[Review] K-drama How To Meet A Perfect Neighbor


Selesai nonton Family's Honor aku langsung tergoda menonton drama lain yang dibintangi Park Shi Hoo, Aku pilihlah drama ini. Selain porsi Park Shi Hoo di drama ini lebih banyak di drama Let's Marry, di drama ini pun Park Shi Hoo lagi-lagi jadi Second Lead yang mendapatkan Lead Actress nya.



Details

  • Title: 완벽한 이웃을 만나는 법 / How to Meet a Perfect Neighbor
  • Also known as: The Way to Meet Up with Perfect Neighbors / The Perfect Neighbor
  • Genre: Romance
  • Episodes: 20
  • Broadcast network: SBS
  • Broadcast period: 2007-Jul-25 to 2007-Sep-27
  • Air time: Wednesday & Thursday 21:55

Cast

  • Kim Seung Woo as Baek Soo Chan
  • Bae Doo Na as Jung Yoon Hee
  • Park Shi Hoo as Yoo Joon Suk
  • Wang Ji Hye as Go Hye Mi
Extended Cast
  • Son Hyun Joo as Yang Duk Gil
  • Shin Dong Woo as Yang Go Ni (Duk Gil's adopted son)
  • Kim Sung Ryung as Jung Mi Hee (Yoon Hee's older sister)
  • Park Yeon Ah as Ahn Ye Seul
  • Park Won Sook as Sun Woo (Yoon Hee & Mi Hee's mother)
  • Jung Dong Hwan as Go Chang Shik (Hye Mi's father)
  • Seo Kwon Soon as Song Young Ja (Hye Mi's mother)
  • Kim Suk Ok as Han Ok Geum (Joon Suk's mother)
  • Kim Roe Ha as Kang Yeok Gae (Police detective, 40)
  • Kim Sung Tae as Detective Kim
  • Kwon Tae Won as Chief Detective
  • Lee Won Jae as Byun Hee Sup
  • Kim Sun Hwa as Choi Bo Kyung (Hee Sup's wife)
  • Han Ye In as Byun Seon
  • Lee Byung Hyun (이병현) as Byun Young
  • Kim Jung Hak as Cha Young Jae (J Corporation executive, 30)
  • Kim Gil Ho as Yoo Man Ho (Joon Suk's father)
  • Ahn Sun Young as Oh Jung Sook
  • Park Kwang Soo (박광수) as Wie Dae Han (Jung Sook's husband)
  • Cha Seo Won as Lei Kim
  • Kim Young Jin as Mina (Joon Suk's other secretary)
  • Jang Hye Sook as Yeon Soo Yeon (Go Ni's mother) 

Synopsis

Baek Soo Chan adalah seorang pria yang dikagumi banyak wanita baik itu di rumah maupun di unversitas tempatnya mengajar. Dia adalah Playboy yang bisa melelehkan hai wanita manapun yang mendapat perlakuan baik darinya. Para Istri tetangganya mengagumi dia sebagai the Guy Nextdoor yang menjadi pelipur hati mereka saat bosan dengan beban pekerjaan rumah mereka. Di Universitaspun dia punya Affair dengan salah satu rekan sesama Professor yang juga putri dari pemilik Universitas tempatnya bekerja serta salah seorang Mahasiswanya.

Suatu hari Baek Soo Chan pergi ke Kamboja untuk seminar sekaligus berlibur dengan rekan sesama Professornya. Dalam perjalanan ini dia bertemu dengan Jung Min Hee dan adiknya Jung Yoon Hee yang tak lain adalah tetangganya di kompleks perumahan tempatnya tinggal. Min Hee yang tergila-gila pada Baek, sengaja mengikuti Baek dengan mengajak adiknya Yoon Hee. Selain itu dia juga bertemu dengan Yang Duk Gil teman lamanya dari kampung yang begitu membencinya karena kesalahan masa lalu Baek padanya. Baek juga bertemu dengan Go Hye Mi, gadis yang dia selamatkan dari sebuah kecelakaan mobil yang tenggelam di sungai. Namun ternyata masalah dalam drama ini bukan berawal dari kepergian Baek Ke KAmboja, kemudia menemukan sejatinya.

Masalah hidup Baek mulai timbul karena dia dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Yeon Soo Yeon. Mayat wanita yang ditemukan terbunuh di dekat perumahan yang ditempati Baek. Soo Yeon ternyata adalah mantan kekasih Baek yang memiliki anak diluar nikah.  Selama ini anaknya di asuh oleh teman lama Baek Yang Duk Gil yang setelah ditinggal istrinya tinggal di rumah Baek di Seoul. Apalagi Affairnya dengan sesama profesor di Universitasnya terbongkar oleh suami sang rekan hingga membuat Baek dipecat sebagai Professor.

Untungnya ada keluarga Yoon Hee yang baik hati dan mengijinkan Baek, Yang Duk Gil, serta Yang Go Ni tinggal di rumah mereka. Sejak Baek tinggal di rumah keluarga Yoon Hee, dia jadi dekat dengan Yoon Hee yang terkesan tidak terpikat sama sekali oleh pesonanya, karena Yoon Hee tahu kelakuan Baek yang playboy. Meski begitu Yoon Hee yang tak tertarik padanya itu sangat membuat Baek penasaran dan selalu ingin terlibat dengan gadis itu. Yoon Hee pun tampak nyaman saat berada bersama Baek, merekapun menjadi teman dekat yang sangat akrab, dimana keduanya saling membantu dan menghibur saat mereka dalam kesulitan.

Jung Yoon Hee bekerja sebagai Sekertaris di perusahaan J-Contruction. Dia adalah sekertaris Direktur perusahaan itu yang bisa santai bekerja setelah Yoon Man Hoo Direktur perusahaan itu ambruk karena koma. Yoon Hee bekerja menjadi sekertaris di perusahaan itu karena keberuntungannya, dia bahkan bukan lulusan universitas terkenal dan hanya lulusan SMA yang sempat menyelamatkan nama perusahaan atas aksinya sehingga dia dipanggil oleh sang direktur dan dijadikan sekertarisnya. Direktur pun tahu kapasitas Yoon Hee, dia mempertahankan Yoon Hee sebagai sekertaris karena kebaikan hati Yoon Hee yang selalu peduli pada orang-orang disekitarnya dan selalu ingin berusaha yang terbaik dalam pekerjaannya.

Komanya Yoon Man Hoo membuat para direksi J-Contruction kembali memanggil Yoon Joon Suk, putra tunggal Yoon Man Hoo yang pernah terlibat skandal dengan salah satu pegawai wanita J-Contruction dan akhirnya disembunyikan di luar negeri, untuk menggantikan ayahnya memimpin J-Contruction. Joon Suk adalah orang yang sangat dingin, dia punya hobi bekata "Jadi?" setiapkali bawahannya melaporkan kesulitan yang mereka miliki. Maka orang yang menjadi sekertarisnya adalah orang paling malang di dunia. Dan yang terpilih jadi orang termalang itu adalah Yoon Hee, karena dinilai orang yang paling tepat mendampingi pemimpin baru perusahaan J-Contruction.

Yoon Hee telah mendapat banyak bocoran dari para Sunbae-nya yang pernah menjadi sekertaris Joon-Suk. Para Sunbaenya menceritakan betapa mengerikannya pria itu dalam memperlakukan sekertarisnya. Tak jarang sekertaris Joon Suk mengundurkan diri karena tak tahan pada sikap dingin sang atasan. Tapi karakter Yoon Hee yang periang sama sekali tidak terpengaruh pada sikap dingin dan meremehkannya Joon Suk. Saat Joon Suk tak menerima kopi yang dibuatnya, Yoon Hee dengan tenang malah meminum kopi itu sendiri. Saat Joon Suk mengetakan "Jadi?" ketika mereka berbicara, Yoon Hee malah tertawa dan mengatakan, ternyata rumor Joon Suk punya Hobi mengatakan "Jadi?" itu benar adanya. Saat Joon Suk memberikan beban pekerjaan berat untuk membuktikan kemampuannya, Yoon Hee melakukan itu sebaik mungkin dan mengakui saat Joon Suk mengetahui pekerjaan itu bukan hasil kerjanya.

Yoon Joon Suk terkenal sebagai lelaki yang dingin pada wanita, sejak skandalnya dengan salah satu karyawan wanita di J-Contruction berakhir dengan tragis. Dia telah dijodohkan dengan Go Hye Mi yang ternyata salah satu tetangga Yoon Hee dan pernah ditemui gadis itu di Kamboja. Joon Suk tidak menolak perjodohan itu namun dia memperlakukan Hye Mi begitu dingin sejak awal mereka bertemu. Hye Mi merasa menjadi istri Joon Suk akan menjadi beban berat yang harusnya ditanggungnya seumur hidup, setelah dia mengorbankan orang yang dicintainya demi menikah dengan Joon Suk, karena sikap dingin Joon Suk pada wanita. Namun betapa kagetnya Hye Mi saat melihat calon suaminya itu bisa tertawa dan bercanda dengan Jung Yoon Hee sekertarisnya. Hye Mi bahkan sempat tak sengaja bertemu Joon Suk di dekat rumahnya setelah Joon Suk mengantarkan Yoon Hee pulang ke rumahnya.

Sejak awal Yoon Hee tahu bahwa Hye Mi adalah tunangan Joon Suk, namun dia tidak bisa mengendalikan perasaannya saat dia menyadari dia jatuh cinta pada atasannya itu. Yoon Hee mencoba mengahapus perasaannya itu dengan melakukan "matseon" yang direncanakan ibu Hye Mi, namun Joon Suk datang dan menggagalkan acara kencan buat itu. Joon Suk  yang juga telah jatuh cinta pada sekertarisnya itu, akhirnya mengakui perasaannya, namun dia juga berkata dia tidak bisa menikahi Yoon Hee karena pernikahannya dengan Hye Mi telah ditetapkan ibunya sejak awal. Yoon Hee awalnya merasa tidak apa-apa dia dijadikan kekasih gelap Joon Suk, namun perlakuan Hye Mi padanya membuatnya tak tahan dan berniat melepaskan Joon Suk meskipun itu sangat berat karena Joon Suk adalah cinta pertamanya. Namun Joon Suk ingin mempertahankan Yoon Hee dia pun mulai berpikir untuk menolak perjodohannya dengan Hye Mi.

Saat Yoon Hee terpuruk karena hubungannya dengan Joon Suk, Baek menjadi tempat bersandar Yoon Hee. Baek menghibur Yoon Hee dan memberikan semangat pada gadis itu untuk bertahan dengan kehidupannya. Yoon Hee merasa Baek adalah sahabatnya terbaiknya dia pun berusaha untuk membantu Baek mendapatkan pekerjaan hingga Baek bisa bekerja di J-Contruction. Baek mungkin akhirnya jatuh cinta pada Yoon Hee namun dia tak ingin mengakuinya karena dia melihat Yoon Hee begitu mencintai Joon Suk.

Joo Suk pun memutuskan menolak perjodohannya dengan Hye Mi, namun ternyata perjodohannya dengan Hye Mi bukan sekedar perjodohan keluarga demi menyatukan saham perusahaan kedua keluarga, tetapi juga demi menutupi kejahatan Ibu Joon Suk yang berkaitan dengan kematian Yeon Soo Yeon. Siapakah sebenarya Yeon Soo Yeon? Apakah sikap yang akan diambil Joon Suk saat tahu pernikahannya denga Hye Mi harus dia lakukan demi menutupi kejahatan sang ibu? Bagaimana kelanjutan hubungannya dengan Yoon Hee, apalagi Joon Suk tahu bahwa sebenarnya Baek begitu perhatian pada Yoon Hee lebih dari sekedar teman?

Review

Awalnya aku tak terlalu tertarik saat perama kali menonton drama ini. Apalagi karakter Park Shi Hoo dalam drama ini begitu dingin dan kaku. Dia jarang sekali tersenyum dan bersikap terlalu dingin untuk lelaki yang ingin mempertahankan wanita yang dicintainya (beda sekali dengan karakter Lee Kang Suk dalam drama Family's Honor). Aku jadi ingat dialognya saat dia berbicara dengan Yoon Hee. Ibu Joon Suk bilang, Joon Suk sama sekali tak mirip dengan ayahnya, tapi menurut Yoon Hee, Joon Suk sangat mirip dengan ayahnya, terutama ketika Joon Suk tertawa. Lalu dengan sedih Joon Suk berkata, dia dan ayahnya tak pernah tertawa di rumah, sehingga ibunya tidak bisa melihat kemiripan ayah dan anak itu. Aigop.. tampaknya hidup Joon Suk begitu menyedihkan hingga dia tak pernah tertawa di rumahnya sendiri.

Namun jalan cerita drama ini membuatku tertarik apalagi ketika kasus pembunuhan Yeon Soo Yeon ternyata berkaitan erat dengan keluarga Joon Suk (awalnya aku pikir, apa sih kasus itu gak penting banget di ungkit-ungkit di drama ini). Meskipun sudah tersirat bahwa ibu Joon Suk lah yang memerintahkan pembunuhan itu saat di episode 16, namun siapa pembunuhnya masih jadi misteri. Lalu aku pun menjadi begitu penasaran, tapi sayangnya DVDnya hanya ada hingga episode 17 padahal drama ini berakhir di episode 20. Dengan kesabaran penuh, aku pun rela mendownload 3 episode terakhir demi melihat ending drama ini. Dan Hmm,,, endingnya lumayan mengagetkan. Meskipun pilihan yang dipilih Joon Suk membuatku semakin kesal pada karakternya untungnya ada Baek yang berusaha menolong Yoon Hee sahabatnya agar tak begitu saja melepaskan orang yang dicintainya.

Sebelum nonton drama ini, aku udah banyak baca komentar orang-orang yang sudah menontonnya, mereka menyayangkan mengapa Yoon Hee tidak memilih Baek saja, saat Joon Suk melepaskannya dan memutuskan menikahi Hye Mi demi mencegah ibunya masuk penjara. Jika aku tak menyukai Park Shi Hoo lebih dulu saat menonton drama ini, mungkin aku pun akan berharap demikian, Baek menjadi pria yang begitu baik setelah bergaul dengan Yoon Hee dan heran banget kenapa Yoon Hee tidak jatuh cinta pada Baek setelah apa yang mereka alami bersama. Kalo aku tak suka Park Shi Hoo aku pun pasti kesal dengan ending drama ini. Namun,,, karena Park Shi Hoo sudah menyilaukan mataku, aku puas dengan ending drama ini yang membuat pasangan Yoon Hee dan Joon Suk Happy End.

Jujur saja awalnya judul drama ini dengan isi ceritanya ga nyambung menurutku, tapi setelah melihatnya hingga akhir akhirnya aku mengerti pesan moral yang ingin disampaikan di drama ini. Berhubungan baiklah dengan tetangga, karena merekalah orang terbaik yang bisa membantu kita saat kita dalam kesulitan. So, sudahkah kalian menemukan "Perfect Neighbor?"

13 Komentar untuk "[Review] K-drama How To Meet A Perfect Neighbor"

Ni kok ceritaY malah park shi ho lead male y bukan kim seung wo :-O

bikin sinopsisnya dong dari episode 1 sampe 20.hehee

tadinya sempet masuk list project,, tapi kayaknya nggak jadi deh,, agak berat,,

buatin sinopsis 1-20 donkk....saya juga penggemarr Park shi hoo,..:D...

aku juga sama,cinta berat PSH

kelihatannya asik jg,buatin sinopnya ya.
dan jg mau ngucapin salam kenal.baru beberapa kali liat blognya.menarik jg tampilan blognya,tp knapa blog archivesnya nggak kelihatan.

I love psh...gmnapun endingnya ai ttep cinta psh xixixi

aku ngikutin baru episode 14,,gregetttttttttttttttt dan makin penasaran,,,
jd makin penasaran siapa yang ngebunuh ibunya gukli,,,
salam kenalllll

aku aku aku aku pingin liaaaaaattt

shi hoo oppa ....love u so much!!
Keep fighting!!! Smoga masalahnya cepet beres
waiting for next your project...

Dimana dpt 3 episode terakhirnya ??? Penasaran :(

park shi hoo so handsome! :D

Kalo ngereview kasih ratingnya dong :)

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top