Selasa, 07 Maret 2017

Mudahnya Men-download dengan Utorrent di Android


Pernah merasa putus asa kesulitan mencari link download sebuah film atau drama yang sangat ingin ditonton? Kemudian saat akhirnya menemukannya, hanya ada link torrent nya saja. Aku pernah, sering sekali malahan. Dan frekuensi ku mengalami hal itu semakin sering saat aku terkena Benedict Fever, yah mau tak mau harus aku akui sejak ngepoin si Om yang satu itu aku jadi tertarik lagi untuk menonton western series dan beberapa film Hollywood yang hampir selama 8 tahun tidak aku ikuti perkembangannya. 


File torrent sebenarnya bukan sesuatu yang asing bagiku. Saat jaman aku tergila-gila pada Nine aku pernah menggunakan aplikasi utorrent untuk mendownload Nine, karena saat itu update-an Kdrama belum secepat sekarang. Seingatku mendowload video melalui file torrent nya itu bukanlah sesuatu yang mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, bahkan disaat aku sudah menggunakan aplikasi yang katanya paling mudah digunakan untuk mendownload torrent. Itulah mengapa setelah ganti laptop aku tidak berniat untuk kembali menginstal aplikasi itu di laptopku toh aku juga nyaris tidak pernah lagi menggunakan aplikasi tersebut.

Maka saat aku menemukan western series dan film yang hanya ada file torrent nya aku pun sudah menyerah sebelum mencoba. Katanya sih ada cara nya mendownlod video dari file torrentnya melalui idm, tapi baca tatacara nya kok sepertinya ribet sekali. Apalagi akhir-akhir ini firefox di laptop ku sering kali bermasalah, ntah itu tiba-tiba crash, not responding dan lain-lainnya. Daripada semakin lelah tentu saja aku pun memilih untuk menyerah.

Aku cukup merasa nyaman saat aku menemuan sebuah website yang menyediakan western series yang cukup lengkap dengan link MEGA. Namun beberapa western series yang ingin aku tonton sayangnya tidak tersedia di website itu. Tadinya sih aku sudah menyerah, bahkan mencari berbagai alasan untuk memadamkan keinginan ku untuk menonton drama itu. Hingga aku terlibat obrolan dengan salah seorang teman yang membuatku teringat pada keinginanku untuk menonton drama tersebut. 

Setelah akhirnya cari-cari lagi, akhirnya aku menemukan juga link download nya, tapi speed download di tempat itu sangatlah lambat. Meski file nya hanya sekitar 300mb an, waktu yang dihabiskan bisa seharian karena speed maksimumnya hanya 30kbps. Setelah diingatkan rasa penasaranku pada drama itu semakin bertambah, aku pun teringat pada link torrent nya. Yah rasanya tidak ada salahnya jika aku kembali mencoba mendownload dengan aplikasi utorrent. Tapi sayang sekali, aku tidak berhasil menginstal utorrent di laptopku entahlah apa penhlyebabnya.

Kemudian aku teringat, jika aplikasi MEGA saja ada versi Androidnya, mungkin utorrent juga ada, dan setelah mencari beberapa info aku pun dipertemukan dengan utorrent for Android.

Pertama kali menggunakannya aku merasa sedikit kesulitan, yah namanya juga masih belajar dan aku tidak terlalu familiaran dengan file torrentnya. Beberapa kali aku gagal mendownload karena tidak bisa melanjutkan download an saat speed download nya berhenti di 0 bps sementara downlodan belum selesai. Ada kalanya aku ingin menyerah juga, namun rasa penasaran yang lebih besar membuatku mencari info untuk menyelesaikan permasalahan itu. Setelah mempelajari beberapa istilah dalam dunia per torrent an akhirnya aku pun bisa mendownload western series yang sudah aku cari-cari sejak lama itu.

Nah bagaimana cara mudah mendownload dengan u-torrent di Android, aku akan mencoba menjelaskannya dengan sederhana.

1. Download aplikasi u-torren di Playstore, lalu tunggu hingga instalasi nya selesai.

2. Buka aplikasi u-torrent, kemudian akan tampil layar seperti ini. 


Tidak usah bingung untuk mencarik link torrent nya, tinggal ketik saja judul film atau drama yang ingin dicari. 

U-torrent akan mengarahkan pencarian ke google chrome atau browser yang digunakan sebagai mesin pencarian di ponsel tersebut.

3. Setelah muncul list hasil pencarian, pilih saja page yang paling meyakinkan untu mendownload file torrent atau link magnet yang diinginkan. Saat link download torrent atau link magnetnya di klik maka link tersebut akan langsung tersambung ke u-torrent.


4. Tunggu hingga u-torrent membaca file nya, pilih lokasi penyimpanan (bisa disimpan di memori internal ataupun eksternal) kemudian klik ADD. 

Tunggulah hingga proses download selesai.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih link file torrent atau link magnet yang akan di download.

-Cek lah SEED dari link tersebut, apa itu SEED, itu adalah jumlah orang yang sudah mendownload file tersebut hingga 100 % tuntas, semakin banyak SEED nya maka kemungkinan kita selesai mendownload file tersebut semakin besar dan kecepatan downloadnya pun semakin cepat (meski yang satu ini dipengaruhi juga oleh koneksi internet yang digunakan). Jika jumlah SEED file tersebut 0, lebih baik tidak mendownload file tersebut, karena sampai kapan pun download annya tidak akan selesai. 

Aku sudah mengalaminya, saat mendownload file yang SEED nya 0, downloadan terhenti padahal sudah 99 %, aku tunggu hingga sehari berikutnya tetap saja tidak bisa diteruskan. Akhirnya aku memilih link file torrent yang ada SEED nya meski ukuran file nya lebih besar, dan aku berhasil menyelesaikan downloadannya^^

-Selain cek SEED nya bisa di cek juga PEER nya, PEER adalah jumlah orang yang sedang atau sudah mendownload file itu tapi belum selesai. Dari pengalamanku semakin banyak PEER nya makan semakin cepat selesai proses mendownload nya. 


Menurut penjelasan yang aku pahami, banyaknya PEER menunjukan banyaknya file hosting tempat kita mendownload file tersebut. Jadi saat kita berada dalam proses mendowload pun kita sudah jadi PEER. Dan saat kita sudah selesai mendownload, tapi masih menjalankan aplikasi u-torrent dan tidak menghapus list downloadan kita, kita juga sudah menjadi SEED selama koneksi internet kita tidak terputus. Jadi selain sebagai downloader kita juga sekaligus bertindak sebagai uploader.

-Atur speed download dan upload di pengaturan. 

Jika downloadan ingin cepat selesai atur speed download hingga batas maksimum untuk speed upload bisa diatur lebih rendah, tapi ada baiknya tidak diatur hingga batas minimum. Kalau aku sih mengatur nya di speed antara 10-20 kbps.


-Jika speed download tiba-tiba menjadi 0 bps padahal SEED dan PEER banyak, dan koneksi internet tidak bermasalah, masalah tersebut bisa di atasi dengan mengubah angka pada incoming part dengan menambang angka satu dibelakang angka terakhir incoming partnya. 

Lalu pause download-annya kemuadian resume kembali, maka speed download biasanya akan kembali bertambah.

Baru sekitar 2 minggu aku menggunakan Utorrent ini, dan aku sudah berhasil mendownload lebih dari 20 file torrent baik itu film atau drama yang sebelumnya sangat sulit aku cari link downloadnya. Aku merasa sangat terbantu sejak memakai U-torrent di Android, apalagi saat ini aku sedang mengikuti salah satu UK Series Ongoing yang dibintangi Louise Brealey, pemeran Molly di Sherlock BBC. Thanks banget deh untuk U-torrent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^