9 My Favorite Princess in Saeguk Drama



Kecanduan ku pada drama Saeguk sepertinya masih terus berlanjut, dan dari sekian banyak drama Saeguk yang pernah aku tonton jarang sekali yang mneghadirkan karakter-karakter Putri Raja apalagi jika Saeguknya berlatar jaman Joseon, banyaknya lebih menyorot kisah wanita istana lainnya, Selir, Ratu atau Putri Mahkota. Namun setelah aku mengubek-ngubek ingatan ku akhirnya aku mendapatkan 9 list karakter para Princess drama Saeguk yang menjadi favorit ku.


1. Princess Soo Baek Hyang from Baekje (King’s Daughter Soo Baek Hyang)

Putri Soo Baek Hyang diperankan oleh Seo Hyun Jin

Putri rahasia Raja Mu Ryung, raja ke-25 Kerajaan Baekje dari wanita yang paling dicintainya Lady Chae Hwa. Kehadirannya dalam sejarah sebenarnya tidak terlalu di yakini, dan tentu saja kisah hidup Soo Baek Hyang yang terpisah dari Ayahnya hanyalah fiksi belaka.

Soo Baek Hyang dibesarkan oleh ibunya Lady Chae Hwa bersama suami barunya yang bisu Kuchoon dengan nama Solnan. Sejak kecil hingga dewasa, dia mendapatkan kasih sayang berlimpah dari kedua orang tuanya meskipun mereka hidup sederhana di kerajaan Gaya. Solnan sangat menyayangi adiknya Solhee tanpa mengetahui jika sang adik selalu cemburu padanya karena berpikir Ayah dan Ibu mereka lebih menyayangi Solnan.

Setelah kematian Lady Chae Hwa dan Kuchoon, Solnan kehilangan Solhee yang ternyata menggantikan posisinya sebagai Soo Baek Hyang di kerajaan Baekje. Dalam pencariannya mencari Solhee, Solnan bertemu dengan Putra Mahkota Myung Nong dan memintanya untuk menerima Solnan menjadi agen rahasia Kerajaan Baekje karena dia sangat ingin menemukan Solhee.

Solnan berusaha keras agar bisa lolos tes menjadi agen rahasia, padahal ujiannya sangat ketat dan benar-benar mengerikan untuk ukuran seorang wanita. Solnan sempat pingsan beberapa kali, namun dia tidak pernah menyerah dan selalu berusaha menjadi yang paling kuat untuk bertahan. Setelah melewati berbagai ujian akhirnya Solnan berhasil bergabung menjadi agen rahasia Kerajaan Baekje.

Myung Nong pun menyerahkan pelatihan Solnan pada guru yang handal untuk mengubah sifat liarnya sehingga dia bisa melakukan tugas penyamaran dan menjadi mata-mata. Tugas pertamanya adalah berpura-pura menjadi Soo Baek Hyang demi keselamatan sang putri. Tugas nya ini membuatnya dekat dengan Raja Mu Ryung secara alamiah, karena keterikatan yang kuat antara Ayah dan Anak.

Namun identitasnya sebagai Soo Baek Hyang palsu terbongkar karena keserakahan Solhee yang tidak rela posisinya sebagai putri di gantikan. Solnan di tawan oleh pihak kerajaan yang merasa tertipu, Myung Nong berusaha menyelamatkannya bahkan hingga rela memohong pada Sang Ayah. Akhirnya Solna berhasil di selamatkan, dan sejak itu Solnan berpikir jika Myung Nong telah memandangnya sebagai seorang wanita, Solnan pun mulai menganggumi Myung Nong dan mencintainya diam-diam.

Setelah tugas penyamaran itu, Solnan ditugaskan sebagai pelayan istana yang melayani Ratu, namun tugasnya sebagai agen rahasia tetap terus berlangsung. Berada di dalam istana membuat Solnan akhirnya mengetahui bahwa Solhee selama ini tinggal di istana dan menyamar sebagai Soo Baek Hyang. Solnan berusaha memahami alasan Solhee namun semakin lama dia mengetahui niat buruk Solhee yang begitu terobsesi pada kedudukannya sebagai Putri Baekje.

Apalagi akhirnya Solnan tahu bahwa Soo Baek Hyang yang sebenarnya adalah dirinya dan Solhee merencanakan sebuah pemberontakan dengan mendukung Pangeran Jinmu untuk menggantikan kedudukan putra mahkota. Ternyata obsesi Solhee tidak berhenti hanya menjadi Putri Baekje, dia ingin menjadi Ratu Baekje dengan menikahi Jinmu dan menjadikannya sebagai Raja.

Mengetahui rencana busuk Solhee yang membahayaan Raja Mu Ryung dan Myung Nong, Dengan caranya sendiri, sebagai seorang Putri Baekje yang tidak diketahui identitasnya Solnan melindungi Baekje tersebut dengan cara menunjukkan kejahatan Solhee pada Raja Mu Ryung hingga akhirnya Solhee di lengserkan sebagai putri, toh Raja Mu Ryung pun sudah tahu jika Solhee bukan Soo Baek Hyang, putri nya.  Hingga akhir, Solnan tetap ingin menyembunyikan identitasnya sebagai Soo Baek Hyang karena cintanya pada Putra Mahkota Myung Nong.

2. Princess Sun Hwa from Shilla (Ballad of Seo Dong)

Putri Sun Hwa diperankan oleh Lee Bo Young

Putri bungsu Raja Jin Pyung, raja ke-26  Kerajaan Shilla. Namanya tercatat dalam sejarah sebagai adik dari Princess Chun Myung dan Princess Deok Man. Dalam drama Ballad of Suh Dong, Sun Hwa terkenal sebagai Putri tercantik di kerajaan Shilla, namun dia lebih senang berada di luar istana apalagi setelah dia bertemu dengan Seo Dong, seorang anak yang menjual barang-barang bernilai seni ke istana.

Karena sebuah insiden Seon Dong di tangkap saat dia sedang bersama Sun Hwa, dan itu membuat Sun Hwa merasa bersalah karena berpikir Seo Dong meninggal karenanya. Setelah dewasa, dia tahu jika Seo Dong belum meninggal dia pun menyebarkan lagu yang hanya diciptakan Seo Dong untuknya di kalangan anak-anak dengan maksud untuk menemukan Seo Dong. Lagu itu menceritakan kisah cinta rahasia Putri Sun Hwa dan Seo Dong. Karena lagu itu Putri Sun Hwa di keluarkan dari istana dan tingggal di sebuah kuil.

Sun Hwa kembali bertemu Seo Dong  yang awalnya tidak dia kenali, namun lama-lama Sun Hwa tahu jika Jang adalah Seo Dong nya. Seo Dong menemani Sun Hwa dengan setia selama dia menghabiskan masa hukumannya dengan hidup di luar istana, kebersamaan mereka semakin membuat cinta keduanya tidak terpisahkan, bahkan Sun Hwa rela melepaskan kedudukannya sebagai putri demi Seo Dong dan siap menjalani kehidupan sebagai rakyat biasa. Namun tentu saja, Raja Jin Pyung tidak merestui hubungan mereka, apalagi saat dia tahu jika Seo Dong adalah orang Baekje. Seo Dong pun dihukum karena telah berani jatuh cinta pada Putri Sun Hwa.

Saat tahu Seo Dong telah kembali ke Baekje, Sun Hwa menolak dinikahkan dengan salah satu anak bangsawan Shilla, sebagai hukuman karena telah menolak perintah kerajaan Sun Hwa di buang ke Baekje dan bersedia dilengserkan sebagai Putri Shilla.

Setelah kembali bertemu dengan Seo Dong, dia mengetahui sebuah rahasia tentang identitas Seo Dong yang ternyata Putra ke-4 Raja Widuk dari Baekje. Selama ini Seo Dong hidup selama pelarian di Shilla demi mengetahui siapa Ayah kandungnya, dia tak pernah menyangka jika Ayahnya adalah seorang Raja. Seo Dong tadinya ingin melepaskan identitasnya dan hidup dengan tenang bersama Sun Hwa, namun rasa sayangnya terhadapa Kakak dan Ayahnya membuatnya memutuskan untuk kembali merebut tahta kerajaan Baekje yang telah di rebut oleh sepupunya dengan cara yang licik hingga membuat Ayah dan Kakaknya meninggal.

Sebagai bentuk dukungan terhadap keputusan pria yang dicintainya, Sun Hwa membantu Seo Dong untuk kembali mendapatkan tahtanya. Seo Dong mencemaskan keselamatan Sun Hwa dan memintanya kembali ke Shilla, namun Sun Hwa menolak karena baginya berada di sisi Seo Dong adalah bukti cintanya pada pria itu.

Setelah Seo Dong berhasil mendapatkan kembali tahtanya, Raja Jin Pyung akhirnya memberikan Sun Hwa untuk dijadikan ratu Baekje sebagai tanda perdamaian diantara kedua kerajaan, namun Shilla memiliki tujuan lain. Meski begitu Sun Hwa tidak pernah menentang keputusan Suaminya untuk berperang dengan Shilla yang terus menyerang kerajaan Baekje.

3. Princess Moo Young from Gorgureyo (Sword and Flower)

Putri Moo Young diperankan oleh Kim Ok Bin

Putri Raja Young Ryu dari Gorgureyo, yang jatuh cinta pada Choong putra dari Yeon Gae So Mun, salah satu Bangsawan Gurgoreyo yang menginginkan kematian Raja Young Ryu. Moo Young jatuh cinta pada Choong saat dia belum tahu jika Choong adalah anak Yeon Gae So Mun dari salah satu pelayanannya. Choong datang ke ibu kota untuk mencari Ayahnya, namun sang Ayah menolaknya dan akhirnya Choong mengabdikan diri pada Kerajaan dan berselisih paham dengan sang Ayah.

Berhubung aku belum sempat nonton hingga tamat aku jadi tidak tahu kelanjutan kisah cinta Moo Young dan Choong, namun aku sudah sangat terpukau pada pesona Moo Young di 4 episode drama itu, dan sepertinya karakter nya di drama itu pun semakin berkembang.

4. Princess Sukhwi from Joseon  (Horse Doctor)

 Putri Suk Hwi diperankan oleh Kim So Eun

Putri dari Raja Hyonjong, Raja ke-18 Dinasti Joseon. Cucu dari Raja Injo dan keponakan dari Putra Mahkota Sohyun. Dalam drama Horse Doctor, Sukhwi diceritakan sebagai Putri yang jatuh cinta pada Baek Kwang Hyun, seorang dokter Kuda yang berhasil menyelamatkan nyawa kucing kesayangannya. Namun cintanya pupus sebelum berkembang saat mengetahui Kwang Hyun mencintai sahabatnya sendiri.

Namun Sukhwi begitu baik hati, dia mendukung 100% kebahagiaan sahabat dan pria yang di cintainya. Dia melakukan segala yang dia bisa untuk menyelamatkan nyawa Kwang Hyun yang beberapa kali terlibat masalah, dan akhirnya melepas kepergian Kwang Hyun ke Cina saat dia menyerah untuk menjadi seorang dokter.

Suk Hwi sempat menikah dengan seorang putra bangsawan, namun kemudian dia menjadi janda setelah suaminya meninggal dan bersahabat dengan janda muda lainnya yang pernah menjadi pasein Kwang Hyun. Setelah menghabiskan masa berkabungnya, Suk Hwi kembali pada kepribadiannya yang dulu, yang ceria dan enerjik. Saat Kwang Hyun kembali ke istana, Suk Hwi lah yang paling bersemangat mempersiapkan pernikahan Kwang Hyun dan sahabatnya, bahkan setelah mereka punya anak pun, Suk Hwi dengan senang hati mengasuh anak Kwang Hyun saat kedua orang tuanya sibuk bekerja untuk Negara.  

5. Princess Ja Myung from Nak Rang (Ja Myung Go)

Putri Ja Myung diperankan oleh Jung Ryu Won

Putri keerajaan Nak Rang yang di lahir di hari yang sama dengan saudari satu Ayahnya, Putri Rahee. Di ramalkan akan membawa ketidak beruntungan bagi Nak Rang, Ja Myung di bunuh saat bayi dan mayatnya di hanyutkan ke sungai oleh Ayahnya sendiri. Beruntung nyawa Ja Myung terselamatkan dan hidup sebagai Puku yang kemudian jatuh cinta pada Pangeran Ho Dong, Putra mahkota dari kerajaan Gorgureyo yang sangat ingin menaklukan Kerajaan Nak Rang.

Saat Puku tahu bahwa dirinya adalah Putri kerajaan Nak Rang, Ja Myung kembali ke Kerajaannya dan meninggalkan Ho Dong, hingga dia bertemu kembali dengan Ho Dong yang saat itu telah menikahi Putri Rahee demi bisa mencuri rahasia Genderang Ja Myung yang terkenal di Kerajaan Nak Rang.

Ja Myung patah hati melihat Ho Dong menjadi kakak iparnya, namun dia lebih memilih tugas pentingnya untuk menjaga Kerajaannya, sayangnya Ra Hee berkhianat demi mendapatkan cinta suaminya yang hanya mencintai Ja Myung. Setelah Kerajaan Nak Rang ditaklukan Gorgureyo, Ja Myung yang disangka telah meninggal oleh Ho Dong hidup sembunyi-sembunyi di Gorgureyo dan menjadi pencetus ide dari sebuah pertunjukan boneka yang menceritakan kisah pengkhianatan Pangeran Ho Dong terhadap Putri Ra Hee.

Dia ingin membalaskan kematian keluarganya pada Ho Dong, namun cinta nya pada pria itu membuatnya lemah, apalagi setelah dia tahu apa alasan Ho Dong berbuat seperti itu adalah karena tekanan dari Ayahnya Raja Daemusin yang sangat berambisi menguasai Nak Rang. Kisah cinta Ja Myung dan Ho Dong berakhir tragis, namun dia berjanji pada Ho Dong jika di kehidupan yang akan datang dia akan menjadi ibu bagi Ho Dong agar bisa mencintai Ho Dong tanpa batas.

Dalam Sejarahnya, yang terkenal adalah kisah cinta terlarang yang berakhir tragis antara Pangeran Ho Dong dari kerajaan Gurgoreyo dan Putri Ra Hee dari kerajaan Nak Rang. Putri Ja Myung hanya tokoh fiksi yang diciptakan penulis dramanya.

6. Princess Woo Young from Baekje (Ballad of Seo Dong)

Putri Woo Young diperankan oleh Oh Young Ran

Putri Raja Hye, Raja ke-28 Kerajaan Baek Je. Mendapatkan gelar Putri saat Ayahnya naik tahta menjadi Raja untuk menggantikan pamannya, Raja Widuk. Sebelum menjadi seorang Putri Raja, dia dikenal sebagai salah wanita kerajaan yang cerdas dalam berstrategi dan handal menjadi pemimpin departemen ilmu pengetahuan di Kerajaan Baekje.

Pikirannya sangat rasional dan bertujuan untuk mendukung sang Kakak menggantikan Ayahnya yang mulai sakit-sakitan tak lama setelah beliau menjadi Raja. Namun pikirannya goyah saat dia melihat kisah cinta Seo Dong dan Putri Sun Hwa.

Sebelumnya Woo Young tidak mengenal apa yang disebut cinta, namun melihat pengorbana Seo Dong untuk Sun Hwa begitu pula sebaliknya membuatnya merasa iri pada Sun Hwa. Lambat laun dia mengembangkan perasaannya pada Seo Dong yang selama ini memang memperlakukannya dengan baik tanpa tahu bahwa sebenarnya Seo Dong adalah sepupunya sendiri.

Cintanya pada Seo Dong sempat membuatnya serakah ingin mengusai Seo Dong sepenuhnya setelah Seo Dong naik tahta, dia ingin Seo Dong menikahinya untuk mengukuhkan kekuatan kerajaan Baekje sehingga tidak terpecah belah lagi. Namun akhirnya dia sadar, menjadi Ratunya namun tidak pernah mendapatkan cinta Seo Dong sama saja dengan menggali kuburannya sendiri. Woo Young akhirnya merelakan Seo Dong menikahi Putri Sun Hwa dan berjanji akan tetap mendukung nya sebagai Raja demi kebaikan Baekje.

7. Princess Yeon from Baekje (Kingdom of the Winds)

Putri Yeon diperankan oleh Choi Jung Won

Putri terbuang dari kerajaan Baekje yang terdampar di Gurgoreyo. Dia jatuh cinta pada Moo Yul, pangeran Gurgoreyo yang terbuang. Identitasnya sebagai putri kerajaan Baekje membuatnya tidak bisa bersatu dengan pria yang dicintainya, meskipun Moo Yul telah diangkat menjadi Putra Mahkota Gurgoreyo. Namun Moo Yul begitu mencintai Yeon yang selalu ada untuknya sebelum dia kembali ke istana. Saat dia kembali menemukan keberadaan Yeon, Moo Yul selalu mengunjungi namun Yeon sadar itu tidak baik untuk posisi Moo Yul sebagai Putra Mahkota Gurgoreyo.

Yeon memilih meninggalkan Moo Yul bersama pria yang sudah dia anggap sebagai kakak sendiri. Dia memutuskan hal tersebut saat dirinya tahu bahwa dia sedang mengandung anak Moo Yul. Yeon tidak ingin Moo Yul tahu tentang hal itu, namun serapat-rapatnya rahasia itu disimpan akhirnya terbongkar juga. Sayangnya umur Yeon tidak panjang, dia meninggal tak lama setelah melahirkan putranya yang kemudian di asuh oleh Moo Yul yang berhasil menjadi raja dengan gelar Raja Daemusin.

Yeon adalah ibu kandung dari Putra Mahkota Ho Dong, Putra Raja Daemusin yang merupakan Raja  ke-3 Kerajaan Gurgoreyo.

8. Princess Deokman from Shilla (Queen Seon Duk)

Putri Deokman diperankan oleh Lee Yo Won

Putri ke-2 Raja Jin Pyung, Deokman adalah Putri yang pertama kerajaan Shilla yang menggantikan Ayahnya untuk memimpin kerajaan Shilla, karena Raja Jin Pyung tidak memiliki seorang putra. Dalam drama Queen Seon Duk di kisahkan bahwa Deokman adalah putri terbuang yang dengan terpaksa di asingkan dari istana untuk menghindaro takdir buruk seperti yang diramalkan padanya.

Saat remaja Deokman kembali ke Shilla setelah lama tinggal di Cina bersama ibu angkatnya. Deokman bertemu dengan Kim Yu Shin dan karena penampilannya seperti pria dia bergabung menjadi salah satu Hwarang yang berada di bawah pimpinan Putri Chun Myung.

Deokman tumbuh sebagai hwarang hingga dewasa, dengan menyembunyikan identitasnya sebagai wanita. Dia bertahan hidup dengan mengikuti berbagai perang dan tergonjang ganjing dalam intrik istana yang luar biasa kejam, hingga akhirnya dirinya mengetahui jati dirinya sebagai putri Shilla. Setelah kematian Putri Chun Myung, dengan bantuan Kim Yu Shin, Deokman kembali menempati posisinya sebagai Putri dan membuang perasaan cintanya pada Kim Yu Shin.

Setelah menjadi Putri, Deokman belajar banyak tentang politik dan strategi untuk menyelamatkan kerajaan dari keserakahan Lady Mishil yang sangat terobsesi untuk menjadi Ratu Shilla dengan berbagai cara. Deokman berkali-kali adu strategi dengan Lady Mishil yang tanpa sadar membuat Deokman semakin dewasa dan belajar banyak hal tentang memimpin orang-orang. Perseteruannya dengan Mishil itulah yang membuat Deokman berhasil menjadi Ratu pertama di Kerajaan Shilla meskipun awalnya mendapat tentangan banyak pihak.

Aku tidak terarik membahas kisah cinta Deokman dengan Bidam, putra Mishil, karena sejak awal aku adalah Shipper Deokman dan Kim Yu Shin, saat akhirnya Kim Yu Shin menikahi salah satu cucu Mishil demi menyelamatkan kedudukan Deokman, hatiku sudah sangat hancur lebur, jadi tidak bisa menerima kehadiran cinta baru dalam kehiduoan Putri Deokman.

9. Princess Kyung Hye from Joseon (The Princess‘ Man)

Putri Kyung Hye diperankan oleh Hong Soo Hyun

Putri ke-2 Raja Mun Jong, Raja ke-5 Dinasti Joseon. Bosan dengan semua guru yang mengajarnya, Putri Kyung Hye meminta sepupunya Lee Se Ryung menggantikannya untuk bertemu guru barunya. Dan inilah awal kisah cinta Se Ryung dengan Kim Seung Yoo, pria yang tadinya di persiapkan untuk menjadi suaminya.

Kyung Hye tidak mencintai Kim Seung Yoo, namun dia melihat Seun Yoo adalah satu-satunya harapan yang bisa membuatnya mempertahankan garis keturunannya untuk tetap berada dalam istana dan dia bisa membimbing adiknya yang masih muda untuk memimpin Joseon. Namun karena kesalahan kecilnya, Seung Yoo malah jatuh cinta pada Se Ryung dan ini membuat Seung Yoo berada dalam masalah besar karena berpikir bahwa Se Ryung adalah Kyung Hye.

Setelah Ayahnya meninggal dan adiknya tidak berhasil menjalankan tugasnya sebagai putra mahkota, Kyung Hye dilengserkan dari kedudukannya sebagai putri dan hidup bersama suaminya Jung Jong. Pria yang tidak dia cintai sama sekali. Namun lambat laun, akhirnya Kyung Hye membuka hatinya untuk Jung Jong dan mereka sempat mengecap kebahagian sebagai pasangan yang saling mencintai hingga Jung Jong di eksekusi karena pemberontakan yang dia rencanakan untuk melawan Raja Sejo, ayah Se Ryung yang telah merebut tahta kerajaan dengan cara yang licik. Kyung Hee menangis kematian suaminya, namun dia tidak menyesalinya dan dia berjanji untuk meneruskan perjuangan suaminya melawan Raja Sejo.

5 Komentar untuk "9 My Favorite Princess in Saeguk Drama"

Adem banget ngeliat
princess yg nomer 1, 2, 7...
Jdi pingin nnton... :D

unnie,,, bisa rekomendasiin gk bbrpa drama saeguk yg seru, pake banget... :D
gk bisa juga gk papa... :)

Fighting unnie...!!

Samaan mbak saya juga shipper deokman- yu shin. Waktu yu shin nikah sedih bgt. Haha.
dari awal bidam muncul emang kurang suka.

DAEBAK MBAK IRFA XD
Siapa yg bs nebak saeguk yg mbak irfa tonton udah brp banyak haha
Btw oot dikit mbak tau the last princess joseon? Katanya mau dibuat drama atau filmnya ya? :p
Princess-princess itu emang ngademin ya, keliatan dr gmn mereka berkorban...
Dan karakter princess kyunghee itu cukup ngena buat saya krn keluarganya begitu menyedihkan
Ayahnya meninggal,ia terpaksa menikah dg org yg tdk dicintai dan tidak menguatkan posisi adiknya,adiknya yg masih sangat muda memangku tahta mendapat tekanan dari paman sendiri dan akhirny jg meninggal muda,hingga akhir pun ia dan bayinya ditinggal sesosok suami dan ayah yg sangat menyayangi mereka t.t
Waktu ngeliat eonni di jang ok jung meranin queen in hyun,jd kurang ngena wkwkwk lbh suka waktu meranin kyung hee
Aih pingin liat seo hyun jin lg ><
Lee yo won dan lee bo young rehat dulu ya? :D
MAKASIH MBAK IRFA...

Korean historical drama is spelled sageuk not saeguk,I've seen this mistake a lot

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top