[Review] Win A Date with Tad Hamilton (2004)

Berawal dari melihat poster film ini di salah satu postingan instagramnya Topher Grace, aku jadi penasaran pada film yang rilis pada bulan januari 2004 ini. 

Win A Date with Tad Hamilton adalah sebuah film romcom klasik yang menceritakan tentang seorang gadis muda yang berasal dari pinggiran kota Virginia bernama Rosalee. Rosalee bekerja di sebuah departemen store terbesar di kota tersebut bersama dua orang sahabatnya Pete dan Kathy, dia sangat menikmati kehidupan dan pekerjaannya dan hidup menjadi gadis yang penuh pemikiran. 


Rosalee mengidolakan seorang aktor Hollywood, Tad Hamilton karena kagum pada karakter yang dimainkan Tad di film-filmnya. Sebagai gadis pinggiran kota Rosalee dan Kathy berpikir bahwa kehidupan nyata Tad pastinya tidak jauh berbeda dengan karakter di film-film nya tersebut. Hal itu terbukti dari acara amal yang kerap kali dilakukan Tad Hamilton.

Salah satu acara amal yang dilakukan Tad Hamilton adalah dimana managemen nya mengadakan sebuah undian berhadiah dimana pemenangnya akan melakukan kencan dengan Tad Hamilton. Peserta undian diwajibkan mendaftar dengan uang 100 dolar dan uang hasil pendaftarannya akan disumbangkan untuk anak-anak yang membutuhkan. Rosalee pun mendaftarkan diri mengikuti kuis tersebut, selain dia sudah ikut beramal dia juga memiliki kesempatan untuk bisa berkencan dengan Tad Hamilton.

Rosalee tidak berharap banyak bisa memenangkan undian tersebut, itulah mengapa dia tetap menghabiskan waktu luangnya dengan kedua sahabatnya. 

Pete adalah manager di supermarker tempat Rosalee bekerja, meskipun pria dia tidak gengsi menemani Rosalee dan Kathy menonton film-film Tad Hamilton. Pete adalah pria yang baik, dan manager yang sukses karena kerap kali mendapat bonus dari boss nya. Dia tahu Rosalee dan Kathy sangat mengidolakan Tad Hamilton namun dia tidak segan mengemukakan pendapatnya bahwa mungkin dalam kehidupan nyata Tad Hamilton sama sekali bertolak belakang dengan karakter yang dia perankan dalam film. 

Secara fisik, Pete cukup tampan meskipun dia tidak apa-apanya dibanding Tad Hamilton. Tak heran jika Angelica, salah satu pelayan bar di tempat Rosalee dkk hang out memiliki perasaan khusus padanya dan kerap kali terang-terangan menunjukkan rasa tertariknya. Namun Pete tidak pernah menanggapinya, hidupnya cukup bahagia bisa menghabiskan waktu luang bersama Rosalee dan Kathy.

Kathy adalah gadis yang berpikiran bebas, dia tidak segan mengatakan impian-impiannya tentang Tad Hamilton dan membuat Pete tak nyaman karenanya. Bersama dengan Rosalee, Kathy kerap kali menggoda Pete karena rasa tertarik Angelica terhadap sahabatnya itu.

Suatu hari Rosalee dikejutakan dengan banyaknya wartawan yang berada di depan rumahnya, ternyata Rosalee menjadi gadis yang beruntung menjadi pemenang kuis Kencan bersama Tad Hamilton. Tentu saja Rosalee sangat senang begitu juga Kathy, Pete lah satu-satu nya orang yang khawatir pada keselamatan Rosalee selama pergi ke Los Angeles. Pete berkali-kali mengingatkan Rosalee bahwa dia harus tetap menjaga kehormatannya karena bagaimanapun Tad Hamilton itu adalah pria dan semua pria sama saja apalagi Tad Hamilton adalah seorang aktor.

Rosalee sangat bahagia saat tiba di Los Angeles dan dia sangat gugup ketika bertemu dengan Tad Hamilton. Meski begitu Rosalee sangat percaya diri membicarakan kehidupan dan pemikirannya. Saat Tad Hamilton mengajak Rosalee ke rumahnya dia teringat pada perkataan Pete dan memutuskan untuk kembali ke hotel.

Rosalee kembali dengan hati yang bahagia dia pun menceritakan pengalamannya bersama Tad Hamilton secara detail pada Kathy dan Pete, Pete tampak sangat terganggu dengan cerita Rosalee. Pete kemudian mengatakan bahwa dia ingin berbicara secara pribadi dengan Rosalee. Tepat saat Pete berniat mengatakan sesuatu yang penting pada Rosalee, Pete dan Rosalee dikejutkan dengan kehadiran Tad Hamilton di ruangan itu.

Tad Hamilton menyusul Rosalee karena dia merasa menemukan sesuatu yang lain dalam diri Rosalee. Sesuatu yang tidak pernah dia temukan pada para wanita di Los Angeles yang selalu bersamanya. Tad terus memikirkan kata-kata Rosalee tentang membuat prioritas dan akhirnya dia memutuskan mengejar Rosalee dalam rangka membuat prioritasnya.

Pete merasa sangat terganggu dengan kehadiran Tad yang jelas-jelas datang kesana untuk mendapatkan hati Rosalee. Ternyata selama ini Pete diam-diam mencintai Rosalee namun dia berpikir selama dia selalu berada disisi Rosalee sebagai sahabatnya itu sudah cukup baginya. Namun rasa antusias Rosalee terhadap kehadiran Tad dalam hidupnya membuat Pete merasa terancam.

Pete kerap kali mengingatkan Rosalee bahwa Tad adalah selebritis keberadaannya di Kota mereka hanya sementara saja. Namun kemudian Tad mengatakan pada Rosalee bahwa dia telah membeli rumah di Kota itu dan berniat untuk menetap. Tad melakukan segala hal lebih baik daripada Pete sementara dimana Rosalee, Pete terus dan terus saja melakukan hal yang membuatnya jengkel termasuk memanggil polisi saat melihat Rosalee dan Tad sedang bermesraan sepulang menonton bioskop.

Puncak patah hati Pete adalah saat dia melihat Tad mencium Rosalee di bar tempat mereka hangout bersama, Pete merasa bahwa dia telah kehilangan Rosalee sepenuhnya.

Saat memiliki kesempatan berbicara 4 mata dengan Tad, Pete pun bertanya apakah Tad tahu tentang kebiasaan-kebiasaan Rosalee? Dan Rosalee itu memiliki 6 buah senyuman? Tad mengaku dia memang belum mengenal Rosalee hingga sejauh itu, tapi perasaanya pada Rosalee tulus. Pete mengaku kalah dan mengatakan tentang 6 senyuman milik Rosalee, dia mengatakan jika Rosalee adalah wanita yang sangat berharga. Jika Tad berani menyakiti hati Rosalee, Pete berjanji akan mencabik-cabik Tad dengan tangan kosong atau dengan kata-kata makiannya. Tad menyadari Pete jatuh cinta pada Rosalee dan namun dia lebih memikirkan kebahagiaan gadis itu. Tad lalu berkata Pete adalah pria yang baik. Pete mengeluhkan, tapi ternyata tidak cukup baik untuk Rosalee. 

Angelica yang melihat betapa patah hatinya Pete saat melihat kebersamaan Rosalee dan Tad mencoba menghibur Pete. Dia kaget saat mengetahui cinta Pete untuk Rosalee adalah 'great love' yang akan sulit dilupakan. Angelica mendorong Pete untuk mendapatkan kembali hati Rosalee namun Pete sudah menyerah karena dia merasa telah melakukan segalanya. 

Angelica lalu bertanya apa yang dikatakan Rosalee saat mendengar Pete mengutarakan cintanya? Well itu adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan Pete, Angelica menyarankan agar Pete mengatakannya. Tapi lawannya adalah Tad Hamilton, Pete merasa tidak layak bersaing dengannya. Angelica kemudian berkata, "Semua orang punya Tad Hamilton. Rosalee adalah Tad Hamilton mu dan kau adalah Tad Hamilton ku" 

Rasa percaya diri Pete meningkat dan setelah berterimakasih pada Angelica dia pun pergi menemui Rosalee yang ternyata juga ingin mengatakan sesuatu padanya. Rosalee mengatakan bahwa Tad mendapatkan tawaran untuk bermain film dan Tad ingin Rosalee ikut bersamanya, bukan kah itu hebat? Pete patah arang lagi namun itu adalah kesempatan terakhirnya. Pete akhirnya mengatakan perasaannya pada Rosalee setelah menciumnya. Rosalee kaget dan bertanya apakah Pete menciumnya dan mengatakan mencintainya setelah menjadi temannya selama 22 tahun? Reaksi Rosalee tentu saja tidak seperti yang diharapkan Pete dan saat itu dia menyadari bahwa memang sudah tidak ada kesempatan untuknya. 

Rosalee tadinya tidak berharap banyak saat Tad mendapatkan tawaran film. Dia sudah merelakan Tad untuk pergi dan mungkin tidak akan kembali, kemudian saat Tad menyadari dia tidak ingin meninggalkan Rosalee dia pun mengajak Rosalee bersamanya. Rosalee tadinya menolak karena menyadari bahwa Tad mungkin tidak mencintainya secara utuh. Rosalee merasa Tad hanya mencintai cara berpikirnya saja. Namun Tad membujuknya dengan mengatakan bahwa Rosalee memilik 6 senyum seperti yang dikatakan Pete padanya. Rosalee merasa tersentuh dan akhirnya setuju untuk pergi bersama Tad tanpa tahu bahwa Pete lah yang mengetahui tentang 6 senyum miliknya.

Ungkapan perasaan Pete membuat Rosalee tidak menikmati perjalannya bersama Tad. Apalagi Tad sibuk menelpon sutrada film barunya. Tad melihat suasana hati Rosalee dan berhenti menelpon.

Rosalee berkata pada Tad bahwa dia yakin apa yang dia lakukan adalah hal yang benar, dia yakin pada Tad. Rosalee tersenyum kemudian bertanya pada Tad, itu senyumnya nomor berapa? Tad bingung dan berkata mungkin no.1. Giliran Rosalee yang bingung bukan kah no. 1 itu saat dia benar-benar bahagia? Tad makin bingung dan berkata no. Satu setengah kalo begitu?

Tad akhirnya membuat pengakuan jika dia tidak tahu tentang 6 senyum yang dimiliki Rosalee. Pete yang mengatakannya dan dia mencuri kata-kata itu untuk meyakinkan Rosalee agar mau ikut bersamanya. Pete bahkan membuatnya berjanji untuk tidak menyakiti hati Rosalee jika Tad melakukannya, Pete mengatakan akan mencabik-cabiknya dengan tangan kosong atau dengan caci makinya.

Rosalee tampak syok mendengar bahwa Pete lah yang mengatakan tentang 6 senyum yang dimilikinya. Seperti menyadari sesuatu Rosalee mengatakan bahwa apa yang dilalukan Pete itu 'Adorable' tentang 6 senyum itu, tentang Pete yang mengancam Tad untuk tidak menyakiti hatinya. Rosalee lalu bertanya pada Tad, 'Menurutmu, apakah mungkin mencintai seseorang sepanjang hidupmu dan tidak pernah benar-benar menyadarinya sampai sesuatu terjadi dan membuatmu sadar?'
Tad awalnya bingung namun dia akhirnya sadar bahwa hati Rosalee sejak awal ternyata bukan untuknya.

Review: 
Alasanku terkuat menonton film ini adalah karena aku ingin mengetes apakah aku bisa melihat Topher Grace selain sebagai Eric Forman atau tidak, dan jawabannya adalah 'Failed'

Dimataku Pete bagaikan Eric Forman yang sudah di upgrade, profesinya sebagai manager di Piggly Wiggly langsung mengingatkanku pada Eric yang sempat bekerja di Price Mart dan dalam mimpinya di episode 1 season 4, Eric juga akhirnya berhasil jadi manager di Price Mart. Komentar ceplas ceplosnya Pete juga Eric banget tuh. Belum lagi kelakuan dia yang seperti cacing kepanasan melihat Rosalee bersama Tad itu juga mengingatkan ku pada kelakuan Eric saat Donna berkencan dengan Casey Kelso. Dan Scene dia gagal membelah kayu bakar di ladang nya Tad itu persis sama ketika Eric gagal membelah kayu bakar di perlombaan ayah dan anak itu dengan alasan kapaknya tersangkut di batang pohonnya.
Terlepas dari karakter Pete yang Eric banget itu, aku cukup menikmati ceritanya dan karakter-karakter di film ini tidak ada yang membuatku sakit leher. Mungkin aku kadang merasa kesal pada Kathy yang tidak peka. Aku pun sangat senang karena penulis mengeksekusi hubungan Tad dan Rosalee dengan tidak membuat Tad menjadi 'jerk' dimata Rosalee.

Sebelum bertemu Rosalee, Tad adalah aktor yang hobi berkencan dengan wanita mana saja, dia tampak sangat menikmati kehidupan hura-huranya sebagai aktor namun saat sendirian dia sebenarnya adalah orang yang kesepian. Aku percaya saat Tad mengatakan dia mengejar Rosalee ke tempat asalnya karena dia jatuh cinta pada Rosalee, dan dia menunjukkan itu sehingga mau tak mau Rosalee pun jatuh hati pada pesonanya. Pengakuan dia tentang 6 senyum Rosalee juga adalah sesuatu yang menyentuh, Tad tidak ingin hubungan mereka didasari oleh kebohongan meski dia tahu Rosalee akan kecewa padanya. Namun Tad cukup kaget saat Rosalee akhirnya menyadari cintanya pada Pete karena pengakuannya itu.

Tad Hamilton akan tetap menjadi idola Rosalee, karena dia dengan gentleman menerima kenyataan bahwa pada akhirnya Rosalee tidak memilihnya, meski itu pertama kalinya dia jatuh cinta. Dengan senyuman Tad bahkan bersedia mengantarkan Rosalee pulang agar gadis itu bisa mengejar cinta sepanjang hidupnya.

Aku menyukai persahabatan Pete dan Rosalee, Pete bukannya tidak mau berusaha mendapatkan hati Rosalee, dia menunjukkan perasaannya dengan caranya sendiri, Ayah Rosalee pun tahu bahwa Pete adalah pria yang paling perhatian pada putrinya. Salahnya adalah Pete yang tidak pernah mengatakan perasaannya pada Rosalee karene merasa menjadi sahabatnya sudah lebih dari cukup untuk tetap berada disamping gadis itu. Namun ketika pria lain muncul dalam hubungan mereka dan Rosalee tampak bahagia bersamanya dan mulai mengabaikan Pete, dia baru sadar jika menjadi sahabat saja tidaklah cukup.

Reaksi Rosalee saat Pete mengakui perasaannya adalah yang terbaik menurutku. Dia bingung, selama ini Pete selalu menjadi sahabatnya dan dia sedang terpesona pada sosok sempurna Tad Hamilton yang mungkin selama ini telah mejadi pacar impiannya. Dicintai Tad adalah impiannya, namun apakah Rosalee mencintai Tad? Jawabannya adalah tidak.

Rosalee menikmati momen saat impiannya jadi kenyataan namun ketika Pete mengatakan perasaannya, impiannya berada disamping Tad menjadi semu. Rosalee berusaha meyakinkan diri bahwa pilihannya untuk ikut bersama Tad adalah benar, namun ketika dia sadar bahwa Tad tidak mencintai dirinya sepenuhnya seperti yang dia duga sebelumnya. Rosalee pun kembali ke kehidupan nyatanya, dan dia menyadari bahwa Pete lah kehidupannya.

Selama ini dia tidak pernah menyadari jika dia pun mencintai Pete seperti Pete mencintainya, itulah mengapa ketika Tad mengatakan apa yang dilakukan Pete untuknya membuat Rosalee merasa sangat istimewa. Jika Rosalee memang benar mencintai Tad, tidak peduli apapun dia akan tetap menemani Tad untuk syuting film dan mengabaikan perasaan Pete. Toh Pete nya sendiri juga sudah merelakan Rosalee untuk berbahagia bersama Tad.

Dari semua karakter di film ini yang menjadi favoritku adalah Angelica. Ya benar, pelayan bar yang jatuh cinta pada Pete, yang menganggap Pete adalah Tad Hamilton baginya. Oh, ayolah Angelica ini super sekali. Dia tidak lelah mencari perhatian Pete dan yakin suatu saat Pete pun akan jatuh hati padanya. Namun saat dia menyadari Pete mencintai Rosalee dan patah hati karena melihat gadis yang dia cintai bersama pria lain, Angelica dengan baik hati menjadi temannya mencoba menyadarkan Pete bahwa setidaknya dia harus mengatakan perasaannya pada Rosalee untuk mengetahui perasaan Rosalee terhadapnya.

Saat berhadapan dengan Rosalee menjelang ending pun, Angelica tetap menjadi karakter yang menakjubkan. Jika bukan karena Angelica, Rosalee dan Pete mungkin tidak akan pernah bersama. Rosalee yang mencari Pete ke apartemennya sangat kaget karena ternyata Angelica lah yang membukakan pintu untuknya. Rosalee sangat kecewa, dia tahu benar ketertarikan Angelica pada Pete, namun Angelica tak berniat memanfaatkan keadaannya. Dia mengatakan yang sebenarnya pada Rosalee bahwa dia ada disana karena Pete memintanya mengemas beberapa barang.

Angelica mengatakan jika Pete memutuskan pergi ke luar kota. Pergi jauh dan tak berniat untuk kembali. Rosalee bingung mengapa Pete harus pergi? Karena saat seorang pria kehilangan 'great love' nya maka sesuatu dalam dirinya telah mati satu-satunya yang bisa dia lakukan adalah pergi sejauh mungkin untuk membuka kesempatan bertemu dengan cinta keduanya. Dan Rosalee benar, dia berhutang budi pada Angelica karena jika bukan karena kata-katanya supernya, Pete dan Rosalee mungkin tidak akan bersatu. Sebagai wanita yang jatuh cinta pada Pete, Angelica benar-benar wanita yang hebat. Salut!

Dialog favorite ku dari film ini adalah tentang 6 senyum milik Rosalee dan 5 senyum milik Pete.

Pete kepada Tad
"Bahkan apakah kau tahu Rosalee memiliki enam senyuman yang berbeda?
Satu ketika sesuatu membuat dia tertawa terpingkal-pingkal.
Satu ketika dia tertawa dengan sopan.
Satu ketika dia membuat rencana
Satu ketika dia mentertawakan dirinya sendiri.
Satu ketika dia merasa tidak nyaman.
Dan satu ketika...
Satu ketika dia sedang membicarakan teman-temannya"

Rosalee kepada Pete
"Kau mempunyai lima senyuman, Pete.
Satu ketika kau berpikir seseorang itu bodoh
Satu ketika kau berpikir seseorang itu benar-benar bodoh
Satu ketika kau berpakaian rapi
Satu ketika kau sedang menyanyikan lagu Barry White
Dan satu... ketika kau sedang menatapku"


0 Komentar untuk "[Review] Win A Date with Tad Hamilton (2004)"

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top