[Review] Ghost Episode 9-14



So,, Its Here,, Setelah 6 episode aku baru berani lagi menulis Reviewnya, kenapa? Karena menurutku kelanjutan kasus dari episode 8 memang baru berakhir di episode 14 ini,, perjalanan yang cukup panjang dan menggemaskan. Sebelumnya aku minta maaf, jika Review kali ini mungkin tidak akan terlalu banyak gambar seperti biasanya. Karena Kondisi I-netku yang lelet, membuat Upload gambar  menjadi sangat lambat.

Seperti biasa aku akan merecaps dulu ceritanya.

Di akhir episode 8, Ki Young mendatangi Resort no.15 dan bertemu Hyun Min yang bertanya sedang apa Letnan Kim Woo Hyun ada disana. Ki Young berkata dia sedang menyelidiki kasus pembunuhan setahun lalu. Hyun Min mengajak Ki Young minum, dan berbincang sebentar, kemudian Ki Young pamit pergi. 

Setelah kepergian Ki Young Yeom Jae Hee, si pria bersepatu kotak-kotak datang dan berkata untuk apa Kim Woo Hyun datang kemari, dia berkata bahwa Kematian Nam Sang Won memang pembunuhan.

Perkataan Yeom Jae Hee itu terdengar oleh Hyuk Jo, Byung Sang Won (Asistem Hyuk Jo), dan Choi Seung Yoon, yang saat itu memang berada di Haemyung Resort untuk mengejar Yeom Jae namun kehilangan jejak. Hyuk Jo merasa dapet point penting dan langsung ingin pergi ke tempat Yeom Jae Hee untuk bertemu pembunuhnya, masalahnya adalah apa yang bisa mereka lakukan saat bertemu pembunuhnya kata Byun Sang Won, apalagi mereka dikejutkan oleh keluarnya mobil yang dikendarai Ki Young dari HaeMyung Resort yang mereka kenali sebagai mobil Kim Woo Hyun.

Ki Young yang menyadari pelaku pembunuhan kemungkinan adala Hyun Min menjadi semakin serius untuk menyelidiki kasus kematian Nam Sang Won. Kang Mi khawatir dengan keselamatan Ki Young yang menggunakan Identitas Woo Hyun. Karena bagaimanapun saat Ki Young menyelidiki kasus ini, dia akan mengungkap keterlibatan Woo Hyun dalam kasus tersebut.
Ki Young mendatangi anggota keluarganya, sementara Kang Mi mendatangi mantan sekertaris Nam Sang Won.

Ki Young pergi mendatangi Kim Eun Suk, istri dari Nam Sang Won, yang sempat bekerja di Sekang Group Juga. Ternyata di sana sudah ada Hyuk Jo yang juga sedang menyelidiki kasus pembunuhan Nam Sang Won. Istrinya melanjutkan cerita tentang kematian Suaminya yang dia yakini karena kelelahan dalam bekerja, itulah karenanya dia tak ingin tubuh suaminya di Autopsi.
 
Mendengar cerita istrinya, Ki Young dan Hyuk Jo merasa aneh. Ki Young merasa istri Nam Sang Won sedang berbohong, namun dia tak tahu apa alasannya. Saat akan pergi dari rumah Nam Sang Won, mobil Hyuk Jo bannya kempes, dia mencurigai Ki Young yang melakukan ini, Ki Young berkata jika dia yang melakukannya tentu saja dia akan mengempeskan semuanya dan bukan hanya satu ban saja #gubrak, ngelawak nih si Ki Young.

Walhasil Hyuk jo ikut di mobil Ki Young. Ki Young bertanya pada Hyuk Jo apa motif Hyuk Jo menyelidiki kasus kematian Nam Sang Woo, Hyuk Jo bilang dia hanya ingin tahu kebenaran dan akan menjebloskan pelakunya ke penjara tak peduli siapapun dia. Semenatra Hyuk Jo bertanya, lalu apa motif Ki Young? Belum sempat mejawab, mereka mendengar suara aneh dari radio, tentang Se Kang Group yang selalu mengawasi semua orang dan sebuah teriakan. Ki Young dan Hyuk Jo kaget dan langsung menuju statsiun Radio.

Semetara Kang Mi, mendapatkan info dari sekertarisnya bahwa orang yang terakhir bertemu Nam Sang Won adalah supirnya. Setelah melakukan penyelidikan Kang Mi menyadari kemungkinan besar supir Nam Sang Won telah menghilang selama beberapa hari dari rumanhnya, dan karena rumahnya sangat berantakan dan terlihat ditinggalkan dengan terburu-buru, Kang Mi pun menyimpulkan Supir Nam Sang Won diculik.

Kang Mi melaporkan hal tersebut pada Ki Young yang sedang menyelidiki suara orang yang tiba-tiba terselip di radio melalui telepon, Ki Young menyadari ada suara yang sama di tempat Kang Mi menelpon dengan suara yang tiba-tiba terselip dalam frekuensi radio. Ki Young dan Hyuk Jo pun mendatangi rumah Supir Nam Sang Won, dan menyadari suara yang terselip di radio adalah suara supir Nam Sang Won yang menghilang. Ki Young mulai menyelidiki computer dan peralatan elektronik disekitarnya dan meyadari adanya spy bug pada stop kontak.

Sejak menemukan spy bug itu, Ki Young, Kang Mi dan Hyuk Jo mulai berhati-hati dalam berbicara serta bertindak, karena mereka sadar ada orang suruhan Se Kang Group yang mengikuti mereka, dan kemungkinan Supir Nam Sang Won diculik oleh mereka. Untuk menghindari pembicaraan mereka terekam melalui spy bug, mereka pun masuk ke dalam tempat cuci mobil dan mencari spy bug di mobil Ki Young, dan menemukannya.

Mereka memanggil Dr. Kang dan Lee Tae Gyun untuk datang ke sebuah Bar yang berisik untuk menyelidiki data di computer Supir Nam Sang Won untuk menghindari Spy Bug, karena mereka khawatir, Se Kang benar-benar mengawasi semua orang. Mereka mulai menyusun rencana untuk mencocokan frekuensi mereka dengan frekuensi orang-orang yang mengikuti mereka selama ini agar bisa menemukan Supir Nam Sang Wo.

Singkat cerita, mereka berhasil mencocokan frekuensinya dan berhasil mengetahui keberadaan Supir Nam Sang Wo yang ternyata ada di rumah sakit bagian kejiwaan. Dari keterangan Supir tersebut Kang Mi dan Hyuk Jo mengetahui siapa pelaku pembunuhan Nam Sang Wo. Berdasarkan Keterangan supir tersebut, Hyuk Jo pun pergi menangkan Jo Jae Min, sepupu dari Jo Hyun Min, yang akan dinobatkan menjadi penerus Se Kang group. Saat penangkapan itu terjadi, tanpa diketahui semua orang Hyun Min tersenyum , merasa menang.

Sementara itu, Ki Young di cegat oleh istri Nam Sang Won, yang ingin berbicara dengannya di tempat yang jauh agar tak tersengar siapapun. Ternyata selama ini Istri Nam Sang Won pun di awasi dan diteror saat dia ingin mayat suaminya di Autposi. Ki Young bertanya mengapa Kim Eun Suk memberitahunya, Kim Eun Suk berkata, dia menceritakan semua ini padanya karena Suaminya telah mengirimkan Laptop nya pada Kim Woo Hyun, dan dia yakin Laptop suaminya itulah yang membuatnya mati dibunuh, namun Kim Eun Suk tak tahu apa yang tersembunyi dalam Laptop itu.

Ki Young jadi bingung, Laptop Nam Sang Won ada pada Woo Hyun? Sialnya,, ternyata pembicaraannya dengan Kim Eun Suk terekam di spy bug yang tersimpan di liotin kalung Kim Eun Suk. Sehingga anak buah Hyun Min mengetahui hal ini dan melaporkannya pada Yeom Jae Hee di kantor, namun Yeom Jae Hee panik saat anak buahnya mengatakannya di dekat memento pemberian Choi Seung Yoon (Aha,,, jadi selama ini dia tahu semua percakapannya di rekam??)

Choi Seung Yoon yang mendengar hal tersebut langsung melaporkannya pada Hyuk Jo, yang menyadari bahwa  Yeom Jae Hee ternyata mengetahui mereka menguping pembicarannya selama ini. Hyuk Jo pun sadar ada yang tidak beres dengan kasus Pembunuhan Nam Sang Won, dia merasa bukan Jae Min pelakunya, apalagi masalah tempat kematian Nam Sang Won yang membingungkan. Hyuk Jo yakin, Nam Sang Won tewas di Resort No.15, sementara bersadarkan keterangan Supir nya, dia menemukan Jo Jae Min membunuh Nam Sang Won di Resort No.12.

Ki Young pun tak percaya bahwa Jae Min lah pembunuh Nam Sang Won, dia pun mendatangi Jo Jae Min dengan identitas Kwon Hyuk Jo, saat Ki Young yang berwajah Woo Hyun menemuinya, Jae Min sama sekali tak mengenalinya, saat Ki Young bertanya siapa namanya pada Jae Min, Jae Min berkata Ki Young adalah Kwon Hyuk Jo seperti yang tertulis di tanda pengenal yang dibawanya. Sadarlah Ki Young bahwa bukan Jae Min yang membunuh Nam Sang Won, karena pembunuh Nam Sang Won, pasti mengenali dirinya sebagai Kim Woo Hyun.

Ki Young  pun mulai mencari Laptop Nam Sang Won yang tidak dia temukan di Aparteman Woo Hyun dan Kantornya. Maka Ki Young dan Kang Mi mulai menyelidiki tempat-tempat yang dikunjungi Nam Sang Won dan Woo Hyun di hari kematian Nam Sang Won.

Saat Ki Young dan Kang Mi menyelidiki hal tersebut, di waktu yang hampir bersamaan, Detektif Han pun mendatangi tempat-tempat yang dikunjungi Kang Mi dan Ki Young dengan tujuan yang sama, mencari Laptop Nam Sang Won. Hingga akhirnya Ki Young menemukan tempat Nam Sang Won memberikan Laptop itu pada Woo Hyun, yaitu rumah keluarga tempat Ayah Woo Hyun di rawat. Namun Sayang, Ki Young telat satu langkah, Laptop Nam Sang Won telah diambil oleh Detektif Han, Ki Young pun berpikir bahwa Detektif Han mengambil Laptop itu dengan tujuan menghilangkan barang bukti.

Detektif Han menelpon seseorang dan berkata dia telah menemukan sebuah bukti, dan bukti itu adalah sebuah Laptop. Detektif Han behenti di sebuah toko dan Hyun Min pun datang ke toko tersebut. Mereka berdua saling bertukar senyum saat bertemu.

Ki Young mencoba mencari Detektif Han dengan meng-hack ponselnya. Dia menemukan posisi terakhir Detektif Han adalah sebuah toko, namun saat mendatangi tempat itu, dia tak menemukan siapapun. dia hanya menemukan buku catatan Detektif Han. Sementara itu Kang Mi yang ikut bersamanya, nampak pucat pasi saat mendapatkan sebuah telepon.

Telepon itu mengabarkan tentang kecelakaan yang dialami Detektif Han, hingga menyebabkan dirinya tewas setika (Bwo??). Ternyata orang yang ditelepon oleh Detektif Han tentang bukti Laptop itu adalah Hyuk Jo, maka saat Hyuk Jo tahu bahwa Detektif Han mengalami kecelakaan dia syok berat. Apalagi saat mendengar dari Polisi bahwa penyebab kecelakaannya adalah karena Detektif Han mengemudi sambil mabuk dengan kecepatan tinggi. Hyuk Jo tak percaya hal itu, dia yakin ada konspirasi dalam kematian Detektif Han, apalagi Laptop Nam Sang Won yang merupakan barang bukti yang ditemukan Detektif Han tidak ditemukan di mobilnya.

Di hari pemakaman Detektif Han, Hyuk Jo sempat meledak dan berkata pada Ki Young, jika Ki Young yang membunuh Detektif Han, maka Hyuk  Jo akan membunuh Ki Young dengan tangannya sendiri.

Berbekal buku catatan Deteketif Han, Ki Young mulai mendatangi tempat-tempat yang telah didatangi oleh Detektif Han, hingga dia menemukan Laptop Nam Sang Won di rumah Woo Hyun. Ternyata, selain Ki Young, Hyuk Jo pun melakukan hal yang sama. Namun kini Ki Young melakukan hal tersebut tanpa sepengetahuan Hyuk Jo, hingga dia mendengar bahwa Detektif Han mememiliki beberapa foto siapa saja yang ditemui Woo Hyun di sebuah Bar.

Ki Young pun pergi ke tempat pembuangan mobil dan mencari amplop berisi foto-foto setelah sebelumnya dia mencarinya di kantor polisi dan melihat beberapa barang yang diambil dari mobil Detektif Han. Sayangnya Ki Young tak menemukan apapun di mobil Detektif Han dan malah bertemu Hyuk Jo yang bertanya padanya, apakah Amplop yang dipegang Hyuk Jo yang dicari Ki Young? Hyuk Jo langsung meradang, dan bertanya apakah Woo Hyun yang membunuh Detektif Han, Nam Sang Won dan Shin Hyo Jung?

Ki Young berkata, bukan Woo Hyun yang membunuh mereka semua, karena Kim Woo Hyun telah tewas setahun lalu, dan dirinya sebenarnya bukan Kim Woo Hyun melainkan Park Ki Young. Hyuk Jo tak bisa percaya begitu saja dan menyerang Ki Young, namun dengan tanggap Ki Young menyergap Hyuk Jo dan memborgolnya di mobil. 

Ki Young berkata, terserah Hyuk Jo percaya atau tidak tapi itulah kenyataannya, dan dia masih membutuhkan identitas sebagai Woo Hyun untuk bisa menemukan pembunuh Shin Hyo Jung dan Detektif Han. Ada Satu lagi yang dibunuh orang itu, Kim Woo Hyun, karena Ledakan gudang hari itu bukanlah sebuah kecelakaan.

Kang Mi datang dan melaporkan bahwa Detektif Han membuat kopian data yang ada pada Laptop Nam Sang Won. Ki Young dan Kang Mi berniat segera bergegas pergi. Hyuk Jo minta dilepaskan, dengan satu syarat kata Ki Young, bahwa Hyuk Jo tidak akan mempermasalahkan identitas Ki Young sebagai Woo Hyun saat ini, hingga orang itu tertangkap. Hyuk Jo dengan terpakasa menyetujui hal tersebut.

Mereka pun mencari kopian data dari Laptop Nam Sang Won di barang-barang Nam Sang Won di kantor polisi, karena Ki Young ingat dia melihat sebuah USB di barang-barang Detektif Han. Tapi ternyata USB yang ditemukan di mobil Nam Sang Won adalah USB ttg Akselelator kecepatan mobil  yang digunakan untuk menambah kecepatan mobil Detektif Han, hingga Detektif Han mengalami kecelakaan setelah dia dibius dan disuntikan alkohol ke dalam tubuhnya. Berdasarkan bukti tersebut, dapat dipastikan bahwa kematian Detektif Han adalah pembunuhan.

Maka dimulailah penyelidikan kasus pembunuhan detektif Han hingga terbukti bahwa Yeom Jae Hee lah pembunuhnya. Ki Young, Kang Mi,  Hyuk Jo dan Byun Sang Woo pun pergi menangkap Yeom Jae Hee yang telah bersiap untuk melarikan diri.

Saat Ki Young menginterogasinya, Yeom Jae Hee bungkam seribu bahasa dan hanya mengatakan 1 kalimat, meminta Ki Young memberikan pengacara untuknya. Ki Young mematikan CCTV ruang intreogasi dan berkata pada Yeom Jae Hee dia sudah tahu bahwa Hyun Min lah di balik semua kejahatan yang dilakukan Yeom Jae Hee.

Ki Young berkata, melihat sifat Hyun Min, dia pasti tidak akan melepaskan Yeom Jae Hee, dan Hyun Min pasti akan membunuhnya. Jadi akan lebih baik jika Yeom Jae Hee mengatakan semuanya padanya, karena meskipun Yeom Jae Hee tetap bungkam, dia tetap akan mati.

Kang Mi menemukan  flashdisk yang berisi kopian data Laptop Nam Sang Won dari pakaian Detektif Han. Kang Mi, Ki Young dan Hyuk Jo pun melihat data tersebut, namun mereka tak mengerti mengapa data seperti itu bisa menjadi bukti untuk mengetahui siapa pembunuh Nam Sang Won, karena data itu hanya berisii data pemberian uang kepada sejumlah tokoh untuk kasus yang terjadi di Se Kang group 13 tahun lalu saat Ayah Hyun Min dituduh melakukan korupsi di Se Kang Group dan dipaksa bunuh diri oleh adiknya sendiri demi keselamatan Hyun Min, putranya. Ini lah yang menjadi motif pembalasan dendam Hyun Min pada Sang Paman dan Jae Min, dengan mengorbankan banyak orang yang tidak bersalah.
 
Masalahnya baik Ki Young, Kang Mi maupun Hyuk Jo tidak terlalu mengerti tentang kasus 13 tahun lalu, karena file case untuk kasus itu disimpan ditempat rahasia. Diantara para tokoh yang ada di dalam daftar tersebut, ada nama Ayah Woo Hyun, Nam Sang Won dan juga jaksa yang sedang memegang kasus Jae Min. Saat mereka kebingungang menerka-nerka apa hubungan data ini dengan Hyun Min, tiba-tiba Ki Young mendapat telepon yang menyatakan bahwa Hyun Min datang untuk menemuinya.

Ki Young, Kang Mi dan Hyuk Jo pergi menemui Hyun Min, namun mereka lupa meninggalkan flashdisk yang berisi data dari Laptop Nam Sang Won itu di ruangan Hyuk Jo. 

Setelah Kang Mi kembali ke ruangan Hyuk Jo, dia kaget menyadari Flashdisk itu telah hilang, Ki Young yang sedang bersama Hyun Min sadar apa tujuan Hyun Min sebenarnya datang ke kantor polisi, bukan untuk menjenguk Yeom Jae Hee, namun untuk mengalihkan mereka dan menyuruh seseorang mengambil Flashdisk. Masalahnya siapa yang bisa mengambil Flashdisk itu, sementara Kantor mereka hanya bisa dimasuki oleh orang-orang dengan tanda pengenal Kepolisian, sadarlah Ki Young, bahwa ada mata-mata di Tim 1 Cybersuad ini, dan mata-mata itu jelas orang yang mengetahui bahwa Detective Han membuat Kopian data dari Laptop Nam Sang Woon.

 Byun Sang Woo, Kang Eun Ji, Lee Tae Gyun, dan Lee Hye Ram

Tersangkanya ada 4 orang, Lee Tae Gyun, yang dimintai bantuan oleh Detektif Han yang bertanya bagaimana cara mengopi data dari Laptop, kemudian , Lee Hye Ram, dan Prof. Kang Eun Ji yang ada diruangan yang sama dengan Tae Gyun saat Tae Gyun ditelepon oleh Detektif Han.

Saat Ki Young sadar bahwa ada Spy di tim nya, dia langsung berpikir bahwa Yeom Jae Hee dalam bahaya. Benar saja, saat Ki Young, Kang Min dan Hyuk Jo sampai di ruang Interogasi, Yeom Jae Hee telah menghembuskan nafas terakhirnya.

Mereka segera memeriksa CCTV dan menemukan Lee Tae Gyun lah yang terakhir kali melihat Yeom Jae Hee di ruang Interogasi. Ki Young dan Hyuk Jo segera mencari Tae Gyun, dan berhasil menemukannya di WC dalam keadaan gemetaran karena ketakutan.

Namun bukan Tae Gyun pembunuh Yeom Jae Hee, karena saat Tae Gyun masuk Yeom Jae Hee mulai kejang dan akhirnya meninggal tanpa tahu apa penyebabnya. Tae Gyun yang melihat hal itu ketakutan dan akhirnya bersembunyi di WC, dia menemui Yeom Jae Hee karena dia ingin bertanya mengapa Yeom Jae Hee begitu tega membunuh Detektif Han.

Kasus kematian Yeom Jae Hee di ruang interogasi tentu saja berdampak buruk pada Tim 1 Cybersquad. 

Semua anggota tim akhirnya diinterogasi, orang yang pertama di Interogasi adalah Kim Woo Hyun yang telah berani mematikan CCTV saat menginterogasi Yeom Jae Hee. Saat Ki Young tak bisa menjelaskan apapun, mengapa dia mematikan CCTV saat itu, akhirnya Kim Woo Hyun diberhentikan dari pekerjaannya. Tapi Ki Young tidak hilang akal, dia mencari cara untuk bisa mengetahui pembicaraan yang terjadi di ruang Interogasi dan mengetahui semua keterangan yang diberikan oleh para anggota Tim 1 Cybersquad yang lain, termasuk keterangan ke-4 orang yang dia curigai sebagai tersangka.

Hyuk Jo kesal saat tahu Ki Young dipecat, namun dia lebih kesal saat Ki Young menyuruhnya menyelidiki kematian Yeom Jae Hee ke penjara untuk mengetahui apakah ada keanehan yang terjadi pada Yeom Jae Hee saat dipenjara. Meskipun kesal Hyuk Jo tetap melakukannya.

Dengan sebuah Program (yang tidak aku mengerti), Ki Young menyimak keterangan para anggota tim 1 cybersquad saat kematian Yeom Jae Hee terjadi melalui teks yang ditulis di ruang Interogasi. Dari situ Ki Young dan Kang Mi bisa menyimpulkan bahwa yang berkesempatan mengambil Flashdisk di ruang Hyuk Jo adalah Lee Tae Gyun dan Byun Sang Woo.

Berdasarkan hasil penyelidikan Hyuk Jo dari penjara, diketahui bahwa penyebab kematian Yeom Jae Hee adalah akibat ditukarnya Obat Anidepresan yang selama ini dikonsumsinya. Setelah melakukan pengecekan diketahui bahwa kematian Yeom Jae Hee adalah akibat Over Dosis Obat Antidepresan, karena ditukarnya Obat Antidepresan yang biasa dikonsumsinya dengan Obat Antidepresan yang dosisnya lebih tinggi. Namun masalahya siapakah yang menukar obat itu? Melihat catatan Kepolisian Hyuk Jo akhirnya tahu bahwa assistennya Byun Sang Woo lah yang sempat dan memiliki kesempatan untuk menukar Obat itu di Koper Yeom Jae Hee. (Ha,,, penonton digiring untuk mencurigai Byun Sang Woo)

Hyuk Jo segera pergi ke kantor Tim 1 Cybersquad, dan melabrak Byun Sang Woo, tanpa meminta penjelasan dia menyerang Byun Sang Woo dan memborgol sebelah tangannya saat Byun Sang Woo menoba melawan karena tak mengerti dengan perilaku atasannya. Hyuk Jo bertanya mengepa Byun Sang Woo tega melakukan ini padanya padahal dia sangat mempercayai Byun Sang Woo sebagai Assistennya. Byun Sang Woo semakin tak mengerti dan saat Hyuk Jo menjelaskan bahwa Byun Sang Woo lah satu-satunya orang yang berkesempatan menukarkan Obat Antidepresan Yeom Jae Hee dengan Dosis yang lebih tinggi, Byun Sang Woo berkata mengapa Hyuk Jo tak bertanya juga pada Prof. Kang yang saat itu juga pergi bersamanya. Prof. Kang? Tanya Hyuk Jo.

Sementara itu Ki Young dan Kang Mi pun menyimpulkan bahwa selain Lee Tae Gyun dan Byun Sang Woo ada satu orang lagi yang punya kesempatan untuk masuk ke kantor Hyuk Jo, yaitu Prof. Kang Eun Ji. Mereka pun mendengar perintah dari Hyuk Jo untuk menutup semua jalan keluar di kantor Polisi dan menangkap Kang Eun Ji. Ki Young dan Kang Mi ikut mencari, namun mereka tak menemukan dimanapun. Lalu Ki Young memprediksi sesuatu jika Prof. Kang lah spy Hyun Min, maka dia akan menghapus semua bukti yang mengarahkan Hyun Min sebagai pelaku semua kejahatan yang selama ini terjadi.

Ki Young, Kang Mi dan Hyuk Jo pun pergi ke ruang bukti, dan menyadari bahwa Prof. Kang telah menghapus file asli dari video pembunuhan Shin Hyo Jung, kemudian melarikan diri dengan rapi dan sama sekali tak tertangkap di CCTV. Mereka menyimpulkan pasti ada orang lain di kepolisian yang membantunya. (Oho,, Spy Again??)
 
Hilangnya semua bukti yang merujuk pada Hyun Min, membuat Hyuk Jo kesal, namun mereka kini tak bisa berbuat apapun. Yang bisa Hyuk Jo lakukan hanyalah membuat Atasannya menyetujui penyelidikan tentang kematian Yeom Jae Hee yang ia duga sebagai pembunuhan dan Prof. Kang Eun Ji lah tersangka utama yang menukarkan Obat Antidepresan Yeom Jae Hee, meskipun hal itu belum ada bukti yang kuat dan hanya berdasarkan keterangan dari Byun Sang Woo saja. Namun menghilangnya Kang Eun Ji juga bisa menjadi alasan kuat untuk membuat Kang Eun Ji berada dalam daftar pencarian kepolisian. Hyuk Jo pun meminta jabatan Kim Woo Hyun di kembalikan karena dia membutuhkan Woo Hyun untuk menyelesaikan kasus ini.

Ki Young, Kang Mi dan Hyuk Jo kemudian mencari tahu tentang video yang menunjukkan Hades sebagai pembunuh Shin Hyu Jong. Mereka melihat video itu bersama-sama dan bersama meminta Lee Hye Ram untuk menjelaskan apakah video itu dimanipulasi, Lee Hye Ram berkata video itu dia terima dari Prof. Kang setelah Kim Woo Hyun memberikan data video aslinya, berdasarkan penilaian Lee Hye Ram, video itu sama sekali bukan manipulasi. Tapi Ki Young jelas tahu bahwa video itu direkayasa, tapi bagaimana caranya Prof. Kang melakukan Rekayasa itu, sehingga tidak terlihat bahwa video ituadalah video manipulasi.

Then, Hyun Min berhasil menghilangkan semua bukti yang mengarah pada dirinya, dia bisa tersenyum dengan tenang, apalagi dia berhasil menekan Pamannya untuk melepaskan Se Kang Group dengan kasus yang sedang dihadapi Jae Min, dimana pamannya tak bisa menemukan satu orang pengacarapun yang bisa membebaskan Jae Min karena ancaman Hyun Min. Akhirnya Sang Paman memutuskan pilihan yang sama dengan Ayah Hyun Min 13 tahun lalu, yaitu bunuh diri dengan Anggur beracun yang dikirimkan Hyun Min sebagai hadiah demi keselamatan dan kesejahteraan hidup Jae Min, setelah Se Kang Group jatuh ke tangan Hyun Min.

Saat pemakaman pamannya Hyun Min bertemu Jae Min yang langsung berteriak histeris menuduh Hyun Min telah membunuh ayahnya.

Hyun Min mendekati Jae Min yang sudah tertunduk lemas, dia berbisik sebaiknya Jae Min bersikap seperti dirinya, jangan sia-siakan pengorbanan ayahnya, Hyun Min akan segera membebaskan Jae Min dari penjara, namun Hyun Min akan memastikan Jae Min tidak bisa melakukan balas dendam seperti yang dilakukan Hyun Min terhadap ayah Jae Min. (Bener-bener dah,, Nih Hyun Min psyco banget)

Ki Young kehabisan cara membuktikan kejahatan Hyun Min dia pun pergi ke kantor lama True Story, dia masuk ke ruangan Hades, dan menyalakan komputernya yang kemudian muncul logo Hades, akankah Ki Young kembali memulai aksinya sebagai Hades?

Suatu pagi nan cerah di kota Seoul, tersebarlah video pembunuhan Shin Hyo Jung dimana sketsa wajah Hyun Min terlihat di kaca jendela rumah Shin Hyo Jung saat pelaku pembunuhan mendorongnya. Tentu saja video itu hanyalah video rekayasa yang dibuat Ki Young, tapi yang tahu hal ini hanyalah Kang Mi dan Hyuk Jo. tersebarnya video itu tentu saja membuat kepolisian mau tak mau harus memanggil Hyun Min untuk memberikan keterangan.

Hyun Min yang merasa nama baiknya dicemarkan tentu saja langsung memenuhi panggilan kepolisian, Ki Young lah yang menginterogasinya. Ki Young bertanya apa hubungan Hyun Min dengan Shin Hyo Jung, tanpa ragu Hyun Min berkata Shin Hyo Jung adalah orang yang disukainya, mereka selama ini berkencan diam-diam karena Hyun Min tidak ingin hubungan  mereka diketahui siapapun. Ki Young menanyakan Alibi Hyun Min saat Shin Hyo Jung dan Nam Sang Won terbunuh, tapi Hyun Min memiliki Alibi yang kuat sedang melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

Ki Young memberikan sebuah foto Hyun Min yang tertangkap kamera saat sedang bersama Shin Hyo Jung di dalam mobil di malam terbunuhnya Shin Hyo Jung. Hyun Min berkata foto itu bisa saja hanya rekayasa, lagi pula jika benar Hyun Min pelakunya, kasus ini akan menyeret nama satu orang lagi, yaitu Letnan Kim Woo Hyun.

Hyun Min pamit dan meminta Ki Young untuk menyelidiki kasus ini baik-baik, karena ini menyangkut nama baiknya dan kasus pembunuhan orang yang dicintainya. Hyuk Jo dan Kang Mi sudah panik karena Hyun Min menyebutkan nama Woo Hyun, dengan cekatan Kang Mi segera menghapus rekaman CCTV yang menyebutkan nama Woo Hyun.

Ki Young memikirkan mengapa Nam Sang Won mengirimkan Laptopnya pada Woo Hyun, jika hanya ingin memberikan data suntikan dana yang dilakukan paman Hyun Min pada orang-orang yang membantunya menjebah Ayah Hyun Min, bukan kah Nam Sang Won bisa melakukannya hanya dengan mengirim email atau flashdisk? Mengapa harus Laptop? Ki Young pun mencari tahu masalah ini, dengan menemui salah satu pegawai safetech, dia pun menyadari sesuatu setelah mendapatkan salah satu computer Safetech dari seorang karyawati Safetech. Ki Young mengetahui bahwa semua computer di perusahaan Safetech menggunakan dulunya sebuah program antihacker yang  sebenarnya telah diprogrami sebuah program Hacker. Namun program antihacker perusahaan safetech sekarang sudah tidak seperti itu sejak adanya serangan stunex yang  sempat melumpuhkan kinerja pusat Listrik di Korea. Ki Young sadar, serangan stunex waktu itupun kemungkinan besar ada hubungannya dengan Hyun Min.

Alasan Nam Sang Won memberikan Laptopnya pada Woo Hyun adalah karena Nam Sang Won menyadari bahwa Laptopnya telah di hack dan ingin diselidiki oleh Woo Hyun yang merupakan anak dari dari salah satu rekannya yang telah turut bekerja sama menjebak Ayah Hyun Min.

Saat mengetahui tentang masalah antihacker yang diberi program lain, Ki Young mengusulkan agar mereka melaporkanhal ini pada Jeon Jae Wook, atasan mereka. Hyuk Jo berkata mereka tak bisa mempercayai Jeon Jae Wook, tapi menurut Ki Young mau tak mau mereka harus melakukan hal tersebut jika ingin mendapat ijin menyelidiki masalah ini. Saat KI Young, Kang Mi dan Hyuk Jo datang ke ruangan Jeon Jae Wook, disana ada Jaksa yang mengurus masalah Jae Min, dia datang ke sana untuk menangkap Kim Woo Hyun atas tuduhan melanggar Wilayah yang yang berada dalam perlindungan. Jaksa tersebut menunjukan bukti, sebuah memento penyadap yang dulu dihadiahkan Choi Seung Yun pada Yeom Jae Hee, dan berkata bahwa Woo Hyun telah menginstal bug spy di kantor Kejaksaan dengan alat itu.

Ki Young bingung, Hyuk Jo kaget, sedangkan Hyun Min tersenyum penuh kemenangan di kantornya saat tangan Ki Young diborgol.

Review:
6 episode yang membuatku gila,, haduh,, nih drama makin lama makin menggemaskan. Setelah di episode 7-8 kita disuguhi beberapa scene manis antara Ki Young dan Kang Mi, di enam episode 9-14 sama sekali tak ada. Walau sejak awal aku tidak mengharapkan Love line antara Ki Young dan  Kang Mi,, yah paling tidak,,,

Oke,, abaikan tentang sweetscene antara Ki Young dan Kang Mi. Episode 9-14 ini lebih terpokus pada  usaha Ki Young dan Hyuk Jo untuk membuktikan bahwa Hyun Min lah dalang dibalik semua kejahatan yang mereka selidiki selama ini, dimulai dari pembunuhan Nam Sang Wom, Shin Hyu Jong, Serangan virus DDoS dan Stunex, hingga tewasnya Detectif Han saat penyelidikan kasus Nam Sang Won.

Ki Young yang memutuskan untuk membuka identitas dirinya terhadap Hyuk Jo,sepertinya telah melakukan keputusan yang tepat, meskipun sejak Hyuk Jo mengetahui identitas sebenarnya dari Ki Young, Hyuk Jo lah yang lebih banyak membantu penyelidikan yang dilakukan Ki Young, dan peran Kang Kang Mi di enam episode ini terasa hanya sebagai pemanis saja, walaupun dia telah melakukan beberapa hal-hal penting seperti menyadari bahwa data dari Laptop Nam Sang Won telah dikopi oleh Detektif Han dan menemukan flashdisk dari kopian tersebut. Tapi,, tetap saja ya,, aksinya masih kalah jauh dibandingkan Ki Young dan Hyuk Jo, yang telah menjadi patner manis dan menggemaskan sejak Hyuk Jo mengetahui identitas Ki Young yang sebenarnya.

Masalah Spy Hyun Min di kepolisian, aku yakin bukan Prof. Kang yang terakhir, masih ada orang yang membantunya melarikan diri dengan rapi dari kantor polisi. Bisa jadi itu adalah Pejabat Kepolisian ataukan Lee Hye Ram, rekan kerja yang paling dekat dengannya, belum lagi keberadaannya pun masih tak tahu ada dimana setelah mendapatkan Uang dari Hyun Min.


Tapi entah mengapa aku yakin Prof. Kang akan muncul lagi. Saat tahu bahwa Kang Eun Ji lah Spy nya,, aku langsung teringat pada Drama Cain And Abel dimana So Ji Sub dan pemeran Prof. Kang  juga bersiteru hingga So Ji Sub sebagai Lee Cho In hampir membunuhnya, namun untungnya nggak jadi setelah Oh Young Ji yang diperankan Han Ji Min menyadarkannya. Uhuy,,, di Ghost pun mereka kembali bersiteru,, padahal aku ngarep banget di drama ini pemeran Prof. Kang itu akan jadi orang baik,, tapi pupus sudah harapanku.

BTW,, tentang tebak-tebakan siapa Spy Hyun Min di kepolisian selain Kang Eun Ji, ada rumor yang menyebutkan mungkin Kang Mi pun salah satu Spy Hyun Min,, waduh,, aku awalnya kaget berat mendengar hal itu, nggak mungkinlah Kang Mi itu spynya, banyak yang berpraduga, alasana Woo Hyun menunggui Kang Mi di depan Apartemennya saat flashback di episode 4 adalah karena Woo Hyun mencurigai Kang Mi telah menjadi mata-mata Hyun Min, apalagi pesan terakhir Woo Hyun pada Kang Min agar tidak menjadi seperti dirinya. Andew,,, aku sangat tak Rela jika Kang Mi harus menjadi Spy dari Hyun Min. Kalo itu sampe terjadi kasian bener ya Ki Young, masa Kang Mi, satu-satunya orang yang bisaia percaya sejak awal juga mengkhianatinya.

Tapi aku mulai terpengaruh dan mulai memperhatikan ekspresi wajah Kang Mi saat sedang melakukan penyelidikan dan penangkapan Yeon Jae Hee, dan hasilnya,, kok,,, aku jadi ikutan curiga ya? Aigooo,,, Andew,,, semoga spekulasi konyol ini tak terus bergelantungan di kepalaku,,

Aku ingin tetap mempercayai karakter Kang Mi, aku yakin dia adalah pengaggum setia Woo Hyun, tak mungkin dia sanggup menjadi pengkhianat dari prinsipnya untuk menjadi Polisi. Wish You All The Best, Yoo Kang Mi.

Tinggal 6 episode lagi, kemungkinan besar aku baru akan mereviewnya setelah drama Ghost ini berakhir. Minggu depan sudah memasuki bulan Ramadhan, dipastika aku sudah tidak bisa lagi mengikuti Ghost setiap minggunya. Tunggu tamatnya dulu saja deh,,

Sampai jumpa di Review berikutnya,, ^_^
16 Komentar untuk "[Review] Ghost Episode 9-14"

sampai episode 12 saya belum hafal nama pemerannya baru hafal setelah episode 14... bingung banyak cast nya apa karena saya nontonnya ga konsentrasi jadi terabaikan gitu hihi... trus nama mereka jarang disebut pula...


6 episode akhir mau diborong nih...

keren langsung recap 6 episode,, btw bukannya dah ke ungkap ya teh irfa siapa spy nya,,, di episode 13/14..
aq sepertinya tidak setuju kalo kang mi itu spy.. semoga nggak.... lucu deh kalo liat ekspresi kang mi diepisode 15.. ckckck

hoho, kebuka lagi ternyata ada yang jadi spy ^^
penasaran bikin ending yang bisa buat penonton terus inget gimana ya? semoga bisa keren sampe ending >.<
makasih mbak irfa!!!

mbak hisni pa kabar? ^^

hihihi iya, palagi yang baca, sering lupa mbak :P
thanks to author siop deh pokoknya!!!

Aku penasaran bgt,, apa nanti bakalan kayak SIGN, bukti2 diilangin semua, & Ki Young nemuin cara yg gak diduga2 buat ngebuktiin kejahatan si Hyun Min, aarrgghhh... >,<

kereenn...

kadang aku juga suka masih bingung,, suka sengaja dipelanin aja nontonnya pas nonton drama ini,,, Drama semacam ini, memang melibatkan banyak nama,, jadi mesti butuh perhatian ekstra saat menontonnya..

Kan masih ada satu spy lagi hisni,, udah ketauan sih ya,, di episode 16,, bener2 suka liat episode 15-16 yah,, banyak adegan lucu,, Ki Young, Kang Mi dan Byun Sang Woo,, mungkinkah terjadi cinta segitiga?? tapi kayaknya gak ada waktu ya,, buat ngebahas itu,,

setelah nonton episode 15,, semua pemikirin tentang Kang Mi yang kemungkinan spy menguap begitu saja,, aku suka ekspresi Kang Mi waktu liat2an sama KI Young pas kepala divisi cybercrime kembali menugaskan mereka,, mana ekspresi Ki Young juga bikin mesem2 sendiri pula,, haduh,, mereka ini bikin gregetan yah??

sama-sama dira ^_^

aku juga penasaran nih sama endingnya,, semoga SWnya tidak memberikan Ending seperti SIGN,, yang walopun masih kuingat dengan jelas sampai detik ini, tapi masih ngerasa ngenes sama endingnya,, tak terima :(

aku malah mikir,, mungkin kah Hyun Min akan tobat setelah tahu bahwa Ki Young pernah tahu tentang kasus Se Kang Group 13 tahun lalu? tapi si Hyun Min ini kayak ular ya,, mudah sekali melepaskan diri dari jeratan hukum,,,

tapi tetep berharap Hyun Min tertangkap dan menebus semua dosanya karena telah membunuh orang-orang tak berdosa, seperti Detektif Han,, asal endingnya jangan kayak SIGN aja,, Ki Young memutuskan mengorbankan diri?? Andeeew,,,

aq baru nonton drama ini sampai ep 8, krn nonton x d tv d s one tv chanel, tp untung x ada sub indonesia x jd aq ngerti jalan cerita x, walaupun harus sabar krn setiap minggu cuma ditayangin 2 epd
mksh ats rekap ghost x, d tunggu lanjutan nya.
kamsamhamnimda

haha.. bener bgt, please, cukup SIGN aja yg ngebikin main leadnya bunuh diri (secara tdk lngsung),, >,< Sigh!!! jadi inget adegan itu lagi,,

halo mbak irfa, seneng deh sama sinopnya... bikin greget.. minta lanjutannya ya mbak kalo sempet, hehe.. semangat ya mbak...
ditunggu kelanjutannya, gomawo.. ^_^

mbaa .
review ep yg selanjutnya ada kah ?
Aku baru nntn drama ghost baru2 ini . Hhe .
Jadi pgn tau review2nya , hhe .

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top