[Curhat] What Is My Passion?


Bingung mesti kasih judul apa, jadi disini aku mau sedikit nyampah dulu tentang Passion-ku hehehe,,, 

Sebenarnya sudah lama ingin membuat postingan ini, karena tergelitik dengan sebuah komentar dari queen bee yang bertanya tentang kelanjutan Recaps Nine. Apakah akan dilanjut atau tidak? saat ini aku akan menjawab ya, walaupun aku sudah membuat spoiler dan sedikit Review per dua episode di setiap Curhatan Nine ku hinggga episode terakhir, passion ku untuk tetap menulis Recaps Nine sebenarnya masih besar kok, dan kalo boleh jujur belum ada lagi drama yang membuatku ingin aku tulisakan Recaps atau sinopsisnya dengan serius karena Recaps Nine belum selesai.

Satu lagi yang menggelitik hatiku,, ternyata aku sudah terkenal sebagai blogger yang tidak pernah menyelesaikan sinospis, recaps or review ku yah? hahaha... sama sekali tidak bangga dengan hal itu, tapi tidak juga menyesal, aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan apa yang ingin dibaca orang. Jika dibaca syukur,, kalo pun tidak ya sudahlah,,, nothing to loose lah,,, nggak ada ruginya juga buat aku kalo tulisanku nggak ada yang baca. 


Jadi aku minta maaf banget ya pada semua reader yang selama ini menantikan kelanjutan beberapa Recaps, Review or sinopsis drama Korea di blog ini, tapi aku belum juga melanjutkannya, atau bahkan tidak akan melanjutkannya. Dan mohon maaf juga jika aku tidak pernah membalas komentar yang menanyakan kapan sinopsis ini dilanjut, karena aku juga tidak tahu kapan akan melanjutkannya.

Aku menulis recaps, review atau pun sinopsis drama untuk mengajak pembaca juga ikut menonton drama itu. Entah kenapa aku selalu merasa sedih saat ada yang berkomentar lebih menyukai membaca sinopsisnya di blog ku dibanding menontonnya. Rasanya aku telah mengkhianati para Aktor dan Aktris yang telah bermain di drama favorite ku itu karena membuat kerja keras mereka tidak dilihat banyak orang hanya karena tulisan tak berartiku. 

Tapi tentu saja aku tidak bisa membuat semua orang setuju dengan pendapatku, ada banyak alasan mengapa banyak orang lebih suka membaca sinopsis atau recaps, dan kebanyakan sih memang karena ingin menghemat waktu. Dan aku tahu tidak semua orang seperti ku, jika setelah membaca sinopsis atau Recaps malah jadi sangat penasaran dengan dramanya karena ingin melihat semua ekspresi yang dituliskan dalam sinopsis atau Recaps tersebut.

Jadi aku tidak akan menyalahkan jika banyak pembaca yang pada akhirnya meninggalkanku, dengan alasan aku punya kebiasaan memutus sinopsis, recaps, or review di tengah jalan. Itu hak kalian,, hehhe,, dan hak ku juga untuk lanjut menulis atau tidak kan ya? toh nggak banyak juga kan yang masih menunggu kelanjutan dari drama yang sinopsis dan recaps nya ada di blogku^^

Mungkin curhatan ini terlihat sekedar aku yang sedang membuat alasan, tapi aku mau jujur-jujuran aja nih,, kenapa aku belum atau tidak akan melanjutkan sinopsis or recaps beberapa drama yang ada di blogku. Aku tidak akan membicarakan yang sudah lama berlalu, seperti Brain dan Family's Honor, itu sih,,, aku emang udah nggak punya waktu dan media untuk mererun dramanya, dvdnya dua-duanya udah rusak. Jadi aku juga tidak punya bahan untuk menuliskan kelanjutan Recapsnya.

Mari kita bahas drama-drama terbaru saja. Di mulai dari GHOST, gara-gara keselang libur lebaran akhirnya Reviewnya terhenti di tengah jalan, sempet coba lanjutin tapi hanya dapat dua episode saja, masih sisa berapa episode lagi ya? Aku tidak tahu apa akan meneruskannya atau tidak, GHOST memang drama terfavoritku tahun lalu, tapi dengan banyak nya tontonanku saat ini, aku mana punya waktu untuk mererunnya.

Cheongdam-dong Alice, pas awal-awal aku semanget banget ya bahas tentang drama ini. Tapi dipertengahan, karena aku sering streaming dan juga agak sibuk karena akhir semester, ujungnya aku lebih puas kasih Review dari pada nulis sinopsisnya. Apalagi saat begulirnya kasus Park Shi Hoo, membuatku kehilangan Passion untuk meneruskan sinopsis drama ini.

Queen In Hyun Man dan Yes Captain? Hmmm,,, banyak faktor yang membuat penulisan Recaps kedua drama ini tersendat. Kalo QIM sih,, karena aku sudah kehilangan Euforia menontonnya, pas dulu nontonpun aku jarang mererunnya lagi kecuali demi kepentingan menulis Recaps, kalo Yes Captain, hmmm,,, sejak awal penulisannya sempat tersendat juga di episode 4 ya? Akhirnya join sama Anis, dan berhasil melanjutkannya hingga episode 11, nah episode 12 nya bagian Anis, berhubung Anis mandeg nulis episode 12 nya, aku nya jadi ikutan mandeg nulis episode 13 nya deh,,, maaf everybody, nanti aku tanya Anis lagi deh ya apa masih berniat melanjutkan sinopis drama ini atau tidak.

My Daugther Seo Young. Kayaknya sih karena episode nya kebanyakan aku jadinya mabok duluan juga menuliskan review drama ini. Apalagi saat sedang asyik membuat Review drama ini karena saat itu sedang dilanda bosan menonton yang luar biasa, eh,,, aku malah ketemu Nine yang lebih memikat hatiku. Meskipun aku sudah menonton MDSY hingga tamat, aku nggak bisa janji akan meneruskan Reviewnya. Terakhir episode berapa ya? 11-12 ya kalo nggak salah? Nah episode 13-14 nya sebenarnya sudah selesai, tapi tidak sempat aku posting, klo ada yang request nanti aku posting, tapi nggak janji bakal lanjut ke episode selanjutnya.

Nine Times Travel Time, untuk drama ini saat ini aku bisa mengatakan dengan yakin jika aku akan tetap melanjutkan menuliskan Recapsnya. Kecuali jika di masa mendatang ada hal-hal yang membuat mood ku surut untuk menuliskannya, tapi saat ini aku masih merasa sangat bersemangat. Sebenarnya episode 14 nya sudah siap posting, tapi sepertinya aku akan menundanya dulu hingga sehabis lebaran ya. Rencananya sih aku ingin menuliskan dulu Recapsnya hingga episode 20 sebelum euforiaku terhadap Nine berakhir, baru deh aku postingkan semuanya, biar pada nggak lama nunggu *kayak masih ada yang nunggu aja, hehehe* Kalo udah selese nulis Recaps nya, kan sekiranya euforiaku terhadap Nine sudah berakhir aku tetap bisa mempostingkannya. (mumpung aku masih fangirling akut sama Lee Jin Wook)

All About My Romance, Shark dan I Hear Your Voice. Ketiganya sama sekali tidak akan aku lanjut, jadi Review episode-episode awal ketiga drama itu hanya akan menjadi First Impressionku terhadap ketiganya. Aku suka awal-awal ketiga drama itu, tapi entah kenapa di pertengahan aku kehilangan passion untuk menonton tiga-tiganya. 

All About My Romance, hanya tahan sampe episode 10. Kenapa ya,,, rasanya drama ini terlalu manis untuk aku ikuti. Aku lebih fokus menonton Nine yang ceritanya sudah mengaduk-ngaduk perasaanku antara senang dan sedih tapi dengan kadar sweet scene secukupnya dan tidak berlebihan. Jadinya akting awesome nya Shin Ha Kyun dan Lee Min Jung agak terabaikan, tapi aku tetep mengikuti kelanjutan ceritanya sih, walau dengan jurus skip-skip dan langsung menonton episode terakhitnya *atau Scene terakhirnya ya?*.

Shark paling parah, cuman tahan sampe episode 2 aja, aku merasa kehilangan aura Resurrection dan Mawang dari drama ini, apa karena ekspetasiku yang terlalu tinggi sama Shark ya, sehingga aku jadi nggak minat lanjut, apalagi membaca komentar-komentar beberapa orang tentang Shark. Ntah kenapa sedikit merasa bersyukur karena Uhm Tae Wong nggak jadi Lead Male di drama ini^^

I Hear Your Voice, yang saat ini sepertinya sudah menjadi hit diantara para penggemar drama Korea. Masih stuck di episode 8, nyesek sih liat Cha Byeon dikasih peran yang bikin nyesek, masa sih dia harus ngebela pembunuh ibu dari gadis yang dicintainya, walo pun dia memang bersalah, tapi bagaimana pun tugas pengacara adalah membelanya dan meringankan hukuman klien-nya.  Jadi aku rasa SWnimnya terlalu kejam sama Cha Byeon. Dan,,, aku nggak terlalu suka sama perkembangan kisah cinta Hye Sung dan Soo Ha,, miane buat para penggemar mereka^^ walaupun nggak bisa bersatu sama Cha Byeon, aku sama sekali nggak berharap Hye Sung jadian sama Soo Ha *moga ga dilempar sendal sama para Hye Sung~Soo Ha shipper*

Cruel City, drama yang bikin aku jadi Cruel abis~~ beneran jadi ngerasa punya pikiran agak sadis karena drama ini. Agak ragu melanjutkan Review nya atau tidak, habisnya drama ini alurnya rada tak terduga dan bikin hati ketar-ketir mikirin kelanjutan hidup Urri Parksa (a.k.a Doctor's Son) dan hubungannya sama Soo Min. Nanti kalo semisalnya endingnya kasih Impact yang sangat menggelegar di hatiku aku bakal lanjutin Review borongannya deh^^ sisa 10 episode lagi ya? Mungkin aku jadikan dua part lagi episode 11-15 dan 16-20, liat Sikon saja.

Sword and Flower, setelah menonton episode pertama drama ini langsung tertarik gitu untuk membuat semacam ringkasan ceritanya, bingung namanya apa, makanya gak aku kasih judul Recaps, Review or sinopsis. Drama ini agak aneh dan unik mengingatkan aku sama Hong Gil Dong, tapi juga membawa aura Kingdoms of The Wind dan Ja Myung Go. Di episode 3 aku langsung jatuh cinta sama Kim Ok Bin, my stalker Princess is Awesome, jarang sekali karakter heroin yang karakternya sekuat dia. Walaupun putri dia tidak ragu menunjukkan perasaannya, tapi juga tetap berusaha tidak melanggar batas. Meski terkesan Implusif, toh sifatnya bagiku tetap menarik dan aku nggak bisa membayangkan jika bukan Kim Ok Bin yang menjadi Putri Moo Young di drama ini. Episode 3-4 nya terlalu menawan hatiku hingga aku bingung bagaimana menyampaikannya dalam kata-kata, dan lagi,, minggu ini aku sedang mogok nonton, karena agak sibuk dengan jadwal baru, karena nya aku belum menonton episode 5-6 meskipun sangat penasaran, jadi tunggu saja nanti apakah drama ini akan ada kelanjutannya atau tidak.

Season depan ada 4 drama yang sangat ingin aku ikuti, Good Doctor, Master's of Sun, Who Are You dan Two Week, tapi sepertinya aku akan fokus sama Good Doctor dan Master's of Sun saja deh ya~~ jadi sebelum kedua drama itu tayang, Passion-ku saat ini adalah aku harus berusaha menyelesaikan Recaps Nine di draftku dulu~~ doakan semoga aku berhasil ya semuanya^^

*written by irfa at cakrawala-senja-1314.blogspot.com*
 
24 Komentar untuk "[Curhat] What Is My Passion?"

Bs ditrima sih klo da bbrp drama yg g lanjut sinop or review ny, aq sndri jg sering ngalamin kyk gtu, menggebu2 di awal episode, tp stuck di tngah episode, tp tetep ditunggu review ny cruel city y irfa...hbs lebaran jg gpp dech,

xiixiix, belajar dari pengalaman emang susah mbak bwt nulis sinop jadi aku sihh wajar2 aja.. apalagi kalo ngescreen gambar bisa lama bgt pgn pembaca dpt feel dari dram yg lebih susah :) aq suka review, sama kayak mba irfa abis baca aq lebih suka nonton biar liat ekspresi..

Semangat mba nglanjutin recaps ninenya, masih aku tunggu kok :)
Dan makasih ya mba postingan apa aja di blog mba Irfa tetep aku baca, gatau deh suka aja sama gaya nulis mba Irfa. Mba aku jadi suka banget sama cruel city nya, kalau bisa dilanjutin ya mba. Makasih banyak mba Irfa ^^

yes captain episode 12 belum rampung setengahnya keburu suka sama drama lain n sibuk sama drama lain. Aduh ga tahu bisa lanjut apa ga....

Hmm.. Gmna kalo misal pas di tengah sinop suatu drama tau2 Irfa dah kehilangan passion lagi, trus Irfa lanjutin aja dg link sinop dr bloq lain, tentunya link hidup yg udah seizin pemiliknya utk dishare disini? Hmm.. Kalo misal Irfa jwb " deuuh koq ngerepotin bgt seeh, napa gak sekalian aja para reader cari lanjutannya ndiri di bloq2 lain?!?" Hehee.. Ini cm saran lho, soalnya suka aja nengok ke bloq ini, pengennya kalo dah nengok kesini ya bacanya melalui sini aja.

yap! memang mempertahankan mud untuk semua drama itu susah hahaha
sama ma mbak irfa tentang shark, mud beneran mandeg waktu ngeliat perbandingan yi soo remaja dan gedenya
cuma dasar suka sama KNG jadi ngeliat senyumnya ke si adik tercinta, langusng luntur deh mud gak nontonnya
tinggal nunggu ending deh, bentar lagi semuanya tamat :D
gomawo mbak irfa^^

em, kalo dira ada beberapa drama yang bisa diginiin ada yang emang kebawa gak sempet aja jadi belum bisa nonton *guling-guling
tenang mbak irfa,promosi mbak berhasil kok :P

TETP SEMANGAT MBAK ANIS XD
saling transfer semangat juga^^"

masukan di atas, dira setuju mbak...
trus kalo soal yang sudah dibikin tapi belum diposting mending diselesaikan saja
sungguh sayang waktu dan pikiran yang mbak curahkan kemarin dihapus dan menghilang hehe
FIGHTING MBAK IRFA \^^/

thanks mbak, sudah bercerita tentang ini haha gak semua blogger seperti mbak yang tidak menyelesaikan sinopsis, yang tidak membalas setiap komentar, atau menerima keluhan lain dari para readers, membuat postingan seperti ini
thats mbak irfa dan beberapa di luar sana :)
alasan saja? mendadak jadi inget kata2 ayahnya seo young, "saat seseorang gagal, kata-kata yang dia ucapkan adalah alasan" (krg lebih seperti ini sih :P dan ini tidak mutlak benar untuk beberapa orang, karena ayah memang lagi gak enak hati)
-ghostnya tinggal dikit lagi kok mbak...
-CDDA udah dibuat review dan spoilernya yang cukup bagi saya jadi gak masalah lagi
-QIHM sudah dikasih link sinop lain
-YC memang project duo jadi dirembukan dua pihak saja(walau saya tahu jawabannya seperti apa^^) boleh minta spoiler ending? hihihi
-MDSY sudah deg-degan sejak awal karena drama ini memang jadi pelarian wkwkwkwk tapi karena blog lain juga sudah mengurusi setengahnya ini juga no problemo (tp yang sudah selesai minta tolong diposting aja mbak walau dengan sedikit gambar)
-IHYV beda selera ya mbak?untung dira bukan shipper anarkis pake lempar2 sandal :D
-terakhir, semoga harapan mbak di bulan puasa ini dikabulkan
next project : two weeks, good doctor, master sun, who are you menunggu konfirmasi mbak irfa utk first impressionnya hehe
masih nyari 1 blogger lagi, semoga feeling saya tepat ^^ *kabur

Yaa, jadi Irfa & kita bisa baca sinopnya bareng ^_^

Irfa merasa sedih bila ada readers yg bilang lbh suka mmbaca sinop Irfa drpd nonton langsung dramanya??? Deuuh.. Irfa sayank.. jgn berpikir sependek itu donk. Cobalah berpikir sebaliknya, bahwa trnyta sinop buatan Irfa baguuus bangeets sampe2 bikin para readers lbh suka mmbacanya drpd nonton dramanya. Readers kan beda2, gak smua sama kayak Irfa setelah baca sinop malah penasaran pengen liat langsung ekspresi aktor-aktrisnya dlm drama (seperti harapan Irfa saat bikin sinop). Kan ada jg readers yg walo udah nonton dramanya tp tryta gak bs "ngeh" sama alur ceritanya (mgkn krna gak punya byk wktu & nontonnya buru2), N trnyta mereka malah terbantu dg adanya sinop Irfa. Semangat donk Irfa.. Secara bakat nyinopmu keren banget, jangan lg berpikir pendek bahwa kamu mengkhianati para aktor-aktris yg udah bekerja keras, justru sebaliknya.. Sinop kerenmu bisa ada jg berkat drama mereka. Dan berkat sinop Irfa para fans drama yg gak punya waktu utk nonton langsung bs ttp menikmati drama2 keren itu.

"..menulis apa yg disuka bkn apa yg ingin dibaca orang lain.. Krna gak da ruginya kalo gak da yg mo bc tulisan kita???".. Weeeh, ada benernya jg sih, paan hak kita ini yaak, sooo.. suka2 kita yaak.. Tapiiiiii.. Yo moso' cm mo ngitung untung-rugi mulu -__-

yang cruel city gimana endingnya ya hayu~~ soalnya minggu ini aja aku blm brani intip2 sampe sub keluar,, dapet spoiler malah bikin semakin galau,, cemas bener sama urri parksa,, mau dibawa kemana nasibnya dia sama si SWnim nya~.~

Semangat dira Nonton Sharknya, aku beneren nyerah,, tapi masih tetep DL ;p jaga-jaga suatu saat nanti pengen nonton,, hihi

iya devi,, aku sebenernya lebih suka baca review dan lebih suka bikin Review,, lebih enak aja sih,, makanya kalo nda ada waktu buat nonton aku malah suka lebih milih ga cari tau ttg drama itu,, takut pengen nonton masalahnya,, aku kan orangnya begitu,,, suka penasaran dan ga sabaran,,,

makasih widya karena telah setia membaca apa yang aku postingkan, hehehe,, cruel city aku liat endingnya dulu ya? sebenernya makin cruel, makin bikin penasaran sih itu drama >.<

semoga bisa lanjut ya Nis,, biar aku juga bisa lanjut episode 13 nya,, hehehe

Nanti aku usahakan kalo ada waktu luang ya^^ tapi ngak bisa janji juga,, hehehe

hahaha,, iya Dira,, org gagal pada akhirnya hanya bisa mmebuat alasan,, atau mencari alasan dari kekegalannya itu agar dia tidak menyalahkan dirinya sendiri,,,

iya nih IHYV balik lagi ke selera yah,,, awalnya aku Impactnya gede banget lho IHYV buat aku,, tapi ke belakang,, ya begitulah,, akhir-akhir ini seleraku emang lagi aneh,, seringnya melawan arus

Mungkin kesannya aku berpikir pendek yah? Tapi beneran itu lho yang aku rasakan setiap baca komentar yang begituh,, ya kalo pun memang suka sama tulisanku,, kalo bisa sih ya,, nda usah bilang lebih suka baca sinopsisnya dibanding menontonnya,, hehehe,, bilang suka tulisanku itu boleh aja,, mo kritik tulisanku ato drama yang aku tulis itu juga gak masalah,, selera orang dan karakter orang beda-beda aku juga bisa paham,,, aku tidak bisa menarik orang untuk satu selera dengan aku,, itu juga aku paham,,

masalah hanya punya waktu sempit jadi pilih membaca itu juga aku tahu dan sangat mengerti,, tapi ya dengan aku mengeluarkan pendapatku seperti ini, aku harap ke depannya gak ada lagi yang berkomentar lebih suka baca sinopsis ku dari pada menontonnya, kalo memang begitu,, lebih baik nggak usah dituliskan saja,, jadi kan aku nda tahu,, hehehehe,,

kalo semisalnya selama ini sinopsisku cukup membantu,, ya syukur alhamdulillah,, selama passionku masih besar terhadap drama itu, aku pasti akan berusaha menuntaskannya kok~~~

Masalah untung rugi, aku nggak akan munafik,, selama hidup aku sering sekali memperhitungkan untung rugi,, mungkn bisa dibilang aku belum bisa menerapkan konsep ikhlas ya? tapi menulis adalah seni,, aku jamin,,, jika kita menulis sebuah tulisan dengan terpaksa,, rasanya akan lain saat kita menulisnya dengan ikhlas dan tanpa beban,,, dan aku yakin pembaca pun akan menerima tulisan kita dengan cara yang lain lagi,,,

Klo aq sich bukanny lbih suka bc sinop ny drpd dramanya, tp aq cenderung lbh suka bc sinop ny dulu bru ntn dramany, coz sering kali aq g ngerti side story ato sisi lain dr dramany, stlah bc sinopny aq bru ngeh dech, mk ny q lbih suka bc sinopny dlu bru dech ntn dramany,

Makanya mending jgn ngitung untung-rugi mulu, biar gak ngerasa terpaksa/terbebani utk nulis sesuatu.. Krna menulis adlh seni jd ayuuuuk ikhlas.. N yg bc karya seni jg musti ikhlas terima apa adanya yaa, jd jgn nodong mulu mcm.."kpn eps lanjutanx dipost?".. Ttp semangat Irfa.. Jgn gmpg ilang mood ato terbebani krna todongan geje kyk gitu lg yaa.

ikutan nimbrung deeh..
ini mbak irfa mood-moodannya kayak aku, dan aku juga ngerasain banget gimana bedanya nulis ketika euforia habis nonton masih ada dan ketika euforianya udah hilang. Waaah~ nggak niaaat banget kalo udah tertarik sama drama lain tapi masih ada tanggungan buat nyelesein drama sebelumnya... hehe .. tapi aku malah lebih parah mbak... boro-boro sinopsis, orang bikin review satu drama aja suka nggak kesampaian. Hohoho... dulu pingin tuh bikin sinopsis habis nonton drama, tapi ternyata aku berhati lemah T^T. Kalo habis nonton, trus rerun cuma buat bikin sinopsis pasti gagal. Alhasil kerjaanku cuma bikin review dan itu harus langsung setelah nonton, kalo nggak ntar niatnya keburu hilang. hahahha *ih apaan sih*

yang IHVY --> waaah aku shippernya sooha - hye sung nih.. lempar sendal nih yaaaaaa hahahhaha *kabur

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top