[Lesson] Dangshineun nugu Shimnikka?

Hari sabtu Kemarin, aku dipinjemin Buku belajar bahasa Korea sama muridku. Bukunya bagus banget,, tapi aku nggak ngerti bacanya,, hehehe,,,

Sebenernya aku ingin belajar bahasa Korea, tapi kayaknya susah banget deh,,, terlalu banyak aturan dan kosakata. Walhasil, aku malah baca Drama Quote-nya aja deh.

Tapi ada yang menarik perhatianku, yaitu kalimat: Dangshineun nugu shimnikka? yang berarti, Siapakah Anda? (shimnikka adalah akhiran bertanya dalam bahasa formal). Yang menarik bagiku adalah kata "Dangshin" aku sering banget denger kata ini kalo lagi nonton drama Korea. Biasanya yang saling memanggil "Dangshin" adalah pasangan suami istri atau kekasih, aku pikir, itu artinya "sayang" or semacamnya, seperti kata "yoebo" atau "Jagiya". Ternyata aku salah besar, arti "Dangshin" adalah kamu.

Aku jadi ingat salah satu adegan di Prosecutor Princess di Episode 9:

Ingat adegan itu? Itu adalah saat In Woo mengantar Hye Ri masuk apartemennya saat Hye Ri limbung setelah kerja semalaman. Ibu Hye Ri yang sedang ada di apartemen Hye Ri bersembunyi dan keluar dari persembunyiaannya setelah mendengar In Woo memanggil Hye Ri dengan sebutan "Dangshin". Lalu Ibu Hye Ri pun menganggap Hye Ri pindah ke apartemen demi In Woo dan berpikir bahwa In Woo kekasih Hye Ri.

Saat itu, aku sama sekali tak mengerti mengapa In Woo memanggil Hye Ri "Dangshin" padahal mereka bukan pasangan kekasih ataupun suami istri. Lalu mengapa Ibu Hye Ri begitu kaget mendengar In Woo memanggil Hye Ri dengan sebutan "Dangshin". Tapi kini, aku tak bingung lagi. Aku sudah tahu arti sebenarnya kata "Dangshin" dan bagaimana penggunaannya.

"Dangshin biasanya digunakan dalam situasi pertengkaran, pembicaraan suami-istri, dan lirik lagu, sehingga penggunaannya perlu hati-hati."

Begitulah yang dijelaskan dalam buku tersebut, wah,, bahasa Korea ribet ya,, untung aja bahasa indonesia gak seribet itu, haduh,, kalo aku jadi orang Korea, aku udah stres duluan mikirin mau gimana ngomongnya,, secara kemampuan bahasaku sangat minim,, hehehe.

Dari penjelasan tersebut, aku mengerti mengapa In Woo saat itu memanggil Hye Ri dengan sebutan "Dangshin" karena saat itu, In Woo memang sedang memarahi (baca: bertengkar) HyeRi. Aku juga mengerti mengapa Ibu Hye Ri sangat kaget mendengar In Woo mendengar putrinya dengan sebutan "Dangshin" karena sebuta itu meamng biasa digunakan dalan percakapan antara suami-istri (baca: pasangan). Pantes aja ya, Ibu Hye Ri langsung mikir In Woo itu pacarnya Hye Ri,,,

Oh iya,, ngomong-ngomong soal lirik lagu, bener juga ya,, banyak banget lagu-lagu Korea yang menggunakan kata "Dangshin" ini, dan yang paling aku ingat adalah OST. Brilian Legacy yang judulnya "Saranghae Michyeoseo" yang dinyanyikan Jisun (Jisun yang sama dengan yang menyanyikan I Love You bareng Alex kah??)

Begini liriknya: -Dangshin saranghae michyeoseo- yang artinya mungkin, -mencintaimu hingga gila-.

Aku suka banget lagu itu, gara-gara lagu itu jugalah, aku jadi suka Briliant Legacy dan jadi suka deh sama Han Hyo Joo dan akhirnya menonton Iljimae, lalu melihat wajah Park Shi Hoo dengan jelas untuk pertama kalinya. Waduh,, udah mulai ngaco lagi nih....

Okay, sekian dulu Lesson hari ini, kapan-kapan bertemu lagi di Lesson selanjutnya ya...

Sumber:
Buku Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan & Tata Bahasa Korea karangan Ira Mutiara dan Kim Hyun Joo

7 Komentar untuk "[Lesson] Dangshineun nugu Shimnikka?"

Irfa, pendidik juga kah? pendidik tingkat apa...??

wah seneng bisa ketemu sama pendidik yang juga penyuka K-Drama... hihihi....

iya anis... aku pendidik juga, anis juga ya? aku ngajar di tingkat smp meski sebenernya backround jurusanku waktu kuliah buat ngajar di sma,, tapi ya.. mungkin udah takdirnya ngajar di smp, kalo anis ngajar di jenjang apa?

wah.. aku sih banyak ketemu sama sesama pendidik yang suka drama korea.. soalnya temen ditempat kerja banyak yang suka korea...

aku di tingkat SD... ibu-ibu di sini banyak yang doyan K-drama hehe....

udah lama di SMP?

belum lama kok.. taun ini mau taun ketiga ngajar di smp,...

bagi aku nonton kdrama jadi obat stress juga, setelah lelah mengajar dari pagi sampe magrib.. soalnya aku nyambi di bimbel juga sih..

Wah, baru ya... Udah di angkat PN dong ??

Sama nonton drama sbgai penghilang suntuk.. Hehe..

belum kok msh honorer... soalnya ga terlalu fokus disekolah.. waktunya lebih tersita di bimbel.. tapi taun depan mw fokus di sekolah aja... cape banget ternyata ngajar di bimbel.. mending di sekolah.. walo gaji kecil juga.

wah..pendidik juga ya,,,
seneng deh bisa kumpul di sini

salam kenal ya

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top