30 Days of Sherlock - Day 20: Favorite Canon Reference

Sebelum menentukan apa Favorite Canon Reference ku, sebelumnya aku mencoba mencari tahu apa pengertian dari istilah Canon itu. Jujur saja kata canon termasuk salah satu kata yang sering aku baca terutama sejak mengubek-ngubek fandom nya Sherlock, tapi aku sama sekali tidak paham apa artinya. Jadi aku googling dulu deh apa itu canon, menurut kamus istilah fanfiction, yang disebut canon itu adalah sesuatu yang ada di dalam cerita aslinya dan juga digunakan di dalam fanfictionnya.


Steven Moffat dan Mark Gatis adalah fans berat Novel Sherlock Holmes, oleh karena itu cerita Sherlock BBC disebut-sebut sebagai fanfiction yang mereka tulis namun kemudian dijadikan serial televisi. Mulai dari episode 1 season 1 hingga episode spesial yang tayang awal tahun 2016 banyak referensi dari Novelnya yang diambil oleh mereka berdua dan digunakan dalam serialnya. Tentu saja, Serial ini adalah adaptasi dari Novel Sherlock Holmes dengan banyak perubahan. 

Aku sedikit kesulitan menentukan apa yang menjadi Referensi Canon favorit ku karena aku belum membaca semua Cerita Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle itu. Aku hanya sempat membaca beberapa cerita saja dan memang banyak menemukan banyak referensi canon yang digunakan Moffat dan Gatis dalam serial ini terutama untuk kasus-kasus dan karakterisasi para tokohnya.

Dari sekian banyak refensi canon yang ketahui, yang menjadi favoriteku adalah Background pendidikan Sherlock Holmes. Di dalam Novel Sherlock Holmes, Dokter John Watson sempat membuat sebuah list tentang kelebihan dan kekurangan Sherlock Holmes.

Pengetahuan tentang Sastra - Nol
Pengetahuan tentang Filsafat - Nol
Pengetahuan tentang Astronomi - Nol
Pengetahuan tentang Politik - Rendah
Pengetahuan tentang Botani - Bervariasi
Sangat memahami belladona, opium, dan racun-racun secara umum. Tidak tahu apa-apa tentang praktek berkebun.
Pengetahuan tentang Geologi - Praktis tapi terbatas
Mampu membedakan tanah dengan sekali pandang. Sesudah berjalan-jalan dia pernah menunjukkan noda-noda cipratan tanah pada celana panjangnya. Dari warna dan kosistensinya, dia tahu dari daerah mana tanah itu berasal.
Pengetahuan tentang Kimia - Menonjol
Pengetahuan tentang Anatomi - Akurat tapi kurang sistematis
Pengetahuan tentang Berita-berita Menghebohkan - Sangat banyal
Dia tampaknya tahu secara rinci semua tindak kejahatan yang terjadi pada abad ini
Bermain Biola dengan Baik
Sangat pandai dalam bela diri satu tongkat, tinju dan pedang.
Memiliki pengetahuan praktis tentang Hukum Inggris.

Kelebihan dan Kekurangan Sherlock Holmes tersebut memang tidak semuanya dijadikan referensi Canon oleh Moffat dan Gatis, tapi banyak dialog yang diambil dari Novel dan digunakan dalam serialnya untuk menunjukkan hal-hal tersebut. Seperti Sherlock yang tidak ingat bahwa Bumi mengitari Matahari karena menurutnya itu tidak penting untuk pekerjaannya, hal ini menunjukkan pengetahuan Astronomi yang minim, atau lebih tepatnya Sherlock Holmes tidak tertarik pada bidang Astronomi. Sementara pengetahuan tentang Kimia dan Anatomi juga Geologi sering ditunjukkan saat Sherlock menyelediki beberapa kasus. 

Pertanyaannya, apa sebenarnya Ilmu yang ditekuni Sherlock Holmes secara khusus? Dari semua kelebihan yang dimilikinya, Dokter Watson menuliskan bahwa Pengetahuan Sherlock Holmes dalam bidang Kimia adalah yang paling menonjol, dalam novelnya memang tidak diceritakan jika Sherlock Holmes adalah lulusan universitas tertentu dan katanya sih dia mempelajari semua hal yang menjadi kelebihannya dengan cara otodidak termasuk juga pengetahuannya dalam bidang Kimia.

Dalam Serial TV nya, background pendidikan Sherlock juga menjadi misteri hingga Molly mengungkitnya di episode 2 season 3. Sebelum pernikahan John dan Mary, Sherlock menemui Molly dan meminta Molly meminta pendapat Molly bagaimana Sherlock dan John akan menghabiskan pesta bujang John. Sherlock memilih lokasi pembunuhan di sebuah pub, Molly bingung mengapa tidak di stastiun bawah tanah saja? Menurut Sherlock tempat itu tidak terlalu personal . 

Sherlock menjelaskan jika dia dan John berencana untuk minum di setiap bar dimana mereka mungkin akan menemukan mayat korban pembunuhan. Molly bertanya apa yang harus dia bantu? Sherlock hanya berharap agar mereka berdua tidak sakit, karena itu akan merusak mood pesta bujang nya John. Molly berkomentar, "Kau seorang lulusan jurusan kimia, tak bisakah kau lakukan sendiri?". Sherlock beralasan bahwa dia suka pengalaman yang langsung. Molly langsung berasumsi itu artinya Sherlock menganggapnnya suka minum? Sherlock mencoba mengalihkan perhatian Molly untuk menghindari menjawab pertanyaan itu dan meminta Molly menghitung batas minimum kadar alkohol John dan dirinya agar mereka tidak mabuk semalaman.

Dari dialog Molly, diketahui bahwa Sherlock adalah lulusan jurudan Kimia, meskipun tidak disebutkan dari univeritas mana. Hal itu sepertinya diambil dari referensi canon bahwa Pengetahuan yang paling menonjol yang dimiliki Sherlock Holmes adalah tentang Kimia.

Tentu saja Referensi itu menjadi favoriteku, karena ternyata aku dan Sherlock berjodoh tentang Kimia. Yeaaayy kita sama-sama lulusan Kimia >.< meski yah sebenarnya pengetahuan ku tentang Kimia sudah semakin memudar seiring berjalannya dan hanya sebagian kecil saja yang aku gunakan dalam melakukan pekerjaanku. 
 


0 Komentar untuk "30 Days of Sherlock - Day 20: Favorite Canon Reference"

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top