Jumat, 28 Desember 2012

[Review] Film Indonesia: 5 cm.



Ada apa dengan angka 5 tahun ini? Sepertinya angka 5 menjadi angka special di tahun ini, setelah Film Negeri 5 Menara, kini Sineas Film Indonesia kembali menelurkan film hebat berjudul 5 cm. Film ini diadaptasi dari Novel berjudul sama karangan Donny Dhirgantoro. Menurut berita yang aku dengar Donny sendiri lah yang menuliskan Naskah Film ini, dan dia membutuhkan waktu 4 tahun untuk mengintrepetasikan Novelnya ke dalam sebuah scenario Film, jadi wajar saja jika banyak adegan di Novelnya tidak disajikan dalam filmnya.

Untungnya aku belum membaca Novelnya, jadi aku sama sekali tidak membandingkan film ini dengan Novelnya. Satu kata untuk Film ini. K.E.R.E.N

Aku suka semua detail filmnya, Alur ceritanya, filosofi hidupnya, akting pemainnya, rasa nasionalismenya, Konflik yang disajikannya, Kisah cinta dan persahabatannya, banyolannya, Akting para pemainnya dan yang paling menjadi favoriteku adala Setting tempatnya saat mereka mendaki Gunung Semeru. Itu yang membuatku semakin mencintai Indonesia.


 Sutradara: Rizal Mantovani
Produser: Sunil Soraya
Penulis: Donny Dhirgantoro
Tanggal Rilis: 12 Desember 2012
Negara Asal: Indonesia
Bahasa: Bahasa Indonesia

Pemain: 
Herjunot Ali
Fedi Nuril
Raline Shah
Pevita Pearce
Denny Sumargo
Igor Saykoji

5 cm adalah kisah 5 orang sahabat yang sudah bersama selama 10 tahun. Selalu berkumpul tanpa melewatkan 1 week end pun, dan sudah saling mengenal dan mengetahui kebiasaan masing-masing sahabatnya. Mereka adalah Zafran, Genta, Arial, Ian dan Riani.

*writen by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*

Zafran diperankan Herjunot Ali

Seorang yang puitis dan penuh impian gila dikepalanya. Baginya membuat syair lagu dan puisi adalah kesehariannya. Impiannya adalah menjadi seorang Seniman. Dia memiliki band, namun band nya tidak terkenal, tapi sudah mememiliki koleksi Best Of. Selain menjadi seorang Seniman, Zafran memiliki obsesi lain. Obsesi itu bernama Arinda, adik dari Arial. Dia memuja Arinda bak memuja Dewi yang turun dari langit. Namun Zafran tak pernah berani mengatakan persaannya secara lansung, meski dia selalu menggombalinya, toh Arinda yang polos tak bisa menangkap sinyal dari gombalan-gombalan Zafran. Para sahabatnya memanggil dia Juple, karena kekonyolan. Puisi-puisi gombalnya kadang menjadi bahan tertawaan para sahabatnya.

Genta diperakan oleh Fedi Nuril

Seorang yang pemimpi yang selalu percaya setiap impian pasti bisa diwujudkan. Genta mendirikan sebuah Event Organizer yang selalu sukses dalam setiap acaranya. Dia memilki impian untuk memiliki kantor sendiri dan impian nya yang lain adalah mengungkapkan cintanya pada Riani. Genta dan Riani sering menghabiskan waktu berdua diluar acara kumpul-kumpul bersama 5 temannya yang lain, selama bertahun-tahun dia selalu mencintai Riani, namun dia tak berani mengungkapkannya karena takut kehilangan Riani sebagai sahabatnya.

Arial diperankan oleh Denny Sumargo

Pria berbadan tegap yang hobi Fitnes, dia sangat menyukai kecap, kemana-mana selalu membawa kecap, karea takut tidak mendapatkan kecap ditempat kumpul-kumpulnya bersama ke-5 sahabatnya. Bahkan saat makan sandwich pun dia memakai kecap. Arial adalah kakak yang baik dan sangat menyayangi Arinda, dia tak rela Adik nya yang cantik dan polo situ jatuh e tangan Zafran, karena dia tahu benar seperti apa Zafran. Arial memiliki satu kelemahan, meskipun dia dipuja banyak wanita, tapi dia selalu gugup menghadapi wanita. Dia sangat ingin punya pacar, tapi dia tak bisa berkutik jika di hadapan wanita

Ian diperankan oleh Igor Saykoji

Satu-satunya orang yang belum lulus diantara mereka berlima. Menurut Zafran dia dikutuk oleh dua hal sehingga kuliahnya tak kunjung selesai. Kutukan pertama adalah karena hobinya menonton video mesum yang dia tutupi sebagai Video National Geografic dan Kutukan kedua adalah Hobinya memakan Indomie dimanapun dan kapanpun. Sehingga berat badannya bertambah dan terus bertambah. Ian memiliki dua impian besar dalam hidupnya, menikah dengan Happy Salma dan Kuliah di Inggris, tepatnya di kota Manchester agar dia bisa menonton pertandingan MU sepuasnya. Namun sebelum mewujudkan dua impiannya itu, dia harus lulus kuliah dulu.

Riani diperankan oleh Raline Shah

Satu-satunya perempuan diantara mereka. Dia bagai Dewi diantara mereka. Dia menyelesaikan banyak hal untuk keempat temannya terutama dalam hal memesan makanan yang banyak maunya. Riani mungkin terlihat bagai Dewi, namun dia tetap memiliki kebiasaan aneh, yaitu selalu minta kuah mie instan pada siapapun yang memakan mie kuah, tentu saja orang yang paling sering dia mintai kuah mie adalah Ian, yang hobi sekali makan Indomie.

Riani memperlakukan keempat temannya sekilas sama, namun hanya pada satu orang dia berbeda. Dia menyayangi keempat sahabatnya sama banyak, namun dia melebihkan rasa nya hanya pada satu orang. Namun orang itu tak pernah tahu dan berpikir Riani hanya menganggapnya sama seperti yang lain. Dia tak ingin merusak persahabatannya dengan keempat sahabat lelakinya itu dengan mengutarakan perasaannya, apalagi Riani masih memegang teguh prinsip Wanita Timur, dia merasa tak pantas bagi seorang wanita mengutarakan perasaannya lebih dulu. Dia hanya bisa menunggu, menunggu lelaki itu menyambut perasaannya.

Setelah 10 tahun selalu bersama, Genta mengusulkan mereka untuk keluar dari Zona aman mereka dengan tidak bertemu selama 3 bulan. Riani dan Arial yang paling keberatan, namun Ian setuju karena dia ingin menyelesaikan skripsinya, Zafran pun nampaknya tak keberatan. Akhirnya Riani dan Arial pun setuju dengan usul Genta.

Selama 3 bulan tak bertemu, mereka tentu saja saling merindukan. Zafran menghabiskan waktu 3 bulannya untuk menggombali Arinda yang setiap kali ditelpon hobi sekali bilang “Ada Apa?”. 

Riani menghabiskan waktunya dengan merindukan para sahabatnya, especially sang pencuri hatinya dan memberanikan dirinya curhat pada teman kantornya. 




Genta menghabiskan waktu 3 bulannya mengerjakan pekerjaannya, namun dengan tetap merindukan Riani yang biasanya bekerja bersamanya, namun karena perjanjian itu, mereka untuk sementara tidak bekerjasama.

Ian berusaha keras menyelesaikan skripsinya dengan penuh perjuangan dengan iming-iming kuliah di Manchester oleh orang tuanya, Meski melewati banyak rintangan dan menahan diri untuk curhat ke salah seorang sahabatnya, akhirnya Ian berhasil diajukan untuk sidang.

Arial akhirnya berhasil mengajak perempuan yang ditaksirnya untuk ngedate, kini Arial tidak terlalu gugup saat didekat perempuan itu.

Di tanggal yang telah di janjikan, Genta mengirimkan sms pada keempat temannya, dimana mereka akan bertemu seminggu kemudian dan mempersiapkan semua peralatan yang harus dibawa pada hari itu. Mereka bertemu di Stasiun Senen pada tanggal 14 Agustus dan wajib mengosongkan jadwal mereka seminggu kedepan.

Selain mereka berlima, Arinda yang diperankan oleh Pevita Pearce pun ikut serta dalam petualangan mereka. Arinda sengaja ikut perjalanan ini karena dia ingin lebih dekat dengan orang yang dicintainya. Siapa yang paling senang dengan ikutnya Arinda? Tentu saja Zafran. Apakah Arinda ikut serta karena pada akhirnya termakan rayuan gombal Zafran? hehehe~~^^

Kemanakah mereka akan pergi? Mereka akan pergi ke Malang atau tepatnya pergi ke Puncak Semeru. Puncak tertinggi di Jawa. Berhasilkah mereka mencapai puncak Mahameru? Tentu saja berhasil, namun semua kisah kisah yang dilalui mereka untuk mencapai puncak inilah yang menjadi pengalama berharga untuk mereka berlima. Dari pengalaman mereka mendaki gunung ini mereka lebih memahami makna persahabatan, cinta dan rasa nasionalisme.

 *writen by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com

Saat pertengahan Film, aku langsung berpikir aku ingin mengulang lagi menonton film ini, aku ingin kembali menikmati keindahan gunung Semeru. Dimulai dari Padang rumput di lereng gunung, Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, Samudera di atas Awan, juga beberapa pemandangan Indah lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

 Danau Ranu Kumbolo

 Samudera di Atas Awan

 Padang Rumput

Tanjakan Cinta

Melalui Film ini aku bisa melihat betapa Indahnya negeri kita, dan juga menyadarkanku sudah berapa lama aku menyia-nyiakan negeri ini. Ada satu kata-kata Ian yang benar-benar mengena di hatiku. Kira-kira Ian berkata seperti ini saat dia memutuskan untuk tetap di Indonesia dan membatalkan niatan kuliahnya di Mancehster.

“Gue hidup di Tanah ini, Minum dari air yang dihasilkannya, masa iya gue gak berterimakasih sama Tanah Air ini”

Sumpah kata-kata itu jleb banget lho di hatiku, merasa tertampar. Negeri ini sudah memberikan banyak kepadaku, lalu apa yang sudah aku berikan pada negeri ini. Seberapa buruknya Citra Negara kita dimata Dunia, Seberapa aku cintanya terhadap Drama Korea, (eh? Apa hubungannya ya?) Aku tetap mencintai Indonesia, tempat kaki ini melangkah, tempat mata ini memandang, tempat telinga ini mendengar. Hiduplah Indonesia Raya^^


Selain membangkitkan rasa Nasionalisme, 5 cm mengajarkan kita makna persahabatan yang begitu dalam mendalam, bukan kebersamaan saja yang paling penting dalam persahabatan, tetapi hati yang saling terikat. Jadi meskipun 3 bulan sempat terpisah, mereka tetap bersahabat dengan baik hingga bertahun-tahun kemudian setelah acara pendakian gunung Semeru ini. 

Perjuangan mereka dalam mendaki Puncak Mahameru benar-benar menegangkan. Apalagi saat tiba-tiba ada segeromol batu yang jatuh dari puncak gunung dan melukai telinga Arinda dan melukai kepala Ian hingga Ian tak sadarkan diri.

Kisah cinta bukanlah Cerita utama di film ini, namun tetap diselipkan dengan manis kok.

Bagaimana Genta selalu setia menatap Riani penuh cinta namun selalu gagal mengungkapkan perasaannya bahkan ketika mereka sedang berdua.

Bagaimana Zafran selalu berusaha keras meluluhkan hati Arinda dengan gombalan garing nya. Namun Arinda masih juga tidak menanggapinya.

Banyak yang tak menyangka pada akhir kisah cinta di Film ini, tapi aku sudah bisa membaca tandanya sejak awal, tapi masih agak ragu-ragu sih ya~~

Beberapa Quote dari Film ini yang selalu aku ingat,

Taruh puncak itu di depan kita, dan jangan lepaskan!
Yang Kita perlu sekarang adalah: Kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya.
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya.
Leher yang akan lebih sering melihat ke atas.
Lapisan tekad yang akan 1000 kali lebih keras dari baja.
Hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya.
Serta mulut yang akan selalu berdo’a”

“Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita,
Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening,
Supaya tidak terlepas dari mata kita.
Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalah
Ia hanya tinggal mempercayainya.”

Banyolan-banyolan  di film ini pun sangat menyegarkan terutama Kelakuan Zafran  saat dia menggombali Arinda. Salah satu dialog yang paling aku ingat saat Zafran menelpon Arinda:

Zafran: “Kalo dinda di kampus gimana?”
Dinda: “Biasa aja. Kuliah”
Zafran: “Kampusnya gimana?”
Dinda: “Rame”
Zafran: “Kalo dikampus nongkrongnya dimana?”
Dinda: “Ga Nongkrong”
Zafran: “Oh iya ya. Dinda pasti jarang nongkrong ya? Banyak tugas dari Dosen”
Dinda: “Dinda kalo di kampus duduk kok ga nongkrong”
Zafran: “Ampun Deh!”

Akting-akting pemainnya pun menakjubkan. Mereka bisa memainkan perannya dengan sangat baik. Dan Aku sangat terkesan pada akting Herjunot Ali di Film ini. Jujur ya,, sebelum menonton film ini, aku sama sekali tidak tahu bahwa dia bermain dalam film ini, aku hanya tahu Fedi Nuril adalah salah satu pemainnya. Ternyata Herjunot Ali aktor yang hebat (kemana aja kau selama ini? Hahaha)

Satu lagi yang aku sukai dari Film ini, Papan Tulis di Kamarnya Zafran. Unik tuh,, di papan tulis itu Zafran menuliskan impiannya dan menuliskan kata-kata Arinda padanya dan berapa kali Arinda sudah mengatakan *Ada Apa?* saat Zafran menelponnya. Segitu terobsesinya tuh Zafran sama Arinda.

Mungkin Film ini masih jauh dari sempurna, banyak yang membahas kekurangan film ini. Tapi aku tidak ingin membahasnya. Karena Film ini satu-satunya film yang membuatku berpikir, aku ingin membeli DVD Originalnya dan juga membaca Novelnya. So… pandangan subjektifku mengatakan Film ini sangat layak untuk ditonton. Mancaps~~^^

*writen by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*  

credit: wikipedia, kapanlagi.com

21 komentar:

  1. aduh di bikin recapnya lg sm irfa jd makin pengen nonton nich film...
    btw gak pa2 dech jd sedikit tau gambaran film ini

    thanks ya irfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Bunda^^

      Ayo,, Nonton Bunda,, Junot gak kalah lucu tuh dari Cha Seung Jo,, eh??

      Bagus banget deh film nya,,,

      Hapus
  2. Kyaaa ba irfaaa.. Makasi recapnya, jd mau nonton, lumayan mengurangi kegalauan gara2 ccda yg ga tayang minggu ini..hihihii :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih,, aku selingkuh dulu sama Junot sambil nunggu si Oppa tayang minggu depan,, hehehe,,

      *padahal awal nonton film ini pengen liat Fedi Nuril, tapi malah suka sama Junot*

      Hapus
  3. Kak Irfa dimana downloadnya? Bisa tlg diupload ga ke youtube,, biar bisa download lewat IDM???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nonton di Bioskop kemaren, kyknya blm ada deh link DL nya film ini kan masih tayang di Bioskop. Nonton aja dijamin gak akan nyesel.

      Hapus
  4. betul...satu kata untuk film ini KEREN

    BalasHapus
  5. nonton berapa kalipun dijamin bakalan nd nyesal....:)

    BalasHapus
  6. cie mbak irfa, dari tadi ditungguin, eh dateng2 bawa recapan film indo ^^
    thank u mbak!!!
    jangan lupa buat indonesia:tempat mengumpulkan rupiah-meniti cita bertemu oppa (nah lho? wkwkwkwk)
    dira

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk,, Dira bisa aja,, tentu saja negeri ini adalah negeri tempatku menumpulkan rupiah buat beli pulsa modem dan bisa melihat dramanya Oppa setian Minggu, eh?

      Pokoknya I lope U pul Indonesia^^

      Hapus
  7. Aku baca bukunya empat taun lalu truus nonton filmnya taun ini dan aku tidak akan pernah berhenti jatuh cinta sama 5 cm. Gak peduli sama komentar orang-orang karena bagiku, 5 cm udah ngasih banyak banget inspirasi buatku. Ayoook, mbak baca novelnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada waktu buat ke toko bukunya,,
      emang jadi penasaran juga sih sama Novelnya^^

      Hapus
  8. Wahhh..trma kasi bwt sdkt sinpsisnya... Film nh kerenn bgt..taun ini indo bwt terobosan bwt film2nya..bnyk film2 bgs yg beredar..hehe...ga kalah ma drakor kq.. :p

    Smga k dpnnya lbi bnyk llagi film2 yg bmutu di Indonesia :D

    BalasHapus
  9. Wakaka saya males ke bioskop nih. Selain jarak jauh, sayang sama duit juga. Cukup baca recaps dari Irfa n menunggu link DL nya di IDWS ntar juga pasti ada link DL nya hahaha.

    BalasHapus
  10. Di penghujung tahun ini film indonesia menyuguhkan 2 film yg recommended banget, 5cm sama
    habibie & ainun
    nonton juga habibie & ainun bagus bgt

    BalasHapus
  11. huwaaaaa jadi pengen nonton *tapi lagi dikampung, ga ada bioskop* #miris

    iya diakhir taun film indonesia bagus2 yaa, sayangnya sinetron nya kok gitu2 aja.. :P Doohh *tepok jidat*

    -yuniemha-

    BalasHapus
  12. Baca Novelnya gak akan nyesel, neh Novel 5cm yang ngasih semangat saia buat nyelesaiin skripsi *kayak Ian yang gak patah semangat*
    Banyak lirik-lirik dari lagu2 keren di novel ini...
    Perkataan-perkataan dari orang terkenal.
    dan tentunya kata-kata Ian yang sampe sekarang masih saia ingat
    "YANG BERANI NYELA INDONESIA.... RIBUT AMA GW"

    BalasHapus
  13. bener kt mba Irfa...seberapa besar aku menyukai drama korea,, aku tetap mencintai indonesia..

    Baru bisa nonton filmnya hari ini..klu ada yg ngajakin pengen nonton lagi..

    Pengen baca novelnya,,pengen juga punya dvd orinya...

    #jd ikutan mba Irfa

    Tambah lagi,,suka dgn reviewnya mba Irfa ..

    BalasHapus
  14. Dulu amel punya nih buku... Seru habisss... Tapi blm nonton film nya :-) Sekarang film2 indonesia keren2 ya..

    BalasHapus
  15. Kkk. Aku baru baca novelnya dan belom nonton filmnya. Makasih eonni udah dibuatin recaps. Jadi ada gambaran di otak ttg filmnya.^^

    BalasHapus
  16. Keren bget filem ny.bkin lanjutan ny pow.heheheo_O

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar^^ tapi jika hanya ingin bertanya kapan lanjutannya dan mana part selanjutnya, sebaiknya jangan berkomentar, karena itu sangat menggangguku. Harap menunggu dengan sabar >.<