[Review] Ghost Episode 1-6


Jujur, saat nonton drama satu ini, aku nggak bisa ngomong apapun selain kata keren,,, ya ampun, rasanya ga nyesel ngikutin drama ini dari awal, walo pada akhirnya aku harus penasaran setiap minggunya.

Okay,, sebelum membahas Reviewnya aku mau kasih tahu alasanku memutuskan menonton drama ini pada akhirnya, padahal sebelumnya aku telah mengikrarkan diri untuk tidak mengikuti drama apapun di Season ini. Well,, ini beberapa alasanku:

1. Because of Resurrection, pasti heran ya? Apa hubungannya drama ini dengan Resurrection, jawabannya hanya ada satu. Poster. Yap,, poster pertama dari Ghost mengingatkanku pada Resurrection.

2. Ada So Ji Sub, lawan main Han Ji Min di Cain and Abel, sementara Han Ji Min adalah LF di drama Resurrection.

3. Ada Lee Yeon Hee, pemeran Shin Young, adik dari Yoo Shin Yook, karakter yang diperankan Uhm Tae Woong di Resurrection

Tiga alasan dia atas,,, Its Soooo,,,, Resurrection yah,,, tapi ketiganya sebenarnya tak menjadi alasan kuatku hingga akhirnya aku memutuskan mengikuti drama ini. Alasan kuatnya ada dibawah ini:

4. Tim Produksi drama ini adalah Tim Produksi yang sama dengan yang menggarap drama Sign, Harvest Villa dan Cain Abel,,, Owh,,, tiga drama itu adalah drama favoriteku

5. Han Ji Min memberikan dukungan pada So Ji Sub untuk menonton drama ini hingga akhir, karena Ji Sub pun telah mendukungnya selama dia berakting di drama RTP,, Seneng banget dapet berita ini,, rasanya kembali ke masa 3 tahun lalu saat aku rajin shipperin Han Ji Min dan So Ji Sub

6. Ini lah alasan terkuatku,, aku dihasut,, entah dijampe-jampe,, entah didoktrin untuk menonton drama ini karena satu kata "Face Off" Kyaaaa,,, aku sangat suka drama dengan adegan bertukar peran, bertukar wajah, bertukar jiwa,, ato apapun hingga tokohnya harus memerankan dua karakter sekaligus.

Aku menemukan hal yang menarik dari drama ini, biasanya aku tak masalah saat aku menonton drama yang sudah aku tahu ceritanya, tapi tidak bisa untuk drama ini. Jika aku menonton streaming tanpa Subs,, aku akan merasa sangat tegang saat menonton walaupun aku tak mengerti apa yang mereka bicarakan, tapi saat aku menontonnya kembali dengan Engs Subs, aku malah jadi ngantuk karena udah tau ceritanya, Jadi khusus untuk drama ini, aku putuskan untuk tidak lagi menonton streaming ataupun membaca sinopsisnya sebelum aku menontonnya, tapi kalo cari-cari spoiler sih masih akan kulakukan,, kalo dapet spoiler, aku malah makin penasaran soalnya,,

Recaps Episode 1-6

Di Preview-nya yang pernah aku tulis aku sudah merangkum cerita episode 1 dan 2 drama ini, yaitu tentang Kim Woo Hyun seorang Kepala divisi kepolisian di bagian Cybercrime. Dia punya obsesi untuk menangkap Hades, tapi malah bertemu dengan kasus pembunuhan terhadap seorang Aktris terkenal bernama Shin Hyo Jung yang terjatuh dari jendela apartemennya.

Polisi hampir mengumumkan ini adalah kasus bunuh diri karena pesan yang ditinggalkan Sang Artis di twitternya, bahwa dia sudah tidak tahan dengan gosip skandal sex yang menimpanya. Namun sebuah video yang menampilkan bahwa Shin Hyo Jung bukan bunuh diri melainkan dibunuh tersebar dan ditayangkan disebuah layar besar yang biasan digunakan untuk iklan.


 Woo Hyun yakin itu adalah kelakukan Hades, dan memang benar, Woo Hyun mencoba mencari Hades, dan akhirnya dia mengetahui bahwa Hades adalah Park Ki Young, teman baiknya saat masih di Akademi Kepolisian.

Dari video tersebut, diperoleh bahwa wajah pembunuh Shin Hyo Jung adalah Park Ki Young, maka Ki Young pun jadi buronan. Dia tidak terima dirinya dituduh sebagai pembunuh, Ki Young berpura-pura menjadi Woo Hyun dengan membuat copian ID card Woo Hyun dan masuk ke ruang bukti untuk mengambil data di Laptop Shin Hyo Jung. Dia kepergok oleh Yoo Kang Mi, rekan Woo Hyun di divisi cyber crime, akhirnya Ki Young dan Kang Mi melihat video yang kemungkinan besar menyebabkan dibunuhnya Shin Hyo Jung. Video itu diberi nama 36.avi.

Ternyata itu adalah video pembunuhan seseorang dimana Woo Hyun ada di dalam video tersebut. Ki Young dan Kang Mi kaget, Ki Young pergi menemui Woo Hyun yang mengajaknya bertemu di sebuah gudang. Woo Hyun meminta Ki Young pergi saja, setelah tahu Ki Young telah melihat video dirinya dalam rencana pembunuhan itu. Namun Ki Young menolak dan memilih untuk mengungkap siapa yang menjadi dalang semua ini. Sayangnya nasib mereka berdua tidak beruntung, karena gudang tempat mereka berbicara di ledakan oleh Lelaki bersepatu kotak-kotak.

Salah satu dari tubuh yang ditemukan dinyatakan tewas, dan tubuh lainnya kena luka bakar parah dan selamat. Karena ID card Woo Hyun yang ada ditubuh orang yang selamat, maka mayat yang ditemukan dinyatakan sebagai mayat Park Ki Young sang Hades.

Berdasarkan kecurigaan Yoo Kang Mi dan tes sidik jari yang dilakukaknya, Kang Min akhirnya tahu bahwa yang masih hidup bukan lah Woo Hyun, melaikan Ki Young. Dia tadinya berniat melapor, tapi saat tahu nyawa Ki Young dalam bahaya, Kang Mi memilih bungkam dan menyimpan rapat rahasia ini. Setelah mendengar cerita apa yang terjadi pada Ki Young dan Woo Hyun di gudang, akhirnya Kang Mi siap membantu Ki Young menemukan dalang semua ini dan menghukum orang itu.

Karena Identitas Ki Young sudah dianggap sebagai Woo Hyun, maka Ki Young pun di operasi plastik dengan wajah Woo Hyun, sehingga dia akan memerankan dirinya sebagai Woo Hyun yang bekerja di Divisi Cybercrime untuk mengungkap dalang dari orang yang menyebabkan Woo Hyun meninggal di saat ledakan. Dia yakin orang itu juga merupakan orang yang telah membunuh Shin Hyo Jung.

Setahun kemudian Ki Young yang telah recovery dari kebakaran itu memulai perannya sebagai Woo Hyun, dan hanya Kang Mi yang tahu tentang kebenaran ini. Kang Mi memberitahu semua kebiasaan Woo Hyun dan siapa saja yang selalu berhubungan langusng dengan Woo Hyun di Divisi Cybercrime. Sikap Ki Young saat bersama Kang Mi dan saat dia berperan sebagai Woo Hyun sangatlah berbeda, karena memang karakter mereka yang berbeda. (Aku lebih suka sikap Ki Young, dia lebih manusiawi,, gak kayak robot,,, Woo Hyun terlalu cooollll).

Karena Woo Hyun baru kembali setelah setahun, maka posisi Kepala Divisi telah digantikan oleh Kwon Hyuk Jo, detective dari divisi pembunuhan yang memiliki dendam pribadi terhadap Woo Hyun. Dulunya,, dia sempat tidak percaya bahwa yang selamat itu Woo Hyun, karena itu sepertinya dia sengaja masuk ke divisi Cybercrime untuk memuaskan rasa penasarannya.

Masih berhubungan dengan kasus kematian Shin Hyo Jung, masalah berkembang menjadi sangat pelik karena munculnya permainan tentang video pembunuhan Shin Hyo Jung yang beredar luar di Internet, dan masalah semakin rumit saat satu persatu wanita yang wajahnya menggantikan wajah Shin Hyo Jung di video itu mati satu persatu setelah mendapatkan tiket pertunjukan Sulap Phantom at the Opera. Setelah diungkap, ternyata wanita-wanita yang meninggal itu adalah para antifans Shin Hyo Jung yang pernah menghujat habis-habisan saat Shin Hyo Jung terkena masalah.

Ki Young dan Kang Mi berusaha menyelesaikan kasus ini dengan mendatangi gedung Opera dan saat tatu Choi Seung Yoon, pegawai Ki Young di koran True Story memiliki tiket VIP untuk pertunjukan sulap itu, Kang Mi bertukar tempat duduk dengannya agar bisa menyelesaikan masalah ini. Kang Mi sempat menghilang, namun kemudian muncul kembali dipanggung, karena itu adalah bagian dari trik sulap. Setelah Ki Young menyelidiki lebih lanjut ternyata wanita-wanita yang mati karena duduk di kusri VIP itupun pernah menghilang seperti Kang Mi, dia pun memastikan Kang Mi baik-baik saja. Namun Kang Mi berpikiran lain, dia sadar bahwa sepertinya bukan dia yang diincar melainkan Choi Seung Yoon.

Dengan kecerdasan Ki Young akhirnya mereka menemukan tempat pembunuh itu menyekap Seung Yoon, ternyata pembunuh itu adalah orang yang ingin membalaskan dendamnya pada kematian Shin Hyo Jung pada para antifans yang telah membuat Hyo Jin tertekan. Saat pembunuh itu akan menjatuhkan Seung Yoon dari jendela ruangan itu, Ki Young datang dan mencoba mencegahnya, dia berusaha berbicara, agar pembunuh itu tidak melakukan hal itu dan lebih baik menyerahkan diri ke polisi, namun Kwon Hyuk Jo datang dan menembak orang itu hingga mati karena berpikiran orang itu tak mau mendengarkan perkataan Ki Young. (Owh,. aku jadi bingung sendiri,, Oke kalo Ki Young sedang berada dengan para rekan kerjanya yang lain aku kan memanggil dia Ki-Hyun aja ya,, sekedar menandakan bahwa dia adalah Ki Young yang berpura-pura sebagai Woo Hyun).

Kasus pembunuhan berantai para antifans Shin Hyo Jung berakhir dengan tragis dengan menyisakan tanda tanya besar dalam kepala Choi Seung Yoon, mengapa Kim Woo Hyun bisa mengenalnya dan tahu bahwa pembunuh Shin Hyo Jung masih hidup dan mengatakan bahwa baik Seung Yoon maupun para wanita yang telah dibunuhnya tak bersalah. Choi Seung Yoon mulai tertarik mengetahui lebih banyak tentang Kim Woo Hyun.

Saat Ki Young menemukan lokasi disekapnya Seung Yoon oleh sang pembunuh dia mengeceknya dari Navigasi GPS ponsel sang pembunuh, dia pun melakukan hal itu dan sampai disuatu tempat yang sering dikunjungi Woo Hyun, ternyata tempat itu Lingkungan Apartemen Kang Mi dan sebuah rumah peristirahatan dimana ayah Woo Hyun dirawat.

Kang Mi pun membawa Ki Young menjenguk ayah Woo Hyun yang sakit parah, hingga tak bisa berkomunikasi dengan orang-orang. Ki Young syok melihat hal ini, karena terakhir kali dia melihat ayah Woo Hyun, dia terlihat sangat baik-baik saja.

Lalu munculah seorang anak kecil yang memanggil Ki-hyun dengan sebutan  "Ayah". Ki Young lebih kaget lagi, dia tak pernah berpikir bahwa dibalik karir Woo Hyun yang cemerlang di Divisi Cybercrime, dia memiliki seorang ayah yang sakit dan anak berusia sekitar 6-7 tahun.

Kang Mi pun menceritakan masalah pernikahan Woo Hyun yang terjadi tak lama setelah dia lulus dari akademi kepolisian dan mengapa akhirnya dia berpisah dengan istri nya karena Woo Hyun menjadi workalohic setelah menikah.

Ki Young bertanya apakah Kang Mi menyukai Woo Hyun? Kang Mi jadi gugup dan menyangkalnya, namun sikap Kang Mi yang seperti itu memperlihatkan perasaan Kang Mi yang sebenarnya.

Ki Young pun memberikan hasil pelacakan Navigasi Woo Hyun, yang menunjukkan bahwa Woo Hyun sering berdiam diri didepan Apartemen Kang Mi diam-diam, memperhatikan gadis itu yang tiba dengan selamat di gedung Apartemennya, namun langsung pergi sebelum Kang Mi menyadarinya. Kang Mi bergunam pada dirinya, "Jika aku bisa kembali ke waktu itu sebentar saja, apakah hubungan kita akan berubah?"

Saat Woo Hyun mengantar Kang Mi pulang, Kang Mi mengucapkan terimakasihnya pada Ki Young, dia langsung berkomentar apakah Kang Mi saat ini menganggapnya sebagai Woo Hyun, hingga menjadi begitu sopan padanya padahal biasanya Kang Mi galak pada Ki Young, Kang Mi kesal dan kembali galak. Bagaimanapun hanya didepan Kang Mi lah, dia bisa menunjukkan karakter asli dirinya yang sebenarnya, jadi dia tidak ingin Kang Mi pun menganggap dirinya sebagai Woo Hyun.

Ki Young pun di hadapkan pada kasus cybercrime baru yaitu kasus yang terjadi di bursa saham Se Kang Group dimana database nya di serang virus bernaman DDoS. Masalah ini mempertemukannya dengan Pimpinan Tertinggi Se Kang Group Jo Hyun Min, seseorang yang dikenal Woo Hyun, tapi tak dikenal Ki Young, maka saat Jo Hyun Min menyapanya, Ki Young agak kebingungan.

Selidik punya selidik, akhirnya diceritakanlah bahwa Jo Hyun Min adalah pembunuh Shin Hyo Jung yang sebenarnya sedang dicari Ki Young, tapi tentu saja Ki Young tak mengetahui hal itu, Woo Hyun sudah mengetahui bahwa Jo Hyun Min lah yang membunuh Shin Hyo Jung, itulah sebabnya dia ingin menutupi semua ini dan menyuruh Ki Young pergi, namun naasnya, Woo Hyun lah yang mati dan kini Ki Young harus berhadapan dengan Jo Hyun Min yang tidak dikenalnya.

Jo Hyun Min sedikit curiga pada sikap Woo Hyu yang tidak mengenalnya, padahal mereka bertemu di Apartemen Hyun Min sebelum insiden ledakan itu terjadi. Jo Hyun Min pun meminta bawahannya untuk menyelidiki Woo Hyun. Selain Jo Hyun Min, Kepala Divisi Cybercrime, Kwon Hyuk Jo pun mencurigai identitas Woo Hyun, dia menduka Woo Hyun punya hubungan dengan Hades. Dia berusaha membuka laptop Hades, tapi Paswordnya tidak diketahui.

Kwon Hyuk Jo pergi ke bekas kantor berita True Story dan memperhatikan kebiasaan Park Ki Young. Di sana dia bertemu dengan Choi Seung Yoon, dia pun bertanya tentang pasword yang biasa digunakan Ki Young. Seung Yoon berkata dia akan mengatakannya jika Hyuk Jo mau memberitahunya tentang Woo Hyun, karena Seung Yoon merasa aneh pada sikap Woo Hyun yang seolah mengenalnya dengan baik, dari situ Hyuk Jo jadi curiga, jangan Woo Hyun itu sebenarnya Ki Young. Seung Yoon memberitahu paswaord yang biasa digunakan Ki Young, tapi itu tidak berfunsi pada Laptop Hades, Pasword itu malah bisa digunakan untuk membuka komputer di ruang kerja Woo Hyun (Nah Lho?? Aku sempet mikir,, kok Ki Young bodoh banget masih pake pasword yang sama,,, tapi,,,,)

Terjadi masalah genting sejak tersebarnya virus DDoS di Se Kang Group, virus itu juga di duga akan tersebar dalam jumlah besar ke semua database perusahaan-perusahaan besar di Korea Selatan. Divisi cybercrime berusaha mengatasi hal ini. Berdasarkan penyelidikan Ki Young dan Kang Mi, virus DDoS itu akan menyerang Korea pada jam 9 pagi, jadi mereka harus memberitahu semua instansi yang menggunakan jaringan online agar mengantisipasinya. Beberapa Perusahan telah berhasil, namun sebuah Bank ternyata sudah diserang, para petugas divisi Cybercrime pun berusaha untuk mengatasinya.

Ki Young pergi sendiri untuk menemukan tempat para Hacker yang sedang menyebarkan virus DDoS itu. Dengan kemampuan pengamatannya yang luar biasa, Ki Young pun menemukannya, namun ruangan itu sudah kosong. Dari tempat itu Ki Young sadar, bahwa penyebaran virus DDoS hanyalah pengecoh agar para Petugas Divisi Cybercrime sibuk, karena bahaya yang sebenarnya akan terjadi pada jam 9.30 yaitu tersebarnya virus komputer yang teramat bahaya bernama Stuxnet yang menyerang sistem perairan, instansi listrik dan sebagainya dan menyebabkan dampak yang lebih buruk dibanding serangan virus DDos.

Bagaimana cara Stuxnet ini disebarkan, ternyata melalui Flashdisk salah seorang pegawai di Perusahaan Listrik Korea yang semalam rumahnya dimasuki pencuri. Ternyata Pencuri itu sama sekali tak bermaksud apapun, dia hanya memasukan virus Stuxnet itu kedalam flaskdisk pegawai tersebut (Hwahhh,,, ide yang sangat briliant kan,,, tepuk tangan buat Screen Writernya,, cerdas banget,,,).

Jika sampai Flasdisk milik pegawa perusahaan listrik itu dimasukan kedalam komputer yang mengatur sistem perlisktrikan di Korea maka habislah sudah,, semua sarana umum yang harus menggunakan Listrik akan mati dalam sekejap mata saja, tanpa bisa dinyalakan lagi. Ki Young segera pergi menuju Perusahaan Lisktrik Korea Selatan untuk menghentikan hal ini, tapi di tempat parkir dia malah bertemu Kwon Hyun Jo yang memborgolnya dan mengatakan bahwa dia tahu Woo Hyun itu sebenarnya Ki Young. (Aish,,, Kwon Hyuk Jo nyebelin,, aku malah lebih benci sama dia dibanding sama Om Uhm Ki Joon yang berperan sebagai Jo Hyun Mi).

Ki-hyun (Ki Young- Woo Hyun maksudnya) berusaha menjelaskan, bahwa ini bukan waktunya beromong kosong, di harus segera menyelesaikan masalah penyerangan virus Stuxnet yang akan membahayakan kelangsungan hidup orang banyak. Kwon Hyuk Jo awalnya tidak percaya, namun saat listrik di tempat Parkir tiba-tiba mati, mau tak mau dia harus percaya.

Ternyata pegawai perusahaan Listrik itu telah memasukan Flashdisk nya ke komputer yang mengatusr sistem per-listrikan diselurih kota. Maka semua sarana umum yang menggunakan listrik terganggu. Lampu lalu lintas mati, menyebabkan berbagai kecelakaan, Lift banyak yang berhenti, begitu juga dengen kereta listrik, belum lagi lampu yang digunakan untuk melakukan Operasi, semuanya mati tiba-tiba. Para Pegawai di Perusahaan Listrik kelabakan menghadap hal ini, lalu datanglah Ki-hyun dan Kwon Hyuk Jo. Ki-hyun berusaha mengatasai hal menghentikan penyebaran virus itu dengan menyerang IP Address para penyebar virus.

Sementara itu Kang Mi berusaha menemukan tempat para Hacker menyebarkan virus tersebut. Saat menemukannya, ruangan tersebut terkunci, Kang Mi berusaha mencari cara agar bisa mengehentikan penyebaran virus itu, sementara Ki-hyun tetap menyerang IP Adress para Hacker yang kemudian berkali-kali mengganti komputer. Meski sudah menyerang habis-habisan,,, virus Stxnet tetap saja menyebar, Ki Young berdo'a agar semua berhenti. Saat Pemimpin Hacker-nya akan melakukan program Self Destruction, Kang Mi melakukan hal sangat tepat untuk menghentikan semua itu, yaitu menyiramkan air pada pusat listrik digedung itu,, sehingga terjadi Korsleting pada komputer yang mereka gunakan.

Serangan virus tersebut terhenti membuat lega semua orang di Perusahaan Listrik termasuk Ki-hyun dan Kwon Hyuk Jo. Tapi,,, ternyata progam Self Destructionnya tetap berjalan, karena sebelum listrik mati, pemimpin Hackernya sudah menekan tombol Enter, semuanya panik lagi, dan tak ada yang bisa dilakukan salah satu pegawai di Perusahaan Listrik Korea. Kwon Hyuk Jo hanya bisa marah-marah melihat hal itu. Lalu Ki-hyun kembali ke depan komputer dan meyelesaikan semuanya, dia menggunakan virus Hades untuk mengatasi semua nya. (Aigooo,,, Ini sama saja dengan membuka identitas dirinya sendiri kan??)

Selesai mengatasi hal tersebut dan membuat kaget semua orang di ruangan itu. Ki-hyun hanya berdiam diri saat logo Hades terpampang disemua komputer di perusahaan Listrik. Selaian Kwon Hyuk Jo beberapa petugas Divisi Cybercrime yang baru saja datang pun melihat aksi Ki-hyun sebagai Hades. Kwon Hyun Jo pun tanpa pikir panjang memborgol Ki-hyun dan menakapnya seolah dia seorang kriminal.

Penangkapan Kim Woo Hyun sebagai Hades tentu saja menggemparkan pihak kepolisian terutama Direktur kepolisian yang sudah menganggap Woo Hyun sebagai anaknya sendiri, dia tak percaya bahwa Woo Hyun adalah Hades. Hyuk Jo berkata, Hades itu memang Park Ki Young, bukan Kim Woo Hyun dan berkata bahwa Woo Hyun yang sekarang sebenarnya Ki Young. Tentu saja tidak ada yang percaya perkataannya. Hyuk Jo yakin Woo Hyun itu Hades, terlepas dia sebenarnya Woo Hyun atau Ki Young. Hyuk Jo menunjukkan buktinya, yaitu pasword yang digunakan Woo Hyun saat mengehentikan penyebaran Virus Stuxnet dikepolisian adalah Pasword yang sama yang bisa digunakan untuk membuka Laptop Hades yang selama ini tak bisa dibuka.

Kang Mi menemui Ki Young yang ditahan, Kang Mi bertanya bagaimana Ki Young akan mengatasi semua ini? Ki Young berkata, kalo memang harus dia akhirnya mengaku maka dia akan mengakui semuanya dan mengakhiri penyamarannya sebagai Woo Hyun. Kang Mi mengingatkan Ki Young apa tujuan dia melakukan penyamaran itu,, untuk menemukan pelaku pembunuhan Shin Hyo Jung dan menyebabkan Woo Hyun meninggal dalam ledakan. Ki Young mengingat semua itu dengan baik.

Kim Woo Hyun pun dipanggil kehadapan Direktur dan para staf lainnya dari Divisi Cybercrime. Kang Mi yang paling gugup. Hyuk Jo yang melakukan investigasinya. Dia menanyai dan membeberkan semua bukti yang menyatakan bahwa Woo Hyun adalah Hades.  (Oke,, karena Ki Young berada di depan para rekan kerjanya,, aku mulai panggil dia Ki-hyun lagi ya,,,).

Hyuk Jo mengatakan kesamaan Pasword yang dipakai Woo Hyun dan Hades, padahal pasword itu hanya diketahui oleh Hades seorang. Hyuk Jo pun membeberkan bahwa suatu malam Woo Hyun pergi ke ruang bukti untuk mengambil Laptop Hades dan membukanya. Hal tersebut membuktikan bahwa Woo Hyun lah selama ini yang menjadi Hades

Saat semua orang menanyakan kebenarannya pada Kim Woo Hyun, Ki-hyun diam cukup lama, hingga akhirnya dia berkata semua itu benar. Semua orang yangg ada diruangan itu kaget termasuk Kang Mi, namun Ki-hyun akhirnya minta bantuan pada Profesor Kang Eung Jin untuk membuka pasword Hades dengan Pasword yang diketahuinya. Lalu Ki-hyun meminta Profesor Kang untuk membuka local disk C dengan pasword Y2K dan local disk D dengan pasword CIH dan semuanya benar. Apakah itu artinya Woo Hyun mengakui dirinya sebagai Hades?? tentu saja bukan begitu. Ki-hyun meminta rekannya mengambilkan Laptopnya dan kembali meminta Profesor Kang untuk membuka Laptopnya dengan pasword yang sama dengan Pasword yang digunakan pada Laptop Hades, begitu juga pasword untuk local disk C dan disk D nya, sama Y2K dan CIH. Padahal itu adalah Laptop yang diberikan oleh Pihak kepolisian padanya. Apa maksud dari semua ini?? Ki-hyun berkata bahwa dia dan Hades, alias Park Ki Young adalah teman baik saat di akademi kepolisian sejak 15 tahun yang lalu.

Ki-hyun pun menceritakan hubungan Woo Hyun dan Ki Young di masalalu dimana mereka adalah sahabat baik yang menciptakan virus CIH dan Y2K. Woo Hyun menciptakan virus CIH dan merusak data-data di Laptop Ki Young sementara Ki Young pun menciptakan virus Y2K yang juga merusak data-data di Laptop Woo Hyun. Persahabatan mereka terjalin sangat baik, mempunyai hobi yang sama tujuan yang sama dan cita-cita yang sama membuat Ki Young dan Woo Hyun menjadi sangat terkenal karena keakraban mereka di Akademi Kepolisian.

Ki-hyun berkata bahwa dia dan Hades menggunakan Pasword yang sama untuk Laptop mereka berdua, diapun merasa kaget. Dia akhirnya meng-hack Laptop Hades dan mengambil virus Hades yang digunakannya untuk menyelamatkan Korea Selatan dari serangan virus Stuxnet. Ki-hyun berkata bahwa dia akan melakukan hal yang sama lagi saat dia menghadapi situasi serupa (Owh,, aku jadi suka sama kata-kata ini, sejak Ji Hyun Woo menuliskannya di twitternya,,,). Intinya Ki-hyun tidak menyesal melakukan hal tersebut.

Saat Investigasi masih berlanjut Komisaris Kepolisian datang dan bertanya apakah Kim Woo Hyun melakukan sebuah kejahatan atau suatu Jasa? Ternyata Komisaris mengatakan apa yang dilakukan Woo Hyun adalah jasa yang sangat berharga dan Woo Hyun ber-hak mendapatkan Award untuk hal tersebut. Semua Polisi Divisi Cybercrime merasa lega, keculai Kwon Hyuk Jo yang masih merasa bahwa Woo Hyun sebenarnya adalah Park Ki Young

Saat Ki Young menunggu diruangannya sebelum menghadiri pemberian Award, Ki Young mengingat kenangannya bersama Woo Hyun.

Flash back

Suatu malam Ki Young berkata bahwa dia menciptakan virus baru, yang bernama Melissa,, Jika suatu komputer terinfeksi virus itu, maka secara random data-data di komputer itu akan terkirim ke alamat email Ki Young.  Ki Young berpikir untuk mengirimkan virus itu pada seorang lelaki tua atau wanita cantik, Woo Hyun tak menanggapinya dan pergi tidur. Ki Young akhirnya iseng, dia mengambil buku catatan Woo Hyun dan mengirimkan virus Melissa itu ke alamat E-mail Ayah Woo Hyun.

 Esok paginya, Ki Young mengecek data apa telah dia terima, dan dia melihat data rahasia Se Kang Group di salah satu data Kepolisian Korea. Data Kasus Se Kang Group itu  membuatnya ketakutan setengah mati.  Bahkan saat Woo Hyun bertanya apa yang sedang dilakukan Ki Young, dia tak mau bilang.

Polisi datang menangkap Ki Young dan ini membuat Woo Hyun panik dan bingung, apa yang sebenarnya dilakukan temannya hingga dia ditangkap Polisi.

End Flashback

Ki Young menatap fotonya bersama Woo Hyun saat masih berseragam polisi di Akademi kepolisian. Ki Young pun beranjak pergi menuju tempat pemberian Awardnya. Ki Young berhenti saat melewati ruang investigasi, dia teringat saat dirinya ada disana.

Flash Back

Ki Young ketakutan setengah mati, tapi polisi yang datang untuk menginvestigasinya datang dan menyuruhnya membuka pasword di Laptop nya dengan kasar. Ki Young menolak dan minta dipanggilkan Ayah Woo Hyun. Polisi itu malah membentaknya semakin kasar. Ki Young tetap tak ingin membukanya, hingga Ayah Woo Hyun datang ke ruang investigasi.

Ayah Woo Hyun bertanya apakah Ki Young membuat copy-an dari file yang sudah dilihatnya atau memperlihatkannya pada orang lain? Ayah Woo Hyun berkata sebaiknya Ki Young tidak mengatakan apapun dan menutupi semuanya termasuk dari Woo Hyun, dia meminta Ki Young membuka pasword di Laptopnya. Tapi Ki Young tak bisa, dia bertanya mengapa Ayah Woo Hyun bersikap seperti ini, bukan kah dia seorang polisi? Ki Young berkata, mereka bisa mengekspos hal ini ke media agar kebobrokan yang terjadi dikepolisian ini terungkap. Ayah Woo Hyun tidak bisa melakukan hal itu.

Ki Young akhirnya dilepaskan, sepertinya karena pengaruh Ayah Woo Hyun. Namun dia memutuskan untuk keluar dari Akademi Kepolisian dan berkata pada Woo Hyun dia tak bisa percaya lagi pada polisi.

End flashback

Ki Young pun mendapat Award sebagai Woo Hyun. Perasaan diwajahnya sama sekali tak terbaca karena wajahnya begitu dingin dan datar. (Wajah Khas ala So Ji Sub yang sangat aku sukai,,,)

Kwon Hyuk Jo merasa tidak terima dia yakin dia bisa membuktikan bahwa Woo Hyun yang sekarang sebenarnya Park Ki Young, Hyuk Jo menyarankan untuk tes DNA, tapi atasan Woo Hyun di Divisi Cybercrime melarang dan berkata, mereka hanya perlu menyelidiki salah satu lagi rahasia Kim Woo Hyun. Atasan Woo Hyun menunjukkan sebuah foto, foto yang aku duga adalah foto orang yang ada di video 36.avi, yaitu video yang menunjukkan bahwa Woo Hyun terlibat dalam pembunuhan itu.

Kang Mi mengantar Ki Young pulang, saat sampai Ki Young langsung turun tanpa mengucapkan terimakasih dan meninggalkan piagam penghargaannya. Ki Young masuk ke dalam dan kaget ada sepatu wanita di Apartemennya, dia masuk dan menemukan seorang wanita di dalam. Ki Young bertanya siapa wanita itu. Dia adalah Reporter Goo Yun Jo yang tadi siang dikenalkan Direktur padanya. Goo Yun Jo berkata bahwa dia adalah kekasih Woo Hyun, apakah Woo Hyun melupakannya karena kecelakaan itu? Saat wanita itu pergi dari Apartemennya Ki Young hanya bisa mengo,, bingung atas apa yang terjadi,,,

Saat keluar, Goo Yun Jo bertemu dengan Kang Mi yang juga bingung melihat wanita itu keluar dari Apartemen Woo Hyun. Saat sampai dimobil, Goo Yun Jo menelpon seseorang, dia adalah Jo Hyun Mi, Goo Yun Jo melaporkan dia sudah menemui Kim Woo Hyun dan sepertinya Kim Woo Hyun masih belum ingat padanya, karena saat dia berbohong bahwa mereka berkencanpun Woo Hyun tak menyangkal apapun. Jo Hyun Mi lalu berkata, bisa saja dia bukan hilang ingatan, tapi dia memang bukan Kim Woo Hyun.

bersambung...

Argh,,, stress liat drama ini tiap minggunya bikin penasaran tingkat tinggi,,, deg2an terus deh,, takut identitasnya Ki Young ketahuan,, gimana kalo beneran Kwon Hyuk Jo nekat tes DNA Ki Young,, habislah sudah semuanya. Semakin lama misteri di drama ini semakin banyak, inilah yag menarik. Sebenarnya semua misteri itu terkait pada satu hal yaitu Se Kang Group, semuanya di mulai dari sana dan akan berakhir di sana juga.

REVIEW

Sejauh ini Alur yang tersaji sangat rapi dan Apik, Episode 1 dan 2 lebih terfokus pada latar belakang mengapa akhirnya Ki Young harus hidup sebagai Woo Hyun selama sisa hidupnya. Meski di dua episode awal tidak terlalu diperlihatkan hubungan yang begitu baik antara Ki Young dan Woo Hyun, tapi dari cara mereka berpandangan saat bertemu untuk pertama kali nya sudah memperlihatkan semua itu.

Adegan Face Off yang dilakukan Park Ki Young diperankan Choi Daniel menjadi Kim Woo Hyun yang diperankan So Ji Sub mungkin terkesan memaksakan,, tapi yah,, kan ini hanya drama,, jadi aku masih bisa menerimanya, karena perubahan Choi Daniel menjadi So Ji Sub kan bukan operasi plastik beneran,, tapi emang ganti orang yang memainkan perannya,, jadi aku nggak ingin berkomnetar banyak tentang hal itu. Toh beberapa adegan Face Off di beberapa drama korea yang aku tonton semuanya memang seperti itu. Perubahan Suara? itu sangat mudah dilakukan disana sepertinya.

Episode 3 dan 4 lebih berfokus pada kasus Pembunuhan berantai yang dilakukan Phantom terhadap para Antifans nya Shin Hyo Jung, masih berkaitan erat dengan kasus pembunuhan Shin Hyo Jin di episode 1. Dan di Akhir Episode 4 Jo Hyun Mi, pemiliki perusahaan Se Kang Group mulai diperkenalkan.

Di Episode 5, terkuaklah semuanya bahwa Jo Hyun Mi lah yang membunuh Shin Hyo Jung dan Woo Hyun sudah tahu hal itu, tapi masalahnya Ki Young tidak tahu maka Jo Hyun Mi mencurigai Woo Hyun yang sama sekali tidak mengenalinya saat mereka bertemu.

Oh iya,, pas di episode 5 kan,, Kwon Hyuk Jo curiga tuh sama Woo Hyun, dia dah mikir kalo yang selamet itu mungkin aja Ki Young, dan saat dia ngecek masalah pasword,, ya ampyun,,, aku dah ngutuk si Ki Young tuh,, kok pinter-pinter bodoh banget masih pake pasword yang sama pad dia jadi Woo Hyun, ternyata oh ternyata saat nonton episode 6 aku tarik kembali semua kutukan ku.. Owh,, Ki Young its So smart,, kayaknya dari awal pasword Laptop nya Ki Young a.k.a Hades dan Laptopnya  Woo Hyun emang sama ya? Karena mereka teman dekat. Masuk akademi Polisi di tahun yang sama yaitu tahun 1997, Woo Hyun menciptakan virus CIH dan Ki Young menciptakan virus Y2K. Dan mereka menggunakan nama kedua virus itu untuk pasword drive C dan drive D mereka.

Dan kisah persahabatan Ki Young dan Woo Hyun sangat mengharukan,, aku nangis bombay waktu semua adegan flash back itu,, aku seneng bisa liat Daniel lagi,, tapi sedih karena cerita mereka berdua. Perkembangan episode selanjutnya pasti akan semakin menegangkan nih,, soalnya misteri video 36.avi akan terkuak.

Sekarang masalah Akting para pemain,,, Aku angkat jempol buat para pemain Ghost, meraka ber-akting dengan sangat total.

Aku tak meragukan Akting So Ji Sub dalam drama bergenre ini, wajah dinginnya pasti akan sangat mudah dia tampilkan saat dia berperan sebagai Woo Hyun ataupun Ki-hyun. Tapi saat dia bersama Kang Mi, dia pun bisa menampilkan kesan Park Ki Young yang sengak dan seenaknya sendiri, tak suka mematuhi aturan dan senang menyelidiki kasus sendirian.

Yang bikin aku terpukau justru Akting Choi Daniel,, ya ampun,, dia keren banget jadi Hades a.k.a Park Ki Young dia dua episode awal aku sudah terpesona sama perannya dia, lalu aku melihatnya lagi di episode 6,, Hohoho,, dia semakin mempesona,, Choi Daniel cocok maen di drama dengan genre ini. Selama ini aku lebih sering melihat dia di drama RomCom yang menampilkan wajah bodohnya,, jujur aja awalnya aku kurang suka sama Choi Daniel,, tapi sejak nonton drama ini aku jadi suka dan berharap dia akan ditampilkan lagi di episode2 selanjutnya walau pun hanya dalam adegan flashback.

Wajah datar Lee Yeon Hee adalah modal utama dia dalam berakting, itu menurutku,, dia memang tidak terlalu ekspresif, dalam setiap drama yang dibintanginya pun dia memang begitu,, tapi aku suka kok melihat aktingnya,, walau para antifansnya mengejek aktingnya,,, tapi menurutku dia sangat pas memerankan tokoh Kang Mi, meski disini dia terkesan sebagai polisi cantik untuk pemanis saja, tapi perannya dalam menjaga rahasia Ki Young sangatlah penting. Aku paling suka pasa Kang Mi memutuskan menyiramkan air pada kotak sumber listrik,, ide yang bener-bener cemerlang yang dimainkan sama aktris yang berbakat.

Uhm Ki Joon? ga akan dulu banyak komen deh,, yang jelas dia bener-bener jahat disini,, beda banget sama perannya di World Within atau Scent of Woman.

Okay segitu dulu deh Review episode 1-6 nya,, kapan2 kalo ada mood aku lanjut Review episode selanjutnya,, tapi borongan juga kayak gini akh,, lebih enak nulisnya.
 

10 Komentar untuk "[Review] Ghost Episode 1-6"

haha ... ngakak deh aku baca komennya kak irfa bilang bsk mau bkin reviewnya borong akakakka.. tp gak apa ding.. aku selalu suka tulisannya kak irfa kok :

Keep reviewing ttg drama ini ya mba Irfa, lg males baca recap yg b.inggris atau pun nonton nih, hehe...^^

uhm ki Joon benar2 buat cha suprise nonton ghost,selama ini biasa nonton dia dalam kisah percintaan yang selalu dia jadi protagonis...tapi kali ini...sumpah....keren aktingnya....dia juga bisa memerankan sijahat dalam drama ini.

omo...irfa ,aku juga sama menyukai drama ini :)

IYAAAAAAAAA! DIRA DUKUNG SAMA KAYAK MBAK LINA DAN MBAK DITA! MBAK IRFA PLEASE CONTINUE TIS T.T *nangis bawang putih-bombaynya dipake mbak irfa
TOTALLY SPEECHLESS MBAK IRFA! WAKTU LIAT IKLANNYA AJA UDAH DADIGDUGDER GAK KERUAN PALAGI BACA REVIEWNYA MBAK IRFA! >__<
aih, keren banget ceritanya, kangen ma drama kayak gini setelah beberapa bulan dipermainkan drama romcom ckckck
mbak cha, mbak cha ^^

JADI PENASARAN episode selanjutnya,,,,,,,,

Wah bner2 emang so ji sub wajahnya dingin a.k.a Coool.... buanget deh....
wlw dingin, tp kalw senyum ,brrr..... bikin meleleh.....

jatUh cinta ama dia wktu d drama delicious pRoposal
bner2 Top lah...


dan choi daniel, aq msh blum dapet sisi keren dr dia, ya mungkn krn peran2nya d drama2 romcom...

Aku sering bingung kalo lgsg baca sinopsis dengan pemeran banyak. Jadi gak tau yang ini nama nya siapa, yang itu siapa. Jadi, aku mau nonton dulu bbrp episode, biar tau nama masing" pemeran.... Abis itu baru dilanjut baca sinopsis punya mb irfa. Halah, kok jadi curhat gak penting :D eniwei, makasi sinop nya ya mbaaa....

ni drama lagi tayang di lbs k-drama.. jadi tertarik,tp sayang ngga nntn eps. awal" nyaa.. -_-
untung ada sinopsisnyaa.. makasih ya mb udah ngereview sinopsisnyaa

para pemain di film ini malah jadi pemeran utama yah

Lee yeon Hee ---> drama Miss Korea

Choi Daniel ---->Big Man

Uhm Ki Joon ----> The Virus

Drakor keren semua.......mmg Ghost juga bagus banget , walaupun adegan yg di gudang sering banget diulang......hehe.....

san

aku suka banget sama so ji sub, ingin ketemuuuu :*:*
ceritanya top banget... sampai nangissss

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top