[Sains] Hari Mol





Fakta menarik aku temukan saat googling sesuatu yang berhubungan dengan hari ini tanggal 23 Oktober. Tak banyak peristiwa bersejarah yang terjadi, tak banyak tokoh terkenal yang lahir di tanggal ini, tapi ternyata tanggal ini luar biasa menarik karena diperingati sebagai Hari Mol.

Apa itu Hari Mol? Mol adalah satuan dari besaran jumlah zat yang dinyatakan sebagai 6,02 x 1023 jumlah partikel. Avogadro adalah ilmuan yang mengemukakan hal tersebut berdasarkan hasil penelitiannya. Satuan Mol ini kini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia, dan digunakan oleh para Ahli kimia untuk menyatakan jumlah suatu zat yang akan direaksikan.

Hari Mol adalah hari libur tidak resmi yang diperingati oleh ahli kimia di Amerika Utara pada tanggal 23 Oktober jam 6.02 pagi hingga jam 6.02 petang. Angka-angka tersebut menunjukan konstanta Avogadro yang menyatakan 1 mol.

Hari Mol diawali oleh sebuah artikel yang ditulis oleh Majalah The Scince Teacher pada tahun 1980an yang menghubungkan tanggal 23 Oktober dengan bilangan Avogadro. Terinspirasi oleh artikel tersebut, Maurice Oehler yang saat ini merupakan pensiunan guru Kimia SMA dari Wisconsin, mendirikan sebuah yayasan Hari Mol Nasional pada tanggal 15 Mei 1991.

SMA-SMA di seluruh Amerika Serikat, Afrika Selatan dan Kanada merayakan Hari Mol sebagai cara meningkatkan kecintaan murid-muridnya terhadap ilmu Kimia, khususnya Stoikiometri.

Hari Mol sepertinya menjadi hari yang penting bagi para siswa dan guru Kimia di daerah Amerika dan Afrika, lihat lah beberapa karya mereka untuk mengucapkan "Happy Mole Day"








Sayangnya di Indonesia hari mol ini sama sekali tidak dikenal. Aku pun sebagai orang kimia baru menyadarinya setelah membaca artikel di Wikipedia. Aku sama sekali tidak menyangka jika hari lahirku ini sangat berkaitan erat dengan ilmu kimia. Hmm mungkin ini yang namanya jodoh,, Chemistry is My Life.

sumber: Wikipedia
gambar: google (berbagai sumber)
Labels: Hari Mol, Kimia, Sains
13 Komentar untuk "[Sains] Hari Mol"

Waaaaah..Kereeen bnget..Q sbnrx bukan anak kimia bhakn nda trtarik dngan hal yg berhbungan dngan itu..tp fakta ini unik n bahkan ada perayaanx..benar2
Amaizing ^_^
Thanks infox

Happy B'day Mba IRFA... Tetep semangat nulis Blog nya.. :) __AYu__

MIANHAE TELAT MBAK T.T
SAENGIL CHUKKAE YA! MET TAMBAH UMUR, TAMBAH DEWASA JUGA hihi :D
semoga tetep diberi kesehatan dan rezki serta tak lupa nambah ibadah juga...
makasih buat postingan ini tentunya, baru tau:LOL
dira

kwkwk,, aku orang kimia aja gak tahu, wkkwkw

thanks Ayu,,
kalo lagi liburan gini aku biasanya semangat,,
tapi kalo udah masuk lagi,,
suka susah nyempetin waktu buat ngeblog,,

Makasih Dira untuk Do'a nya,,

aku juga baru tahu beberapa hari lalu,,
makanya ingin berbagi aja dgn yang lain,,
pasti gak banyak yang tahu klo ada hari Mol

Apni orang kimia juga? *kaget*
ternyata banyak ya temen ngeblog yang orang kimia

mbak irfa waktu itu ulang tahun?? astaga telat nihh,, slamat ulang tahun yah mbak,, smoga makin-makin deh dan makin rajin nge blog'a hahaha :)

telat 4 hari nih maaf yah mbak :)
aku juga orang kimia nih "chemical engineering" dan baru tahu juga, hahaha :)
-wulan-

hehehe,, makasih Wulan ^_^
moga makin banyak libur deh,,
jd makin rajin ngeblog,, #mimpi

wah,, ternyata wulan juga anak kimia toh,,
kalo waktu itu nggak iseng googling ttg tgl 23 Okt
mungkin aku juga ga bakal tau,,

hahaha gag mimpi koq klo libur lebaran kan lama mbak hahahaha :P

iyah D4 mbak, hahaha
mnak irfa guru kan yah?? brarti guru kimia yah??
-wulan-

klo libur lebaran malah sibuk wulan,, hehehe

guru kimia sih,,
tapi merangkap sebagai guru IPA juga di smp

wah..kern euy, ternyata ada hari Mol. thanks infonya

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top