[List] Blog dan FanPage yang MengCopas Sinopsis Thorn Birds


Apa ini termasuk Curhat,, ntahlah aku bingung juga,, makanya aku nggak masukin Postingan ini ke kategori curhat.

Beberapa minggu yang lalu ada yang memberitahuku kalo Sinopsis Thon Bird yang aku tulis di Copas oleh salah satu Fan Page yang ada di FB. Awalnya tentu saja aku kesal, hingga malas melakukan apapun. Tapi dipikir-pikir kok aku Childish banget ya,,, So, back to Reatita,, Copas mengcopas itu hal yang biasa. Toh dulu aku juga sering Copas Artikel Internet untuk tugas kuliah. Jadi sudahlah. Aku pun tidak ingin mempermasalahkannya.

Lagi pula aku sudah konfirmasi pada Admin FP tersebut untuk memberikan kredit link yang benar ke blog-ku dan tidak menyertakan Komentar atau Note Pribadiku yang biasa aku tuliskan di setiap akhir postingan sinopsis Thorn Birds. Syukurlah Adminya sangat Kooperatif dan segera menghapus Note atau Komentar pribadiku itu.

Aku berpikir hanya FP itu saja yang mengcopas sinopsisnya,, Ternyata,, huah,, lumayan banyak juga,, (lebih dari 2 termasuk banyak kan?).

Mungkin karena aku berpikir terlalu naif, selama ini aku sering sekali baca tulisan sinopsis di FP facebook atau pun di blog hasil Copas, tapi aku tak pernah menyangka pada akhirnya tulisanku pun di copas juga. Hmm,, mungkin karena Thorn Birds sedang tayang di Indosiar ya,, makanya banyak yang tertarik untuk menshare Sinopsis ini ke banyak pihak.

Okay,, aku tidak ingin telalu panjang lebar curhat disini, aku akan langsung me-list FP facebook dan Blog yang mengcopas sinopsis Thorn Birds yang aku tulis.



1. Kumpulan Sinopsis K-Drama
Ini FP pertama yang aku ketahui mengcopas sinopsis Thorn Birds. Awalnya aku kesal melihat sinopsis yang ku tulis penuh perjuangan itu, di Copas begitu saja. Apalagi saat aku lihat credit link yang dia berikan bukan credit link dari blog-ku. Akhirnya aku meninggalkan komentar di Album Sinopsis Thorn Birds yang ada di FP mereka. Untungnya Admin yang menshare-kan Sinopsis Thorn Birds itu cukup Kooperatif dan mau memenuhi permintaanku untuk menghapus Komentar dan Note Pribadiku di Sinopsis Thorn Birds yang dia Copas serta menyertakan credit link ke blog-ku. Aku bahkan me-like FP itu untuk mengikuti kalo-kalo mereka lupa kembali menyertakan kembali Komentar atau Noteku.

Sejauh ini, FP ini sudah mengcopas Sinopsis Thorn Bird hingga Episode 15 part 2, benar-benar Update kan....

Dari FP ini juga lah aku jadi penasaran tentang sesuatu. Ada salah seorang membernya yang meninggalkan komentar bernada seperti ini: "Min Kok sinopsis Thorn Birdnya belum dilanjut, padahal FP ini lho yang paling cepet share Sinopsis Thorn Birdnya" Nah lho,, memang ada berapa FP lagi yang mengcopas sinopsis Thorn Birds???

Aku jadi penasaran dan akhirnya Googling dengan menuliskan kata kunci "sinopsis Thorn Birds Episode terakhir" dan wow,,, aku cukup tercengang ternyata banyak blog yang me-link sinopsis Thorn Birds ke blogku, dari Googling inilah akhirnya aku menemukan beberapa FP lain yang mengcopas Sinopsis Thorn Birds, bahkan ternyata ada juga blog yang mengcopas tulisanku ini. Sama persis hingga titik dan koma juga banyaknya typo yang aku buat.

Oke,, Aku lanjutin listnya ya...

2. Sinopsis Drama Korea
Ini FB kedua yang aku temuka mengcopas sinopsis Thorn Birds. Mereka sudah menyertakan kredit link blogku di setiap sinopsis Thorn Birds yang mereka Share di Note. Tapi,, OMG,, komentar dan Noteku masih bercokol disetiap sinopsis itu. Humm,, langsung deh ku beri pesan di Wall dan Note salah satu sinopsisnya untuk menghapus dan tidak lagi menyertakan Komentar ataupun note pribadiku di Sinopsis Thorn Birds itu. Admin FP ini cukup cepat tanggap dan langsung membalas pesan itu dengan berkata bahwa dia sudah menghapus komentar dan Note pribadiku. Belum aku cek sih,, tapi aku percaya aja deh,, males juga cek satu-satu sinopsisnya.

Sejauh ini FP ini sudah mengcopas sinopsis Thorn Birds hingga episode 9.

3. Beautiful drama korea (saranghae) 
Masih FP di facebook juga. Mereka memang sudah tidak memasang Komentar atau note pribadi di setiapa sinopsis per part-nya. Namun yang aku sesalkan mereka sama sekali tak mencantumkan krebit linknya, tapi aku tahu pasti itu sinopsis Thorn Birds yang aku tulis, secara aku hapal benar gaya bahasaku sendiri. Aku malas memperingatkan FP satu ini,, biarinlah,,,, aku tak ingin memikirkannya, meskipun FP ini sudah mengcopas sinopsis Thorn Birds hingga episode 15 part 1.


4. A Moment Diajeng
Kalo yang ini bukan FP tapi blog,, Hmm ato website ya? Ntah lah. Blog ini mengcopas Sinopsis Thorn Bird dari episode 1-13 dengan menyertakan kredit link aktifnya. Dia juga hanya mengcopas tulisannya tanpa gambar dan tanpa spasiv, yang membuatku pusing saat membacanya karena tulisannya terlalu kecil. Karena kredit linknya menujuku ke blog-ku aku tak akan mempermasalahkannya. 

Hingga Episode 13, sinopsis Thorn Birds di Blog ini, mengcopas dari blog ku,, tapi ada yang istimewa di Blog ini, bagi yang ingin sangat penansaran dengan Epiosde terakhir Thorn Birds, mungkin kalian bisa main ke blog ini, karena disini ada Recaps Episode Terakhir Drama Thorn Birds. Aku sudah membacanya, mungkin itu cukup mewakili, namun aku sedikit lama memahami maksud dari semua kalimat yang ada dalam Recaps itu, jadi tenang saja, aku sama sekali tidak berniat Copas dari blog ini.


5. Fiyano
Ini yang bikin sebel. Blog ini mengcopas Sinopsis Thorn Birds, Tok banget plus gambar-gambarnya, dari awal hingga akhir. bahkan bentuk tulisan dan spasinya pun tidak dirubah. Aku sebel banget melihatnya. Apa dia nggak tahu betapa susahnya aku meng-screencaps gambar-gambar itu dan membuat sinopsisnya. meletakan dimana gambarnya tepat disimpannya, dia dengan seenaknya saja mengcopas tanpa permisi semua yang ada di sinopsis itu. Dan yang lebih menyebalkannya lagi, dia menyatuka part tiap episode menjadi episode utuh, kadang tanpa mengedit kata-kata bersambung ke part selanjutnya dan Komentar dan Note pribadiku. Haruskah aku meninggalkan Komentar di blog itu? 

Aku sudah kadung sebal dan tak ingin berurusan dengannya. Oh iya, satu lagi yang membuatku tidak suka pada blog ini, dia memang menuliskan kredit link ke blogku, tapi bukan link aktif, semua titik koma dan kesalahanku pun dia Copas, bahkan di episode 15 dia mengcopasnya hingga part 2 saja dan dia bikin dalam 1 pasotingan episode 15. Lalu yang paling membuatku sebal, entah sejak episode berapa dia mengganti kredit linknya dengan alamat bloh yang bukan alamat blogku, lalu aku periksa blog tersebut, karena aku yakin benar, sinopsisi yang dia Copas adalah sinopsis Thorn Birds yang aku tulis. Hmmm,, ternyata blog yang dia tulis sebagai kredit linknua hanya salah satu blog yang ikut mempublikasikan sinopsisku dengan link saja,,, lagi-lagi aku hanya bisa geleng-geleng kepala dan mengelus dada.


6. Kumpul bareng penggemar Korea
Ini adalah satu-satunya FP yang adminnya meminta ijin langsung padaku untuk mengshare kan hasil Copas sinopsis Thorn Birds-nya di page mereka. Meskipun dia sudah meng-sharekan sinopsis yang dia copas dari A Moment Diajeng (yang awalnya juga mengcopas dari blogku) hingga episode 7. Untuk episode selanjutnya ida khusus meminta ijinku untuk meng-share kannya.


Aku bilang tak masalah dengan hal itu, lagipula FP nya bukan yang pertama meng-sharekan sinopsis Thorn Birds, jadi aku ijinkan saja, percuma kan aku larang pun, toh sinopsis Thorn Birds yang keu tulis sudah bertebaran di baerbagai FP yang awalnya tidak meminta ijin padaku. Maka aku sangat berterimaksih karena Admin FP ini meminta ijin dulu padaku.

Hmm,, cukup banyak kan, Total FP dan Blog yang kutemukan mengcopas sinopsis ini ada 6. Huft,, entah harus senang ataau sedih,, tapi aku pun tidak bisa mencegahnya. Oh iya,, jika ada yang menemukannya FP atau blog yang mengcopas sinopsis Thorn Birds dari blogku silahkan tambahkan di komentar ya? Aku hanya ingin tahu sebenarnya seberapa banyak blog atau FP yang mengcopasnya.

Jadi aku sangat berterimaksih pada para pembaca yang sudah menemukan blog-ku sebagai Blog asli yang menulis sinopsis Thorn Birds, karena hampir semua sinopsis Thorn Birds yang kutemukan dalam bahasa Indoesia, semuanya mengcopas dari tulisanku,, Aiggo,,, Kecaggihan teknologi sekarang ini sepertinya membuat kreafitas seorang pengcopas menjadi buntu dan mengambil jalan pintas saja.

Kini bila kalian menggogling tentang sinopsis Thorn Bird si mbah Google, tak akanlagi kaian temukan nama blog-ku di pencerian teratas, karena sudah banyak blog dan FP yang mengcopas Sinopsis Thorn Birds ini. Ya,, sudahlah,, aku hanya bisa pasrah,, karena aku pun tidak tahu bagaimana mencegahnya lagi,,,


Sekian saja list ini, aku tulis dengan mata yang sedikit mengantung, mohon maaf bila ada kesalahan penulisan kata-ataupun kata-kata yang tidak berkenan. 


Laporan cuaca hari ini, suhu udara semakin dingin dan sepertinya aku lebih mudah terkena flu dan masuk angin.


Salam 
Irfa
^_^


Sumber: hasil Googling di suatu siang.
24 Komentar untuk "[List] Blog dan FanPage yang MengCopas Sinopsis Thorn Birds"

Baca postingan ini jadi dapat beberapa istilah-istilah baru dalam perBLOG-an (maklum, walau hampir setahunan punya blog, saya termasuk yang gaptek).

Istilah2 tsb antaranya kredit link, kredit link aktif,copas dll.

Ttg copas akhirnya saya tahu... kenapa ada beberapa blog yang saya kunjungi kok isinya sama pesis. Tapi kalo kredit link, kredit link aktif saya belum paham...

TETAP SEMANGAT ya irfa

saya taunya blog irfa dr FP Korean Celebrity Info.
salam kenal ya^^

Semangat kak. Irfa!! kami para readers setia blog ini akan selalu mendukung mu~
Jangan patah semangat dalam menulis, readers setia akan selalu setia membaca langsung dari blog kakak ^^
-salam reader setia :)

aku bantu jawab ya^^

kredit link: link yang mneyertakan sumber darimana postingan itu berasal, tapi tidak aktif. Jadi jika link itu diklik, tidak akan membawa kita ke sumber tulisan tersebut.

Kredit link aktif: link yang jika kita klik memang membawa kita ke situs sumber tulisan tersebut.

copas: copy-paste. blogger/admin FP hanya meng-copy lalu mem-paste tulisan orang lain ke blognya atau ke FP-nya.

Menurutku, jika ingin men-share tulisan orang lain sebaiknya langsung memberi link aktif sumber tanpa meng-copas tulisan sumber seluruhnya.

awal'y aq bca sinop thorn bird dr pcrian google dr blog yg cpas dr sini,trs aq nyari2 eps trbaru'y d google N nemu blog k irfa,tp jauuuhh bgt dr yg tratas.. Dan skg aq jd pbaca stia blog k irfa 'My Short Obsession' . Tetap semangat kak irfa.. *ulli*

semangat ya irfa^^

aku mengerti sedihnya kesalnya kalo postingan kita di-copas orang lain. rasanya kerja keras kita tidak dihargai dan orang lain yang mendapat pujian

tapi aku salut sama irfa yang berbesar hati memaafkan para peng-copas hehehe...untungnya mereka mau mengikuti keinginan irfa ya. Kalo aku malah sebaliknya. komenku dihapus, ngga pake link, bahkan balik memarahi ckckck. sorry kok aku jadi curhat hehehe :p

pada akhirnya yang membuat kita terus menulis adalah kecintaan kita pada menulis dan Kdrama, juga dukungan dari orang-orang yang setia menanti sinopsi kita (seperti aku setia menunggu sinopsis irfa hehehe). percaya deh, suatu saat ketauan mana yang palsu dan mana yang asli ;)

makasih mbak fanny sudah membantu menjawab,, iya bener kata mbak fanny,, ya aku juga setuju dari pada mengcopas ya lebih baik hanya membuat kredit link aktifnya saja,, tapi kalo sudah terlanjur di Copas,, ya mau bagaimana lagi,,

iya,, bener banget,, apalagi kalo baca komen-komen para pembacanya yang ngasih dukungan pada si peng-copas,, kita yang susah-susah,, lha kok mereka yang dapet dukungan,,

Aku sih cuma bisa bersabar aja,, toh kalo pun aku dongkol terus-terusan malah cape sendiri hehe,, Waw,, nampaknya yang Copas tulisan mbak fanny orangnya nggak tau malu ya,, kok malah balik memarahi,, siapa juga yang salah,,

Betul banget,, pada akhirnya memang kecintaan kita pada menulislah yang membuat kita tetep semangat untuk tetap menulis sinopsis..

thanks banget ya mbak atas dukungannya,,

admin maaf nh sblumnya, saya jg pnya FP dan jujur sya copas sinop thorn bird dri blog ini. dan maaf bgt sblumnya sya tdk mnta izin dlu, tpi smua note yg sya share tdk mncntumkan komentar yg admin tlis dn stiap akhir episode sya slalu mncntumkan link aktif blog ini di credit. untuk kdpannya saya mnta izin untuk copas sinopnya, apa boleh? klo tdk bleh sya bsa hpus smua snop'a di FP saya. skli lgi maaf.

setelah keliling2,, mmpir ke blog satu trz lanjut ke blog lainnya,, memang dsinilah sinopsis yang paling cpt,, untungnya ad blog yg nulis kredit link aktifnya,, jdi langsung nyampe d My Short Obsession,,
skrg seh lgs bka blog ini ajj klo mo liat sinopsis thorn birds,,
Mkasih ya mba irfa,,
tetap semangat bwt nulisnya,,
ditunggu kelanjutan sinopsisnya ya..

Oia wlwpun qt co-pas tugas kuliah tetep ditulis sumbernya kok,, so copas sinopsis pun hrznya tulis sumbernya jg,,, kn bkan krya sndiri,,

unnie,, aduh unnie,, aq pertamanya baca sinop thorn birds itu dr blog fiyano itu,,
Cuman waktu nyampe episode 15 ga nyambung banget ma yg 16nya.. Jadi aq cek lewat kredit linknya,, eh taunya kurang 1 part lagi.. Unnie,, gimana sih caranya bikin link aktif itu?? Biasa blog baru rada" gaptek,, Kalo aq sih sebelum copas punya orang mikir dulu "gimana perasaan q klo tlisan q d'copas org?" Jadinya aq ga enak main copas tok.. Kalo bisa aq mw lgsung pake link aktif aja? Plis ajarin bikin link aktif bagi yang bisa,, Gomawo!

hmmmm... lumayan banyak jg ya mba irfa..
aku cm bs kasih semangat doang ma mba irfa, moga2 mba irfa tetep tegar ngadepin yg baginian..

saranghae mba irfa..
*big hug 4 irfa*
^,^

thx, irfa.. dah di masukin ke list... :) sorrry.. ya q copas.. gaya penulisan kmu bagus banget sih. Klu nggak salah aq dah ngasih link ke blog ini kan... & aq jg sengaja g copas ama gambarnya... biar yg baca penasaran... dan pergi ke home page kmu. ok tak???

oh ya.. makasih.. tentang kritik penggunaan hurupnya.. :)
tetap smgat....

Makasih sudah tidak mencantumkan komentar pribadiku dan link aktifnya,, yang sudah di share yang sudah saja,, tidak perlu di hapus,, tapi mungkin untuk episode selanjutnya aku tidak bisa ijinkan untuk di Copas,, karena menulis 5 episode terakhir Thorn Bird penuh dengan perjuangan,, maafkan ya??

kalo di bloger,, bikin link aktif gampang banget kok,, pas bikin postingan, blok kata-kata yang mw di link, lalu klik tombol link yang ada di pengaturan,

kunjungi alamat yang akan dijadikan link aktif-nya, Copy alamat tersebut, Lalu paste-kan alamatnya di kolom URL linknya,,, truk OK deh,,

makasih buat big hug nya mimu,, sekarang udah aku protect blog nya biar ga bisa di copas,, entah ngaruh entah enggak,, liat saja nanti,,

thanks juga udah ngasih link aktif ke blog ku,, tapi maaf nampaknya untuk episode selanjutnya nggak aku ijinkan untuk Copas sinopsis Thorn Birds,, 5 episode terakhir adalah yang tersulit dibuat sinopsisnya,,

mba irfa aku minta izin ngasih link aktif sinop thorn birds di blog ku .. hwaiting mbak ^^ buat sinop selanjutnya dan salam kenal

Hai Irfa, salam kenal yaa.. niatku kesini tadinya mau baca sinopsis Thorn Bird yg direkomendasikan mba Dee, tp selagi cari2 link episode pertama, mataku melihat postinganmu tentang copas ini..

aku bs rasakan kekesalan yg sama thdp orang lain yg meng-copas postingan kita, tanpa ijin pulak..ugh sebeelll

untungnya blog aku pake wordpress, tersedia plugin yg bs mencegah orang lain untuk meng-copas artikel kita, sayangnya aku ga tau apa ada cara yg sama utk blogspot, Irfa bisa googling aja untuk cari tau caranya.

tetep semangat yaaa :)

Halo Mba Irfa...
Tetap semangat yaaaaa.
Karena dibandingkan orang yang suka nge-blog.
Lebih Banyak orang yang online hanya untuk membaca, tanpa copas. Saya sebagai salah satu pembaca setia, merestui untuk protect ketat semua karya mba :)
Jadi tetep sumangat ya mba...buat pembaca setianya.
Best regards

pertama kali baca sinop thorn birds ni emang dari FB di FP yg no.2 (Sinopsis drama Korea) krn kebetulan aku like FP itu. klo ga salah waktu udah sampe ke episode 7..trus saking penasaran ma lanjutan cerita'a aku googling di internet n nemuin kalo blog ini dah ngebuat sinop'a lebih cepat dr yg ada di FP itu n sejak saat itu aku trus pantau blog ini (hehe ^^). waktu itu aku baru sadar ternyata tuh FP copas dr bog ini tp aku ga komen apa2 (maaf yaa ~.~)
aku suka banget ma tulisan dirimu mba..wlopun kadang2 nemuin 1 atw 2 kata yg agak ganjil shg kalimat'a agak aneh (mungkin krn salah ketik/ terbalik dengan kata sblm'a), tp aku maklum kq krn emang ga gampang buat bikin sinop..aku salut bgt deh sama para penulis di blog2 yg buatin sinop drama..daebak bgt ^^
semangat yaa mba irfa..
sorry malah jd ikutan curhat :p

nih aku nemu lagi copaser nya http://anekabaca.blogspot.com/2012/02/cerita-thorn-birds-episode-15-bagian-1.html

full sampe gambar2 nya juga, parahnya lagi ada yang nge link sinop Thorn bird ke alamat link itu.. lha apa yang ngelink itu ga tahu asal sinop asli apa ya...
nih alamat yang nge link

http://dazzlingmeteor.blogspot.com/2011/03/20-episode-thorn-birds-kashinamoosae.html

Aku udah tahu Nis,, dari kemaren malah,, tapi udah males komentar deh,, lucunya lagi,, ada FP di Facebook yang katanya gak bisa nerusin share sinopsis Thorn Bird Episode 16 gara-gara aku larang,, malah men-share kan sinopsis Thorn Birds Episode 16 dari blog ini,, kesel ada pengen ketawa juga ada,, hahaha,, Jadi ya sudahlah,, blog aneka baca ini parahnya ngopas ScreenCaps episode 17, 18 dan 19 juga. Halah,, udah deh,, cape mikirinnya,, aku mending nulis tentang yang lain aja akh,,

chingu... maaf y sebelum'a q jg gk mnta izin ma qm udh melinkn sinopsis thorn birds ke blog q....
tp bneran cm link kok..
gk di copas..
qm check y blog q..
http://rindy-purebloodprincess.blogspot.com/2012/02/sinopsis-thorn-birds.html

Komentar baru tidak diizinkan.
Back To Top