[Curhat] Ada yang Copas Juga

Halo semuanya,, aku mau keluarkan unek-unek ku lagi di blog ini, kalo ga rela baca,, ga usah baca kok,, cukup kasih komentar aja, Lho Kok?? Udah ya basa basinya,,, mulai ga jelas soalnya.

So, ku mulai dari mana ya? Ini tentang Copas mengcopas, aku sudah tahu banyak sekali blog ataupun Fanpage di FB yang suka mengcopas tulisan blog orang dan tidak mencantumkan kredit link penulis aslinya. Tapi ya,, aku pikir itu bukan hal yang terlalu masalah, cuman aku nggak suka aja saat aku buka blog yang berbeda lha kok konten postingannya sama, itu pendapatku saat masih jadi pembaca blog yang hobi Blogwalking.

Saat aku mulai punya blog sendiri, pandanganku mulai berubah, aku jadi kesal melihat para tukang Copas yang makin merajarela. Well,, aku ikut prihatin pada teman-teman blogger yang tulisan sudah di Copas. Untuk beberapa waktu aku menulis postingan entah itu Review, Preview or sinopsis, tidak ada yang iseng mengcopas postinga-postingan ga jelasku, jadi aku tidak pernah merasakan bagaimana rasanya saat tulisanku di Copas.

Hingga aku membaca salah satu blog yang menyajikan beberapa daftar sinopsis drama di blognya. Semua sinopsis yang aku buat ada di blog itu, aku senang karena blogku jadi banyak pengunjungnya, namun aku sedikit sedih saat beberapa sinopsis singkat dramanya dia ambil dari review drama itu yang aku buat, semuanya di copas,, tapi ya sudahlah,, toh dia juga menunjukkan para pembaca untuk mengunjungi blog-ku.

Namun beberapa hari yang lalu, aku kaget saat ada yang bilang Sinopsis Thorn Birds yang aku buat ada yang Copas di Fanpage FB. Halah,, padahal aku sengaja lho milih nulis sinopsis yang tidak terlalu menarik perhatian orang-orang biar ga di Copas,, eh tetep aja ada yang Copas, apa karena Thorn Birds mau tayang di Indosiar ya? Awalnya aku sebel banget, apalagi pas aku cek ke Pagenya Adminnya meng Copas sinopsis itu dengan Total termasuk komentar dan note pribadiku. Dan yang paling membuatku kecewa adalah Admin tersebut memberikan kredit link aktif, tapi bukan link ke blog-ku. Aneh kan? Dia gak sadar apa, pas dia Copas, dia ngambil sinopsis Thorn Birds itu dari blogku.

Akhirnya aku meninggalkan komentar di Page itu, awalnya tidak ditanggapi, namun sepertinya Admin Page itu cukup Cooperative, karena setelah aku memintanya untuk memberikan kredit link aktif langsung ke blogku dia melakukannya. Dia juga bilang akan menghapus semua Note dan Komentar pribadi di setiap postingan Sinopsis Thorn Birds. Karena jujur saja aku tidak senang saat komentar-komentar pribadiku pada sebuah drama di publikasikan di Page yang bukan miliku. Itu kan privasiku.

Kini bagaimana perasaan ku setelah Sinopsis buatanku di Copas, Hmm,,, awalnya kesal tentu saja, tapi lama-lama yah,,, mau gimana lagi,, aku hanya bisa terima konsekuensi saja. Saat sesuatu mulai banyak dikenal banyak orang, maka tak akan luput dari sebuah tindakan Copa mengcopas. Aku sih rela-rela aja saat ada yang Copas, selama dia tidak mengakui tulisanku itu adalah tulisannya. Apalagi saat aku tahu yang Copas nya anak SMP, seumuran murid-murid ku.

Kalo aku menyalahkan mereka, aku merasa menyalahkan muridku juga. Mungkin tak ada salahnya aku membantu mereka lebih Eksis dengan sinopsis yang aku buat, selama mereka mau bersikap Cooperative dengan semua permintaan ku. Toh, mereka juga sudah meminta maaf padaku karena telah salah memberikan kredit link aktifnya.

Kini, hanya satu kalimat dipikiranku saat ini: "Akhirnya tulisanku ada yang Copas juga"

7 Komentar untuk "[Curhat] Ada yang Copas Juga"

Mbak Kalo copas linknya doank di ijinin nggak ^_^" cek yang ini ya http://azonerskaryamedia.blogspot.com/2012/02/sinopsis-thorn-birds-episode-1-episode.html kalo nggak boleh bisa di hapus hehe !!

Sbar mbak iRfa. . . Itulah resiko lo punYa blog yg pnYa sinop yg bkal tyang di tv. . Hhhe
eia q juga lhat fanspage di fb yg suka compas sinops tnpa creditnya. . Scara q kn jga bloger. . Hhhee
ttep sbar mbak. . N lanjut trus torn birdnya ya. . Hwaiting. . !

Yupz bener bgt !! aq juga pernah ngrasain gimana rasanya konten di blog q di copas, dan yang copas itu gg cantumin alamat blog q.. :(( sebel bgt deh tuh,,
Tambah sebelnya lagi, gambarnya juga di hotlink ( gag di upload ulang lg tapi cuma sekedar copy gambar)..
karena saking sebelnya, aq langsung coment uring-uringan ke blog si pengcopas itu.. dan minta cantumin link q kalo mau copas,, selama link q blm di cantumin, aq bakal datengin trus blog itu dan comment uring-uringan ~
Tapi akhirnya si copas itu cantumin link q, dan malah bilang aq galak.. ahayy ~ bodo amat.

Oyaa,, saran aq kalo buat sinopsis mending gambarnya u kasih nama aja,, jadi walaupun di copas ntar tetep ada nama blogmu..

Terakhir kata,, Miaaann,,, >0<
aq malah jadi ikut-ikutan curhat~

@Adi: gak apa-apa kok kalo cuman linknya,, aku malah seneng sejak banyak yang bikin postingan link sinopsis Thorn Birds, makin banyak yang baca sinopsis Thorn Birds di blogku,, makasih ya,,,

@Hye Bin:iya,, emang udah resiko sih,, makanya aku nggak terlalu mencak-mencak sama si peng- copas kok,, cuma minta sedikit dihargai saja,, tapi untungnya si peng- copas nggak ngeyel kok,, jadi keselnya juga udah ilang,,

@asia fanatic: hehehe,, ga apa-apa,, kita sama-sama curhat aja di sini. Yah,, emang ga enak sih kalo hasil jerih payah kita di pake gitu aja sama orang tanpa minta ijin dulu,,

makasih untuk saran pasang alamat blog di gambarnya,, tapi kayaknya aku nggak perlu lakuin itu,, karena si peng Copas pun nggak masang gambar di sinopsis yang dia Copas kok. Jadi,, biarin aja lah,,,

selamat ya irfa...

sinopsisnya keren, tata bahasanya juga ok. awalnya saya cuman pembaca pasif pas hallyu THORN BIRDS nongol. eh nda taunya, irfa juga suka jdorama juga. boleh request nda? itutu.. serial terbarunya Yamapi, aduh! aku lupa lagi judulnya apaan..
plisss... yah, yah.. ganbatte kudasai!^_^kikot

Drama barunya Yamapi yang Ending Planer ya? Lupa judul jepangnya abis panjang,, Aku baru download 2 episode,, itu juga belum sempet ditonton,, Kalo mau baca sinopsis drama itu, ada di pelangi Drama lho,, sampai saat ini udah sampai episode 3 kalo nggak salah,, ini alamat link Previewnya: http://www.pelangidrama.net/2012/02/preview-j-drama-saikou-no-jinsei-no.html

Di negara2 maju, yang dikutip hanya beberapa baris, lalu sumbernya dicantumkan.

Saya kenal dengan satu orang pengangguran yang kerjanya copas blog orang, lalu dimasukkan ke FB. Dari hasil chating dengan dia, timbul pikiran saya untuk menilai bahwa si tukang copas ini kayaknya agak "nggak normal".

Maksudnya gini: si tukang copas ini punya kebutuhan yang tinggi untuk diperhatikan. Semakin banyak jempol di FB maka semakin senang dia, dan setelah tau bahwa hal itu mudah dicapai melalui copas, maka dia pun ketagihan dapat perhatian.

Pendek kata, si tukang copas yang saya ajak chating itu ternyata haus perhatian, tapi minim kemampuan.

Terimakasih sudah berkomentar^^ komentar kalian akan selalu menambah semangat menulisku^^

Back To Top