[Review] J-Dorama: Mop Girl


Pertama kali mendengar judulnya aku sedikit heran, apa arti dari Judulnya ini. Mop berakti Lap Pel, Girl artinya Gadis, maka Mop Girl berarti Gadis Lap Pel, apa maksudnya ya?? Penasaran? tentu saja,, aku penasaran sekali dengan drama satu ini, namun aku begitu sibuk hingga banyak dorama Jepangku yang tak terlirik.

Setelah mendapat bocoran jika Dorama ini bergenre Komedi Misteri, maka aku pun kembali tertarik menontonnya.


 
Details
  •     Name: モップガール
  •     Title (English): Mop Girl
  •     Format: Renzoku
  •     Genre: Mystery, fantasy, comedy
  •     Episodes: 10
  •     Viewership ratings: 10.2 (Kanto)
  •     Broadcast network: TV Asahi
  •     Broadcast period: 2007-Oct-12 to 2007-Dec-14
  •     Air time: Friday 23:15
  •     Theme song: Destination Nowhere by ERIKA 
 
Cast
  •     Kitagawa Keiko as Hasegawa Momoko
  •     Miyama Karen as young Hasegawa Momoko
  •     Tanihara Shosuke as Otomo Shotaro
  •     Asami Reina as Okouchi Hina
  •     Takaoka Sousuke as Wakayama Akira
  •     Sato Jiro as Higashi Shigeo
  •     Magii as Yokouchi Atsushi
  •     Watanabe Natsuna as Nakamura Tamaki
  •     Ikezu Shoko as Kataoka Miki
  •     Hanagata Ayasa as Satomi Reiko
  •     Hori Mayumi as Ryoko (Shotaro's ex-lover)
  •     Honda Hirotaro as Hasegawa Ryuji
  •     Hayashi Yasufumi as Hasegawa Keigo
Sinopsis

Mop Girl, bercerita tentang Momoko Hasegawa, yang ceroboh dan sering melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaanya. Saat Usianya 21 tahun dia mendapakan kejutan dengan dipindah tugaskan tempat bekerja, dari sebuah Wedding Orginazer menjadi Funeral Orginazer di Perusahaan Little Life Angel, dan dia mendapatkan tugas khusus sebagai pembersih TKP kematian mayat. 

Pertama kali melakukan tugasnya, Momoko di buat kaget karena ternyata Mayat yang diurusnya adalah Mayat Sensei kesayangannya saat di SMA, dia tak percaya Senseinya itu meninggal sebagai seorang perampok Bank. Saat merasa syok karena tidak percaya, Momoko menyentuh barang-barang peninggalan Senseinya, salahsatunya sebuah foto keluarga milik Senseinya. Ketika menyentuh benda tersebut, Momoko merasa mendengar sebuah suara, juga teringat kata-kata orang yang pernah menyelamatkan hidupnya 3 tahun lalu. Momoko merasa telinganya berdenging keras, dan,, viola,,, Momoko kembali ke satu hari sebelum kematian Senseinya.

Awalnya Momoko bingung dan merasa ini semua mustahil, namun dia seolah-olah mendapatkan penglihatan masa depan dan merasa harus menyelamatkan Senseinya dari kematian. Maka Momoko pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan Senseinya dan mencari alasan yang menyebabkan Senseinya memutuskan untuk menjadi perampok Bank dan mencegahnya melakukan hal tersebut.

Setelah berhasil menyelamatkan Senseinya, Momoko pun menikmati pekerjaanya sebagai Funeral Organizer bersama para pekerja lainnya, Shotaru Otomo, Akira Wakayama, Higahsi Shiego (Direktur Funeral Oraganizer), Nakamura Tamaki dan Kataoka Miki.

Disetiap Episode, Momoko akan menghadapi sebuah kasus kematian dan dia akan kembali ke satu hari sebelumnya untuk mencegah kematian itu terjadi setelah dia menyentuh barang bukti yang tertinggal di TKP. Dalam melakuakan pencegahan tersebut, Momoko selalu meminta bantuan Shotaru Otomo, Seniornya dari Divisi pembersih TKP. Dengan Alasan mendapatkan mimpi dari Neneknya, Momoko selalu berhasil memaksa Sho-chan membantunya untuk mencegah kematian dalam setiap kasus yang ditemuinya, kecuali satu kasus di episode 9, karena Orang tersebut meninggal karena penyakitnya.

Karakter Tokoh

Momoko Hasegawa, perempuan berusia 21 tahun yang ceroboh dan sering melakukan kesalahan dalam pekerjaanya. Sesungguhnya dia adalah Putri dari Kepala Rumah Sakit Hasegawa yang terkenal. Namun demi hidup mandiri Momoko keluar dari rumah dan bekerja di sebuah Wedding Organizer, namun karena kecerobohannya dia berakhir di Funeral Organizer.

Momoko kurang pintar dan sering salah mengatakan beberapa kosakata. Dia mendapatkan kekuatan seolah bisa kembali ke masa lalu berawal dari  13 tahun lalu, saat dia diselamatkan oleh Seorang wanita misterius, ketika dia akan tertabrak motor. Saat wanita misterius itu sekarat, Wanita tersebut berkata padanya, bahwa dia memberikan kekuatan itu pada Momoko, untuk melihat apa yang bisa terjadi di masa depan.

Momoko yang terobsesi mendapatkan Kekasih seorang pria berotot, menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk mencegah kematian dari setiap orang yang dia ketahui akan mengalami kematian tragis dengan sebab yang cukup misterius. Usahanya tersebut bukanlah hal yang mudah apalagi dengan sikap ceroboh dan caranya yang salah memberi tahu orang-orang itu. Namun dengan bantuan HIna Okouchi, sahabatnya sejak SMA, serta Shotaru Otomo, Senpainya di tempat kerja, Momoko selalu berhasil menyelesaikan setiap misi yang di embannya.

Shotaro Otomo adalah senior Momoko di Funeral Oraganizer Little Life Angel. Dia menganggap Momoko gadis bodoh yang ceroboh dan selalu merepotkannya. Hanya karena Momoko sering mengiming-imgingannya untuk berkenalan dengan para perempuan Bule, Sho-chan selalu rela menolong Momoko dengan permintaan-permintaan tak masuk akal dari Momoko.

Di pertengahan cerita, Sho-chan diketahui memiliki koneksi dengan Momoko di masa lalu. Sho-chan ternyata kekasih dari perempuan Misterius yang bernama Ryoko yang menyelamatkan Momoko 13 tahun lalu. Sikap Playboy Sho-chan yang selama ini menjadi kelihaian tersendiri dalam merayu para gadis bule yang tak jarang dia gunakan dalam membantu Momoko, sebenarnya hanya untuk menutupi rasa kehilangannya yang begitu besar karena kematian Ryoko 13 tahun lalu.

Meskipun Sho-chan menganggap Momoko bodoh, tapi dia selalu datang di saat yang tepat jika Momoko meminta bantuannya. Momoko sampai bertanya-tanya mengapa Sho-chan selalu membantunya, Momoko sempat berpikir mungkinkah Sho-chan menyukainya? dan menanyakan langsung pada Sho-chan. Tentu saja Sho menyangkalnya, dia sama sekali tak pernah melihat Momoko sebagai wanita, namun setiap kali Momoko bersungguh-sungguh dalam proses penyelamatannya, Sho sering menatap Momoko dengan tatapan takjub. Akankah Momoko bisa menggantikan kedudukan Ryoko di hati Sho-chan.

Hina Okouchi adalah sahabat dekat Momoko sejak SMA, Hina bekerja di sebuah majalah. Dia mengenal banyak tokoh terkenal dan sering bertugas untuk memewancarai beberapa orang yang diketahui Momoko akan meninggal dalam penglihatan masa depannya. Momoko seringkali meminta bantuan Hina untuk mempertemukannya dengan orang-orang itu, atau mencari info dari beberapa orang di sekitar calon korban yang memungkinkan akan menjadi penyebab kematian calon korban yang harus diselamatkannya. Hampir dalam setiap episode HIna membantu Momoko, karena bila Momoko sedang bekerja, maka Hina pun ada disana.

Higashi Shigeo, Direktur di tempat Momoko bekerja. Dia sangat baik pada para pegawainya, sehingga sering kali diremehkan terutama oleh Shotaru dan Miki Kataoka. Meski begitu, semua pegawainya sebenarnya sangat menghormatinya, karena berkat kebaikannyalah mereka bisa bekerja layaknya keluarga di Funeral Organizer dengan bahagia sampai detik ini. Momoko pun merasakan hal yang sama, setiap kali Sho-chan mengintidiminasinya, maka Direkturlah yang membelanya, karena itulah Momoko berjuang sepenuh hati Direktur dinyatakan sebagai tersangka karena kematian seorang Direktur Pekuburan yag ternyata dulunya adalah Sahabat dari dikerturnya.

Nakamura Tamaki, Seorang siswa SMA yang bekerja magang di Funeral Oraganizer Little Life Angel. Dia bahkan lebih pintar dari Momoko dan sering memeberikan pencerahan pada Momoko lewat celetukannya saat Momoko merasa kebingungan untuk menyelesaikan kasus-kasusnya.

Akira Wakayama adalah Rekan kerja Momoko di Little Life Angel, dia adalah Sho-chan kedua yang menganggap Momoko bodoh dan ceroboh. Akira sering menggantikan Sho-chan menemani Momoko dalam melaksanakan pekerjaannya saat Sho-chan sibuk berkencan dengan para gadis bule. Akira sebenarnya naksir Tamaki, sayangnya Tamaki sama sekali tidak tertarik.

Miki Kataoka,  rekan kerja Momoko di Little Life Angel, dia adalah seorang janda yang sudah beberapa kali mengalami kegagalan dalam perkawinan. Dia perempuan paling berkuasa di Little Life Angel, Direktur dan Sho-chan pun takut padanya. Miki adalah pengantur keuangan di Funeral Organizer itu, sehingga Momoko seringkali menjadikan Miki sebagai ancaman untuk memaksa Sho-chan membantunya, jika iming-iming gadis bule tidak lagi mempan pada Sho. Momoko sering mengancam Sho bahwa dia akan melaporkan pad Miki kelakuan Sho yang sering menghilangkan Tanda terima dari setiap toko untuk membeli beberapa perlengkapan perusahaan.

Yokouchi Atsusi, Inspektur Sub-Divisi criminal yang selalu menggunakan jasa Funeral Organizer Little Life Angel untuk mempersiapkan pemakaman dari setiap mayat yang ditemukannya disetiap kasus. Dia memiliki hubungan yang baik dengan Sho-cha, karena Sho sangat andai menjilatnya dengan pujiannya. Yokouchi sangat tertarik dengan Momoko, dia sering menggombali Momoko, namun sayangnya gombalannya sering kali salah. Yokouchi pun sempat begitu PD menganggap Momoko jatuh cinta padanya bahkan begitu giat mengajaknya berkencan, namun pada akhirnya di sendiri meminta maaf pada Momoko karena walaupun dia menyukai Momoko dia tidak bisa menyambut perasaan Momoko.

Satomi Reiko, Asisten dari Inspektru Yokouchi, seorang polisi wanita yang dingin namun cerdas. Dia sering kali mengingatkan Yokouchi untuk tidak melakukan hal bodoh saat bekerja, apalagi jika dia sudah sibuk merayu Momoko.

Ryoko, Wanita Misterius yang menyelamatkan Momoko saat dia kelas 3 SD dan menurunkan kekuatan yang dimilikinya pada Reiko sehingga beban untuk menyelamatkan nyawa orang yang selama ini diembannya berpindah pada Momoko. Ryoko adalah kekasih Sho-chan yang masih dikenang dengan baik oleh lelaki itu dan tak tergantikan kedudukannya oleh wanita bule dari Negara manapun. Ryoko meninggal setelah dia pergi meninggalkan Sho saat mereka berkencan, karena Ryoko harus menyelamatkan nyawa orang.

Ryuji Hasegawa adalah kakak dari Momoko, dia seorang dokter di Rumah sakit Hasegawa, dia sangat mencintai adiknya namun sangat manut pada ayahnya. 

Sama halnya seperti Momoko, Ryuji pun sering salah menyebutkan beberapa kosakata, membuat Sho-chan kadang bingung jika mengobrol dengan kedua kakak beradik yang memiliki kepribadian hampir serupa ini. Peran Ryuji sebagai kakak Momoko sangat terasa saat di episode 9, karena Pasien Ryuji lah yang sedang di bantu Momoko untuk mewujudkan keinginan terakhirnya sebelum ajal menjemputnya.

Keigo Hasegawa, Ayah dari Momoko, bersifat keras dan tegas, namun ternyata dia juga sering salah malafalkan beberapa Kosakata (Ini penyakit keturunan kali ya,,). Tuan Hasegawa sangat mencintai putrinya dia berharap putrinya segera menikah dengan orang yang pantas. Saat tahu Momoko bekerja di Funeral Oranizer, tentu saja dia marah, namun setelah insiden di episode 9, dimana Momoko yang dijadikan asisten pribadi oleh Yakuza yang akan menghembuskan nafas terakhirnya berjuang dengan keras mengabulkan permintaan terakhir sang Yakuza, Ayahnya sadar Momoko serius dalam melakukan pekerjaannya. Jadi dia pun membiarkan Momoko tetap bekerja disana. Saat Ayah Momoko melihat Sho, dia merasa pernah mengenal Sho, sayangnya Sho sama sekali tak ingat bahwa mereka pernah bertemu saat Ryoko dibawa ke rumah sakit setelah menyelamatkan Momoko 13 tahun yang lalu.


Review
Aku langusng jatuh cinta pada Dorama ini setelah menonton episode pertamanya. Semua kasusu yang disajikan sangat menarik dan penyelesaiannya selalu tidak terduga. Jika ada cerita pembunuhan, maka pelaku pembunuhannya pun tidak terduga,, membuatku tercengang-cengang. 

Belum lagi melihat si cantik Keiko kitagawa yang bermain dengan sangat apik di drama ini, suka banget deh. Keiko dan Tanihara pemeran Sho, pernah juga bermain bersama dalam Movie berjudul Handsome suit, namun di Film itu, mereka tidak banyak beradu dalam satu Scene. Sementara di Mop Girl, dimana ada Momoko di situ pasti ada Sho, kombinasi yang menakjubkan dari kedua orang yang berbeda karakter.

Selipan-selipan adegan komendinya pun sangat pas ditempatkan dibeberapa Scene dan membuatku tertawa ngakak, terutama saat Momoko sedang menghindar dari kakak dan Ayahnya atau Momoko sedang berbincang dengan kakaknya, lucu liat kakak beradik ini ngobrol di depan Sho.

Dan Sho,, Ohoohoo,, dia hobi sekali mengatai Momoko Baka sambil memukul jidatnya, tapi dalam beberapa Episode Sho kadang menunjukkan perhatian ekstranya terhadap Momoko, melihat hubungan mereka jadi bikin greget sih ya,, tapi sayangnya,, sepertinya Sho memang tidak pernah menganggap Momoko sebagai seorang wanita. Hmmm,, mungkin karena perbedaan umur mereka yang cukup jauh kah,,

Paling suka saat Momoko dan Sho berpura-pura menjadi sepasang suami istri, Momoko didandani bak Bule,, pakewig dengan rambut pirang menyala trus dia berbicara dengan bahasa Inggris sekenannya. Guling-guling deh liat kelakuan kedua orang ini. Kayaknya aku emang suka ya genre komedi misteri kayak gini. Kalo dipikir-pikir,, Drama ini hampir serupa sama Nazotoki Dinner Wa Ato De yah,, hanya saja dengan peyajian kasus dan cerita yang berbeda.

Sayangnya Endingnya agak gantung,, Hubungan Sho dan Momoko tidak ada perkembangan setelah Sho menyelamatkan Momoko dengan mempertaruhkan nyawanya. Hubungan masa lalu Shod an Momoko pun tidak jelaskan lebih lanjut, padahal jika itu di eksplore lebih lanjut aku yakin hubungan mereka bisa lebih berkembang,, Hmmm mungkin karena genrenya Komedi Misteri sehingga sisi Romance nya dikesampingkan.

detail dan cast: dramawiki
gambar: berbagai sumber dan screencaps oleh irfa
3 Komentar untuk "[Review] J-Dorama: Mop Girl"

koq kaya tru calling yahh critanya...

Tru Calling yang dibintangi Eliza Dushku ya??
Seingatku kalo Tru Calling itu genre nya bukan Komedi yah?? Kalo Mop Girl banyak banget adegan komendinya,,

Dasar cerita tokoh Utama ceweknya bisa kembali ke masa lalu untuk mencegah terjadinya pembunuhan atau tragedi aja kali ya yang sama nya. Aku yakin sih kasus-kasusnya beda,, Latar belakang Tru dan Momoko juga beda kok.

Katanya sih ini dorama diambil dari manga ato novel Jepang gituh,,
Jadi aku nggak tau Novel/Manga di Jepang yang lebih dulu ada atau serial Tru Calling yang lebih dulu ada. Tapi Dorama Jepang banyak terinspirasi serial Hollywood sih,,

Mbak irfa bikin sinop lengkapnya dong!!

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top