnya banyak bulu2nya jd tambah kereenn,jalan ceritanya susah ditebak bgt jd bikin penasaran mulu,terusin ngerecapsnya ya mba irfa,fighting....

NINE it's AWESOME...
salut buat tulisan IRFA,, tulisannya mengalir dan enak dibaca
dan sedikit review serta analisisnya mengenai endingnya,,, that's really nice...
Drama nine ini berbeda dari yang sudah pernah saya nonton sebelumnya, dan berkat 'racun' dari IRFA akhirnya saya mengenal dan menyukai drama ini...
tema drama ini sebenarnya berat, tapi salut buat penulis drama yang menceritakannya dan menggambarkan secara sederhana, simple dan mudah diterima...

btw, salam kenal ^_^

Salam kenal juga Ami^^
Aku setuju tuh,, Nine itu sebenarnya temanya berat banget,, tapi salut sama SWnim nya yang membuat segalanya jadi sederhana dan Ending yang sangat luar biasa,,,

LUARRRR BIASAA!!!!!!!!!! dari drama korea yg pernah sy liat, NINE yg pingin sy koleksi cepet pilmnya hihi Keseringan baca sinopsinya aja sih. Soalnya internet dirumah bukan koneksi dewa haha

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top