[Curhat] Aku dan Si Copaser

Tadinya aku tidak ingin membicarakan masalah Copaser yang mengcopas semua beritaku tentang drama terbarunya Shi Hoo Oppa, Cheongdam-dong Alice di blog ini.

Tapi akhirnya tanganku gatal juga nih,,, karena ternyata bukan hanya artikel tentang Cheongdam-dong Alice yang di Copas, tapi hampir semua Postingan blogku sejak tanggal 13 Juli 2012 tentang Teaser Arang and The Magistrate.

Copaser itu bernama Gaun.web.id, sebuah blog di Word Press dengan page Rank 2 dan tanpa fasilitas komen ataupun Chat.

Awalnya aku tahu postingan Curhat dan News ku kena Copas saat kemarin aku mencari berita terbaru tentang Cheongdam-dong Alice, di list google aku membaca deskripsi tentang postinganku tentang Cheongdam-dong Alice tapi bukan dari alamat blogku, penasaran, akhirnya aku buka blog itu, dan jreng-jreng,,, ternyata semua postinganku tentang News Cheongdam-dong Alice hingga kabar Shin Yo Sool yang akan berperan sebagai sahabat Moon Geun Young di Copas. Padahal kebanyakan isi berita itu hanya curhatanku semata, seperti biasanya. Antara kesal dan ingin tertawa, tapi yah,, virus Copaser memang sulit di hilangkan sih ya.

Gaun.web.id, sepertinya sih ya,, aku sempet beberapa kali baca berita di blog itu, tapi aku tidak ingat berita apa yang aku baca, aku baru menyadari benar keberadaa blog ini setelah aku menemukan blog tersebut mengcopas tulisan ku tentang News Cheongdam-dong Alice.

Hari ini aku makin syok dan hanya bisa mengangakan mulutku saat aku menemukan kenyataan yang lebih mengerikan, ternyata bukan hanya postinganku tentang Cheongdam-dong Alice yang di Copas nya, tapi hampir semua postinganku sejak tanggal 13 Juli 2012.

Aku menemukan kenyataan ini, saat aku sedang mencari hubungan So Ji Sub dan Uhm Tae Woong, apakah mereka pernah terlibat dalam sebuah proyek atau tidak. Dari situ aku menemukan nama Uhm Tae Woong dan So Ji sub dalam satu postingan dan kalian tahu postingan apa itu? Itu adalah Postingan tentang 9 Ajussi angkatan 2 Favorite-ku. Mwo ya? ini gila,, itu pikirku,,, Postingan itu pure hanya berisi curhatku tentang kesukaanku pada para Ajussi itu, bagaimana mungkin postingan seperti itu pun di Copas.

Saat aku menemukan postingan itu di blog Gaun, aku menemukannya dengan judul Uhm Tae Woong : Gaun. Tentu saja bukan hanya tentang 9 Ajussi favoriteku yang di Copas, Postingan tentang Uhm Tae Woong, So Ji Sub dan Han Ji Min jadi Nominasi Korean Drama Award pun ikut di Copas karena di postingan itu ada tag nama Uhm Tae Woong.

Akhirnya iseng-iseng aku membrowsing kata kunci Park Shi Hoo Gaun, Ji Hyun Woo Gaun, Han Ji Min Gaun, Lee Sun Gyun Gaun dan So Ji Sub Gaun. Waw banget deh,, dari kata kunci itu aku menemukan betapa banyaknya postingan ku yang di Copas nya, bahkan postingan tentang Recaps Old Miss Diary part 5, Recaps Queen In Hyun Man episode 9, Review Ghost Episode 9-14 serta Review drama My Sweet Seoul dan Mini Drama U-Turn. Bahkan postingan Update daftar serba 9  dan semua postingan Curhatku tentang Arang dan Reply pun ikut di Copas.

Syok? tentu saja,,, sebagai informasi saja, Gaun sama sekali tidak mencantumkan blog ku sebagai sumber dia mendapatkan sumber postingan-postingan tersebut di blog nya. Tapi dia menyertakan dengan lengkap semua sumber yang aku tuliskan di blogku, bahkan link-linknya pun tidak diubah sama sekali, bahkan jika link itu menuju ke blogku. Semua penulisan salah, komentar geje ku dan curhatan alay yang ada di postingan-postingan itu sama sekali tidak di edit. Semua postinganku yang di Copasnya sama persis dengan apa yang ada di blogku, dan,,,, tanggal postingannya pun sama persis dengan tanggal postinganku,, Aigo,,, akhirnya aku menyadari sesuatu,,, blog ini seperti mesin Copas aja. Saat aku memposting di blogku, maka dia pun akan langsung memposting postinganku itu di blognya. Itu benar-benar mengerikan bukan,,,

Aku penasaran,, sebenarnya sejak kapan dan sampai kapan gaun.we.id itu mengcopas postingan ku, karena dari yang aku liat di recent postnya sih nggak ada tuh postingan-postingan ku terbaruku tentang sinopsis Yes Captain ataupun tentang Update-an drama Cheongdam-dong Alice.

Akhirnya aku iseng coba-coba kata kunci sambil memperhatikan urutan postinganku dari bulan ke bulan. Review Ghost hanya ada yang episode 9-14 saja, Recaps Queen In Hyun Man hanya ada yang episode 9 saja, begitupun Recaps Old Miss Diary hanya ada yang part-5 saja. Ketiga drama itu aku jadikan acuan dan akhirnya aku menemukan tanggal pasti blog Gaun mulai mengcopas tulisanku, ya,, seperti yang tadi aku sebutkan blog itu mulai meng-copas nya sejak tanggal 13 Juli 2012 dan sepertinya berakhir pada postingan tentang Hari Mol tanggal 23 Oktober. Setelah Postingan Hari Mol itu aku tak lagi menemukan postinganku di Copas di blog Gaun.

Apa yang membuatku yakin blog itu meng-copas semua postinganku sejak tanggal 13 Juli hingga tanggal 23 Oktober? karena aku menemukan semua postingan Curhatku dalam rentang waktu itu. Mulai dari Curhatku tentang Crazy Habbit yang ada gambar tulisan tanganku. Ayolah,,, tulisan itu sama sekali tak mengandung unsur berita, hanya curhatan iseng saja. Juga postinganku tentang Running Man episode 86 dan 87, semuanya ada di blog itu mulai dari berita, recaps dan Review, Preview drama dan semua postinganku dalam rentang tanggal 13 Juli - 23 Oktober 2012 ada di blog itu.

Apa yang aku rasakan, Sedih,, iya,, Kecewa,, iya,, Miris,, iya,, Bangga,, juga iya,,, ingin tertawa juga iya,, rasanya jadi campur aduk semua,,, tapi juga lega dan berterima kasih.

Aku lega karena sepertinya blog gaun sudah berhenti menjadi mesin Copas blog ku karena aku tak menemukan postinganku setelah postinganku tentang Hari Mol itu, dan semoga berhenti selamanya deh ya,,, mungkin dia menemukan blog baru untuk di Copas, hehehehehe,,

Dan merasa berterimakasih karena tidak mengubah backlink yang menuju blog-ku yang ada dipostinganku yang dia Copas, karena ada kemungkinan beberapa pembaca blogku datang setelah membaca Postinganku yang dia Copas.

Tapi... Karena Insiden ini, aku sepertinya harus berhati-hati deh ya,, mungkin aku bakal rajin lagi meng-cap gambar-gambar di blogku dan aku harap para reader tidak merasa terganggu jika ditengah postinganku tiba-tiba ada tulisan ini:
*diposkan oleh irfa di cakrawala-senja-1314.blogspot.com*

Aku hanya mencoba jaga-jaga saja, siapa tahu akan ada kasus serupa. Aku hanya ingin para pembaca tulisan ku yang di Copas tahu bahwa tulisan itu adalah tulisanku. Hmm,, Prestise,,, jika tulisan berupa sinopsis di Copas itu sudah biasa, jika curhatan yang di Copas, bukankah itu menjadi Luar biasa,, hehehehe,,

Rasanya aneh aja sih, baca tulisan curhatanku di blog orang lain, tapi pas bacanya jadi tertawa sendiri sampe perutku keram,, hehehehe,,

Oh iya aku tidak tahu apakah semua postingan di blog gaun itu hasil Copas semua atau tidak, tapi yang kelas aku menemukan Diary Choi Young nya mbak tirza di blog itu, jadi mungkin ada tulisan dari blog lain juga yang di Copas. Satu hal lagi, postingan di blog itu tidak melulu tentang korea ada juga tentang info-info lainnya, bahkan ada beberapa artikel tentang gosip artis Indonesia.

Dari yang aku lihat sepertinya blog itu memang sengaja di buat demi kepentingan cari uang, terlihat dari banyaknya iklan yang tersebar di halaman blog itu, mulai dari iklan baris hingga iklan gambar. Sedih aja liatnya, demi kepentingan pribadi seenaknya aja mencuri tulisan orang, kira-kira halal ga ya rizki nya kalo begitu #abaikan saja.

Aku menulis di blog hanya demi menyalurkan hobi, cita-cita menjadi penulis yang tidak kesampaian aku salurkan disini, walau jatohnya banyaknya jadi curhat ya,,, maaf ya buat para Reader kalo blog ini malah menjadi tempat curhatku dan terimakasih untuk para reader yang telah setia membaca semua tulisan-tulisan ku.

Aku tidak bemaksud mengeluh, hanya menumpahkan unek-unek saja. Setelah ini aku akan tetap nge-blog kok, karena dengan ini aku bisa merasa puas karena ada orang lain yang membaca dan menilai tulisanku, juga mengomentarinya...

*Gamshahamnida Yeorobun*

Labels: Copas, Curhat
18 Komentar untuk "[Curhat] Aku dan Si Copaser"

hahahaha copaser-nya naksir dirimu Fa :D

Tetep semangat,artinya tulisan blogmu,ide2 mu dianggap oke.Karena ide2 dia belom tentu secemerlang dan se kreatif milikmu..,

mau ngopasnya bener2 masa curhatan dicopas juga... cari duit gak mau keluar keringet tuhh org...

Salam Kenal ka Irfa, saya sudah pernah baca blog Gaun, tapi lebih menarik blognya ka Irfa, tetep semangat buat sinopsisnya..., (Dede)

siapa tahu ntar "[Curhat] Aku Dan Si Copaser" ini juga ikut di copas...wakaka..parah bgt thu orang...

Dian

Wah ternyata dirimu juga jadi korban. Sabar ya Fa! *puk puk (balik ngasih dukungan). Tapi penasaran juga, gimana caranya ya mereka bisa ngopas segitu cepatnya?

Jadi inget kata2 puri,, ni Copaser kyknya ngepens ma aku,, hahaha,,
kacau,,, yg paling bikin merinding tuh ya,, aku liat tulisanku ttg crazy habit di blog itu,, ada tulisan tanganku disana,,, kok niat amat sih dia ngopas postingan itu,, ckckckck,,,

makasih,,, iya aku tetep semangat kok untuk yang sekarang,, nggak akan bikin down kyk pengalaman pertama yang jd bikin Hiatus,, Hmm mungkin karena sudah kebal,, tapi rasanya lucu aja,,

hehe iya Dev,, itu juga yang aku pikirin,, dia pengen cari duit tanpa berkreasi dengan ide tulisannya,,, pokoknya aku nganga bangetlah pas aku baca semua curhatanku disama,, masih mending ya news ma sinopsis di copas tanpa diedit,, lha ini kok curhatan juga ikutan di Copas,, ngakak guling2,,

makasih Cha,, hehehehe,,

makasih buat semangat nya Dede,, selama punya waktu aku akan tetap semangat kok,,,

aku juga lagi bayangin itu,, dan langsung ngakak guling2,, klo sampe beneran kyk gitu,, tp kyknya blog itu dah berhenti jadi mesin Copas blog-ku deh,, moga aja berhenti untuk selamanya,,,

klo kata Apni sih emang ada caranya kok,, tapi gak tau gimana,, jadi mereka gak usah cape ngopas ato ngesave blog kita,, setiap kita posting apapun di blog, ke post juga di blog mereka,, ngeri ya diana,, makanya bahkan postinganku yg tentang curhat sama update page di blog pun ikutan ke Copas juga,, antara Miris dan pengen ketawa aja jadinya,,

berarti mereka pakae software auto copas hahahahaha, PD, blog uni imoet, mbak tirza, dll juga kena itu dulu ak nemu 3 blog yang pake software auto copas, jadi appun yang dipost akan langsung majang di blog mereka, jadi ya begitu kita cuma bisa iklas kwokwokwok :XD

gila banget orang itu, sampe curhatan jg di copas...
paling mengerikan sampe titik koma pun tidak ada yg di edit...
yang sabar ya Fa...

setuju... Screencap gambar2 di beri merek aja,,,supaya si pengcopas tahu rasa.. hahaha

btw komen pertama gw di blog irfa...
suka........aa liat Backgroundnya.....PSH ma HJM lg dengerin musik apa ya##

tetep semangat nulis ya mbak :)
nice guynya nice guynya hehe

*pukpuk* mbak irfa,, telaat baca'a nih,, tetep smangat nulis mbakk,, walopun banyak curhatan aku tetep setia membaca'a koq :)
jadi tetep nulis yah mbak
-wulan-

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top