[Review] K-drama Three Brother



Bingung mau terusin nulis sinopsis apa ujung-ujungnya aku malah milih bikin Review drama lagi deh. Sebenernya aku sudah cukup lama menonton drama ini, hampir 2 tahun lalu ya,,, tapi setiap kali liat Lee Joon Hyuk,, maka aku akan langsung teringat pada drama ini. Karena baru-baru ini Lee Joon Hyuk bermain di Equator Man aku jadi teringat lagi sama drama ini. Kangen banget liat Joo Hyuk Oppa pas jadi Yi Sang...


Details
  • Title: 수상한 삼형제 / Susanghan Samhyungje
  • Also known as: Suspicious Three Brothers / Strange Brothers
  • Genre: Romance, drama
  • Episodes: 70
  • Broadcast Network: KBS2
  • Broadcast period: 2009-Oct-17 to 2010-Jun-13
  • Air time: Saturdays & Sundays 19:55
Cast
Kim family
  • Ahn Nae Sang as Kim Gun Kang (eldest)
  • Do Ji Won as Uhm Chung Nan
  • Oh Dae Gyu as Kim Hyun Chal (middle, businessman)
  • Kim Hee Jung as Do Woo Mi (Hyun Chal's wife)
  • Lee Joon Hyuk as Kim Yi Sang (youngest, police officer)
  • Park In Hwan as Kim Soon Kyung (father)
  • Lee Hyo Choon as Jun Kwa Ja (mother)
  • Kim Jin Seong as Kim Hyun Soo (Hyun Chal & Woo Mi's son)
  • Jung Yoon Suk as Jong Nam (Chung Nan's son)
Joo family
  • Oh Ji Eun as Joo Eo Young (Yi Sang's girlfriend)
  • No Joo Hyun as Joo Beom In (Eo Young's father)
  • Jang Da Yoon as Joo Boo Yeong (Eo Young's younger sister)
Other people
  • Lee Bo Hee as Kye Sol Yi (Woo Mi's mother)
  • Lee Jang Woo as Baek Ma Tan (police officer, Yi Sang's friend)
  • Lee Jung Gil (이정길) as Yoo Chi Jang
  • Kim Ae Ran as Tae Yeon Hee (Hyun Chal & Woo Mi's friend)
  • Go Se Won as Wang Jae Soo (Eo Yeong's ex-boyfriend)
  • Im Seo Yeon as Ji Seong Mi (Jae Soo's fiancée)
  • Yoon Joo Hee as Lee Tae Baek (Prosecutor)
  • Son Jong Bum as Police Sergeant Yoo
  • Na Jong Soo (나종수) as Bang Bum Yong
  • Bang Joong Hyun as Ha Haeng Sun
Synopsis
Drama ini menceritakan kehidupan dari tiga orang kakak beradik keluarga Kim putra dari Kim Soon Kyung, seorang polisi senior yang selalu sulit naik pangkat dan masih saja menjadi polisi patroli di masa tuanya.

Kim Gun Kang, putra tertua keluarga Kim adalah seorang pengusaha yang selalu tertipu dalam hidupnya. Istrinya yang kaya raya tidak suka jika harus tinggal bersama keluarga suaminya yang sederhana. Hubungan Gun Kang dengan istrinya sepertinya kurang harmonis, dan pernikahan mereka berujung dengan perceraian. Akibat perceraian tersebut, hidup Gun Kang jadi luntang lantung. Gun Kang adalah anak kesayangan ibunya. Bagi Ibu apapun yang dilakukan Gun Kang tidak ada yang salah, dia selalu membela Gun Kang apapun yang telah dilakukan putranya. Gun Kang akhirnya bekerja di sauna milik Adiknya Kim Hyun Chal sebagai penjaga Sauna. Gun Kang kemudian bertemu dengan seorang perempuan bar Uhm Chung Nan, hingga akhirnya mereka menikah, namun ternyata Chung Nan menyembunyikan latar belakang hidupnya yang ternyata seorang single mom dengan satu anak. Gun Kang awalnya marah pada Chung Nan, namun lambat laun dia berusaha menerima kenyataan tersebut dan menganggap Jong Nam putra Chung Nan sebagai putranya sendiri. Dari sinilah Gun Kang mulai belajar bertanggung jawab untuk menjadi suami dari Chung Nan dan ayah yang baik untuk Jong Nam.

Kim Hyun Chal, putra kedua keluarga Kim. Sebenarnya dia pengusaha Sukses, biaya hidup keluarga Kim sebagian besar dialah yang menanggung, Karena Hidup kakak tertuanya kacau balau, Hyun Chal menggantikan peran kakaknya untuk menanggung beban anak pertama, begitu juga istrinya Do Woo Mi yang menjadi menantu yang tinggal di rumah keluarga Kim dan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga di rumah itu. Woo Mi menikah dengan Hyun Chal memang karena kecelakaan, karena itulah dia merasa rendah diri dihadapan mertuanya dan selalu melakukan apapun perintah ibu mertuanya tanpa mengeluh. Dia sangat mengabdikan seluruh hidupnya demi keluarga Kim dan kedua anaknya, hingga tak ada waktu mengurus dirinya sendiri. Namun dia mulai berubah saat Hyun Chal tergoda oleh sahabatnya sendiri dan mulai berselingkuh. Woo Mi tentu saja tidak terima setelah pengabdiannya selama ini, seenaknya saja suaminya berselingkuh, namun saat tahu bahwa Sahabatnya itu malah menipu sang suami setelah mengodanya Woo Mi pun bahu membahu dengan Hyun Chal untuk kembali merebut apa yang telah diambil oleh wanita selingkuhan sang suami.

Kim Yi Sang, putra bungsu keluarga Kim. Yi Sang bekerja sebagai petugas kepolisian, mengikuti jejak ayahnya. Karir Yi Sang sangat cemerlang namun kehidupan cintanya sedikit bermasalah karena terlalu fokus pada pekerjaannya, hingga dia bertemu dengan Joo Eo Young, seorang wanita kair pembuat aksoseris sukses. Pertemuan pertama mereka terjadi karena pertengkaran Eo Young dengan kekasihnya, Wang Jae Soo yang berselingkuh dan berakhir meninggalkan Eo Young. Sejak itu mereka bertemu beberapa kali. Sikap Eo Young yang dingin membuat Yi Sang penasaran, namun pada akhirnya Yi Sang selalu melihat sisi terburuk Eo Young karena ditinggalkan Jae Soo yang ternyata seorang Jaksa yang bekerja sama dengan divisi yang dipimpin Yi Sang.

Lama-lama Yi Sang jatuh cinta pada Eo Young dan berusaha meyakinkannya Eo Young bahwa dia bisa membantu Eo Young melupakan Jae Soo. Eo Young awalnya menolak Yi Sang, selain karena dia belum bisa melupakan Jae Soo dia pun tidak menyukai kenyataan bahwa usia Yi Sang lebih muda darinya. Yi Sang terus berusaha keras mendapatkan hati Eo Young hingga Eo Young pun luluh dan mulai membuka hatinya untuk Yi Sang, tapi,,, Jae Soo tidak rela melihat kedekatan Eo Young dan Yi Sang. Dia pun merusak hubungan Eo Young dan Yi Sang dengaberkata ingin memulai semuanya dengan Eo Young lagi. Karena Eo Young memang masih mencintai Jae Soo, dia pun meninggalkan Yi Sang demi bisa bersama dengan Jae Soo. Hati Yi Sang hancur saat itu, namun dia berusaha tegar dan mendo'akan kebahagiaan Eo Young.

Ternyata Jae Soo hanya menipu Eo Young, saat dia memulai kembali dengan Eo Young dia pun masih meneruskan rencana pernikahan dengan tunangannya. Saat Eo Young mengetahui hal ini, Eo Young syok berat, apalagi tunangan Jae Soo menuduh Eo Young sebagai Stalker yang dibicarakan Jae Soo padanya. Eo Young merasa harga dirinya terluka, dari pada hatinya yang terluka karena pengkhianatan Jae Soo, dia lebih terluka akibat kata-kata Jae Soo yang malah menyalahkan eo Young saat tunangan Jae Soo marah dan memutuskan pertunangan mereka.

Eo Yeoung terluka hebat karena insiden ini, bahkan berniat menenggelamkan dirinya dipantai karena merasa tak pantas hidup. Namun Yi Sang mencegahnya dan mencoba menyadarkan Eo Yeoung bahwa masih ada yang menghargai Eo Young sebagai wanita dan akan selalu mencintainya, yaitu dirinya Kim Yi Sang.

Eo Young memulihkan hatinya sejenak dari pengkhianatan Jae Soo. Yi Sang menemaninya dan selalu berada di samping Eo Young. Hingga Eo Young sadar dia pun sangat membutuhkah Yi Sang. Eo Young mengakui perasaannya pada Yi Sang dan berjanji tidak akan pernah meninggalkan Yi Sang seperti sebelumnya. Mereka pun kembali berhubungan.

Masalah mulai timbul saat ayah Eo Young berkata bahwa dia tidak ingin memiliki menantu seorang Polisi. Ini membuat Eo Young kebingungan, dia tidak ingin meninggalkan Yi Sang tapi dia juga tak ingin mengecewakan Ayahnya. Pada akhirnya Yi Sang pun memutuskan menyembunyikan pekerjaannya saat Eo Young mengenalkan Yi Sang pada ayahnya. Ayah Eo Young sangat menyukai Yi Sang yang terlihat sangat dapat diandalkan, namun Ibu Yi Sang malah tidak menyukai Eo Young yang terlalu modern baginya. Apalagi saat dia tahu usia Eo Young 3 tahun lebih tua dari Yi Sang.

Masalah hubungan Yi Sang dan Eo Young tak berhenti sampai di situ, saat pihak keluarga memutuskan untuk bertemu, Ayah Yi Sang kaget ketika melihat siapa Ayah Eo Young. Begitupun Ayah Eo Young yang langsung kabur ketika melihat ayah Yi Sang. Ternyata mereka punya masa lalu yang buruk. Ayah Eo Young dulunya adalah Narapidana yang melarikan diri dari pengawasan Ayah Yi Sang, hingga karir Ayah Yi Sang tersendat seperti sekarang. Ayah Yi Sang bertekad untuk kembali menangkap Ayah Eo Young kembali, meskipun  kasusnya telah lama ditutup, dendam Ayah Yi Sang pada Ayah Eo Young tak bisa terhapus.

Eo Young jadi merasa lelah dengan semua masalah ini, dia tidak ingin melukai hati ayahnya dengan tetap mempertahankan hubungannya dengan Yi Sang. Meski Yi Sang yakin, mereka bisa mendapatkan cara untuk meluluhkan hati kedua keluarga itu agar bisa menerima hubungan mereka. Eo Young akhirnya memutuskan menyerah dan hendak pergi ke luar negeri.

Yi Sang mengalami kecelakaan saat menangkap penjahat dan membuatnya terluka parah. Dalam keadaan tidak sadarnya Yi Sang terus menerus menyebut nama Eo Young membuat ayahnya Iba pada anak bungsunya itu. Akhirnya ayah Yi Sang menyerah dan memaafkan Ayah Eo Young, dia bahkan datang ke bandara untuk membujuk Eo Young agar mengurungkan niatnya meninggalkan Yi Sang.

Akhirnya Eo Young tak jadi pergi ke luar negeri. Dia mendatangi Yi Sang yang terluka, mereka pun berbaikan. Eo Young dan Yi Sang pun memutuskan segera menikah meskipun tanpa persetujuan Ibu Yi Sang yang keras kepala. Namun pada akhirnya Ibu Yi Sang pun menghadiri pernikahan Eo Yeoung dan Yi Sang.

Kehidupan pernikahan Eo Young dan Yi Sang tidak selamanya manis,, masalah datang silih berganti dan semakin hari semakin rumit. Eo Young bahkan berpikir, jika tahu bahwa menikahi Yi Sang akan begitu melelahkan, dia pasti berpikir ulang untuk menikah dengan Yi Sang apalagi Yi Sang pun semakin sibuk dengan pekerjaannya, Eo Young merasa tak diperhatikan. Lalu Eo Young berkali-kali melihat Yi Sang bersama Jaksa perempuan yang bekerja sama dengan Divisi yang dipimpin Yi Sang. Jaksa itu adalah putri dari kepala Polisi tempat Yi Sang bekerja dan teman baik ayah Yi Sang. Sang Jaksa sempat di undang ke rumah oleh Ibu Yi Sang saat Eo Young sedang berkunjung. Eo Young kesal saat Ibu Yi Sang mengatakan bahwa dia akan merasa lebih beruntung jika Jaksa itulah yang menjadi menantunya. Eo Young semakin stress saat Ibu mertuanya mulai memintanya segera memberikan keturunan untuk Yi Sang. Sementara bagi Eo Young memiliki anak itu merepotkan.

Rumah tangga Eo Young dan Yi Sang semakin berada dalam krisis, apalagi saat Yi Sang lebih memilih untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di keluarganya setelah Ayahnya di pensiunkan lebih Awal dari kantor Polisi. Eo Young semakin merasa ditinggalkan, hingga akhirnya Eo Young memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai pada Yi Sang secara diam-diam setelah mereka bertengkar dan Yi Sang memutuskan untuk sementara tinggal di rumah keluarganya.

Di hari ulang tahun Eo Young, Yi Sang bertemu dengan Ayahnya yang berkata bahwa Eo Young mungkin terlihat seperti tak peduli pada masalah keluarga mereka, tapi setiap orang memiliki cara berbeda untuk menunjukkan cinta mereka. Ayahnya berkata pada Yi Sang, bahwa Eo Young telah memberikan apa yang dibutuhkan Ayahnya tanpa banyak kata-kata penghiburan, karena itulah cara Eo Young untuk menunjukkan cintanya pada keluarga suaminya. Setelah menyelesaikan kasus, Yi Sang segera menemui Eo Young dan meminta maaf, dia kecewa saat melihat surat gugatan cerai yang ada di kamar mereka. Namun dia memaafkan Eo Young dan merobek surat gugatan cerai itu.

Apakah akhirnya pernikahan mereka berakhir bahagia? Setelah begitu banyak cobaan yang mereka hadapi. Sayangnya belum,,, Eo Young yang pada akhirnya menginginkan memiliki anak, harus menelan pil pahit saat mengetahui bahwa dia akan kesulitan mengandung karena Rahimnya telah mengering. Akankah akhirnya Yi Sang dan Eo Young bisa memenuhi harapan ibunya?

Review
Awalnya aku sama sekali tak tertarik nonton drama ini. Apalagi panjangnya minta Ampun 70 episode? geleng2 kepala deh, meski awalnya aku penasaran dengan akting Lee Joon Hyuk yang sebelumnya aku lihat aktingnya di drama City Hall. Di drama itu Lee Joon Hyuk berperan sebagai In Sook sekertaris Jo Gook yang tak kalah keren dan berambisinya denga sang atasan.

Lalu aku melihat salah satu iklan sinetron Indonesia yang tayang di salah satu TV swasta berjudul Langit dan Bumi. Entah kenapa aku merasa pernah membaca plot cerita sinetron itu, selidik punya selidik akhirnya aku cek dramawiki dan Viola,,, memang bener banget,, tuh Sinetron jiplak jalan cerita Three Brother. Aku jadi penasaran dan bela-belain beli drama ini pada akhirnya.

Menonton Episode pertama membuatku semakin tertarik untuk mengikuti ceritanya, tapi aku paling suka cerita Yi Sang dan Eo Young, kalo cerita dua kakaknya Yi Sang sering aku skip. Apalagi pas adegan kakak keduanya berselingkuh, males banget nontonnya. Selain Yi Sang dan Eo Young akupun suka dengan semangat kakak ipar Yi Sang Do Woo Mi, dia mungkin bukan istri yang bisa menyenangkan suami, tapi dia berjuang keras agar bisa diterima sebagai menantu di keluarga suaminya. Saat akhirnya Woo Mi memutuskan untuk keluar rumah, Ibunya jadi kelabakan mengerjakan pekerjaan rumah, dan baru sadar bahwa keberadaan Woo Mi dirumah sangat penting.

Oh iya, ada satu pasangan lagi yang aku suka di drama ini, mereka adalah Joo Boo Yeong dan Baek Ma Tan. Boo Yeong adalah adik Eo Young yang masih kuliah sementara Ma Tan adalah teman baik Yi Sang di kepolisian. Boo Yeong pertama kali bertemu Ma Tan, saat dia diselamatkan oleh Ma Tan dari gangguan para berandalan. Boo Yeong jatuh cinta pada pandangan pertama pada Ma Tan. Maka saat akhirnya mereka bertemu kembali dan tahu bahwa Ma Tan adalah teman Yi Sang, Boo Yeong langsung setuju menyembunyikan identitas Yi Sang yang polisi dari Ayah Eo Young dengan syarat Yi Sang mau mengenalkan Boo Yeong dengan Ma Tan, tentu saja Yi Sang setuju, bahkan Yi Sang meminta Ma Tan untuk menjadi guru privat Boo Yeong, namun entah apa yang terjadi Boo Yeong akhirnya hamil dan Ma Tan dan Boo Yeong pun akhirnya menikah.

Mereka berdua pasangan yang sweet banget, saling mengerti dan memahami mungkin karena usia Ma Tan yang lebih dewasa dibanding Boo Yeong, sehingga Ma Tan selalu mengayomi apapun keinginan Boo Yeong terutama saat Boo Yeong dalam masa ngidamnya. Pasangan ini suka bikin Eo Young iri, karena Yi Sang jarang melakukan hal romantis setelah mereka menikah.


Sumber
Detail dan Cast: Dramawiki
Gambar: Hancinema
5 Komentar untuk "[Review] K-drama Three Brother"

Cuma bisa bilang Indonesia :"Sudah biasa.....huhuhu..."

Busyet....pantas liku ceritanya banyak amat,70 episode up ya Irfa....
kalo aku nonton sepanjang itu aku rasa aku ngambil awal sama akhir dan tengah nya aja nonton kekek.
tapi thanks berat nih udah dibagi2 ceritanya...

haha, iya kok mbak irfa-ketauan banget suka ma pasangan eo young ma yi sang, panjang bener ceritanya daripada dua kakaknya yang lain :)
judulnya mirip sama ojakgyo brothers, tapi gak tau kenapa dira malah milih liat ojakgyo, mungkin dari sisi humor kali ya? :P
lee jon hyuk yang main di city hunter juga gak mbak?dia juga main di city hall??? 2 judul yang gak jauh beda ^^"
bener kata mbak cha-pantes lah 70 episode itu dengan liku yang panjang-dari mulai belum pacaran sampe mau punya anak...
DIRA SAMA MA MBAK CHA! tapi mungkin kalo 70 episode masih kuat, kalo 100 lebih dira mikir lama hehe...
hem, kadang dira kangen bisa liat sinetron yang sekreatif orang sana :D
MAKASIH MBAK IRFA!!! >,<
*pengantar sebelum baca sinopnya mbak anis wkwkwkwk - usaha nodong...

hahah semakin meyakinkan diriku, klo Indonesia cuma tahu njiplak!!

Aku juga nontonnya banyak di skip Cha,, aku cuman ngikutin kisahnya Eo Yeong dan Yi Sang aja,, lucu banget pas masa-masa mereka pacaran, jadi suka sama Lee Joon Hyuk gara-gara drama ini...

Oh iya ya,, hahaha,,, habisnya mereka lucu sih,, Three Brothet juga sebenernya banyak adegan lucunya, cuman nggak aku ceritain aja,, aku lebih fokus ke inti ceritanya yang panjang banget itu pas bikin Review ini, apalagi aku dah lama banget nonton drama ini, kayaknya DVDnya juga dah nggak bisa di setel saking terlalu sering aku rerun dulunya,,

Iya Lee Joon Hyuk yang jadi City Hunter, untuk pertama kalinya Lee Joon Hyuk jadi Lead Actor di Three Brother, sejak itu dia mulai sering dapet peran penting di drama,,,

Iya ya,, walo episodenya banyak tapi nggak ngebosenin, dan ceritanya masih terarah dengan baik nggak ngalor ngidul kayak produk kita,,

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top