[Review] K-drama Thousand Years of Love



Gara-gara kemaren kelamaan nungguin keluarnya English Subs episode 10 Ghost, aku jadi DL macem-macem tentang Ghost, salah satu nya video Good Morning yang menampilaknpara pemain Ghost, tentu saja termasuk So Ji Sub. Aku bukan penggemar fanatik So Ji Sub, tapi aku suka aktingnya dan mengikuti beberapa dramanya. Di Video itu di jelaskan perjalanan karir So Ji Sub, mulai dari drama pertama yang dia bintangi hingga drama terbarunya Ghost. Dan ada satu drama yang menarik perhatianku, drama itu adalah Thousand Years of Love.

Sejujurnya sudah lama aku penasaran dengan drama ini. Kenapa? Karena Lead Female nya Sung Yu Ri. Tapi setiap kali melihat DVD nya di kota kembang aku maju mundur untuk membeli drama ini dan akhirnya memutuskan untuk tidak, karena aku pikir drama itu tampak seperti drama Saeguk biasanya.

Tapi karena Video So Ji Sub di Good Morning aku melihat Sung Yu Ri yang berpakaian putri masuk ke kamar mandi dimana So Ji Sub sedang mencuci rambutnya aku jadi mikir,, Apakah drama itu drama time traveller? Maka aku pun memutuskan menontonnya.


Detail

Title: 천년지애 / Chun-nyun Ji-ae
Also known as: Loving for a Thousand Years / The Everlasting Love
Genre: Romance, fantasy
Episodes: 20
Broadcast network: SBS
Broadcast period: 2003-Mar-22 to 2003-May-25
Air time: Saturday & Sunday 21:45

Cast
Sung Yu Ri as Princess Puyeo-ju
So Ji Sub as General Guishil Ari / Kang In-chul
Kim Nam Jin as General Kim Yu-suk / Fujiwara Tatsuji
Kim Sa Rang as Kum-hwa/ Go Eun Bi

Sinopsis

Putri Puyeo-ju adalah Putri dari kerajaan Nam Bu Yeo atau lebih dikenal sebagai Kerjaan Baek Je di sejarah saat ini. Berbeda dengan putri lainnya Puyeo adalah putri yang attractive, dia mengusai seni bela diri dan tak segan bertarung dengan para mata-mata yang berniat menghancurkan kerajaannya. Suatu malam ada mata-mata yang menyusup masuk ke kerajaan, Putri mengejarnya hingga keluar kerjaan, namun dia tak berhasil menangkapnya.

Hingga akhirnya dia tiba di sebuah tempat pelacuran, karena dia melihat penyusup itu masuk ke tempat itu. Saat masuk, orang-orang tidak percaya dia adalah putri karena pakaiannya compang camping sehabis bertarung dengan penyusup. Bahkan dia beradu mulut dengan Guishil Ari, seorang anak Jendral di Kerajaan Nam Bu Yeo. Ari mencercanya bagaimana mungkin seorang Putri bisa keluar dengan pakaian seperti itu, sementara itu Putri menasehati Ari agar tidak menggunakan nama aslinya di tempat seperti ini, karena itu hanya akan merusak nama baik keluarganya. Barulah saat Pengawal datang dan memberi hormat pada sang Putri, orang-orang termasuk Ari percaya jika Puyeo adalah Sang Putri.

Putri memerintahkan menggeledah tempat itu, tapi nihil, sang penyusup tak ditemukan. Karena keadaan darurat Ari pun di panggil ke Kerajaan untuk menjadi salah satu Pasukan kerajaan. Hubungannya dengan sang putri tidak terlalu baik, karena pertemuan pertama mereka. Namun saat Shilla datang menyerang Nam Buyeo, Ari lah yang hanya bisa menyelamatkan Sang putri. Kerajaan Nam Buyeo hancur, hanya tinggal Putri Puyeo keluarga kerajaan yang hidup. Putri merasa dirinya tak pantas hidup saat seluruh kerajaannya hancur, namun Ari menguatkannya dan merekapun saling berbagi perasaan. Atas dukungan Ari Akhirnya putri pun kembali mengumpulkan pasukan Nam Bu Yeo yang masih tersisa untuk menyerang Shilla dan merebut kembali kerajaannya. Putri merasa senang karena Ari ada disampingnya, Ari berjanji akan selalu melindungi Putri sampai kapanpun.

Sementara itu ada Kim Yu Shuk, salah satu mata-mata Shila yang sempat menjadi Jenderal di kerajaan Nam Buyeo. Dia adalah penyusup yang pernah dikejar Putri. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama pada sang Putri. Setelah mengambil alih kerajaan Nam Bu Yeo, dia terobsesi untuk membuat sang putri berada disisinya. Dia tak rela melihat sang putri bahagia bersama Ari, akhirnya dia membunuh Ari. Sang Putri melarikan diri dari kejaran Kim Yu Shuk, hingga dia tersedak di tepi Jurang. Dari pada ditangkap Kim Yu Shuk, Sang Putri memilih menjatuhkan dirinya ke Jurang.

Dan,, Vioala,,, dia tiba di masa depan, di Tahun 2003 (Its A time traveller?). Putri ditemukan di sungai yang ada di dasar jurang oleh seorang pemilik Klub malam. Putri d bawa ke kediaman pemilik klub malam itu, saat sadar dia merasa asing dengan tempatnya dan pergi melarikan diri. Saat para anak buah pemilik Klub itu mengajarnya, dia bertemu Kang In Chul yang wajahnya sangat menyerupai kekasihnya Ari. Putri senanga bertemu Ari dan langsung menciumnya, tapi karena kelelahan setalah berlari, Putri pingsan dipelukan Kang In Chul. Akhirnya In Chul pun membawa Putri ke rumah sakit.

Kang In Chul adalah seorang desainer yang bermimpi menjadi desainer besar, selama ini dia membuatkan baju untuk para penyanyi di klub malam saja. Dia tinggal di rumah kontrakan yang pemiliknya tinggal disebelah rumahnya. Pemiliknya itu semacam seorang peramal atau orang pintar.

Karena tidak tahu kemana Sang putri diantar pulang, dia membawanya ke kantor polisi, tapi polisi pun tidak tahu harus berbuat apa, apalagi Putri selalu meracau dirinya adalah seorang Putri. In Chul pun membawa pulang Putri ke rumahnya. Putri merasa aneh dengan tempatnya berada saat ini, tapi dia bingung bagaimana mencari tahu dimana dia berada saat ini.Yang hanya bisa dia lakukan adalah mengikuti In Chul kemanapun, karena baginya hanya In Chul yang dia kenal di tempat barunya ini. Tapi In Chul seringkali meninggalkannya karena merasa Putri merepotkan, meski pada akhirnya In Chul kembali menjemput Putri.

Saat akhirnya In Chul membawa Putri untuk sarapan di rumah induk semangnya, Pemilik rumah In Chul bertanya kapan Putri lahir saat Putri menyebutkan tahun lahirnya, Pemilik rumah In Chul kaget karena ternyata umur Putri adalah 1393 tahun. Putri ngeri mendengarnya begitu juga In Chul dan keluarga sang pemilik rumah. Tapi In Chul tak percaya bahwa Putri adalah orang dari masal lalu. Dia percaya putri adalah penderita amnesia yang tak tahu kemana harus pulang dan berfantasi aneh bahwa dirinya seorang putri.

In Chul pun mengajarkan segala hal pada Sang Putri agar Putri bisa hidup mandiri saat dia pergi bekerja, mulai dari menggunakan vakum cleaner, gosok gigi dan berpakaian yang sesuai dengan jaman tersebut.

Suatu kali In Chul membawa putri ke sebuah hotel, dimana In Chul akan bertemu klien yang ingin menyewa jasanya sebagai designer. Di Hotel itulah Putri bertemu dengan Tatsuji Fujiwara, reikarnasi dari Jenderal Kim Yu Shuk. Tatsuji mengenali wajah sang Putri karena dia memiliki lukisan Sang Putri yang merupakan warisan keluarganya. Tatsuji sudah jatuh cinta pada wajah di lukisan itu, dan saat melihat sang putri dia pun jatuh cinta pada sang putri.

Sementara itu, Pemilik Klub malam yang pertamakali menemukan sang Putri pun sangat terobsesi untuk mendapatkan sang Putri. Dia kerap kali menyerang In Chul untuk mendapatkan Sang Putri. Maka terjadilah acara rebut-rebutan Sang Putri antara Tatsuji dan Pemilik Klub Malam, sementara Sang Putri hanya ingin tinggal bersama In Chul.

Tapi In Chul akhirnya lebih memilih meninggalkan Sang Putri bersama Tatsuji, karena dia pikir Sang Putri lebih aman bersamanya. Namun Sang Putri tetap meminta kembali pada In Chul, karena dia tidak mau bersama dengan orang yang sudah membunuh kekasihnya. Bagaimanapun Sang Putri kerap kali menganggap In Chul sebagai Ari, dan In Chul tak suka itu. Apalagi In Chul pun lama-lama jatuh cinta pada sang Putri, dan mempercayai bahwa Putri adalah orang yang mengalami time traveller dari masa lalu.

Namun lambat laun, Putri meyadari In Chul bukan lah Ari, dan Tatsuji bukanlah Kim Yu Shuk, meskipun dia senang tinggal di dunia barunya ini, dai lebih memilih untuk pulang. Cara satu-satunya agar dia bisa pulang adalah dia kembali memakai pakaian kerajaannya dan kembali menjatuhkan diri di jurang yang sama saat dia terjatuh dari jaman Baek Je. Dia mencintai In Chul, dan merasa bersalah pada kekasihnya Ari yang telah meninggal di Jamannya, tapi dia memutuskan untuk kembali ke jamannya. 

Setelah pulang ke Baek Je, dia bergabung dengan Jenderal Kim Yu Shuk untuk membangun kembali kerajaan dan melawan Shila. Sang Putri pun menulis sebuah buku diary yang menuliskan nama In Chul di dalamnya. Dia tahu dirinya tak bisa bertemu dengan InChul lagi, namun dia berharap In Chul bisa membaca buku diary nya itu. Di tahun 2003 In Chul menatap kalung peninggalan sang Putri, dia menatapnya lama dan memutuskan sesuatu. Saat keluar rumah dia bertemu dengan Tatsuji yang berniat pamit karena akan pulang ke Jepang. Tatsuji bertanya, In Chul mau pergi kemana? In Chul bilang dia akan mengunjungi Sang Putri, dimana tanya Tatsuji, In Chul bilang di Nam Buyeo. (???, ituh si In Chul mau ke jaman Baek Je untuk menggantikan kedudukan Ari yang udah mati ya?)

Review
Drama apa ini?? Aku nggak nyangka kalo ada drama seaneh ini. Hmm mungkin karena aku menontonnya sekarang dan itu adalah drama Jadul?

Ya ampyun,, hampir tiap episode nya aku skip karena alurnya yang tarik ulur. bentar-bentar putri ada sama In Chul, trus sama Tatsuji, direbut lagi sama Pemilik klub,, judulnya salah tuh,, apanya yang Thousand Years of Love, harusnya judulnya perebutan Sang Putri. Cape banget ngikutin Alur yang tarik ulur gini.

Aku bertahan menonton drama ini karena Sung Yu Ri terlihat cantik baik dalam balutan pakaian sang putri maupun saat memakai baju buatan In Chul. Aktingnya? Ehm,, masih bagusan saat dia maen di One Fine Day,, aneh aja denger gaya bicara dia sebagai putri Baek Je,,, Oh iya,, ada satu lagi yang janggal pas dia Baek Je, dia pernah ngomong "gomawoyo" aku mikir di jaman Baek Je bahasa gomawoyo udah ada ya? Atau aku yang gak tau,, tapi rasanya aneh aja,,

Satu hal yang mengganggu pemandanganku saat menonton drama ini adalah gaya gambut Kang In Chul... Aigo,, aku jadi rada ilfeel nih ma So Ji Sub,, udah seneng tuh pas dia mau potong rambut, tapi apa? tetep aja aneh gaya rambutnya. Sampe akhirpun gaya rambutnya aneh. Untung aja aku suka penampilan dia pas jadi Ari, tapi kan cuman bentar,, lamanya dia jadi Kang In Chul. Kalo untuk aktingnya sih,,, Hmmm lumayan lah,, secara ceritanya drama ini rada-rada komedi juga,, di beberapa episode awal tingkah So Ji Sub bikin aku ketawa kok. Tapi karena alurnya yang hanya berkisar tentang memperebutkan keberadaan sang Putri, aku jadi capek ngikutinnya.

Note:
Ini hanya pendapat pribadiku setelah menonton, tidak bermaksud apapun, hanya ingin mengungkapkan perasaanku saja setelah menonton. Tapi tetep suka sama Sung Yu Ri dan So Ji Sub, walo drama ini aneh,,,
 
7 Komentar untuk "[Review] K-drama Thousand Years of Love"

wakakakakakakkkkkk!!
asli ngakak baca reviewmuuu, irfa ;))

pertama kali liat nih drama, gue udah punya feeling lebih baik gak ngikutin nih drama..

aduh beneran irfa, aku ketawa baca reviewmu ;))

salam kenal aq lass ku sk bgt ma sjs n ni satu2 nya dramanya yg blm ku tonton krn nyari dah g ada dvdnya yg jual jd mksih y dah bagi2

Cm bs blg untung gak jd bli:) sm kyk km berkali-kali liat dvdnya dipegang trh lg, pegang trh lg. Ampe gak dijual lg dvdnya LOL

anonim.....kalau Mau dari drama Korea pasang saja aplikasi di handphone kamu, ini nama aplikasi nya (watchwhat asianDrama)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

hahaha sama mba,tarik ulur juga antara mau beli kasetnya atau tdk..tpi setelah membaca dri mba jdi bersyukur untung dee gj jdi beli..hehehe

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top