Senin, 11 Juni 2012

I Love Scholar


Scholar dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Sarjana. Nah, kata sarjana nya sendiri, kalau sekarang adalah gelar yang disandang seseorang yang telah menyelesaikan program S1 nya, sedangkan jaman dulu, sebutan sarjana diberikan pada orang dengan ilmu pengetahuan yang tinggi. Kata ini mengalami penyempitan makna dari jaman dulu hingga sekarang

Ok, sebenarnya aku bukan ingin membahas perubahan makna kata disini. Aku hanya ingin sedikit curhat nih.

Dalam drama Queen In Hyun's Man yang berakhir tanggal 7 Juni 2012 kemarin, Kim Bung Do memerankan seorang sarjana jama Joseon. Apakah itu sarjana di jama Joseon? Dari beberapa saeguk yang sudah aku tonton, aku menyimpulkan bahwa Sarjana di Jaman Joseon adalah orang yang lulus Ujian Negara agar dapat bekerja di kantor Pemerintahan. Kelak para Sarjana ini, bisa naik pangkat menjadi mentri jika dia memiliki bakat yang luar biasa.

Setelah menonton beberapa drama saeguk berlatar belakang dinasti Joseon, aku jadi belajar banyak hal, tampaknya gelar Sarjana ini, lebih berpeluang diperoleh oleh anak laki-laki dari keluarga bangsawan di jaman Joseon, meskipun sempat beberapa kali pemuda yang berasal dari kalangan rakyar biasa menjadi seorang sarjana, namun biasanya dia hanya mendapatkan jabatan paling rendah di kerajaan (diluar Kasim dan Dayang kerajaan).

Setelah menonton Queen In Hyun's Man, aku menyadari, bahwa setiap kali aku menonton drama saeguk bertema Joseon maka aku akan jatuh cinta pada Sarjana yang ada di drama itu, especially Urri Kim Bung Do.

Berikut ini beberapa Sarjana yang membuatku jatuh hati.


1. Min Jung Ho di Dae Jang Geum


Dae Jang Geum adalah drama saeguk pertama yang aku tonton, dan di drama ini lah aku menemukan Min Jung Ho, sarjana terbaik yang pernah diundang secara Pribadi oleh Raja. Karakter Min Jung Hoo di perankah oleh Ji Jin Hee ajussi yang tampak sangat berwibawa dengan hanbook bangsawannya. Min Jung Ho adalah salah satu sarjana berbakat kesayangan Raja, namun karena beberapa tindakan yang dia lakukan untuk melindungi Jang Geum, Min Jung Ho sempat diasingkan ke suatu tempat tepencil di akhir drama.


2. Kim Hyung Do di Joseon X-files

Kim Hyung Do adalah salah satu sarjana terpilih yang dipih raja untuk menyelesaikan kasu aneh yang sering terjadi di masyarakat. Kim Hyung Do diperankan oleh Kim Ji Hoon, dan jujur saja alasan aku menonton Joseon X-files adalah Kim Ji Hoon, tapi ternyata dramanya cukup menarik untuk diikuti. Aku suka banget sama Kim Hyung Do ini, dia terlihat sangat pintar di drama ini, namun sayang kepintarannya itu bertolah belakang dengan beberapa kasus yang dia selidiki, karena kebanyakan dari kasus itu melibatkan hal-hal gaib, namun Kim Hyung Do berusaha keras untuk membuktikan bahwa semuanya bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan.

3. Park Kyu di Tamra the Island

Huah,, ini dia Urri Park Kyu. Aku sih,, jatuh,, jatuh,,, jatuh cinta banget sama sarjana satu ini. Karakter Park Kyu diperankan oleh Im Joo Hwan, yang sebenarnya beberapa dramanya sudah aku tonton sebelum Tamra, tapi Park Kyu lah yang membuatku terpesona padanya. Pertama kali melihatnya di Iklan drama Tamra the Island, aku langsung jatuh hati sama dia dan nekat membeli DVDnya untuk ditonton, Untungnya dramanya Adorable banget bagi aku,, meski banyak yang bilang kurang konflik, tapi sangat-sangat suka sama karakter Park Kyu di drama ini. Intraksinya dnegan Beo Jin, Kecerdasannya saat mengamati dan menyelesaikan masalah, senyumannya, cara bicaranya,,, hoho,,, membuatku menjadi pecinta Sarjana.

Park Kyu adalah Sarjana yang baru saja diangkat jadi petugas kepolisian istana, dia berasal dari keluarga bangsawan, namun demi memenuhi tugas Negara dia rela berpura-pura menjadi Orang yang diasingkan ke Pulau Jeju demi membongkar kejahatan oranng uang ingin menguasai Pulau tersebut. Di Pulau Tamra inilah Park Kyu bertemu dengan Jang Beo Jin dan orang asing bernama Wiliam. Melihat kesungguhan hati Beo Jin melindungi Wiliam dia juga sebenarnya ingin membantu William, namun keadaan tak memungkinkan,, hingga akhirnya Park Kyu harus membawa William menghadap Raja.

4. Kim Seung Hyo di Princes' Man



Hoho,, Urri Shi Hoo Oppa pun pernah jadi sarjana favorite ternyata. Meski bukan di drama saeguk pertamanya. Kim Seung Hyo adalah putra dari mentri kepercayaan Raja yang diangkat menjadi guru di kerajaan istana. Kepandaian dan statusnya membuat raja memilihnya menjadi calon suami Putrinya. Namun karena keserakahan pangeran Su Yang, nasib Kim Seung Hyo dan keluarnya menjadi begitu tragis, belum lagi kenyataan Kim Seung Hyo jatuh cinta pada putri Pangeran Su Yang, putri Se Ryung. Akhirnya Kim Seung Hyo di asingkan dengan membawa dendam kesumat pada pangeran Su Yang dan keluarganya tak terkecuali gadis yang dicintainya. Saat akan dibawa kepengasingan kapal yang membawanya mengalami kecelakaan, untuknya Seung Hyo bisa selamat dan mulai merencanakan pembalasan dendamnya pada Pangeran Su Yang, yang telah menjadi Raja setelah menggulingkan keponakannya sendiri dari tahta kerajaan.

5. Song Man Bo di Rooftop Prince

Song Man Bo adalah seorang sarjana cerdas dalam drama time traveller Rooftop Prince yang diperankan oleh Lee Min Ho. Meskipun dia sangat cerdas, dia tak bisa menjadi pejabat istana karena statusnya sebagai Anak Haram dari seorang Bangsawan. Man Bo di rekrut oleh Putra Mahkota Lee Gak untuk mengungkap kasus pembunuhan Putri Mahkota, saat melakukan penyelidikan tiba-tiba mereka mengalami time Traveller dan sampai di jaman modern. Dengan kondisi lingkungan yang berbeda, kecerdasan Man Bo menjadi hal yang teramat penting bagi Lee Gak dan para mengikut nya untuk menyesuaikan diri dengan linkungan baru.

6. Jung Yak Young di Yi San

Selesai nonton Rooftop Prince akhirnya aku nekat menonton Yi San karena ingin melihat Han Ji Min dengan pakaian Hanbook kerajaan lebih lama lagi. Namun aku tak pernah menyangka jika di Yi San aku akan menemukan sarjana ganteng Jung Yak Young yang diperankan Song Chang Ui. Jung Yak Young adalah pemuda dengan kecerdasan di atas rata-rata dan kepedulian yang besar terhadap sesama. Sebelum masuk ke istana dia sempat bertemu Raja Jeongjo (Yi San), saat Yi San sedang menyelidiki sebuah kasus Jung Yak Young menolongnya. Namun dia tak percaya saat Yi San mengakui dirinya adalah raja. Saat akhirnya dia masuk istana, dia baru sadar jika orang yang pernah ditolongnya benar-benar Raja. Jung Yak Young pun menjadi abdi setia Raja Joengjo dan membantunya mewujudkan impian untuk memindahkan ibu Kota Joseon ke tempat yang lebih dekat dengan makam Ayahanda sang Raja. Namun setelah membaca sejarah aslinya, aku agak miris dengan akhir hidup Jung Yak Young.

7. Kim Bung Do di Queen In Hyun's Man

Okay,, sarjana favorite ku akhirn-akhir ini adalah Kim Bung Do. Kya,,, aku beneran deh terbius sama Sarjana satu Ini. Bisa dibilang dia adalah sarjana dengan karakter paling kaku yang pernah aku temui, tapi karena diperankan oleh Ji Hyun Woo, kekauannya itu malah menjadi dya tarik tersendiri dari karakter Bung. Cara dia bicara, cara dia berjalan, cara dia mengamati, dan ekspresi bahagianya membuatku terpesona. Apalagi saat dia memberikan tatapan  dan senyuman yang melelehkan hati, Aigoo,,, Urri Kim Bun Do bener-bener mempesona.

Kim Bung Do ceritanya Sarjana di jaman pemerintahan raja Suk Jong (yang pernah diperankan JI Jin Hee, salah satu sarjana favorite ku juga,,). Kim Bung Do adalah pendukung Ratu In Hyun berjanji akan menjaga keselamatan hidup sang Ratu saat Ratu digulingkan dari kedudukannya. Karena sebuah jimat pemberian mantan pelayannya, Kim Bung Do terlempar ke jaman 300 tahun kemudian dan bertemu Choi Hee Jin, Dia akhirnya jatuh cinta pada wanita itu, namun dia sadar dia harus menyelesaikan dulu semua masalah yang terjadi di Joseon, jadi dia sering bolak balik Joseon dan dunia modern dnegan bantuan jimatnya.

Raja Suk Jong sebenarnya sangat menyayanginya, namun karena rumor yang beredar bahwa Bung Do terlibat Affair dengan ratu, Suk Jong akhirnya memenuhi permintaan Bung Do untuk menyatakan dirinya meninggal sementara dia bisa hidup tenang di jaman modern. Tapi bagaimana jika kekuatan jimatna musnah dan membuatnya tak bisa kembali ke jaman modern untuk menemui wanita yang dicintainya?

Pesona para sarjana di ataslah yang membuatku tak bosan menyaksikan drama dengan latar belakang Saeguk, Selain wajah tampan mereka punya daya tarik tersendiri yang bisa membuat orang-orang betah melihat akting mereka. Berikutnya siapa lagi yang akan jadi sarna Favotiteku?? Hmm,, ntahlah,, aku masih terbius pesona Kim Bung Do...

14 komentar:

  1. Aku nggak akan pernah berpaling dari park shi hoo......pokoknya tetep

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku orang nya mudah berpaling kok,,,
      tapi shi hoo oppa yang paling lama tidak membuatku berpaling..

      Hapus
  2. keren irfa....
    jujur aq termasuk g suka nonton drama saeguk (sampe2 the moon dan princess man yg dvdnya udah aq beli g aq tonton, padahal pengen banget coba nonton tapi tetap g bisa)...
    satu2nya drama saeguk yg aq tonton cuma tamra doank... hehehe

    Hwaiting Irfa, ditunggu postingan2 selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu juga aku anti saeguk Dewi,, kecuali Dae Jang Geum, mana pernah aku nonton saeguk,, tapi akhirnya aku terbius sama pesona QSD, dr situ aku rajin nonton Saeguk,, soalnya seneng bisa nangis sesegukan kalo nonton saeguk,, berasa ngelepasin beban,,

      Tamra, salah satu Saeguk yang aku suka banget, walo rada nggak mudeng sama cerita politiknya,, tapi aku suka banget sama Interaksi Park Kyu-Beo Jin di drama itu,,,

      Hapus
  3. Mba Irfa..aq baca di blognya mba hazuki...Ji Hyin wo udah update status bhwa di baik2 saja (ttg pnyataan cintanya kpd Yoo In Na)...aq minta linknya donk mba...Gomawo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia bilang gitu di twitternya Rhi,, ini twitternya Ji Hyun Woo
      @Star_Mr_G

      Hapus
  4. Balasan
    1. karena aku blm nonton moonsun,, yang lagi tayang di indos pun nggak sempet ngikutin,,, mungkin kalo udah nonton, kemungkinan besar bakal masuk,, soalnya pemerannya Si Wan,, suka liat dia di Equator Man

      Hapus
    2. kalau yang diperanin siwan masuk kalau yang pemeran dewasa ga deh coz ga kelihatan ilmunya lebih kelihatan siwan...

      siwan siwan siwan hahahaha.....

      Hapus
    3. haha IM AGREE WITH YOU MBAK ANIS!!! XD

      Hapus
  5. kayaknya Yi San seru deh... Irfa Unni ga bikin reviewnya kah? aku mau lhat reviewnya dulu sebelum memuuskan melihat filmnya..

    BalasHapus
  6. ufufufuu.. aku sih bukan pecinta drama saeguk ya. Habis yg cowok klo pake topi gitu model rambutnya gak keliatan, yang cewek juga hahahahha. *abaikan*. Yg paling bkin aku gak minat itu sbenernya konflik kerajaan yg rumitnya bikin pusing, aku nggak pernah ngertiiii XD

    Dulu prnah ngikutin Dae Jang Geum tp toh aku malah gak tau apa2 sama intinya.Dlu nntonnya wktu kelas 1 smp jd wjar ya. Yg paling berkesan itu malah wktu aku ngikutin dramanya QSD dan mulai gak trlalu anti tp msih milih2 soalnya saeguk itu biasanya sad ending. Jd wktu tau ada TMTETS, princess man, sungkyunkwan scandal, masih biasa2 aja semuanyaa..

    Wktu nnton RTP aja trtarik gara2nya yoochun lbh banyak di dunia modern. Tp habis itu aku udh mulai nggak menutup mata buat liat drama saeguk. Mungkin smakin brtambah umur aku jd bsa rada mikir buat konflik2 berat perihal kerajaan. Skrg malah mulai borong drama saeguk kyak SKKS, TMTETS, Princes Man, QIM juga.. wkwk.. setelah dilihat2 sebenernya konfliknya drama saeguk tu unik ya, udah gt sbenernya cantik dan tampan2 kok tkohnya. Pingin nnton Dong Yi, tapi panjaaang :(

    Dan dari review kak irfa ini aku cuma baru kenal sama Man Bo dan Boong Do doang hahahhaha.. maklum, baru itu yang aku lihat :P.. tapi sama lho kaaakk aku jga jatuh cinta sama mereka. Aku juga selalu meleleh lihat orang2 pintar, entah siapapun mereka. Aku suka lihat sosok2 IQ tinggi yang jarang kita lihat disini.. mereka itu suer ya kereeen banget >.<

    *duh, maaf kak irfa ini aku kalo mampir sini kenapa malah curhat panjang banget yaa.. kalo gak penting boleh di hapus kok hehe :P*

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa Linna, aku suka baca komentar panjang kok,,,

      sama dulu juga aku nggak terlalu suka nonton Saeguk,, tapi sejak nonton QSD dan rerun Dae Jang Geum,, aku jadi ketagihan,,,

      Menurutku,, drama Saeguk yang panjang lebih terasa gregetnya,, cuman yah,, harus sabar aja,,, Dong Yi dan Yi San bagus lho,, gara2 nonton drama itu jadi suka blogwalking sejarah aslinya,,

      Hapus
  7. mbak irfa mw ikutan komen yaah,,aku jg suka sma sarjana2 di film2 saeguk,,kalo aku sih pecinta drama saeguk,, pertama karna liad drakor dae jang geum mulaii dari situ aku langsung terpesona sma drama saeguk coz sneng liat org2x pake hanbok modelx lucu,,warna warni pulaa uuh jd tertarik ,,walupun ga bgtu suka sma crita politikx c0z suka ga mudeeng,,hehe..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkomentar^^