Review K-Drama Missing Nine 2017

Drama yang berganti judul dan cast berkali-kali ini awalnya tidak membuatku tertarik untuk menontonnya. Bahkan ketika Jung Kyung Hoo sebagai Lead Male nya, masih antara iya dan tidak untuk menontonnya. Namun setelah Sherlock tamat aku butuh pelarian, cek sana sini, Missing Nine sepertinya menarik nih, setelah meminta pertimbangan pada teman yang tontonannya satu selera denganku akhirnya aku memutuskan menonton drama ini.

Missing Nine bercerita tentang  Ra Bong Hee (Baek Jin Hee), korban selamat yang pertama kali ditemukan dari sebuah kecelakaan pesawat pribadi Legend Entertaiment yang jatuh di sebuah pulau terpencil.  Hari dimana kecelakaan itu terjadi adalah hari pertama Bong Hee bekerja sebagai stylish dari artis Seo Joon Oh (Jung Kyung Hoo). Seo Joon Oh adalah artis yang karir nya cukup sulit, sebelumnya dia sangat terkenal sebagai Leader dari grup band Dreamers. Namun karirnya semakin meredup sejak grup tersebut dibubarkan karena sebuah insiden. Selain Joon Oh dan Bong Hee, korban pesawat jatuh lainnya adalah para Presdir serta Sekretarisnya dan beberapa artis Legend Entertaiment yang rencananya akan melakukan konser di luar negeri.


Saat Bong Hee ditemukan sebagai korban selamat, banyak pihak yang menggantungkan harapan padanya, termasuk para fans yang berharap para idolanya selamat dari kecelakaan tersebut. Namun sangat disayangkan ingatan Bong Hee selama 4 bulan berada di pulau terpencil bersama 8 orang lainnya hilang karena syok padahal menurut dokter secara fisik tak ada yang salah dengan ingatannya. Fakta tersebut membuatku sangat penasaran apa yang terjadi selama 4 bulan itu, lalu bagaimana nasib 8 orang lainnya dan apa yang menyebabkan ingatan Bong Hee hilang pada secara fisik otaknya sama sekali tidak bermasalah.

Berbagai cara dilakukan oleh tim penyelidik untuk mengembalikan ingatan Bong Hee, apalagi setelah ditemukan korban meninggal dari kecelakaan tersebut. Aktris Yoon Soon Hee (Ryu Won), adik dari Jaksa Yoon (Yang Dong Gun) ditemukan tewas di salah satu pantai di Cina, namun penyebab kematiannya bukan karena kecelakaan, namun ada indikasi Yoon Soo Hee tewas karena dibunuh. Siapa pembunuh Yoon Soo Hee kemudian menjadi fokus utama dari penyelidikan tersebut.

Dalam rangka mengembalikan ingatannya Bong Hee pun di hipnoterapi, dari proses tersebut Bong Hee mulai menceritakan apa yang dialaminya bersama para korban lainnya, dan sebuah ingatan yang cukup mengejutkan pun muncul . Bong Hee mengakui bahwa dia adalah pembunuh Yoon Soo Hee. Saat penyelidik dikagetkan dengan fakta tersebut, mereka mendapat kabar bahwa ada korban lain yang selamat. Dia adalah Hwang Jae Kook (Kim Sang Hoo) Presdir Legend Entertaiment, namun sebuah kecelakaan membuatnya koma sebelum dia berhasil sampai ke Korea.

Ingatan Bong Hee semakin pulih setelah dia diberi kesempatan untuk mengunjungi pulau terpencil tempat mereka terdampar, Bong Hee pun  mengingat bahwa bukan dialah yang membunuh Yoon Soo Hee dan dia menceritakan detil kejadian apa saja yang dialami dia dan 8 korban lainnya selama di pulau tersebut. Dari ingatan Bong Hee, orang yang membunuh Yoon Soo Hee adalah Choi Tae Ho (Choi Tae Joon), mantan anggota Dreamers yang menjadi anak emas Legend Entertaiment karena karirnya yang semakin melesat setelah Dreamers dibubarkan.

Belum sempat para penyelidik mengumumkan hal tersebut, mereka mendapat kabar jika Choi Tae Ho ditemukan selamat dan sedang dalam perjalanan pulang ke Korea. Kembalinya Choi Tae Ho di fasilitasi oleh Presdir baru Legend Entertaiment dan dia membantu Tae Ho untuk membalikan keadaan. Kepada para penyelidik, Tae Ho mengatakan bahwa yang membunuh Yoon Soo Hee adalah Seo Joon Oh, kemudian keterangan Tae Ho diperkuat oleh kata-kata korban selamat lainnya yang ditemukan, Sekertaris Tae (Tae Hang Ho) , Manajer Jung (Oh Jung Se) juga aktris Ha Ji Ah (Lee Sun Bin).

Bong Hee yang paling dekat dengan Seo Joon Oh selama berada di pulau tidak menerima kata-kata Tae Ho. Dia menuduh Tae Ho berbohong dan menyalahkan Joon Oh untuk menutupi kesalahan yang dilakukannya. Faktanya memang Tae Ho mengancam korban selamat lainnya untuk memberikan keterangan yang sama dengan dirinya, bahkan dia menuduh Bong Hee sebagai kaki tangan Seo Joon Oh. Untungnya Jaksa Yoon sebagai kakak Yoon Soo Hee lebih mempercayai Bong Hee dan membantunya mencoba mengungkap kebenaran, apalagi setelah Bong Hee menemukan Seo Joon Oh masih hidup dan selama ini tinggal di Cina.

Setelah berhasil membawa kembali Joon Oh ke Korea setelah melalui proses yang panjang, Bong Hee dan Joon Oh, dibantu oleh Jaksa Yoon berusaha mengungkapkan kejahatan yang dilakukan Tae Ho selama berada di pulau, bukan hanya membunuh Yoon Soo Hee, Tae Ho juga ternyata membunuh, maknae Dreamers, Lee Yeol (Chanyeol) dan  seorang Reporter  yang berusaha mengungkapkan kebenaran tentang insiden kematian Shin Jae Hyun, salah seorang yang berperan penting dalam kesuksesan Dreamers yang kemudian bunuh diri  setelah merasa tidak tahan dengan tekanan yang dia rasakan. Jae Hyun ingin lepas menjadi bayang-bayang Dreamers dan berharap Legend Entertaiment  menerbitkannya sebagai penyanyi solo, namun manajemen teru menolak dan itu membuatnya  ingin berhenti.

Kematian Jae Hyun ternyata bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh dan Tae Ho adalah tersangka utamanya karena dia menyembunyikan fakta bahwa di hari kematian Jae Hyuna, Tae Ho datang menemuinya. Kedatangannya tertangkap kamera CCTV dan Reporter Kim memiliki bukti tersebut dan ingin mencari tahu kebenarannya. Kematian Yoon Soo Hee pun ada hubungannya dengan hal itu, karena Soo Hee memiliki bukti penting tentang pembunuhan tersebut.

Perjuangan Joon Oh dkk untuk membuktikan Tae Ho bersalah tidaklah mudah, apalagi Joon Oh pun sempat menyerahan diri karena tuduhan pembunuhan Yoon Soo Hee, namun dengan trik yang diajarkan jaksa Yoon, dan kesaksian Presdir Legend Entertaiment yang akhirnya sadar dari koma dan keadaannya semakin membaik, Joon Oh terbebas dari tuduhan dan Tae Ho yang udah kehabisan cara untuk menutupi kesalahannya akhirnya menyerahkan diri pada polisi.

Eksekusi untuk endingnya Tae Hoo berasa too good to be true sih yah, setelah dibuat geram dan kesal dengan karakter Tae Ho, di ending mereka semua memaafkan Tae Ho begitu saja seolah semua kejahatan yang dilakukannya bukanlah sesuatu yang besar. Sayang juga sih karena gak dikasih tahu berapa tahun hukuman yang harus dijalani Tae Ho untuk semua kejahatannya tersebut. 

Missing Nine bukanlah drama yang sempurna, namun cukup menarik hingga aku berhasil menontonnya hingga akhir. Misterinya membuat penasaran, penyelesaian beberapa misterinya juga cukup membuatku takjub, meski yah… tetap ada aja sih scene-scene yang membuatku tidak habis pikir dan scene setelah Joon Oh kembali ke Korea dan ngejar-ngejar Manajer Jung itu berasa filler aja sih. Juga scene RS di Cina pas orang suruhan Tae Ho ngejar-ngejar manager Jung dan Ji Ah, yah meskipun itu RS kecil, tapi kok yah bisa banget gitu yah itu preman seenak udelnya masuk RS dan apa gak ada petugas keamanan kah di RS nya? Duh…

Tapi banyak yang aku suka sih di Missing Nine, komedinya dapet, terutama Scene Manager Jung dan Joon Oh.  Scene Joon Oh dan Bong Hee  saat berada di pulau dan bagaimana mereka harus bertahan hidup pun menghibur banget. Joon Oh yang gak bisa apa-apa dan Bong Hee yang pintar melakukan apapun untuk bertahan hidup adalah kombinasi yang sempurna. Namun Joon Oh punya jiwa Leader yang luar biasa, dan skill itu membuat dia dipercaya semua orang *kecuali Tae Ho* sebagai pembuat keputusan apa yang harus mereka lakukan selama hidup di pulau itu.

Romance nya? Hmmm aja deh, Tae Hod an Ji Ah tadinya sepasang kekasih, tapi Tae Ho nya begitu, Ji Ah jelas gak tahan. Manager Jung perhatian sekali pada Ji Ah, ada indikasi dia diam-diam suka Ji Ah sejak lama, tapi ternyata bukan itu alasan Manager Jung sangat perhatian pada Ji Ah, termasuk twist juga sih itu pasa tahu ternyata Manager Jung itu dulunya dokter, dan Ji Ah ternyata Ji Ah pun tahu alasan Manager Jung berhenti menjadi dokter.

Joon Oh dan Bong Hee, iyalah pasti mereka saling ada rasa, dibilang friendzone bukan sih, platonic apalagi, mungkin hubungan mereka lebih ke saling perhatian, saling perhatian, dan saling berkorban yang cukup mendalam, namun mereka berdua punya cara sendiri untuk mengekspresikannya. Tidak seperti romance di kebanyakan drama Korea lainnya. Banyak yang kecewa karena gak ada Kiss scene untuk mereka berdua, tapi aku sih gak masalah. Melihat karakter Bong Hee dan Joon Oh, menurutku sudah pas ending untuk hubungan mereka cukup sampai disitu. Bisa dibilang, sebesar apa cinta tidak bisa diukur dari banyaknya skinship.


Yang mengangetkan ku adalah Yang Dong Gun, yang sebelumnya aku kenal sebagai Seung Po di Samchongsa, duh yah…  aktingnya itu OK banget lah. Saat dia jadi Jaksa Yoon aku sama sekali tidak ingat tentang ketengilan Seung Po di Samchongsa, dan suaranya yang berat itu menambah karismanya sebagai Jaksa. Yang Dong Gun Jjang banget deh pokoknya.


2 Komentar untuk "Review K-Drama Missing Nine 2017"

woah...jarang ke sini blog ini udah berubah banyak ya
dan gatau drama ini bisa cocok sama seleranya mbak irfa
jung kyung ho ma baek jin hee sih yang bikin pertamanya mau ngikutin tapi ternyata saingan drama ini lebih kuat LOL

Aku juga udah jarang posting sih sekarang tp sekarang sedang mengumpulkan mood untuk menulis lagi nih^^ tp sepertinya selera tontonanku jg sudah berubah banyak jd nya blog nya jg banyak berubah deh ini.

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top